HIBURAN SEPAK BOLA API


vvvby wongalus

Permainan sepakbola api adalah hal yang lumrah di Indonesia, terutama di pondok-pondok pesantren saat melakukan perayaan hari besar keagamaan. Namun, bagi orang luar negeri sepakbola api adalah hal yang menakjubkan. Empat media Inggris The Sun, Daily Mail, Mirror, serta Huffington Post beberapa saat lalu menulis tentang sepakbola api di salah satu pesantren yaitu pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Media Inggris memuji kemampuan santri-santri dalam memainkan sepakbola api selama 60 menit tanpa mengalami luka bakar.
13410747562115024678“Pemain top kita (Inggris) akan mengalami kesulitan jika mereka memainkan sepakbola di Indonesia. Pesepakbola Indonesia memainkan sepakbola 60 menit, bermain telanjang kaki menggunakan kelapa terbakar yang sebelumnya direndam dengan minyak tanah selama dua hari,” tulis Daily Mail. Sedangkan The Sun menulis, “Premier League melahirkan sejumlah pemain terpanas di dunia, tapi mereka tidak ada apa-apanya dibanding pesepakbola indonesia ini.”
Di Indonesia, bermain sepak bola api sudah menjadi hal yang lumrah untuk hiburan. Sepak bola ini, tak jauh berbeda dengan pertandingan sepak bola biasanya. Hanya saja, dalam pertandingan ini, bola yang dipakai terbuat dari sebutir kelapa yang air kelapanya sudah dibuang. Selanjutnya kelapa direndam dalam minyak tanah 2 hari. Kemudian, angkat dan kelapa tersebut siap untuk dimainkan dengan cara disulut dengan api.
1024Siapa saja bisa melakukan hal ini. Asalkan orang tersebut mau dan berani menendang bola api. Kalau kita renungkan kegiatan ini biasanya semata-mata menghibur dan juga bentuk syiar Islam. Supaya bisa mengajak masyarakat untuk senantiasa mendekatkan diri kepada tuhan yang maha kuasa. Selain itu, guna mempererat tali persaudaraan antar sesama. Kaki tidak akan terasa panas ketika menendang bola api itu dan cukup menantang adrenalin. Untuk menghilangkan panas yang ada di kaki biasanya digunakan ramuan herbal tradisional, garam dan sirih.
4110342_20121011025006Kalau orang belum pernah main sepakbola api, biasanya seseorang akan merasa gugup dan khawatir jika kakinya akan melepuh ketika menendang bola. Tapi, ternyata saat menendang bola api kaki tak merasakan panas. Cuma bulu kaki pada habis dilalap api. Selain itu, ada sedikit sakit, lantaran bola yang dipakai terbuat dari kelapa. Jadi caranya tidak perlu terlalu keras menendangnya. Mau mencoba? Silahkan… siapa tahu anda terhibur di tengah situasi yang penat menghimpit karena banyaknya masalah hidup yang tidak terpecahkan…

@wongalus,2013

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “HIBURAN SEPAK BOLA API

  1. PERTAMAX DI DERASNYA HUJAN

  2. saridin

    keduuuaaaaxxx di banjir sore hari ini… kang adhikari dpt pertamax mulu…hehehe

  3. salam rahayu tuk kang saridin dan sedulur semua, mungkin lagi mujur kang hehehe

  4. dini

    Bagi yg Islam, tau kah Kenapa dalam Islam wanita tidak boleh jabat tangan dengan Lelaki..???

    T

  5. samsul LAMPUNG

    absen malam buat mbah2 salam salim

  6. Rahayu wilujeng semuanya, derek hadir……. sami terhadap santri-santri Padepokan yg di Banten utk hiburan, di malam hari pada main bola Api……, seru….dan…Luar biasa… sukses Ki Alus enggih….. dan sukses buat semuanya aktifis KWA

  7. KWA

    ki ageng jj: matur nuwun.. sukses kagem padepokan jumantoro

  8. saridin

    kang adhikari ditunggu kumpul2nya bsok kalo haul kwa.hehehe
    buat sesepuh KiWa n Ki JJ salam salim njeh… RAhayu , Rahayyu , rahaayyyu…

  9. Matur sembah nuwun Ki Alus….Rahayu Wilujeng enggih….dan mas Saridin….monggo dereaken…dan selamat beraktifitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: