MERAGA SUKMA KE SURGA


Wongalus

Bismillahirrohmanirrohim, pertama saya ingin bertanya khusus bagi para sedulur laki-laki: Apa yang anda rasakan tiba-tiba ada seseorang artis perempuan yang cintanya abadi kesetiaannya tidak akan luntur dimakan usia, cantik sejagad nggak ada bandingannya, seksinya minta ampuuuun, perhatian penuh pada anda, super kaya raya, semua yang anda inginkan darinya akan dituruti, tiba-tiba dia minta anda untuk menjadi pendamping hidupnya?

Pertanyaan saya ini khusus bagi para sedulur perempuan: Apa yang anda rasakan tiba-tiba ada seseorang pria keturunan bangsawan yang cintanya abadi kesetiaannya tidak akan luntur dimakan usia, ganteng sejagad nggak ada bandingannya, perkasa minta ampuuuun, perhatian penuh pada anda, super kaya raya, semua yang anda inginkan darinya akan dituruti, tiba-tiba dia minta anda untuk menjadi pendamping hidupnya?

Apa yang anda rasakan ketika tiba-tiba anda mendapatkan amanah berupa pangkat kekuasaan jabatan yang tidak terbatas, menjadi raja, menjadi presiden atau perdana menteri, menjadi kepala ini dan itu dari satu komunitas yang luas, dimana apa yang anda sampaikan dituruti oleh mereka?  Mereka semua tunduk patuh dan tidak ada satupun yang melakukan protes dan pembangkangan secuil pun sehingga mereka ikhlas untuk melakukan apa yang anda perintahkan

Apa yang anda rasakan ketika memiliki sebuah barang-barang baru, tiba-tiba anda mendapatkan hadiah yang tidak disangka-sangka sebelumnya misalnya mobil mewah senilai 17 Milyard, rumah mewah seharga 117 M, sawah ladang hutan luas yang harganya 17 Triliun? Tiba-tiba datang paket berupa batu permata berlian yang berkilau indah yang taksiran harganya senilai 117 Milyard bisa untuk memperkaya diri sendiri tujuh turunan?

Apa yang anda rasakan seandainya itu semua bukan mimpi, bukan khayalan, bukan angan-angan, bukan hanya kata-kata, bukan kalimat-kalimat bohong, bukan dunia maya.. namun benar-benar terjadi di KUN FAYAKUN dalam  kehidupan anda yang sekarang, saat ini, disini, detik ini juga tanpa harus melalui proses yang ribet dan berbelit tanpa harus menunggu besok, lusa, atau kapan-kapan?

Pasti anda akan merasakan bahagia yang tiada terkira. Anda meluapkannya dan mengekspresikan rasa senang dengan beragam banyak cara sesuai dengan bakat, minat, dan kepribadian masing-masing. Ketika merasakan senang dan bahagia, sesungguhnya kita sedang berada di satu sisi hati manusia. Sisi terang hati yang menyala terang dan menyinari hidup anda. Sisi sebaliknya tidak perlu kita bahas karena sedih duka susah lebih banyak mendominasi hidup kita. Jadi buat apa kita bahas lebih jauh?

Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan kejadian setelah saya meraga sukma, semacam reportase dari laku batiniah yang baru saja terjadi ketika saya mencoba menengok sesaat ‘jendela’ surga. Sebuah tempat yang sebenarnya tidak bisa digambarkan seperti apa, sebab bayangan kita terhadap surga mengandaikan kita pernah masuk surga. Padahal kita belum pernah ke surga sebelumnya bukan?

Namun saya percaya, bahwa bila Tuhan Yang Maha Kuasa mengijinkan maka tidak ada yang tidak mungkin. Semua akan menjadi serba mungkin bila DIA berkehendak. Bila DIA berkehendak, maka bumi yang sebelumnya tidak ada dinorsaurus tiba tiba  ada dinosaurusnya. Bila DIA berkehendak, maka anda —yang anda nilai sendiri banyak dosa dan kesalahan— tiba tiba bisa menembus tirai gaibnya surga.

surga kwaDan …. Dalam sekejap mata, sampailah saya di pinggir sebuah danau yang sangat indah. Seperti apa keindahannya? Saya tidak pernah melihat keindahan danau seperti ini sebelumnya. Airnya hijau namun tidak hijau, tenang sekali airnya namun tidak benar-benar tenang, ikannya banyak dari beragam jenis ikan. Ikan itu ke sana kemari sambil menyapa saya dengan bahasa ikan… di surga, bahasa ikan bisa anda mengerti dan anda pahami. Disini anda serba paham dan tidak ada pertanyaan lagi. Di surga anda akan menjadi sangat pintar dan cerdas yang tidak pernah anda duga sebelumnya.

Semua kehendak anda akan tercukupi. Semua keinginan anda akan terpuaskan. Tidak ada pertanyaan dan keraguan lagi disini. Kemanusiaan anda tidak lagi sebagaimana kemanusiaan anda di dunia. Disini sisi kemanusiaan yang ada adalah kesempurnaan sejati dimana rasa bahagia akan bersemai tanpa rasa duka, rasa senang bersemai tanpa harus mengalami tidak senang, rasa cinta akan tumbuh tanpa rasa benci. Disini tidak ada lagi dua sisi ‘hitam’ dan ‘putih’, ‘susah’ dan ‘senang’ …..  paradoksal dua sisi itu tidak ada. Di sini tidak ada tesa dan antitesa: SURGA adalah SINTESA. Berpadunya dua hal menjadi satu dalam kesempurnaan wujud.

Ikan surga itu sejenis ikan berwarna emas kemerahan, mendatangiku dan menyapaku. Kusapa balik sapaannya dan dia akhirnya pergi. Dan saya didatangi seorang “bidadari” yang sangat cantik molek rupawan, ia tersenyum dan duduk di sebelah saya yang saat itu sedang duduk di atas sebuah kursi berlapis emas putih yang sangat nyaman dan empuk. Berikut petikan wawancara saya dengannya:

Wongalus: Asalamualaikum

Bidadari: Waalaikumsalam

Wongalus: Allahu Akbar, …. belum pernah ada seseorang yang secantik ini sebelumnya…

Bidadari: Kita semua adalah hamba Allah yang diutus menjadi penghuni surga yang kekal abadi kecantikan kita, ketampanan anda adalah milik Allah

Wongalus:  di dunia dulu, kami menyebut sosok cantik penghuni surga sepertimu dengan ‘bidadari’ ..

(ingatan saya di surga saat itu menjadi sangat tajam dan tidak ada satupun yang terlupakan, kata guru ngaji saya dulu di surga ada banyak bidadari yang melayani sehingga untuk memudahkan kita memahaminya, saya gunakan istilah bidadari untuk menyebutnya)

Bidadari:  Disini semua bahasa untuk menyebut apapun itu benar, tidak ada identifikasi terhadap apapun itu salah. Disini semua bahasa bisa dipahami oleh setiap orang, orang Amerika bisa paham bahasa Indonesia, orang Indonesia bisa paham bahasa Rusia, orang jepang bisa paham bahasa Yunani dan seterusnya.

Disini identifikasi diri tidak seperti di dunia yang mengandaikan masih adanya ‘aku’. Di surga, tidak ada ‘aku’ lagi.. ‘aku’ ‘engkau’ ‘kita’ dan ‘mereka’ itu tidak ada… sebab adanya identifikasi diri itulah asal mula adanya dunia. Ingatlah ketika Adam menuju dunia dari surga maka dia diberi kemampuan mengidentifikasi diri.

Wongalus: Maha Suci Allah Tuhan, surga yang seperti ini memang sungguh diluar dugaan dan diluar akal pikiran manusia di dunia… sungguh cerdas, sungguh brilian, dan inilah yang sejati dari manusia

Bidadari: Indahnya Tuhan melampaui batas angan, kita sekarang sudah bisa menyaksikan dengan kesaksian yang sesungguhnya bahwa surga tidak seperti anggapan hidup di dunia yang penuh nafsu birahi kenikmatan duniawi.

Wongalus: Betul, saya berpendapat bahwa di surga ini tidak ada lagi angan angan dan berganti menjadi kenyataan, bila ada angan –angan maka yang terjadi masih ada harapan dan itu berarti ada pencapaian lebih lanjut yang lebih baik dari pada keadaan di sini…

Bidadari: Ya, surga adalah tempat yang final, pengadilan yang terakhir, akhir dari yang akhir dan tidak ada permulaan lagi setelah ini. Atas kehendak NYA lah kita semua bisa menikmati keabadian yang diberikan NYA dalam kurun waktu sesuai yang diperkenankan NYA.

Wongalus: Subhanallah, ya Rabbi… kebahagian disini tidak pernah terasa membosankan, tidak ada batasnya, tidak ada akhirnya.. apakah rasa seperti ini hanya saya yang merasakannya?

Bidadari: Semua penghuni surga merasakannya, disini tempatnya kenikmatan kebahagiaan kesuksesan tiada batas karenanya yang disebut hawa nafsu disini sudah tidak ada lagi, hanya ada kenikmatan kebahagiaan kesuksesan yang surgawi yang melampaui apapun yang ada sebelumnya

Wongalus: Ajak saya untuk merasakan kenikmatan-kenikmatan surga

Bidadari: baiklah

Wongalus: ya.

(Sambil menggamit tangan saya, sekejap kemudian saya merasakan tubuh saya melayang ringan seperti tanpa bobot, saya terbang dari pinggir telaga bersama sang bidadari untuk menuju sebuah tempat semacam istana. Disana saya disambut dengan dengan banyak bidadari lain. Luar biasa indahnya dan megah tempat ini, istana yang temboknya berwarna biru amethyst dan bentuk arsitekturnya sangat megah menawan)

Bidadari: Kemegahan ini semua untuk mu, hamba Allah… silahkan kamu berbuat sesukamu untuk menghadap Allah dengan caramu disini .. masing-masing manusia memiliki cara untuk mensyukuri apa yang dirasakannya, kepemilikanmu mutlak tanpa dibatasi kepemilikan manusia yang lain

Wongalus: Allahu Akbar.. terima kasih Ya Allah kau berikan semuanya ini bagi semua hambamu yang mau untuk kembali kepadamu

Bidadari: Inna lillahi wa innna ilaihi rojiun

Wongalus: Saya ingin menemui isteri dan anak

(Seketika itu, tiba-tiba hadir di hadapan saya, dua orang yang sangat saya rindukan: anak dan isteri saya dalam keadaan bugar dan muda belia. Di surga ini tidak ada usia tua, semua kembali muda sebagaimana bunga yang mekar.. usia rata-rata kita semua menjadi 25 tahun)

Bidadari:  Alhamdulillah, ya Hamba Allah, anda sudah dipertemukan dengan orang-orang yang anda sayangi.. disini tempatnya berkasih mesra dan cinta mu kepada mereka dan cinta mereka kepadamu akan abadi selamanya…

Wongalus: Terima kasih, sekarang saya sudah berkumpul lagi dengan keluargaku, saya mau pamit darimu wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bidadari: Baiklah, Ya Hamba Allah… kalau membutuhkan sesuatu anda tinggal menggerakkan hati agar saya bisa datang lebih cepat sebelumnnya, waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh.

(Seketika itu pula Bidadari menghilang dari pandangan, kini saya berkumpul dengan anak dan isteri saya yang sudah sejak lama tidak bertemu dan harus terpisah dengan mereka saat saya meninggalkan dunia dan dimakamkan di lereng gunung lawu di Ngawi Jawa Timur pada tanggal 17 bulan 7 tahu 20… 7)

SELESAI.

Demikianlah apa yang saya alami, kalau ada benarnya itu semata-mata dari Allah ta’ala.. terima kasih. Wassalamualaikum wr wb. Salam paseduluran. @@@

Iklan
Categories: MERAGA SUKMA KE SURGA | 79 Komentar

Navigasi pos

79 thoughts on “MERAGA SUKMA KE SURGA

  1. fakih hamid

    Assalamualaikum..
    izin nyimak Ki

  2. assalamu’laikum..untuk segenap kwa,dan untuk ki wongalus mohon izin bergabung

  3. Mufid

    subhanallah wabihamdih subhanallahil adzim…

  4. Riev Hard

    Subkhanalloh….Sungguh menghanyutkan Ki …….

  5. trisno tresno sliramu

    pengalaman yg sangat berharga…smga qt terpacu utk mnjdi lebih baik lg agar lbh mendekatkan diri pd sang pencipta Allah s.w.t…

    al’fatiha sent.

  6. mutrofi ridho

    subhanallohh…
    5165 nderek nyimak ki

  7. Awan kandiyaz 5366

    Salam kinurmatan…
    Kapan ya aqu bisa meraga sukma,,
    aq pasti bisa
    dulur papat kakang kawah adi ari” limo pancer,,,
    allohu akbar,,,,3x

  8. KASIF AHMAD

    لا حول ولا قوة الا باالله العلي العظيم
    سبحا ن الله ……………….
    izin nyimak ki

  9. jansari

    subhanalloh…

  10. enggrah

    salam mas
    penggambarannya agak lebih detail bisa mas…
    NUWUN

  11. kang mas raden buana

    nderek nyimak ki…salam salim tuk semua sedulur KWA…

  12. Adim

    alhamdulillah … subhanalloh .. allohu akbar ….

  13. yonoaj

    Subhanalloh..
    Salam salim ki wildan..

  14. thorique

    SALAM SALIM

  15. askum ki, tumut ngangsu kaweruh…….! monggo d lanjuttaken…..!!!!

  16. BP

    heem , waalaikum salam

  17. Subhanaallah sungguh menagongkan kenikmatan yang diberikan kepada hamba-hamba yang soleh

  18. Si Pahit Lidah

    ALLAH..HU..ALLAH..HU..ALLAH..HU…Inna lillahi wa inna ilaihi roziun..Masyaallah semoga ki wong alus selalu mendapat berkah dan rahmat Allah SWT.tiada perbedaan antara orang yang beriman kecuali mendapat petunjuk petunjuk akan kebenaran dan kebesaran Allah…….

  19. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Hadir Absen pagi……

    Subhaanalloh….Inna Lillaahi Wa Inna ilaihi Rooji’uun…

    Pengalaman Meraga Sukma yg Fantastis…..kapan2 ngikut dunk….heheheh…
    Salam salim kagem kang Mas Ki WA….rahayu…rahayu…rahayu…nuwun…

  20. Rizky wanz

    Keren mas. . . .

  21. pencharie dirie

    Assalamualaikum,Wr Wb
    izin nyimak n mncari hikmahny . . . . . . .

  22. yaa….begitulah indahnya hati terbukanya cakrawala hidup yg sesungguhnya..amiin.

  23. numpang lewat gan

  24. mangkuperwira

    luar biasa…….

  25. Subhanallah’Ruar biasa

  26. Baca lgi dngn penghayatan

  27. Setia Nyimak..
    Salam Salim Ki WA.. Juga Sedulur Smua.. Rahayu..

    Nuwun.

  28. wid unyu

    ijin nyimak

  29. muhaimin

    mudah2an para sedulur semua termsuk ahli surga……….amin.

  30. ki gede eyang tumenggung suromenggolo

    ayat gae eleng kuwosone gusti kang akaryo jagad gede lan jagad cilek.
    7: 206, 13:15, 16:50, 17:109, 19:58, 22:18, 22:77, 25:60, 27:25, 27:26, 32:15, 38:24, 41:38, 53:62, 84:1, 84:21, 96:19
    jare simbah ku dongone :
    Sajada wajhiya lil ladzii kholaqohu washowwarohu wa syaqqo sam’ahu wabashorohu bihawlihi wa quwwatihi fatabaarakallahu akhsanul khaaliqien

  31. Hendra Arif Budiman

    Ass,kepada Sedulur WongAlus Perkenalkan Sy Pendatang Baru yg Sngat Kagum dan Sejalan Dgn Prinsip “Tidak ada Ayat-ayat Allah Yg Di Perjual Belikan Dgn Tujuan apa pun”

  32. agoes

    Assalamualaikum Ki Alus….semoga berkah sehat2 walafiat…subhanallah semoga kisah perjalanannya dapat menembah keyakinan kita untuk lebih meningkatkan iman dan takwa kita pada Allah SWT….terima kasih ya Ki sudah berbagi dan memenuhi janji pada dulur2 yg selalu penasaran akan sesuatu yg mereka kurang yakini jika Allah berkehendak…salam sejahtera selalu untuk para sedulurku di KWA…

  33. fadeel.kus

    Aduh kwa, aqu belajar meraga sukma mimpinya dikejar kejar, bukan bidadari cantik, melainkan pocong yg bermuka seram dan anehnya kembali aku mengejar ngejar pocong itu setelah ku bacakan ayat qursi terus menerus, padahal sebelumnya aku tak baca apa apa, kok bisa baca ayat qusi dalam mimpi, dan ahirnya sampai terbangun, aku telah menang dan mengalahkan setan itu dalaam angan. Masih mau terus mencoba terima kasi kwa pencerah hatiku. Kejadian ini hari 21,02,2013

  34. kitakarabas

    astaghfirullahal adzim..
    masyaallah.. la hawla wala quwwata ila billah..
    hamba yang bodoh dan banyak dosa mohon ampun pada Allah SWT,,,atas dosa dan pengingkaran semua nikmat yg telah di berikanNya,,dan ke angkuhan yg tidak rela nyawa ini diambil atau dimusnahkan oleh sang Pemilik Ruh… saat ini hambah berserah penuh atas semua keputusan yg Engkau berikan buat hamba ini.. mohon pengasihan dan sayang dari Allah atas raga dan ruh hamba serta seluruh makhluk ciptaanNya yg saat ini terhubung dangan hamba ini.
    Ampunkanlah hamba Mu ini dan bukalah semua jalan yg menuju kepada keridho’an Mu…Amin

  35. Agus

    Subhanalloh…Nyimak..Salam bwt sesepuh smua…

  36. pnglmn yg sangat mengesankan,smoga mnjadikan kita smakin taat beribadah kpda allah swt amin.

  37. afan

    malem

  38. afan

    sallam

  39. subhanallah wabihamdih subhanallahil
    adzim…

  40. Mr koming ternate

    Selamat malam smua,izin menyimak,.

  41. cah ndeso

    الله اكبر..

  42. pada para sesepuh mohon bimbingannya,
    karena kebodohan saya,
    daya tidak paham,
    pada kalimat terakir,
    yang menyebut bahwa sang penulis sudah meninggal dunia,
    lalu bagaimana beliau bisa berbagi cerita padahal beliau sudah meninggal.
    mohon bimbingannya

  43. rakyat jelata

    pada para sesepuh mohon bimbingannya,
    karena kebodohan saya,
    daya tidak paham,
    pada kalimat terakir,
    yang menyebut bahwa sang penulis sudah meninggal dunia,
    lalu bagaimana beliau bisa berbagi cerita padahal beliau sudah meninggal.
    mohon bimbingannya

  44. Agama Bhudi

    Terima Kaih untuk Ki Wong Alus yang telah memenuhi permintaan saya….
    Semoga Tuhan slalu memberikan Anugerahnya pada Ki Wong Alus.

  45. SUBHANALLAH WALHAMDULILLAHILAILAHAILLALLAH ALLAHU AKBAR WALAHAWLA WALAQUWWATA ILLA BILLAHIL ALLIYYUL ADZIIM
    Jika Ia berkehendak tidak ada yg mustahil baginya..ini hanya sedikit dari bukti kebesaranya.salam salim sedulur kabeh
    ki wongalus@ Ijin nyimak ki sambil ngopi, semoga para sedulur kabeh nanti dpt merasakan nikmatnya surga..bukan hanya lwt meraga sukma melainkan kekal di dalamnya..amin
    ki Wongalus@mohon ajarkan sya cra trcpt meraga sukma ,,sya mencoba meraga sukma tp selalu gagal yg ada hanya badan saya serasa berputar putar..wasalamualaikum wr.wb

  46. Pedaringan Kebak

    Salam salim wilujeng rahayu Kimas…Semoga sehat sukses sekeluarga… ._/\_.

  47. bungakusuma

    NYEMAK MALIH……..

  48. moshah

    Subhanallah!…sering2lah kita berdoa supaya dibukakan hijab untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, kerana kita masih lagi jauh dengan Allah sedangkan Allah sangat dekat dengan kita…mudah2an doa kita dikabulkan…

  49. Dosa terindah.

    Assallammualaikum.wr.wb. Sebelumnya sy mhon maaf kpd Ki wongalus dan para sepuh di Kwa jikalau sy kluar dari tema..to the poin aj, skrg ini sy pnya paman yg lg sakit,& skrg msh dirmh sakit sdh hmpir 2 mingguan,perlu sy beritau bhw paman sy itu dulunya trmasuk org yg punya ilmu gaib tinggi serta tlh bnyk menolong org dan termasuk tokoh yg dihormati dan disegani oleh msyarakat sekitarnya.sy dpt info dr ortu yg besuk kesana kondisi paman sy sdh sekarat dan kyaknya susah utk sakratul maut,jd harapan sy bwt ki wong alus & poro sepuh diKWA agar kiranya tlg dibantu diterawang ilmu apa yg msh ada dlm tubuh paman sy itu sukur2 klo bs disembuhkan,bgtlah kiranya sdkt pnjelasan dr sy,niat ht sy sich mw tlp lnsg ke wongalus tp nopenya sy gak tau sblmnya sy ucapkan terimakasih wasallam.

  50. rakyat jelata

    maaf karena kebodohan saya,
    ijinkan saya untuk bertanya,
    kalau yang berbagi pengalaman sudah (maaf) meninggal dunia,
    lalu bagaimana beliau bisa berbagi cerita ini,
    sekali lagi mohon bimbingan sedulur

  51. sulyo

    sesuatu bgt yg cetar membahana

    pertanyaan besar di paragraf yg trkahir…..

  52. DEWA TIMUR

    Kenapa saya kalau nyari jodoh dan rejeki SIAL trs? saya kalau nyari jodoh, ditolak cewek, diremekan cewek, diusir cewek, ditipu teman, difitnah teman, diancam org, dihajar org dll. saya kalau nyari rejeki, dihina org, ditipu org, dimutasi, dipecat, dianggap tdk berguna, dianggap tdk memenuhi syarat, uang habis tanpa sisa dll. mslh di atas berlarut larut dari thn 99 sampai skrng tdk terpecahkan. bkin kepala pusing sampai mau pingsan. saya nganggur 11thn dan seumur hdup blm pernah pacaran. sakit bngt hati saya. apakah akibat jin leluhur?

  53. DEWA TIMUR

    dulu saat msh sekolah atau krja, saya sabar menghadapi setiap mslh, krn pikiran terfokus pd sekolah atau krja. tp sejak nganggur, saya tdk sanggup rasa nya utk menghadapi mslh, krn pikiran kosong dan kurang krjaan.

  54. DEWA TIMUR

    Saya lg nganggur dan jomblo berthn thn. org2 bukan menolong saya nyari jodoh dan rejeki tapi org2 malah menghina saya, menipu saya, memfitnah saya, memusuhi saya dll. mungkin krn saya org nya lugu dan klemar klemer shg org2 tdk ada yg takut kpd saya. org2 tega berbuat seenak nya kpd saya seumur hdup.

  55. PUTRABANTARANGIN

    ASSALAAMU’ALAIKUM WR. WB.
    SUBHANALLOH WALHAMDULILLAH WALAAILAAHAILLALLOH WALLOHUAKBAR,
    SUNGGUH PERJALANAN ASTRAL YANG MENGAGUMKAN,
    MOHON KI,
    CARA MERAGA SUKMA YANG MANA YANG KI ALUS GUNAKAN, BILA BERKENAN MOHON DI BABAR, AGAR ALL BOLO ALUS BISA MENGIKUTI CARA KI ALUS DALAM MERAGA SUKMA.
    SEKALI LAGI KI MOHON KESEDIAANNYA, TERIMA KASIH.
    WASSALAAMU’ALAIKUM WR. WB.

  56. KAKI

    ki wongalus@apakah meraga sukma bisa dilakukan kapanpun kita mau?

  57. wonkwampus

    saLam mantap poL… saLamsaLim mbh WA jg sduLur smua… mbh dewa timur,saLam knaL mbh…

  58. thaher

    @Rakyat Jelata :

    Kalau diperhatikan dan dibaca lagi, sang penulis belon meninggal. Disitu tahunnya saja belum lengkap dituliskan..ada digit/angka yang masih kosong.

  59. wonkwampus

    mbh dewa timur,minta nope/emailnya mbh,da bisnis ni,,,sent y to wonkwampus@yahoo.com nuwun

  60. ijin Nyimak puh..
    pelajaran yang sangat berharga bagi saya..

  61. Dhori Khan

    Apakah Ki Alus mngetahui tgl kematianya …SUBHANALLOH…..2037??????????????

  62. Sukma Jaya

    SUBHANALLAH…

    Maha Besar Allah dengan segala Kehendak-Nya…

  63. it,s amazing and wonderful

  64. Wah, saya jd sedih skrg krn Ki Wongalus beri tau kpn kami harus berpisah dgn Ki Wongalus…
    Smoga kita dpt bertemu kembali disisiNya Ki…, amiyn!

  65. bismillahirrohmanirrohim ashaduallahillahaillallah wa ashaduannamuhammadurrasulullah kun semoga ki wong alus / gus wildan diberi umur panjang hingga 150 tahun agar selalu membimbing kita amien fayakun alhamdulillahirobbil alamin

  66. fatih jenggala

    terimakasih ki atas apa yg telah ki wong alus bagikan dan ajarkan….dan untuk kelancaran perjalanan menuju makrifat kepada Allah saya mohonkan do’a restu dan maaf bila ada kesalahan yg dibuat baik sengaja maupun tidak sengaja..semoga Allah membalas apa yang telah diajarkan ki wong alus kepada saya… amiin…

  67. Bayu Itu Angin

    SUBHANALLAH…
    Maha Suci Allah..
    Bagus buat panutan
    salam salim dari saya epada Ki WA dan rekan rekan di blog ini..
    salam paseduluran..

  68. menangislah

    Ki ilmu seperti inilah yang kami harapkan..

  69. gus

    mantap

  70. batara

    maaf sya hny ingin brtnya… apa smua yg anda ajarkan dsni hny utk org” yg bragama islam? apa s’org dari agama lain tidak dapat mempelajari dan mengamalkanny?

  71. kota bangun

    om batara.., saya rasa enggak juga tuh, klo om mau liat dari awal , banyak juga amalan yg tuk non muslim.
    contoh ya ASR.
    walaupun saya pribadi agak bingung juga sih.., apa yg non muslim enggak pake acara tawasul , main tancap aja langsung ke amalannya , klo pun berhasil apa sama dengan yg pake tawasul. dan khodam nya jenis apa?
    hihihi..mungkin sesepuh yg mengijazahkan sama non muslim yg bisa jawab nya:)

  72. Rdy_Burneo

    Mimpi

  73. Subhanallah sungguh pengalaman meraga sukma yang sangat indah dan mengagumkan,,,

  74. subhanallah jadi kepingin nyoba mraga sukma

  75. Ki Waluyo

    Mohon izin ikut nyimak..Ki Alus

  76. Arriadi

    Ass wr wb-mhn di doakan wahai hamba allah ( ki wong alus ) smg saya dlm perjalanan menuju salik di ridhoi allah azzawajallah amiiin.

  77. Masya Allah. Sungguh indah.

  78. jumhani

    ya ALLAH HAMBA BUKANLAH AHLI SURGA,NAMUN HAMBA JUGA TIDAK KUAT AKAN SIKSA NERAKA.

    RAHMATI HAMBA YA ARHAMARROKHIMIIN……
    AMPUNILAH SEMUA DOSA-DOSA HAMBA….YA GHOFUURURROKHIIM

    terimakasih ki atas berbagi pengalaman nya.semakin menambah kerinduan akan rahmat,ampunan dan kasih sayang-Nya

  79. Ass wr wb , Heee hee hee ,Kangmas wong alus , namanya juga wong alus , berhati halus , pribadi halus , prilaku halus ,berbudi halus , berbahasa halus , pasti ilmunya juga halus , karena berTUHAN pun kepada YANG MAHA HALUS … Nuwun sewu jangan marah ya Kangmas Wongalus … Semoga pengalaman perjalanan Kangmas Wongalus ke surga menjadi penerang hati poro bolone Kangmas Wongalus yang haus akan ilmu dan pengetahuan yang halus halus … wassalaam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: