WAWASAN BUDAYA MISTIK


KERIS KYAI NAGA SILOEMAN MILIK PANGERAN DIPONEGORO: IBU DARI SEGALA PUSAKA JAWA

diponegorofirst

Pada saat Diponegoro ditangkap, keris itu disita Belanda. Menurut Werner Kraus dalam buku Raden Saleh, interpretation of the Arrest of Diponegoro, sebelum dikirim ke Belanda, keris pusaka itu ditunjukkan kepada salah satu panglima Diponegoro, Sentot Alibasha. Sentot membenarkannya dengan tanda tangan dan catatan dalam huruf Jawa.

Keris itu dikirim ke Raja Willem 1 di Belanda. Rupanya, sang raja tidak tertarik dengan ibu dari segala pusaka di Jawa itu. Di samping, sang raja harus menghadapi persoalan pemberontakan Belgia. Dia mengirim pusaka itu ke Koninklijk Kabinet van Zeldsaamheden, kabinet untuk pusaka-pusaka.

Direktur kabinet van de Kasteele tidak bisa membaca catatan Sentot. Tetapi dia butuh teks untuk katalog. Dan satu-satunya orang Jawa yang bisa membaca catatan Sentot itu di Belanda adalah Raden Saleh!

Saleh menulis catatan kecil tentang ibu dari pusaka Jawa itu pada 17 Januari 1831: Kyai berarti Guru. Seseorang yang menjadi bagian dari penguasa disebut demikian. Nogo adalah ular mistis yang dipercaya memakai mahkota. Siloeman, selalu dihubungkan dengan kepercayaan atas kekuatan supranatural, seperti membuat diri sendiri tidak terlihat. Nama keris Kyai Nogo Siloeman mempunyai arti, apabila memang memungkinkan untuk diterjemahkan mengingat betapa luar biasanya pengaruh keris ini, Raja Naga berkekuatan magis.

Bisa dibayangkan bagaimana perasaan Raden Saleh, anak muda Jawa yang berada ribuan kilometer dari asal usulnya menyaksikan ibu dari segala pusaka di Jawa, Kyai Nogo Siloeman. Saat ini, keris itu sudah tidak ada lagi di Belanda. Apakah keris itu kembali sendiri ke Jawa, atau dipinjam oleh Raden Saleh, masih jadi misteri?

misteri-keris-kyai-nogo-siloeman-milik-pangeran-diponegoro KWAYang jelas masih ada hingga sekarang adalah lukisan “Penangkapan Pangeran Diponegoro”. Lukisan yang aslinya bernama “Lukisan Bersejarah, Penangkapan Pemimpin Jawa Dipanagara” itu disimpan di Istana Merdeka, Jakarta. (sumber link terkait Raden Saleh) @@@

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “WAWASAN BUDAYA MISTIK

  1. secret weapon

  2. Wah.. harus ditelusuri ki.. mengingat banyaknya benda pusaka nusantara yg berada jauh dinegeri seberang..
    Betapa sedihnya hati saya.. mendapati kenyataan,bahwa pusaka-pusaka Nusantara banyak yg bertebaran
    di berbagai negara dunia.. Mulai dari zaman majapahit hingga masa mataram..
    Padahal pusaka-pusaka tersebut adalah mahakarya dari leluhur kita..
    Salam pamuji rahayu..
    (SUDAH NGOPI KAH ANDA HARI INI..?)

  3. nerah wiranata usuma

    waduhh jangan sampe pusaka2 qita di ambil orang ..sudah di patenkan baru tahu rasa pemerintah kita huuh… belum lagi lontar2 yang ada di negeri belanda sebenarnya itu warisan budaya qita ..mulai lontar /manuskrip dai pajajaran, majapahirt, sulawesi semua banyak di simpan di negara belanda ..bahkan kamus besar bahasa sunda ada di belanda ..dulu kalo mau s2 jurusan bhasa sunda harus ke negara belanda..tapi alhamdullillah sekarang bisa di UPi bandung ,..hehe..moga kamus besar sunda dan manuskrip lainya bisa kembali ke NKRI ..jayalah nusantara jayalah indonesia selaku keturunan bangsa lemuria ..bangsa cikal bakal peradaban dunia..moga kita bisa berjaya seperti masa lalu qta yang agung..amin…

  4. lisyeel

    kita bangsa indonesia aneh benda bersejarah pada hilang dicuri/di rusak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: