EKSPLOITASI TUYUL: SIAPA YANG SALAH, MANUSIANYA ATAU TUYULNYA?


TUYUL HANYALAH JENIS MAKHLUK CIPTAAN TUHAN YANG MENJALANKAN GARIS TAKDIRNYA. BILA IA MENCURI UANG, ITU KARENA ADA PERINTAH DARI MANUSIA YANG BERNAFSU. TANPA ADA PERINTAH DENGAN TEKANAN DAN ANCAMAN, TUYUL TIDAK AKAN PERNAH MENCURI UANG MILIK MANUSIA.

Minggu ini, tiba-tiba saya ingin menulis tentang tuyul. Dipicu oleh salah satu iklan di sebuah situs penjualan online yang menawarkan sewa tuyul.

Berikut iklannya:

PENAWARAN SEWA TUYUL — JAKARTA, TANGGAL PASANG IKLAN 14 NOV 2009.

Sebelumnya mohon maaf, untuk sementara saya hanya menerima kontak via email saja dahulu sebelum kontrak/sewa terjadi. karena selama ini kebanyakan penelpon dan sms selama 24 jam hanya untuk bertanya saja tanpa ada kesepakatan. Setelah Kontrak terjadi dalam arti telah melakukan pembayaran kontrak, mohon sertakan nomor Telpon ataupun HP yang bisa dihubungi, karena untuk prosesi transfer tuyul,dll.. ke rumah anda kita harus saling kontak. berikut saya sertakan sedikit penjelasan saya: Saya tidak menjual lepas tuyul peliharaan saya, anda bisa kontrak/sewa perbulan. jadi sama sekali tidak ada resiko/dampak pada diri anda maupun keluarga anda. Semua peliharaan saya saat ini ada 42 tuyul dengan kriteria yg berbeda-beda dan bisa disesuaikan. Syarat: Menyediakan kotak berukuran minimal: 20×20 CM untuk “rumah” Tuyul. bahan harus dari kayu/papan/triplex atau anyaman bambu, tidak boleh dari plastik/kaca. Kain berwarna cokelat/cokelat merah, ukuran disesuaikan dengan ukuran kotak (asal bisa menyelimuti kotak) Untuk makanan/sajian dan lain sebagainya adalah tanggungan saya karena status-nya peliharaan saya. Setelah anda melakukan pembayaran kontrak, konfirmasi ke email ini disertai No.Telp./HP anda yg bisa dihubungi. Saya akan menghubungi anda melalui Telp/HP anda untuk prosesi transfer tuyul ke rumah anda. Prosesi Transfer Tuyul dilaksanakan pada malam hari setelah jam 11. adapun syarat yang harus disediakan sebelum prosesi adalah: – Kotak”Rumah” Tuyul beserta kain penutup/Kain Cokelat – Garam 1 sendok makan. – Paku/Jarum/Guntung Kecil/Pecahan Kaca (pilih salah satu) – Air Putih satu gelas Proses transfer tuyul hanya 1 menit saja dimanapun anda berada. Lebih lanjut mengenai Tuyul: Pada tiap malam tuyul akan bekerja untuk mencari uang/perhiasan sesuai kriteria si tuyul yg anda pesan, anda tinggal ambil di kotak/rumah tuyul tsb harta yang dihasilkan setelah pukul 3 dini hari. Tuyul tanpa diperintah tetap akan bekerja, tugas anda hanya membuka kain selimut kotak diatas jam 11 malam. Tidak ada proses ritual untuk memerintah tuyul, hanya ada beberapa kalimat mantra yg harus dibaca apabila ada target rumah khusus. Anda juga bisa melihat wujud si tuyul ataupun tidak sesuai keinginan anda. Pantangan: Tidak diperkenankan untuk disewakan pada pihak ketiga. Tidak diperkenankan memberikan apapun kedalam kotak rumah dengan maksud sebagai makanan,mainan,dll.. Kain penutup kotak rumah, sekotor apapun tidak boleh dicuci. karena hal ini dapat membuat kekuatan magis pada kain tersebut hilang. Jauhkan barang2 dibawah ini dari sekitar rumah tuyul,karena akan membuat tuyul tidak mau bekerja. Bawang putih Bawang merah Cabe merah Besi putih Dlingo bengle Kulit jeruk bali kering Tidak boleh meletakan kotak tersebut didalam ruangan dimana ada persembahyangan (kecuali didalam almari,laci,dll..di ruang tsb.), dan tidak boleh diletakan di tempat yang lebih tinggi dari lutut kaki anda. Harga Kontrak Tuyul: Kelas 1 = Rp.500.000 kontrak perbulan lokasi kerja 150 m dari “rumah-nya” hasil 750rb/hari (dlm bentuk uang). Kelas 2 = Rp.1 juta kontrak perbulan lokasi kerja 400m dari “rumah-nya” hasil 2 juta/hari (dalam bentuk Uang dan Perhiasan). Kelas 3 = Rp.2,5 juta kontrak perbulan atau 750ribu per-minggu. lokasi kerja 1.5km dari “rumah-nya” hasil 5 juta/hari (dalam bentuk Uang dan Perhiasan). STOK tuyul hari ini: Kelas 1 = 4 Tuyul. Kelas 2 = 1 Tuyul Kelas 3 = 2 Tuyul Dalam hal ini saya tidak memaksa anda untuk menyewa saya hanya menawarkan sahaja. Bagi yg bener2 serius hbg saya, anda bisa melihat tanpa menyewa terlebih dahulu. Terima Kasih.
===================================================================================

WAWANCARA

Setelah membaca iklan di atas, hati saya tergerak untuk mewawancarai jenis makhluk Tuhan yang biasanya dianggap sebagai biang kerok uang hilang ini. Untuk mewawancainya, saya membaca doa sederhana. BISMILLAHIRROHMANIRROHIM. KUN (TUYUL DATANG KE DEPANKU) FAYAKUN. ALHAMDULILLAHIRROBBILALAMIN. Tiba-tiba, angin berhembus dan tubuh saya terasa semilir. Sebelumnya gerah karena cuaca memang sedang panas terik, sekitar pukul 12.30 WIB. Berikut wawancara saya dengan salah satu tuyul datang ketika dipanggil:

WONGALUS: hei nak… siapa kamu?

TUYUL: bopo.. ampunnn, aku jangan disakiti, aku cah cilik

WONGALUS: Nggak..aku nggak menyakiti kamu.. aku cuma ingin kenalan.. siapa kamu ini dan darimana asalmu?

TUYUL: aku namaku Sulibat, bopo… aku berasal dari Tulungagung..

WONGALUS: oh, Tulungagung.. kalau aku dan manusia menyebutmu bangsa tuyul, bukan bocah cilik.

TUYUL: Ya bopo (wajahnya cemas, badannya berkeringat dan agak pucat)

WONGALUS: Kamu punya orang tua tidak?

TUYUL: Tidak tahu bopo…sejak dulu aku ini begini… (suara bangsa tuyul itu kecil, seperti anak ayam cuit-cuit melengking, kulit tubuhnya pucat pasi dan tidak memakai celana alias bugil, kepalanya gundul tidak berambut, namun memiliki rambut tipis seperti kucir kecil di bagian belakang kepalanya)

WONGALUS: Ya… kamu sebenarnya punya orang tua, yaitu tuyul juga. Orang tuamu itu seperti kamu, tuyul juga. Tapi begitu mereka melahirkanmu, kamu dilepas begitu saja.. Salah bila orang mengatakan kamu ini berasal dari janin dan bayi manusia yang meninggal karena aborsi dan lain-lain.

TUYUL: hihihi (tuyul meringis bingung)

WONGALUS: Kamu tidak tahu ya kalau Sulibat, namamu adalah nama pemberian orang tuamu?

TUYUL: Tidak tahu bopo… tiba-tiba saya dipanggil teman-temanku seperti ini…

WONGALUS: Orang tuamu yang memberi nama kamu, kemudian mereka membuangmu di antara teman-teman sebayamu.. kamu dibiarkan besar hingga nanti kamu mencari penghasilan sendiri dan kawin, tua dan mati.

TUYUL: Kapan saya kawin, bopo?

WONGALUS: Lha terserah kamu, tapi kulihat kamu masih kanak-kanak.. usiamu masih 279 tahun. Perlu kamu ketahui nak, bangsamu itu usianya sangat panjang hingga mencapai 2360 tahun.. bangsa tuyul biasanya kawin di usianya yang 1000 tahun lebih.

TUYUL: Kamu koq tahu bopo?

WONGALUS: lha ya tahu lha wong aku dikasih pengetahuan dari Tuhan Yang Maha Pengasih koq. Aku nggak ngarang nak…

TUYUL: kamu panggil aku ke sini kenapa bopo?

WONGALUS: ya aku pengen kenal sekaligus tanya yang kamu bisa menjawabnya, nak.. jadi jawab jujur .. (repot juga tanya tuyul, jenis makhluk halus ini tidak cerdas seperti makhluk halus jenis jin yang lain. Maklum, memang dia diberi tingkat kecerdasan tidak seperti kita).

TUYUL: ya bopo

WONGALUS: Kamu punya juragan, bos, atau kamu bekerja untuk siapa?

TUYUL: namanya pak Su dan bu (XX XX MAAF NAMANYA SAYA RAHASIAKAN), rumahnya di sebelah timur perumahan ini.

WONGALUS: Koq bisa kamu jauh jauh datang dari Tulungagung ke Sidoarjo? Siapa yang mengikatmu dan membawamu kesini?

TUYUL: Pak Wongso, dukun itu mengikatku dengan tali dan memberikanku ke Pak Su.

WONGALUS: Mana ikatan talinya? Koq aku nggak melihat?

TUYUL: ini …( begitu Sulibat mengucapkan ini,… tiba-tiba terlihat sebuah tali kecil halus yang terikat di lehernya, tali itu berwarna merah darah, tapi sekejap kemudian tiba-tiba tali itu hilang. Sejenis tali gaib dari mantra-mantra dukun Jawa)

WONGALUS: ya aku sudah melihatnya

TUYUL: ampuuuuunnnn grrrhhhh ….. (tiba-tiba tuyul berteriak melengking hampir menangis. Tali tiba-tiba berwarna merah membuktikan kekuatan gaib tali dukun tersebut telah menyakitinya mungkin seperti mencekik leher tuyul tsb)

WONGALUS: Astaghfirullahaladzim..

TUYUL: ampun bopo biarkan saya pergi sekarang

WONGALUS: Sebentar aku masih ingin ngobrol denganmu. Gini, kamu dapat apa dari usahamu?

(Tuyul tidak tahu baik dan buruk, usahanya ya mencuri uang. Tapi dia tidak berdosa akibat perbuatannya. Dia mencuri karena diperintah manusia dan dia tidak kuasa untuk menolaknya, seperti anak-anak yang disuruh jadi pengemis oleh orang tuanya)

TUYUL: dapat makan dan main-main itu saja..

WONGALUS: Apa sih mainanmu?

TUYUL: bercermin, kodok, yuyu (sejenis kepiting sungai), kampat (sejenis kepiting yang hidup di tambak?), kadal, ular

WONGALUS: berarti setelah berusaha kamu suka ngeluyur di sungai-sungai kotor ya?

TUYUL: ya itu mainanku..

WONGALUS: berapa uang yang kamu dapat dari hasil usahamu (mencuri) setiap hari?

TUYUL: 500 ribu bopo

WONGALUS: waahh banyak juga ya… (coba bayangkan dulur, juragan alias yang punya tuyul itu sebulan dia mendapatkan 500 ribu X 30 hari= Rp 15 juta)

TUYUL: ada temanku yang namanya Odot usia lebih tua dariku tiap hari dapat sejuta..

WONGALUS: nama-nama tuyul bagiku lucu hehehe

TUYUL: ampun bopo cepat lepaskan aku… aku disini panas

WONGALUS: Tenang saja, kamu nggak akan kusakiti disini. Aku hanya tertarik soalnya kamu ini unik dan lucu. Hidupmu hanya di wilayah tertentu, seperti di Jawa dan di Afrika. Satu suku di pantai gading menyebut jenis tuyul ini dengan “matare” .

TUYUL: ya… cepet lepaskan aku,,,jangan sakiti aku, bopo..aku nggak salah..

WONGALUS: Iya memang benar kamu tidak bersalah. Namun kamu ini hanyalah alat dan korban nafsu dari orang-orang yang ingin kaya namun tidak mau berusaha. Kelak, mereka ini dijebloskan di neraka sementara kamu diadili dengan pengadilan Tuhan, sehingga ada yang nanti masuk surga ada yang nanti masuk neraka. Tuhan Maha Adil dan Bijaksana sehingga tidak ada yang teraniaya. Maka pada suatu ketika kamu akan mendapat kesadaran mana jalan hidupmu dan mana yang bukan jalan hidupmu.

TUYUL: saya tidak tahu soal itu bopo

WONGALUS: Apa yang membuatmu berani mencuri uang milik orang?

TUYUL: saya diancam kalo tidak mencuri maka saya akan disakiti di dan gosong tubuh saya

WONGALUS: siapa yang menyakitimu?

TUYUL: pak wongso

WONGALUS: Apa yang membuat kamu ketakutan dan tidak berani masuk ke sebuah rumah?

TUYUL: tempat yang dipakai untuk mengaji, untuk sholat, wirid, ibadah, rasanya kulitku keslomot api, kutakut juga pada jimat-jimat, pusaka, atau tumbal

WONGALUS: itu yang membuatmu tidak berani mencuri ke tempat-tempat yang seperti itu. Makanya kamu tidak berani masuk ke masjid atau ke bank ya?

TUYUL: ya karena disana dijaga mbah-mbah (Tuyul menyebut khodam beragam jenis jin dengan mbah)

WONGALUS: Jam berapa kamu usaha (mencuri uang ke rumah-rumah red.?)

TUYUL: Malam (biasanya setelah penghuni rumah tidur)

WONGALUS: Apa makan dan minummu dan kapan kamu makan dan minum?

TUYUL: asap dan aroma bubur dan nasi hangat. Minumanku susu dari ibu (maksudnya susu dari payudara ibu juragan) pada petang dan pagi (Petang antara jam 21.00 WIB dan pagi subuh jam 05.00 WIB)

WONGALUS: Baiklah nak, kamu sudah banyak memberiku informasi sekarang pergilah….Selamat jalan nak Sulibat, terima kasih!

TUYUL: ——

(tanpa pamit tuyul langsung menghilang dari hadapan saya, hmm.. biarlah lha wong nggak punya etika manusia. Saya maklum padanya, semoga kelak dia diberi kemudahan oleh Tuhan yang Maha Kuasa agar mendapat kebaikan juga sesuai amal perbuatannya. Amin).

Wallahua’lam.

@Wongalus,2013

73 Comments Add yours

  1. thorique berkata:

    SALAM SALIM

  2. moyong berkata:

    baru ku tahu crita tuyul ki,,,ku sangka kan tuyul smua nya jahat,,,,rupa nya karena terpaksa…

  3. Sukma berkata:

    Assalamualaiukum,,,,,izin nyimak ki WA

  4. raden sukmajati berkata:

    Assalamu’ngalaikum……ki…..ceritanya keren…

  5. watuireng berkata:

    masyaAllah…kisah yg hebat…..
    oohh….ya….gimana rencana silaturromi nasional…mas ?

  6. YIA AsMI 18 berkata:

    Dikirain TUYUL itu hanya dongen an anak sebelum
    tidur,.belon liat sih he heu heu
    salam eahayu

  7. Wong Pantura berkata:

    salut! luar biasa ki…
    .aku jadi merinding,, ternyata tuyul itu di paksa mencuri oleh manusia yg serakah ya ki?…kasian ya,,???.padahal mereka sudah bahagia di alamnya d sana,sama manusia malah disakiti,ya ampunnn,ternyata begitu.

    astagfirullahaladzim…!!!

  8. rubi berkata:

    kalau dari tulungagung ngujang nama tempatnya

  9. fahmi berkata:

    wah pantas teman saya melihat anak kecil sebesar jempol kaki lagi main di sugai yg hampir kering.

  10. teguh adi berkata:

    assalamualaikum ki……..cerita menarik…….terimakasih atas berbagi wawasannya ki…salam takzim

  11. hepni berkata:

    siip ki,
    bs jd jurnalis alam ghaib. he… he.. he…

  12. S Karsono berkata:

    Salam hormat penuh kasih,,,

  13. Setiyono berkata:

    Aslmk….ikut nyimak

  14. aria dwi pangga berkata:

    matur sembah nuwun ki…
    Apakah nama tuyul ada yang sama??
    Soalnya saya pernah denger cerita dari senior saya,senior sayapernah menangkap makluk namanya sulibat…

  15. omaroh berkata:

    Salam Sejahtera,
    Terima kasih kerana sudah berbagi informasi..!

