DOA BERSAMA UNTUK HINDARI BENCANA


Para sedulur semua, kita semua tidak menginginkan bencana. Marilah kita berdoa agar bencana bertubi-tubi itu menjauhi bangsa kita, menjauhi wilayah kita, menjauhi diri dan keluarga kita. Doa bersama KWA akan dilaksanakan setiap Senin Malam, pukul 19.30 WIB tempat di rumah masing-masing.

 PROLOG

Bencana hidrometerologi diperkirakan akan meningkat. Dari beragam jenis bencana yang terjadi di Indonesia, seperti geologi (gempa dan gunung meletus) serta biologi, bencana hidrometeorologi (banjir dll) tetap mendominasi. Diperkirakan lebih dari 80 persen bencana hidrometeorologi akan terjadi dari total kejadian bencana selama 2013 mendatang.

Laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) 2012 menyatakan, pemanasan global telah menyebabkan wilayah tropis meluas  hingga 18 derajat LU/LS. Faktor ini menjadi sebab utama peningkatan bencana hidrometeorologi. Secara vertikal tinggi awan-awan Cumulonimbus yang menyebabkan hujan deras juga bertambah tinggi. Sebelumnya tinggi puncak awan hanya 13 km. Tetapi sekarang menjadi 17 km. Akibatnya energi dan volumenya bertambah. Kondisi sosial seperti kemiskinan dan urbanisasi membuat masyarakat lebih rentan terhadap bencana hidrometeorologi. Pelanggaran tata ruang, penggunaan bantaran sungai dan lereng sebagai pemukiman turut menyumbang peningkatan risiko bencana.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan normal hingga Mei 2013. Namun, pada periode Maret – April, 404 kabupaten/kota di Indonesia rawan mengalami puting beliung. Tren kejadian puting beliung terus memingkat. Sejak 2002-2011, kejadian puting beliung meningkat 28 kali lipat. Untuk tahun 2012, ada 295 kejadian puting beliung, meingkat 36 persen dari tahun sebelumnya.

Banjir dan longsor berpotensi terjadi hingga April 2013 dengan potensi tertinggi pada bulan Januari-Februari 2013. 315 kabupaten/kota berada di wilayah rawan sedang-tinggi banjir sementara 270 lainnya di daerah rawan sedang-tinggi longsor. Banjir lahar dingin berpotensi terjadi di Merapi, Gamalama, Bromo, Lokon dan Soputan hingga 2013. Kebakaran lahan dan hutan selama musim kemarau berpotensi terjadi di 8 provinsi. Kekeringan berpotensi terjadi selama Agustus-Oktober di Jawa, Bali dan NTT. Gempa dan tsunami belum bisa diprediksikan. Jadi  masyarakat harus tetap siaga, waspada terhadap risiko bencana.

DOA NABI NUH AS

Para sedulur semua, kita semua tidak menginginkan bencana. Marilah kita berdoa agar bencana bertubi-tubi itu menjauhi bangsa kita, menjauhi wilayah kita, menjauhi diri dan keluarga kita. Doa bersama KWA akan dilaksanakan setiap Senin Malam, pukul 19.30 WIB tempat di rumah masing-masing.

Pertanyaannya doa apa untuk menghindari bencana? Marilah kita berdoa bagaimana Nabi Nuh diselamatkan Allah SWT dari bencana:

Nabi Nuh as menengadahkan tangan dan berdoa:

رَبِّ إِنَّ قَوْمى‏ كَذَّبُونِ * فافْتَحْ بَيْنى‏ وَبَيْنَهُمْ فَتْحاً وَ نَجِّنى‏ وَ مَنْ مَعِىَ مِنَ المُؤمِنينَ

“Nuh berkata: Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah mendustakan aku; maka itu adakanlah suatu keputusan antaraku dan antara mereka, dan selamatkanlah aku dan orang-orang yang mukmin besertaku.”

Allah swt dalam al-Qur’an Karim berfirman: “Maka Kami selamatkan Nuh dan orang-orang yang besertanya di dalam kapal yang penuh muatan. Kemudian sesudah itu Kami tenggelamkan orang-orang yang tinggal.”

Di dalam al-Qur’an terdapat sebuah surat bernama surat Nuh dan seluruh isi surat ini berhubungan dengan kisah nabi Nuh as.

Allah swt berfirman: “Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan memerintahkan): Berilah kaummu peringatan sebelum datang kepadanya azab yang pedih. Nuh berkata: Hai kaumku, sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu, (yaitu) sembahlah olehmu Allah, bertakwalah kepada-Nya dan taatlah kepadaku, niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai kepada waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah datang tidak dapat ditangguhkan, kalau kamu mengetahui.”

Seruan dan tabligh ini tidak membangunkan kaum beliau as dan dengan alasan ini nabi Nuh as menyatakan kepada Allah swt sambil berkata: “Nuh berkata: Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang, maka seruanku itu hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran). Dan sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (ke mukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat.

Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan, kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam, maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Nabi Nuh as kemudian menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah swt di alam penciptaan kepada mereka. Namun tetap saja mereka tidak sadar dan saling memesakan kepada sesama mereka supaya tidak berpaling dari berhala-berhala mereka. Mereka terjerumus ke dalam dosa-dosa dan pada akhirnya mereka menjadi penghuni neraka.

Pada kesempatan ini nabi Nuh as mengangkat tangan berdoa dan menyatakan kepada Allah swt:

رَبِّ لا تَذَرْ عَلَى الأَرْضِ مِنَ الكافِرِينَ دَيّاراً * إِنَّكَ إِنْ تَذَرْهُمْ يُضِلُّوا عِبادَكَ وَلا يَلِدُوا إِلّا فاجِراً كَفّاراً * رَبِّ اغْفِرْ لِى‏ وَلِوالِدَىَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمناً وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالمُؤْمِناتِ وَلا تَزِدِ الظّالِمِينَ إِلّا تَباراً

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi. Sesungguhnya jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu, dan mereka tidak akan melahirkan selain anak yang berbuat maksiat lagi sangat kafir. Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang lalim itu selain kebinasaan.”

Allah swt dalam surat Al-Qamar berfirman: “Sebelum mereka, telah mendustakan (pula) kaum Nuh maka mereka mendustakan hamba Kami (Nuh) dan mengatakan: Dia seorang gila (kerasukan jin) dan dia sudah pernah diberi ancaman.”

Nabi Nuh as pun menengadahkan tangan dan berdoa kepada Allah swt: أَنّى‏ مَغْلُوبٌ فَانْتَصِرْ

“Sesungguhnya aku  ini adalah orang yang dikalahkan (dalam memberikan petunjuk kepada umat), oleh sebab itu tolonglah (aku).”

Dalam surat Al-Mukminun ditegaskan:

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu ia berkata: Hai kaumku, sembahlah oleh kamu Allah, (karena) sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

Dalam kondisi ini nabi Nuh as mengangkat tangan berdoa:

رَبِّ انْصُرْنى بِما كَذَّبُونِ

“Ya Tuhanku, tolonglah aku, karena mereka mendustakan aku.”

Allah swt berfirman: “Lalu Kami wahyukan kepadanya: Buatlah bahtera di bawah penilikan dan petunjuk Kami, maka apabila perintah Kami telah datang dan tannur telah memancarkan air, maka masukkanlah ke dalam bahtera itu sepasang dari tiap-tiap (jenis), dan (juga) keluargamu, kecuali orang yang telah lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) di antara mereka. Dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang lalim, karena sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan. Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah:

اَلْحَمْدُ للَّهِ‏ِ الَّذى نَجَّينا مِنَ الْقَوْمِ الظالمِينَ * وَقُلْ رَبِّ أَنْزِلْنى مُنْزَلاً مُبارَكاً وَأنْتَ خَيْرُ المُنْزِلينَ

“Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang lalim. Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Nabi besar Islam Muhammad saw bersabda kepada Imam Ali as: “Wahai Ali! Setiapkali engkau turun di suatu tempat katakan:

اللّهمّ أنزِلني مُنْزَلاً مبارَكاً وأنت خير المنزِلين

karena kebaikan tempat tersebut akan menjadi bagianmu dan keburukannya akan menjauh darimu.”

Dalam hadis “400” yang Imam Ali as menjelaskan 400 ucapan pendek dalam sopan santun kehidupan dan penghambaan kepada para sahabat beliau disebutkan:  “Setiapkali kalian turun di suatu tempat katakanlah:

اَللَّهُمَّ أَنْزِلْنَا مُنْزَلاً مُبَارَكاً وَ أَنْتَ خَيْرُ المُنْزِلِينَ

Nabi Nuh as selama 950 tahun mentablighkan penyembahan kepada Yang Esa, kesucian dan kebenaran di tengah-tengah umat beliau, akan tetapi 10 abad tabligh dan dakwah tidak menyadarkan kaum yang terlelap dalam kebodohan dan membangunkan mereka, dan dari semua benih tauhid dan pengesaan Tuhan tidak bersinggah dan mekar selain sangat sedikit di hati yang lebih keras dari batu. Disamping itu, mereka mengolok-olok nabi Ilahi as dan menuduhkan tuduhan-tuduhan yang mereka sendiri layak menerimanya serta menganggap kaum Mukminin yang bersama beliau as sebagai manusia-manusia yang rendah…

Dengan latar belakang kemaksiatan dan kejahatan seperti inilah turun hujan yang sangat lebat dari langit dengan perintah Allah swt dan air bersumber dari bawah tanah serta seluruh tempat dilanda banjir dan topan.

Nabi Nuh as yang telah siap menghadapi persyaratan-persyaratan semacam ini dari sebelumnya berkata kepada kaum Mukminin dan orang-orang yang bersamanya supaya naik ke atas bahtera yang beliau buat dengan tangan beliau sendiri. Nabi Nuh ketika menaiki bahtera berkata:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْريها وَمُرْسيها إِنَّ رَبّى لَغَفُورٌ رَحيم

“Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.” Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

 Ketika itu air dari langit dan bumi bertemu dan memenuhi semua tempat dan menelan orang-orang yang berbuat keji pada hari itu. Sementara itu nabi Nuh as dan orang-orang yang bersama beliau menaiki bahtera keselamatan dan bergerak di atas permukaan air. Ketika air memenuhi semua tempat dan menyeret seluruh orang yang tersesat dan keras kepala kepada kematian, dikeluarkan perintah Ilahi untuk penghentian hujan dan gumpalan air dari dalam bumi dan bahtera nabi Nuh as berlandas dengan tenang di atas gunung “Judiy”. Di tengah-tengah kejadian tersebut, ketika nabi Nuh as melihat puteranya yang tidak berada pada jalan yang benar berada di tengah orang-orang yang tenggelam mengangkat tangan sambil berdoa:

رَبِّ إِنَّ ابْنى‏ مِنْ أَهْلى‏ وَإِنَّ وَعْدَكَ الحَقُّ وَأَنْتَ أَحْكَمُ الْحاكِمينَ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku, termasuk keluargaku (dan Engkau telah berjanji menyelamatkankan keluargaku), dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya.”

Allah swt berfirman: “Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan), sesungguhnya (perbuatannya) perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakikat)nya. Sesungguhnya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.”

Nabi Nuh as sadar dan berkata:

رَبِّ إِنّى‏ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْئَلَكَ ما لَيْسَ لى بِهِ عِلْمٌ، وَإِنْ لا تَغْفِرْ لى وَتَرْحَمْنى أَكُنْ مِنَ الْخاسِرينَ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi.”

***

Iklan

34 Comments Add yours

  1. Joyo Sentiek berkata:

    Pertamaxxxx

  2. Joyo Sentiek berkata:

    Salam salim mbah Alus serta sesepuh semuanya…
    ndeprok ijin nyimak ….suwun

  3. YIA Asmi 18 berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    Absen siang nyimak dulu
    salam rahayu ki Alus nbak sing ayu bir mer

  4. thorique berkata:

    SALAM SALIM

  5. joko degul berkata:

    pertamaxxx…smoga bangsa ini d jauhkan dr murka allah swt. amiiin…

  6. Pertamax Ga yaa ? 🙂

  7. Mari Berdoa berkata:

    Mari…. Berdoa.. Dimulai !! nanti malam dirumah masing2

  8. SINYO berkata:

    Semoga Allah SWT,selalu bersama kita,Amin

  9. ki astagina berkata:

    semoga kita tdk termasuk orang-orang yang merugi

  10. santri alit berkata:

    udah gak jaman PERTAMAXX…
    yuk mari berjamaah.

  11. Agama Bhudi berkata:

    Pertamaxx…
    Semoga dengan mendekatkan diri pada Tuhan kita dan orang yang kita sayang dapat terhindar dari berbagai bencana.
    maaf. Numpang tanyaan dan sarannya:
    menurut para sepuh dan saudara2ku di KWA, umur berapakah seseorang boleh belajar ilmu gaib??

    (saya sendiri baru 18 thn tapi sudah tertarik belajar ilmu2 gaib. tapi saya masih takut krn belum menemukan guru spiritual. bukankah belajar spiritual tanpa guru sama artinya belajar pada syetan)

    Mohon Komentar dan sarannya…
    #_#

  12. Cah angon berkata:

    Salam passeduluran dulur
    perkanalkn nama q wong anyar
    pendtg bru. tamu tak di undang

    satu satu aq nomer satu,,,,

    insya alloh ki,,,
    nk atine g padang ora mung mlm snen tok,,,

  13. pencharie dirie berkata:

    assalamualaikum, izin nyimak . . .

  14. Ucheng Hasan Fikri berkata:

    wah,,,ada amalan pas buat saya nehh,kbetulan ku punya tetangga madura kampret yang mau menang sendiri suka ngancam ngancam ngajak carok kebetulan orang madura ini sangat benci sama orang jawa seperti saya,ku dah siapkan sebilah clurit buat menghabisi mereka,resiko dipenjara atau di balas saya kagak takut,sebagai seorang dari suku jawa walau diajak carok saya tidak takut,yang penting atas nama suku jawa saya akan hadapi dengan keberanian lillahi ta’ala,kebetulan ada amalan dari kampung wong alus sebagai pembukaan saya akan lontarkan energi asr,rdr,bleduk awuh rajeh dan asmak panglima ke tetangga kampret ini,saya punya banyak saudara di pulau madura dari suku madura tapi ini orang memalukan suku madura,malah guru saya dari madura bilang “jangan takut sama orang madura yang perlu ditakuti hanya Alloh,lawan jika dia memang perlu dilawan”

  15. wira sendika berkata:

    absent….aja ah…

  16. Jampang Rante berkata:

    Damai Negeriku..
    Sejahtera Bangsaku..

  17. Agama Bhudi berkata:

    Numpang tanyaan dan sarannya:
    menurut para sepuh dan saudara2ku di KWA, umur berapakah seseorang boleh belajar ilmu gaib??

    (saya sendiri baru 18 thn tapi sudah tertarik belajar ilmu2 gaib. tapi saya masih takut krn belum menemukan guru spiritual. bukankah belajar spiritual tanpa guru sama artinya belajar pada syetan)

    Mohon Komentar dan sarannya…
    mohon pencerahanya dari ki wong alus dan yang lain

  18. ugan surya berkata:

    Assalamualaikum wrwb. @Ki wongalus serta sesepuh lainnya: salam rahayu,salam salim @All boloalus semua: salam salim,salam perseduluran. Mari berdoa untuk kemakmuran negeri ini dan semoga Allah swt mengiringi, mengabulkankan doa kita.amin! Hatur nuhun.

  19. wong ngangsu berkata:

    ki wong alus sya cb cr no hp panjenengan kok g ktmu, Kmrin sya mau naek ke pringgodani g jd ki,

  20. Adi berkata:

    Semoga Allah menjauhkan kita,negara kita dari segala musibah dan mara bahaya.Amin…..

  21. pangeran matahari berkata:

    agama bhudi@kalo belajar gak ada guru sama saja belajar sama setan, berarti nabi Muhammad SAW dulu belajar ma setan dong!

  22. Agama Bhudi berkata:

    @pangeran matahari
    Trimakasih atas sarannya…
    Btul jga ea, saya ga kepikiran sampe situ…
    Betul, betul, betul…
    semoga dari saran anda saya bisa menjadi lebih baik…
    ^_^
    Dan semoga Blog ini tetap Jaya

  23. agoeskoesnadi berkata:

    Assalamualaikum keluaga besar KWA….Semoga Allah senantiasa menyatukan kita utk selalu saling tolong menolong dan tentu saling berbagi pengalaman..juga kalau sudah jaya jgn lupa kita jadi dari mana…( maksud saya mulailah ngisi Kas KWA… ) dan saya berharap kita jgn pelit atas kesuksesan suatu keilmuan….nah pd kesempatan ini mari sama2 yuk luangkan waktu dgn ajakan KWA utk turut kirim Do’a.,sekali salam persaudaraan…

  24. agoeskoesnadi berkata:

    agama budhi@ nah tuh benar kata pangeran…dan satu lagi pesan saya…tidak ada satupun keilmuan itu yg sifatnya sesat…slama kita memulai dgn ucapan atau meminta restu dulu pd Allah SWT….Sebab berhasil tidaknya lelaku seseorang tak lepas dari izin NYA….Saya contohkan ada satu ijazah dari KWA dan diam2 lelakunya saya uji cobakan dgn gaya dan tatacara Imanku…nah setelah 7 hari…diam2 juga watak iseng nöngol tapi selalu mohon ampun dulu pada Allah yg mana mau coba atas amalan tsb….waduh ngeri saya…hujan yg begitu lebat bisa berhenti dan seketika itu juga saya nggak mau lagi bercanda dgn Amalan2 KWA…maaf ini sekedar pengalaman saja..

  25. wong ndeso berkata:

    jakarta banjir lagi ah…banjir lagi…..

  26. Santri BoGang (Bonek Gayungan) berkata:

    Salam salim paseduluran selalu ki…
    Hehehe…
    Nabi Muhammad jg punya guru lho,dimna beliau brtanya yaitu malaikat jibril yg ditugaskan Allah untuk menyampaikan wahyu ketika beliau dlm kebingungan dan prtanyaan yg blm tw jawabannya…
    Wallohu alam bisshowab.
    Sem0ga dgn do’a qt brsama dlm satu tjuan ini bangsa qt aman sejahtera khususnya pd kluarga qt msing2, sabar tawakal dan brserah diri kepadaNYA insya Allah keselamatan akan tetap qt peroleh krn Allah menguji hambanya pasti dgn batas kemampuan hambaNYA tsb.

  27. YIA Asmi 18 berkata:

    Asalamualaikum wr wb
    @ agama budhi enih haya saran tapi kalo sampean
    engga mau engga apa apa ,yg terbaik menurut saya
    harus ada yg membingbing .
    nyuwun sewu sangat njih

  28. Adim berkata:

    Assalamualaikum Wr.WB
    derek usul mbah yai pripun umpami dongane mekaten :
    ———————–
    Niat : usolli sunnatan Lidaf`il Bala`rokataini lillahita`ala (Surat sesuai yang sedulur sukai)
    Pada rokaat kedua sujud terakhir setelah membaca doa subhanarobbiyal a`la dst.baca do`a :
    “Ya Allah saya beserta keluarga sahabat sanak famili dimanapun berada serta desa, kecamatan, kab. Prop. NKRI (sebutkan nama wilayah masing2) Jauhkan dari segala macam bentuk musibah didarat maupun di laut selamatkanlah alamnya selamatkanlah rakyatnya.amin
    ————————
    sumber : https://wongalus.wordpress.com/category/dzikir-segitiga-emas/

  29. Dodiex Virdauz berkata:

    mohon ijin pengijazahan tuk mempelajari sekaligus mengamalkan ilmu-ilmunya…….semoga blog ni slalu diberkati oleh ridhoNYA………. Amien Yarobbal Alamien…..

  30. akhmad baihaqi berkata:

    Assalam… Numpang daftar nama akhmad baihaqi alamat selunuk ladang mas, seruyan kalteng email akhmadbaihaqi@gmail.com

  31. h.ahmadtoyib berkata:

    ikutan nyimak kiwong alus

  32. Agama Bhudi berkata:

    @agoeskoesnadi
    @YIA Asalsmi 18
    Terima Kasih atas sarannya, saran anda2 itu menandakan anda2 ini adalah orang yang berjiwa mulia dan baik hati. karena mau memberikan petunjuk agar orang lain lbih baik…
    Semoga *agoeskoesnadi dan *YIA Asalsmi 18 Sekeluarga selalu di lindungi Tuhan. Karena Tuhan itu selalu Maha Pengasih dan juga Maha Penyayang..

  33. ki gaman berkata:

    Assalamu’alaikum
    Salam Kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s