BLOGGER MATI, BLOGGER HIDUP KEMBALI!


Wongalus

@@@akuIngin membunuh seorang blogger? Gampaaaang… hapus ingatannya sehingga dia lupa password blog. Lupa hilang, atau jebolnya password blog tentu membuat seluruh denyut nadi kehidupannya sebagai blogger terasa berhenti mendadak.

Hal inilah yang saya alami dua hari yang lalu. Blog Kampus Wong Alus kehilangan password. Praktis blog ini selama dua hari seperti musium yang hanya bisa dikunjungi, dilihat dan dibaca namun tidak bisa berfungsi optimal. Blog sebagai wahana interaksi dua arah tidak berjalan. Hilangnya pasword membut jalan masuk ke ruang admin blog tertutup rapat. Komentar tidak bisa dimoderasi sehingga pembaca tidak bisa mengisi komentar, upload naskah pun mustahil dilakukan.

Kok bisa hilang??? Begini ceritanya. Minggu malam tanggal 6 Januari 2013 sekitar pukul 22.00 WIB saya mendapatkan kiriman email dari wordpress yang intinya memberitahukan bahwa password blog perlu diganti karena alasan security. Segera saya masuk ke admin berniat mengganti password dengan alternatif password yang telah tersedia di wordpress.com. Semua password itu tidak bisa dibaca dan diingat. Contohnya: 3&$@)*(^$*%. Ada yang sepuluh digit, bahkan ada yang lima belas digit.

Nah, saya pun memilih yang digitnya paling sedikit dengan maksud agar paling cepat dan paling ringkas. Selesai. Saya pun masuk ke ruang pengisian artikel baru. Saya mengupload satu artikel LELANG ONLINE KWA, yang berupa penawaran kepada pembaca Jimat kuno berupa sebuah batu sebesar segenggam tangan. Usai mengupload, saya pun Log Out menutup blog dan istirahat.

Pagi hari saya menjalankan aktivitas rutin sebagaimana biasanya. Bangun tidur, sholat, mandi, makan, berangkat bekerja. Hari itu hari yang sibuk sehingga saya tidak sempat membuka internet. Baru pada sore hari menjelang pulang kantor, saya sempatkan untuk internetan. Saya pun membuka admin dengan password baru dari wordpress.com yang saya catat di note. Sekali gagal pikiran masih tenang. Dua kali gagal agak gelisah. Tiga empat lima enam tujuh gagal …. ”TAMATLAH KAMPUS WONG ALUS”…. begitu yang saya rasakan ketika itu….

Saya uprek password blog hingga password harus dipulihkan. Perintah wordpress: password baru akan dikirimkan ke email lama: wong.alus@yahoo.com. Email yang saya gunakan untuk mendaftar. ”Celaka”.. begitu pikir saya.. Paswordnya pun sudah saya lupakan seiring dengan banyaknya email baru yang saya bikin untuk berbagai keperluan. Ada salah satu jalan yaitu pemulihan password yahoo dengan cara menjawab pertanyaan: siapa nama sepupu tertua saya.

Ampun dehhh… ini salah satu kelemahan saya. Yaitu tidak terbiasa mengisi biodata secara serius.. Biasanya bila mendaftar email baru maka biodata saya isi sekenannya. Jadi pertanyaan dari Yahoo untuk pemulihan email pun tidak bisa saya jawab. Yahoo pun sama seperti wordpress yaitu password baru akan dikirimkan ke email alternatif milik saya. Email ini adalah satu email yang paling saya benci. Kenapa?

Sebab berada di salah satu portal Rusia dengan bahasa yang asing bagi saya. Email yang saya maksud adalah fromrussiawithlove@yandex.ru. Jelas saya tidak ingat lagi apa passwordnya. Tragedi pun berulang tidak mampu mengisi password dan tidak juga bisa menjawab pertanyaan pemulihan password dari yandex.ru. Pertanyaannya dengan bahasa Rusia begini: Apa makanan kesukaan kamu?

Saya isi bakso, mie ayam, sate, siomay.. dan semua makanan kira-kira terlintas di pikiran saya.. eee ujung-ujungnya bukan malah email bisa terbuka, saya malah diwarning agar tidak bermain-main dengan email.

Saya mengubungi orang-orang terdekat. Salah satu orang sahabat karib adalah mas Bengawan Candhu. Sahabat ganteng ini pernah saya kasih pasword blog sekitar dua tahun silam ketika dia mengemban amanah jadi ”Rektor KWA”. Kepada mas Bengawan Candhu saya menyampaikan apa yang terjadi sesungguhnya. Mas Bengawan pun harus berpikir ekstra keras untuk mencari cara bagaimana agar blog bisa hidup lagi.

Saya pun pulang ke rumah dengan lunglai lemas tiada daya. Selama ini, betapa saya merasakan bahwa blog KWA adalah nyawa saya sendiri yang menghidupkan semangat serta memgalirkan energi untuk hidup dan bergerak? Kini, blog KWA sudah tamat… tiada lagi saya bisa mengumumkan ke sedulur semua bahwa saya membuat blog baru. Kemana saya mau mengumumkannya lha wong blog sudah tutup. Bagaimana saya bisa menghubungi 40 ribu lebih sedulur dalam sehari atau 27,5 juta pengunjung dalam waktu kurang dari empat tahun bila sudah tidak lagi memiliki sarana yang mampu merangkum pembaca sebanyak itu?

Membuka blog baru? Gampangg paling lima menit jadilah blog. Tapi ya itu tadi… saya harus memulai lagi dari NOL dan itu artinya apa yang sudah saya bangun terasa sia-sia. Saya harus kembali ke hulu dengan bersusah payahhh menyapa satu persatu sedulur yang hadir. Itu pun kalau yang hadir berkenan mengisi komentar. Ibarat sebuah lapak kalau tidak ada pengunjung tentu terasa sangat sepi dan lama-lama terrasa malas.

Ini tahun 2013….. Bukan lagi empat tahun lalu ketika dunia para blogger masih belum begitu semarak. Sekarang coba cari di google kata kunci tertentu. Pasti ada puluhan bahkan mungkin ratusan blog membahas hal yang sama. Tapi tentu blog yang terlebih dulu mengupload naskah tersebut yang berada di atas di mesin pencari. Alhamdulillah bila membahas masalah supranatural dan amalan-amalan doa maka blog KAMPUS WONG ALUS lebih sering berada di urutan teratas.

Inilah yang membuat saya malas ketika harus memulai lagi dari awal…. dan yang muncul adalah KECEWA… Kenapa tadi malam password saya ganti? Kenapa saya mengupload sebuah jimat batu? Apakah jimat batu itu tidak mau dialihtangankan kali ya? (hehe) Pertanyaan itulah yang berkecamuk di pikiran saya hingga seharian.

Saya pun PASRAH… Bila memang Tuhan menghendaki demikian, apa mau dikata? Manusia boleh punya keinginan dan harapan, namun Tuhan memiliki iradat yang tidak bisa diganggu gugat. Sampai akhirnya mau tidak mau kita dipaksa untuk menerimanya, baik dengan sukarela atau pun terpaksa.

aakSeharian saya berada di TITIK NOL…. Hingga kemarin malam, Rabu 9 Januari 2013 pukul 22.00 wib saya bertandang ke ruang Mas Kumitir, sahabat blogger pengasuh http://www.alangalangkumitir.wordpress.com. Saya ungkapkan uneg-uneg bahwa blog KWA sudah tamat selama-lamanya. Mas kumitir dengan gayanya yang khas mendengarkan uneg-uneg yang meluncur dari seorang wongalus.

Barangkali dengan niat menghibur hati saya, Mas Kumitir mempersilahkan saya untuk duduk di ”kursi kebesarannya”. Di kursi yang biasa dia duduki berjam-jam untuk beraktivitas di dunia maya. Namun terlebih dulu dia memutar melalui komputer mejanya, tembang-tembang Jawa ”LAYU-LAYU”, ini adalah tembang yang diperdengarkan ketika seorang bangsawan Jawa meninggal. Biasanya diperdengarkan di kraton-kraton.

…………Tubuh jiwa dan ruh saya melayang….. tenang …….damai ……..dalam rengkuh keabadian alam…………………….

Di depan komputer inilah, saya membuka internet dan mencoba untuk menguprek kombinasi password admin blog dengan tenang. Tiba-tiba BYARRRR….. Admin blog terbuka kembali. Allaaaahuu Akbaarrrrrr ……. Blog KAMPUS WONG ALUS yang sebelumnya MATI, kini HIDUP kembali. Saya pun mengulurkan tangan kepada Mas Kumitir sambil menyampaikan rasa terima kasih….. Alahamdulillah…. Saya merasa sangat bersyukur, ternyata Tuhan Yang Maha kuasa masih memperkenankan saya hadir dan menjadi admin jembatan silaturahim sedulur-sedulur melalui blog sederhana ini.

Begitulah akhir secuil kisah dibalik dapur serabutan blog KAMPUS WONG ALUS.

Terakhir, Kepada keluarga saya, Kepada Mas Kumitir dan Mas Bengawan Candhu, serta sedulur-sedulur pembaca blog yang budiman saya mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya dan rasa hormat yang setinggi-tiggihnya. Saya mohon maaf bila sampai detik ini belum mampu menyuguhkan sesuatu yang memuaskan dan sesuai dengan harapan anda. Salam KWA ngen…. rahayu rahayu rahayu……

@@@Wongalus,2013

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 80 Komentar

Navigasi pos

80 thoughts on “BLOGGER MATI, BLOGGER HIDUP KEMBALI!

  1. ♫ Kwan_Lama ♫

    Alhamdulillah….

  2. CKP

    Assalamialaikum Warohmatullohi Wabarokatuh kagen Ki Wongalus…..Alhamdulillah, Allohu Akbar, Subhanalloh, Kita semua bolo wongalus patut bersyukur karena KAMPUS WONGALUS telah bangun dari mati surinya sejenak, rahayu..rahayu.. rahayu…..

  3. Mudah2an pertamax. .

  4. Alhamdulillah.

  5. MAS RIDHO

    Alhamdulillah, saya ikut bersyukur Ki,

  6. ,Allahu akbar,terima kasih ya allah semwa ini atas ijinya allah memberkahi blog ini,,dan saya belajar lagi walau jarang comen. .n,,,,

  7. Si Sumplung

    Alhamdulliah……..

  8. MBAH SLAMET

    sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam
    صِلَةُ الرَّحِمِ تَزِيْدُ الْعُمُرَ

    Artinya: “Silaturahim bisa menambah umur.”

    blok KWA adalah ajang silaturrahim, dengan berkahnya silaturrahim KWA diberi panjang umur.
    ini salah satu bukti dari sabda Nabi SAW.

  9. kjdian trsbut mungkin ulah hacker ato emg ada kshalahan log in krna cookies….
    Insyaalloh spti it….
    Pantesan kok sunyi kampusnya,he he he…
    Fb njenengan jg lemah gus…salam persaudaraan

  10. sya jg sering menemukan cloning2 blog yg menggunakan nama kampus wong alus KWA
    Mulai dr blogspot,mywapblog,dll
    Kmrn jg smpt nemu blog http://antikkwa.wordpress.com
    Sya jd bgung…..krna stau sya cm dsni satu2nya blog ki wong alus sidoarjo.

  11. Jack arya

    Alhamdulillah berkat wasilah ki kumitir dan ki bengawan candhu akhir’a ponpes wong alus yg ane cinta bisa ON lagi…

  12. Amus7844

    Alhamdulillah kampus wong alus masih ada

  13. fahmi

    sukur alhamdulillah, hampir aja kampus kebangga,an ane tutup,

  14. jadi sepertiga aja..ijin nyimak puh

  15. alhamdulilah kwa dpt terbit lgi. ..

  16. om jajan pasar

    alhamdulillaaaah,,,,,

    lanjuuut,,,

  17. Alhamdhulillah…

  18. Jampang Rante

    Alhamdulillah……
    Pengalaman adalah guru yang berharga…

  19. warno wngr

    subhanalloh . .

  20. Kepada pengasuh ada n sudah terdaptarkah saya. .karna saya pernah daftar 2bln silam. .081514279352

  21. Zainuddin

    Alhamdulillah,wasyukrillah,wani’matillah,walailaha illah,ALLAHU AKBAR

  22. Alhamddulilah….

  23. thorique

    SALAM SALIM

  24. Alhamdulilah……. smg blog ini bisa terus menjadi wasilah untuk mendekatkan diri kpd Allah dan menyebarkan ilmu-ilmu Allah. amin

  25. Allahuakbar.. alhamdulillah… wongalus gak jadi off!!!

  26. Mus

    ,,Alhamdulillaah,,sudah pulih kembali,,,rupanya itu ya penyebabnya,,

    Salam hormat tuk Ki Wong Alus dan para sesepuh semua,,,,

    wassalam

  27. coba kang cari.kan security web/blog,,,jadi tugasnya menutup rapat semua cela yg ada untuk me deface blog ini…..karna semakin banyak oengunjung web / blog aklan semakin banyak hecker yg jahil…..

    akan saya bantu sebisa mungkin jika di izin.kan…..

    #salam sedulur

  28. agus

    Alhamdulillah….saya jadi bisa ambil hikmahnya Ki…bahwa silaturrohim sungguh membawa berkah pada kita semua. seperti yg ki Wong Alus lakukan berkunjung kepada rekan sehingga kita dapat memperoleh manfaatnya

  29. Adi

    Assalamu’alaikum. wr.wb.
    Maaf sebelumnya ki wong alus dan dulur dulur sekalian.ijinkan saya menjadi anggota kwa.
    ini identitas saya:
    adi,lumajang,085792333222,Addy.satya@gmail.com

  30. yoanajadeh

    syukur lah. Terus terang saya yg inferior ini mulai terbantu oleh blog kwa ini. Hanya blog ini yg membantu tanpa pandang bulu. Trims guru2 yg bsedia bbagi ilmu dg kami para pecundang ini. Semoga guru kami smua panjang umur dan bwt ki w a sang maha guru smg sehat sll dan bahagia sekeluarga.

  31. alhamdulillah…
    semoga kampus kita yg tercinta ini tetap jaya seutuhnya,amin…

  32. songgomanik

    Sabar Mas bro,.. anggap aja hadiah awal tahun,.. yg penuh kejutan..kan kata si mbah tahun 2013 tahun balak,.. sing ngati ati anggen siro tumindak.
    hehehe ( roni wijaya,suroboyo )

  33. cakdi

    Syukur alhamdulilah tidak tamat.
    Sebaiknya harus dibuatkan back up lebih dari 1 agar jika sewaktu2 ada masalah, semua kumpulan warisan leluhur, baik amalan, wejangan & cerita2 pengalaman sedulur KWA tidak punah. Ngumpulkannya saja sudah tahunan lembar demi lembar
    Disadari atau tidak Blog KWA ini merupakan asset budaya bangsa kita, warisan leluhur yang bisa bermanfaat bagi kita semua.
    Jadi sudah sewajarnya jika blog ini harus dirawat & dijaga dengan lebih baik lagi. Syukur kalau yg bisa membuka juga tidak hanya 1 orang saja agar tidak menjadi kendala tatkala berhalangan.
    Maaf ini hanya usulan / saran yg semata-mata demi abadinya blog KWA yg tercinta ini.
    Wassalam

  34. Uwo F

    alhamdulillah..

  35. lidah buaya

    Ora sido tahlilan dab

  36. Rey mante

    Alhamdulilah Allah Hu Akbar asalamualaikum Pda kwa Sekalian Aku Baru belajar Tentang Ilmu2 gaib ini dan aku mohon Tunjuk Ajar..

  37. Rey mante

    beri aku Tunjuk Ajar Yaaaa 🙂 kita santai santai sjaa.. hehee

  38. thaher

    Terlepas dari bentuk stimulan yang menenangkan diri, seperti tembang tersebut ataupun bentuk lainnya, kondisi yang tenang akan memunculkan kembali ingatan/memory akan sesuatu walaupun itu hanya dilakukan 1 kali saja…nice to have this blog back…

  39. kang Dullah

    Qobiltu mbuuah ……….
    Hehehe ………

  40. Ucheng Hasan Fikri

    Absen…..
    Hadiiiiiiiir….

  41. Ass.wr.wb. Memang biasanya dengan ketenangan hati akan mampu membuka arah jalan fikiran kita yang jumud/ruwet akibat sesuatu hal yang terjadi atas diri kita. Selamat tahun baru Wong Alus, semoga selalu sehat dalam bingkai kasih sayang Allah SWT. Amiin.

  42. Jammi

    Assalammu’alaikum Saudara smuanya..

    Subhanallah..Saya kagum dgn Blog ini..Saya pendatang baru..Izinkan saya utk bsa bergabung dn terdaftar diBlog KWA ini..ini Nope saya:081275425789
    Saya berasal dari PEKANBARU _RIAU..

  43. YIA Asmi 18

    assalamualaikum wr wb
    ki alus lupa suatu hal yg wajar dan manusiawi,
    asal jangan lupa diri he he he he he

  44. bungakusuma

    Alhamdulillah……..

    lanjut maleh…………..

  45. Alhamdulillah…blog KWA sudah pulih….selamat ki…walaupun saya jarang komentar tapi masih tetap berkunjung di blog wongalus…salam rahayu untuk semua

  46. alhamdullilah ikut senang,,,semoga KWA selamanya mampu menjadi pamomong, kita semua,,,,,,

  47. vicky

    Alhamdulllah Ki…Akhirnya Blog wong alus msh ttp menjadi jmbatan bagi kita semua untk saling silahturahmi..amiien…

  48. cakra_byuha

    Alhamdulillah….semua sudah kembali baik…..

  49. Alhamdulillah….syukur pada Allah…

  50. restu bumi

    maju terus kwa

  51. arbiansyah/abi

    asallamualaikum.wr.wb
    alhamdullilah,saya dapat bersua kembali.mudah2an kampus ini selalu jaya,gimana kbr sedulur sekalian.semoga sehat selalu amin.buat ki wongalus dan sesepu sekalian trus lh membagikan ilmu dan pengetahuan khasanah ilmu di bumi nusantara ini.

    salam persaudaraan by abi kalsel.

  52. ramadhe

    alhamdulillah….

  53. Mohamad soleh

    Uuuuffffffppppppppssssss……..gemeteran aku…klo smpe gk kebuka alias tutup …..emh….gk kebayang …..!

  54. jerry

    Alhamdulillah…
    Semoga lancar jaya selamanya…
    Salam hormatku buat sesepuh KWA juga sedulur dimanapun berada…

  55. Abi yusuf al maghribi

    Alhamdulillah bisa ngampus di KWA,,lanjutkan belajar nya

  56. Alhamdulillahirobbil ‘alamiin
    Ibarat pohon smakin tinggi pohon
    Smakin kuat pula angin menerpa

  57. jarot subrata

    Assalamu alaikum
    Semua pegurus k.w.a
    Saya ingin mnjadi anggota kampus wongalus
    Nama:jarot subrata
    Alamat:desa gedung boga.
    Kec:mesuji/lampung
    Nmr hp:087713109174
    Email:jarot.subrata@facebook.com

  58. om blog sampeyan sy akui sgt maju pesattt..
    tp rasanya ada yg semakin berkurang, sy kangen spt 3th silam.. Smpeyan sring upload artikel pengalaman rohani/spiritual pribadi smpeyan..

    salam
    FIX

  59. DeadMan KSIH

    Aslm. Trnyata slh 1 raja setan yg dilepas mnghampiri pnjenengn kanjeng. Klau bsa mmasang wigt pencari jejak untuk mngantisipasi. Waspada hacker2 jail. Salam bloger romo.

  60. Ki duleh

    alhmadulillah… blog KWA mudah mudahan bisa terus lanjut :D, Sebelumnya saya ada yang mau di tanyakan para sesepuh KWA maaf nih OOT, saya masih agak ragu sekarang saya sedang belajar ilmu kebatinan, tapi saya merasa ragu, apakah ini di bolehkan oleh agama atau tidak, hal hal yang membuat saya ragu adalah,
    1. apakah benar orang yang meninggal itu bisa di panggil
    2. kalo benar apakah ada perbedaan antara ruh dengan jin mengingat saya baru belajar saya belum bisa melihat perbedaan tersebut.
    Trimakasih mohon di jawab ya Wassalamualaikum WRWB.

  61. Asallamualaikum.wr.wb,…
    Sampura sun …
    alhamdullilah,.mudah2an kampus ini selalu jaya,gimana kbr sedulur sekalian.semoga sehat selalu amin.buat ki wongalus dan sesepu sekalian.
    Salam KWA-ngen..rahayu,..rahayu..
    Salam Takzim

  62. MACHMIKO

    Alhamdulillah…KWA masih diridhoi gusti,tapi ada hikmahnya dengan kejadian ini memperlihatkan ternyata banyak yang cinta pada KWA dan takut kehilangan karena KWA telah memberikan sesuatu dalam perjalanan hidup kita,buktinya satu persatu sesepuh masuk kampus….

  63. Mang Hasan

    hadir

  64. eka sakti

    Alhamdulilah,…Maju terus KWA SUPER BLOG…”

  65. asas

    Hamdan wa syukron lillah……wa ilaihi turja’ul umuuru kulluha……..karena Allahlah …umur perseduluran & silatur rohim masih…..lestari…..salam perseduluran Mas…salam rahayu…..semoga terus berjaya….n bermanfaat……

  66. asas

    Hamdan wa syukron lillah……wa ilaihi turja’ul umuuru kulluha……..karena Allahlah …umur perseduluran & silatur rohim masih…..lestari…..salam perseduluran Mas…salam rahayu…..semoga terus berjaya….n bermanfaat……

  67. kasif

    Masyaallah………..
    Syukur alhamdulillah blog ini kembali lg.
    Smpek mengkorok bulukudu sy ki.membaca kisah jenengan…….
    Salam rahayu semuanya
    Jaya selalu KWA ……
    Allahu akbar…….

  68. alhamdulilah kwa boleh terbuka rahayu rahayu rahayu

  69. : آمِيّنْ… آمِيّنْ…. آمِيّنْ.. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ sdh bisa ON lg,smg dilain wkt dtk terjadi lagi hal demikian

  70. Alhamdulillahirobbilalamin

  71. Allhamdulillah sesuatu mas brow…

  72. alhamdulillah…
    Absen siang..
    Salam tetap semangat!!

  73. cubaan daripada ALLAH atau gangguan jin yg pandai guna internet hack password?salam mas..kepada pemilik kampus wong alus..ader terima sms saya drpd MALAYSIA utk super kwa?

  74. senopati majalengka

    mantebb dan rahayuuu…smoga tetap eksis dan mantabbb…ijin nndeprok enggeh

  75. B.dia.w

    Tiada kalimat yang terbaik selain mengucap kata syukur ” Alhamdulillahirobbilalamin….”

  76. ass. salam kenal buat sesepuh… dari niewbie. ijin nyimak…..

  77. alhamdulilah mas,akhir nya pulih seperti biasa…….

  78. Wong (M)edan

    alhamdulillah…
    disaat tulisan Byaaaaarr…..Allahu Akbar….saya jd ikut terharu ee mas…
    smoga Blog ini snantiasa di Ridhoi Allah sbg wujud Silaturrahmi dan Jembatan Rahmatan Lil Alamin..
    AMin..Salam Rahayu Mas..

  79. Bayu Itu Angin

    Alhamdulillah..
    jadi ikut seneng nyimak cerita nya…
    salam hormat saya kepada Ki Wong alus dan sesepuh-sesepuh serta poro sedulur KWA sedoyo..
    Maju terus ,, semoga tambah sukses & tambah jaya selama nya…

  80. sip

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