  16. bocah sholeh amin berkata:

    izin nyimak…. lama tak pernah mampir ke sini….

  17. wira sendika berkata:

    ABSENT malam…..heheheeheh

  18. droewolonk berkata:

    alkhamdulillah…

    dapat ilmu lagi.. terima kasih ki wong alus..
    semoga ki wong alus selalu dalam ridlo alloh swt…
    salam kenal dari saya semoga kita bisa bertemu dan saya bisa langsung belajar dari panjenengan.
    salam paseduluran.

  19. Mohamad soleh berkata:

    Assalamualaikum……..salam salim @ Ki Wongalus……informasi yang sangat bermanfaat bg kita semua…..salam salim

  20. love889 berkata:

    ternyata manusia yg mengikuti nafsu nya lebih hina daripada tuyul.. kasihan juga tu tuyul nya,, udah bugil gak seklah lagi 🙂

  21. Alkuba berkata:

    Izin nyimak Ki Wa…asik jg wwcrnya…

  22. omaroh berkata:

    Salam Sejatera,
    Terima Kasih kerana telah berbagi informasi..!

  23. budisita berkata:

    ass,wr,wb,mantap ki,o y ki saya mau daptar jadi anggota KWA.
    Nama:budi sita
    alamat:km 91,desa dusun mudo,jambi.
    Nama ibu:zainap
    mhon bantuan nya ki.trimakasih

  24. haekal berkata:

    Hebat ki wongalus.dari uraian diatas sy lebih tertarik dengan ilmu kun fayakunnya.apa bisa kita menerapkan ilmu kun fayakunnya ki?nuwun .

  25. ki demang wonopawiro berkata:

    wah mantap nderek nyimak ki

  26. joko degul berkata:

    good…information..ki.

  27. Reden Permana berkata:

    wkwkkk kasian si tuyul korban kebiadaban manusia dan dukun ga kenal agama.. 😀

  28. aamchocolatos berkata:

    wah trnyata kya gtu crita.Y bru tahu abdi

  29. sahran berkata:

    Assalamualaikum izin nyimak

  30. sahran berkata:

    Izin nyimak

  31. barrywongpkl berkata:

    ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

    IZIN NYIMAK, SAMBIL TIARAP MA NGISAP ROKOK DI DEPAN NOTEBOOK TUA….

  32. jerry berkata:

    Assalamu’alaikum Ki…
    Informasi yang menarik.
    Kita bisa lebih waspada lagi atas uang kita.
    Dan itulah manusia, lebih jahat dari setan…
    Thanks n wassalam

  33. langitati berkata:

    ksihan jugha tu tuyul, kalo ane pikir emg manusia yg mnyuruh tu tuyul yg biadab..

  34. sugiono berkata:

    subhanallah….

  35. ahmad murayis/Ibnu Ma'la berkata:

    السلام عليكم يا سيد
    khabar yang menarik
    sdh tahu الحلال بين والحرام بين
    tapi namanya manusia selalu kurang, semoga yang berbuat dapat hidayah dari Allah. Amin

  36. Assalamualaikum

    WONG ALUS
    Terima kasih berbagi Ilmu ,semoga dirahmati Allah SWT

  37. Assalamu’alaikum wr.wb…

    Absen Pagi…Hadir d belakang Bu Nyai TW…

    mantaps deh eksploitasinya Kang Mas…..jd kepingin lihat nih….

    Kayak gimana ya si tuyul itu….

    Kalo tetanggu sih ada yg namanya Mas YuL…tp dia kan ganteng dan nggak gunduL…heheheheh….

    Salam salim…sugeng rahayu…nuwun…

  38. JAKA UMBARAN berkata:

    kasiman skli..si tuyul th…emang mbk yul nya kmana yaaa..ooh lg masak kalee jd g’smpt memantau si tuyul gundul…wkwkw

  39. EKA PAMUNGKAS berkata:

    asssslkummm kang mz wildan,,,,,,,wah bgus benar informasinya,,,,,,,kpn acara,,,,,ngumpul brg2 d balai diklat sidarjo
    mohon d tulis d blog acara yg setiap kamis mlm

  40. manggoloyudo limo berkata:

    nderek nyimak

  41. hamba allah berkata:

    Ass.Wr.Wb.yang saya hormati Ki Wong Alus dan para sedulur KWA saya mohon sodakoh ilmu tarik pusaka atau harta karun yang benar-benar hakul wujud. beberapa kali saya mendatangi para orang yang mempunyai ilmu supranatural untuk minta ijazah ilmu tersebut, mula-mula orang tersebut mengatakan bisa setelah diminta membeli beberapa persyaratan dan melakukan ritual puasa dll,ternyata orang tersebut bohong benda yang diwujudkan ternyata sudah ditanam terlebih dahulu oleh orang tersebut,sudah beberapa kali saya mendatangi orang tersebut ujung-ujingnya sama(nipu)mohon kepada seluruh sedulur KWA yang sudi menyumbangkan ilmu tersebut kepada saya. nama Edy. hatur suwun.

  42. R.Wijaya berkata:

    hebat ceritanya kang, 4 thumbs up. miris juga dengar cerita tuyul.

  43. Jampang Rante berkata:

    Yang bikin keberatan masalah “Minum Susunya” itu lho…??
    Weleh..bisa tekor bandar…qiqi.

    Salam ta’dzim KiWA..
    Rahayu sedaya…

  44. ABAH GANTAR 5028 berkata:

    HADIR,,,MAMPIR DULU MW SILATURAHMI SALAM KABAHAGIAN,,WONG ALUS SUKSES SELALU,,

  45. kevin berkata:

    Ki wong alus dan para sesepuh yg ada smuanya sya mau tnya untuk mengetes atau tanda” aji welut putih sdh msuk gmana yah?
    Mhon maaf sbelumx sya msih pemula.
    Mhon bntuannya ki wong alus dan para sesepuh smua. Trima kasih

  46. Bayu Itu Angin berkata:

    Astaghfirlloh’al’adhzim…
    masya Allah..
    sungguh keji ternyata manusia itu..
    serakah dan tidak punya etika dan rasa bersyukur..
    sampai” makhluk seperti tuyul pun di perbudak dan di perdaya..
    sungguh perbuatan yg melebihi binatang ..
    Na’udzubilamindhalik…
    Terima kasih Ki Wong Alus atas cerita nya..
    semoga cerita ini hanya untuk sekedar pemahaman bagi sedulur semua yg baca di blok KWA ini, dan tidak untuk di tiru ..
    Amien..

  47. Uwo F berkata:

    Assalamu’alaikum…keren ini ki ceritanya…
    Ada hikmah dibalik tuyul hehe…

  48. Nasgor berkata:

    MANG NAsi Goreng satuuuu yahhhh
    Jangan Pedes…

  49. santri kuburan berkata:

    asalamualaikum poro sesepuh KWA dalah bolo alus sedoyo,,, SALAM RAHAYU…….. memang semua itu akibat dr keserakahan manusia yg tdk mau NERIMO ING PANDUM. Utk itulah mari kita semua utk selalu ELING LAN WASPODO, Dan jng smpai tergoda pd hal2 yg menyesat kan. buat sdr RUBI kamu salah, di ngujang bukan tempat pesugihan tuyul tp pesugihan monyet.

  50. musafir berkata:

    wawancara yg sangat mencerahkan utk jadi bahan renungan kita semua

  51. Bunda Risma berkata:

    Assalamu’alaikum wrwb..sugeng dalu KiWA..Nyai TW say dan smua sdulur wong alus..baca tulisan wawancara KiWA n sulibat ada sedih’a ada lucu’a..ada gemes’a jg..tp kasian jg y sulibat ini..hehehe..
    Lg asik’a main malah dipaksa mencuri oleh tuan’a..ckckck

  52. aengberoy berkata:

    Ijin nyimak..

  53. R.Wijaya berkata:

    Cerita yang sangat menarik, saya request buat ki wong alus untuk wawancara setan yang tugasnya ganggu orang shalat, dari membuat org yang shalat hilang fokus, berpikir nglantur, hatinya ga sabar dalam shalat, dan juga yang ngerjain org shalat dengan cara org yg shalat berasa pengen buang angin, atau pengin buang air. atau yg shalat dibuat berhalusinasi seakan ada penampakan. Salam ki tolong dibabar, biasanya saya sebelum shalat baca surat annas. tapi gangguan kadang datang juga.

  54. Assalaamu’alaykum wa rohmatullooH..semoga sedulur KWA semua sehat wal’afyat dan penuh berkaH selalus ya. Salaam KWAngeen aja ya tuk semuanya. Maju Terus KWA. Nuwun

  55. moshah berkata:

    Itulah kelebihan yang sudah disalah guna…setiap perbuatan baik atau buruk pasti ada akibatnya…

  56. imam berkata:

    assalamualikum, smg kita semua dalam bimbingan yang maha kuasa, amin, pemnbahasan tentang TUYUL ini sangat menarik dan memberi pengetahuan baru bagi saya, kepada pengasuh KWA saya ingin menjadi anggota KWA, mohon di catat, Nama:imam Alamat:serang Banten HP:081932527292 Email:imamrofiki80@yahoo.com terima kasih, wassalam

  57. imam berkata:

    assalamualikum, smg kita semua dalam jalan Tuhan yang maha kuasa, amin saya ingin mendaftar sebagai anggota KWA, nama: imam Alamat: serang Banten HP:081932527292

  58. Ki Achmad angin berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    mantap ki wawancara ghoibnya..semoga si tuyul sulibat di beri hidayah oleh Allah SWT khususnya dukun ama juragan nya tuch. Gk berpriketuyulan,hehe..

  59. ajisman s berkata:

    ASSALAMUALAIKUM , SAYA TERTARIK UNTUK SEWA TUYUL TAPI SAYA KAN SLLU SHOLAT DAN ZIKIR BAGAIMANA DENGAN TUYULNYA NANTI KI?DAN SAYA HARAP ADA PENJELASANNYA.YERIMA KASIH

  60. ajisman s berkata:

    hp 087773639675

  61. panglima khodam pancer rogo berkata:

    askum,knapa tuyulnya gx dbebasin ki pdhal dh tau suka dsiksa ma dkunya. . .drpd nyari informasi aja. wamakholaqtul jinna. . . . .nuwun

  62. Srandil Roro berkata:

    Ass.Wr.Wb.yang saya hormati Ki Wong Alus dan para sedulur KWA saya mohon bantuanya,sy dari jawa barat tepat nya kota bandung,saya yg sedang terpuruk karena hancur usaha dan apa para sedulur kwa ada yg bisa menolong sy menikah dng jin muslim untuk mengembalikan lg kemajuan usaha sy.tlg informasi nya trima kasih

  63. andi ridwan berkata:

    cara kontaknya gimn pinjam tuyul

  64. Enny berkata:

    Pinjam tuyul/sewa tuyul untuk bayar hutang2 boleh gak ya dan gmn caranya ? Kemana menghubunginya ?

  65. Enny berkata:

    Please, hub sy via email untuk keterangan lebih lanjut mengenai kontrak/sewa tuyul krn sy perlu buat byr hutang yg sdh deadline..please bantu sy

  66. Arizka Mifta Bahril Ulum berkata:

    apakah aqw bisa diajari asma’ karomah cimande ( SAMBATAN ) ,,?

  67. yohan azhar saputra berkata:

    ki tolong bantu saya kotak ke email saya,saya serius butuh uang banyak untuk melunasi semua hutang ke bank karena ruang gerak saya sudah sempit dikejar2x depkolektor.capek saya ki,ingin terbebas lepas dari hutang2x saya . terimaksih

  68. Rajaban berkata:

    Assalamualaikum
    ki ane mau ijin share wawancara tuyul ya boleh ?

    wassalamualaikum

  69. Arifin gaib berkata:

    ki gimana caray spya bisa kontrak/sewa tuyul anda
    ni nomer hp ku 082292034069

  70. abidz shah berkata:

    keren ki, saya baru tau, biar keluarga saya nanti kasih tau tentang tuyul he he

  71. Satrio Buddhi PonoReog berkata:

    assalaamu alaykum ki wong alus…dan semua yang ada di forum ini..
    saya mau tanya,saya pernah dengar juga yang namanya pesugihan wewe gombel, itu ciri cirinya apa dan apa penangkalnya…soalnya katanya juga bisa mengambil uang..terima kasih

  72. edy berkata:

    Saya mau menyewa tuyul gmn cara nya no telp brp yg bisa hub in

Tinggalkan Balasan

