MENEMUKAN NABI KHIDIR SEBAGAI GURU ILMU HIKMAH


CARA PERTAMA
(PERNAH DIPOSTING DI BLOG KWA 12 FEBRUARI 2014)

Nabi Musa AS adalah sosok yang rasional, logis dan sangat-sangat mengandalkan akal. Pada suatu ketika dia menyombongkan diri. Saya ini orang paling suci dan paling cerdas di dunia ini. Allah SWt menegurnya dengan mengirimkan Hamba Allah yaitu nabi Khidir AS, sosok yang kecerdasannya melampaui Nabi Musa atas ijin Allah.

Ilmu Khidir adalah ilmu futurologis… tahu sebelum terjadi. Nah bila anda berguru kepada Nabi Khidir, bersiapkan menerima pengajaran-pengajaran tidak terduga dalam hidup kita di dunia yang sangat-sangat singkat ini.

 Berikut ini adalah amalan untuk bertemu Sayidina Khidir Alahi Salam. Bila Allah SWT menghendaki maka Anda akan dipertemukan dengan Sayidina Khidir. Bisa melalui mimpidan bisa pula dipertemukan secara fisik di sebuah tempat yang tidak anda sangka sebelumnya. Ingat, Nabi Khidir ahli melakukan penyamaran. Jadi setelah mengamalkan amalan ini waspadalah, siapa tahu dia berwujud sosok pengemis, sosok tukang semir sepatu, sosok tukang pencari ikan dan sebagainya, wallahu a’lam.

Amalannya sebagai berikut:

  •         Usahakan berwudhu terlebih dulu dan setelah itu jangan berbicara kepada siapapun sebelum tidur.
  •         Berbaringlah/tidurke sisi kanan tubuh anda.
  •         Baca LAILAHA ILALLAH setelah anda berbaring 11 x
  •         Kemudian baca doa berikut 15 kali.

 BISMILLAHHIROHMANIRROHIM BISMILLAHI AL AMAAN AL AMAAN YA HANAAN AL AMAAN AL AMAAN YA MANAAN AL AMAAN AL AMAAN YA DA YAAN AL AMAAN AL AMAAN YA SUBHAN AL AMAAN AL AMAAN YA BURHAAN AL AMAAN AL AMAAN MIN FITNATIZ ZAMAANI WAJAFAA IL IKHWANI WA SHARRISH SHAITON WA DZULMIS SULTON BIFADHLIKA  YA RAHIIM YA RAHMAN YA DZULJALAALI WAL IKROM WASALLALLOHUALA KHOIRI KHALIQIHI MUHAMMADIN WA ALIHI WAASHAABIHI AJMAIIN BI ROHMATIKA YA ARHAM AR ROHIMIIN WASALLALLAHU ALA KHOIRI KHOLIQIHI MUHAMMADIN WA ALIHI WA ASHAABIHI AJMAIIN BI ROHMATIKA YA ARHAM AR ROHIMIIN (15 X)

  •     Kemudian baca lagi LAA ILAHA ILALLAH 11 kali
  • Akhiri dengan doa untuk bertemu nabi khidir dengan bahasa anda masing-masing. Misalnya: ‘YA ALLAH, BILA PERTEMUAN DENGAN NABI KHIDIR ITU BAIK BAGIKU MAKA PERTEMUKAN AKU DENGAN DIA AGAR AKU BISA BERGURU LANGSUNG ILMU-ILMU MU”

Selanjutnya tidurlah.

 ULANGI AMALAN ITU DALAM TUJUH MALAM. SELAMA TUJUH  HARI BERSIHKAN HATI NIAT DAN PERILAKU DARI HAL-HAL YANG TIDAK TERPUJI. AKAN LEBIH BAIK TENTU SAJA TIDAK HANYA TUJUH HARI TAPI SELAMANYA.

 Insya Allah, Jika Allah menghendaki maka Anda akan dipertemukan dengan Nabi Sayyidina Khidir AS. Bisa saat tertidur selama mengamalkan, bisa jadi setelah kita mengamalkan selama beberapa waktu.

CARA KEDUA

Ini adalah cara amalan kedua agar Allah SWT memperkenankan kita mendapatkan Guru Ilmu Hikmah yaitu Nabi KHIDIR BALYAN IBNI MALKAN AS. Bila diijikan Allah SWT maka Nabi Khidir datang memberikan pengajaran ilmu-ilmu hikmah melalui mimpi atau datang secara langsung, atau bisa juga berwujud yang lain.

TATA CARA:

Usahakan setelah membaca doa ini segera tidur dalam kondisi tubuh berwudhu.

Baca tawassul berikut ini…
AUDZUBILLAHIMINASYATONIRROZIIMBISMILAHIRROHMANIRROHIM.
ASHADUALLA ILAHA ILLALLAH WA ASHADUANNA MUHAMMADAR ROSULULLOH
ILA HADROTI BAHRI SYAFAATI SAYIDINA MUHAMMAD ROSULILLAHI SAW, SYAI’U LILLAHI LAHUMUL FATIHAH.
ILA HADROTI JAMI’IL MALAIKATIL MUQOROBIN,KHUSUSON JIBRIL,WA MIKAIL,WA ISROFIL,WA IZROOIL, SYAI-U LILLAHI, LAHUMUL FATIHAH.
ILA HADROTI JAMI’IL HULAFAUR ROSIDIN SAYIDINA ABU BAKAR, WA UMAR, WA USMAN, WA ALI, SYAI’ULILLAHI LAHUMUL FATIHAH.
ILA HADROTI NABIYULLOH KHIDIR BALYAN IBNI MALKAN AS, SYAI’U LILLAHI LAHUMUL FATIHAH.
ILA HADROTI WALIDAYNI ABI WA UMI, WA HUSUSON SHOHIBUL IJAZAH. SYAI’U LILLAHI LAHUMUL FATIHAH
WA ILA ARWAHI ABA INA, WA UMAHATINA, WAJADDINA, WAJADATINA, WA AKHINA, WA AKHOWATINA, WALI JAMIIL MUSLIMINA WAL MUSLIMAT, WALMUKMININ WAL MUKMINAT, AL AH-YA’I MINHUM WAL AMWAT, SYAI’U LILLAHI LAHUMUL FATIHAH

Baca doa ini 37 x

 BISMILLAHHIROHMANIRROHIM BISMILLAHI AL AMAAN AL AMAAN YA HANAAN AL AMAAN AL AMAAN YA MANAAN AL AMAAN AL AMAAN YA DA YAAN AL AMAAN AL AMAAN YA SUBHAN AL AMAAN AL AMAAN YA BURHAAN AL AMAAN AL AMAAN MIN FITNATIZ ZAMAANI WAJAFAA IL IKHWANI WA SHARRISH SHAITON WA DZULMIS SULTON BIFADHLIKA  YA RAHIIM YA RAHMAN YA DZULJALAALI WAL IKROM WASALLALLOHUALA KHOIRI KHALIQIHI MUHAMMADIN WA ALIHI WAASHAABIHI AJMAIIN BI ROHMATIKA YA ARHAM AR ROHIMIIN WASALLALLAHU ALA KHOIRI KHOLIQIHI MUHAMMADIN WA ALIHI WA ASHAABIHI AJMAIIN BI ROHMATIKA YA ARHAM AR ROHIMIIN 

Selanjutnya baca doa berikut ini:

YA ALLAH, BERILAH AKU GURU KHIDIR ALAIHI SALAM UNTUK MEMBIMBING KU DALAM MENUNTUT ILMU HIKMAH. AMIN AMIN YA ROBBAL ALAMIN. ALHAMDULILLAHIROBBIL ALAMIN

Selanjutnya tidurlah dengan tenang. Amalan selesai.

@wongalus,2014

Iklan

69 Comments Add yours

  1. fahmi berkata:

    Semoga dalam hidup ini kita sempat betemu Nabi Khidir dan menerima pelajaran meski cuma sekali

  2. Resa Wardana Saputra berkata:

    Saya Terima Amalan Ini dg sempurna dg mengucap ” Qubiltu ” . Terima kasih buat ki Wong Alus dan saudara2 kampus wong alus ini . Semoga blog kita lebih berjaya . Amin . Sy knal blog ini sgt snang karna dg adanya amalan ilmu hikmah, makrifa dst serta rukunya poro sedulur disini . Terima Kasih dan Selamat Sore

  3. KiBrayut berkata:

    Qobiltu…

  4. paulus berkata:

    hmm…inkubasi mimpi…sbetulnya tdak ada yg mistik tentang hal ini…klo anda prnah baca2 ebook lucid dream anda akan tahu.bwha mimpi dpt dprogram dgn niat(bisa doa mantra visualisasi affirm).walaupun nabi khidir yg kita temui dgn teknik diatas bukanlah nabi khidir yg asli.tpi tidak brrati kita tdak mendapatkan mannfaat brtemu dgnnya…krena dia adalah wujud dri bawah sadar anda yg tahu banyak informasi khidupan kita… Klo tdak salah tholey menyebutnya self helper(english) sama dgn guru sejati versi wongalus…hale lo yah

  5. paulus berkata:

    salah satu fungsi alam bawah sadar adalah mengolah data dan memunculkannya menjadi data baru….. Makanya ada org blajar keilmuan dalam mimpi misalnya silat.wktu bngun ingat dan bisa…secara ilmiah memang trbukti bahwa pemimpi dpt menyempurnakan keahlian motorik di keadaan tidur REM(obe.ld)… huu ya

  6. Rooree berkata:

    Qobiltu

  7. kosong berkata:

    qobiltu ki…
    alfatihah ….3x

  8. junpas44 berkata:

    Saudara paulus yg saudara ketahui hanyala teori sedangkan yg di maksut di sini adalah kekuatan alam batiniah.alam battinah tidaklah ada batasanya jikalo Allah swt menghendaki tidak ada yg dapat menghalanginya .begitulah keyakinan kami di agama Islam yg telah di ridoi Allah swt Tuhanya umat ISLAM n Tuhanya alam semesta..entah kalo di hale luya saudara .maaf

  9. gilang berkata:

    qobiltu ijin mengamalkan ki

  10. Wong Fakir berkata:

    Qobiltu

    Rahayu Ki wong alus..

  11. Sugeng siang sedulur..
    Nderek Nyimak mawon..

  12. antoicank mantap berkata:

    qobiltu ki ijin mengamalkan

  13. thorique berkata:

    SALAM SALIM

  14. mulai mengamalkannya itu pada hari apa ya?

  15. muhammad rusliana berkata:

    Asslamualaikum wr wb ki wong alus dan poro sedulur bismillahirrohmanirrohim Qobiltu ijin untuk di amalkan 🙂

  16. Syah Rizan berkata:

    Qobiltu, minta izin mengamalkan.

  17. A.Rizali Ahzan berkata:

    Assalamualaikum wr wb,salam rahayu ki,Qobiltu izin mengamalkan mudah-mudahan menjadi
    barokah dunia dan akhirat.Man ajazani ila muntaha Alfatehah…………………………………..

  18. M.sholeh berkata:

    Qobiltu kang ilmuna

  19. Eka widi berkata:

    Asslmalikm ki saya mau tanya pada kalimat …il ikhwani wa sharrish .. bacanya wa sharrish atau wa shorrish ki mohon dijwb.trmksih

  20. satriaasmara212 berkata:

    derek nyimak kangmas…he hehe

  21. sudinwak berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb.
    Yth Bpk Ki Wong Alus dan semua sedulur KWA. Mohon izin untuk saya mengamalkannya. Terima kasih. Semoga kehidupan kita semua di rahmati Allah SWT. InsyaAllah.

  22. Lodaya Wungu berkata:

    Asalamualaikum wr.wb.

    Pamuji rahayu ki wongalus..
    Qobiltu.. mohon ijin mengamalkannya suatu saat nanti..
    Senoga berguna sebagai bekal untuk menuai hikmah dari carut marutnya kehidupan ini..
    untuk sedulur2ku bolo alus semuanya.. selamat pagi njeh…
    Rahayu sagung dumadi..

    wasalam.

  23. diko berkata:

    Assalamualaikum wr wb Ki wongalus.
    Bismillahirrohmanirrohim, Qobiltu ijazataka. Mohon ijin dan doarestu mengamalkannya. semoga sy juga bisa berjumpa dengan Nabiyullah Khidir AS. Maturnuwun. Alfatihah utk ki wongalus.

  24. sesepuh sesepuh disini agan agan tolong bantu saya!!! ane punya cewek namanya aya tp ldr terus tiba2 dia 180drjat berubah, sifatnya gak kayak dulu ma aku n ninggalin aku. 2 minggu kemudia dia punya cowok baru namnya idris. aku minta bantuan deteksi apakah aya kena guna” ato pelet? soalnya aku deteksi jarak jauh menggunakan getaran dia kena guna”, aq kurang yakin dengan dteksiku. Untuk kevalidtan aku minta tolong teman” yang bisa mendeteksi apa aya emang kena guna”/pelet? makasih

  25. Mohfa berkata:

    qobiltu, mohon izin mengamalkannya Ki. Terima kasih

  26. nerah wiranata kusuma berkata:

    mohon ijazahnya ki wong alus..alfatihah send to kwa

  27. Cah Awam berkata:

    mohon ijin menyimpan untuk diamalkan suatu saat nanti,,,Nuwun,,,,

  28. otnay berkata:

    assalamualaikum wr.wb

    qobiltu, mhn ijin pengamalannya

  29. lilik berkata:

    yang perlu diperhatikan…! Jangan sia siakan hidup kita hanya dengan belajar ilmu – ilmu kebatinan. Toh Rasulullah Muhammad SAW tidak pernah belajar ilmu yang demikian. Bahkan Nabi – Nabi sebelumnya juga tidak pernah. Beliau – Beliau hanya “menuju” kepada Allah. Kalau Mereka punya mukjizat, namun bukan karena mereka mempelajari atau memintanya. Ingat… jika kita punya suatu ilmu, maka ditakutkan kita akan menjadi orang yang “merasa” punya sehingga mau tidak mau akan timbul riya’ dlm hati walaupun kita berusaha untuk menyembunyikan ilmu. Benarkah Beliau Khidir selalu menyamar sebagai pengemis? tukang semir? atau lainnya?. Saya harap jangan berprasangka yang tidak – tidak mengenai Beliau, kecuali kalau kita bertemu sendiri dg Beliau dan mengetahui keadaan Beliau sesungguhnya. Mari sama – sama mensucikan hati, sehingga kita bisa diberitahu Allah, siapa pengemis dan siapa Beliau Khidir. Namun berhasrat kuatlah untuk bertemu Allah… jangan berhasrat untuk bertemu dengan yg lain. Jika kelak kita bisa bertemu denganNya maka dg sendirinya Dia juga akan mempertemukan kita dg kekasih – kekasihNya…!!!! maaf bila ada salah…!!!

  30. bramsakti berkata:

    alhamdulillah masih ada blog yang memberikan sedikit ilmu dan insya alloh manfaat amin yra.

  31. bramsakti berkata:

    mohon maaf kta saling mengingatkan kita wajib hukum nya untuk mencaru ilmu sampai ajal menjemput

  32. aljundi berkata:

    assalamualaikum gus wildan
    dan poro sesepuh
    maaf saudara @paulus

    ilmu zikir berbeda dg pemahaman pengendalian pikiran, zikir itu makanan ruh …jika seorang muslim dlm level tertentu dia akan melewati pemehaman pikiran yg tdk bs di jangkau akal
    akal sifatnya terbatas….

  33. aljundi berkata:

    mungkin ini yg dimaksud sdr @paulus
    copas aku lah hihihi
    Ada 3
    kategori Lucid Dreamer, dan
    berikut adalah hal-hal yang bisa
    dialami :
    A. Tingkat Pemula
    Berjalan menembus tembok,
    menggambar di langit, terbang di
    angkasa, menjelajah dunia mimpi.
    B. Tingkat Menengah
    Makan, berkencan atau bertemu
    tokoh-tokoh yang selama ini hanya
    ada dalam imajinasi anda seperti
    artis, olahragawan, politikus,
    pahlawan, tokoh kartun, dan lain-
    lain.
    C. Tingkat Ahli
    Berhubungan seksual, merasakan
    kehidupan setelah mati,
    mendapatkan inspirasi untuk
    diterapkan ke dunia nyata
    (contoh : ide untuk menulis buku,
    membuat film, dan sebagainya)
    Adakah dampak negatif Lucid
    Dream?
    Selama tidak dilakukan secara
    berlebihan, tidak ada dampak fisik
    negatif dari Lucid Dream. Beberapa
    kasus stres mungkin muncul jika
    Lucid Dream anda bersifat
    mengerikan atau menakutkan.
    Dalam kasus lucid dream yang
    akut, beberapa orang mungkin
    kehilangan motivasi di dunia nyata
    karena mereka merasa bisa
    mendapatkan apapun di dunia
    mimpi. Satu hal yang anda harus
    ingat, segala hal dalam Lucid
    Dream hanyalah mimpi, tidak ada
    yang berupa kenyataan.

  34. aljundi berkata:

    saudara @paulus
    zikir merupakan doa membangkitkan energi ilahi yg tertidur dlm diri manusia
    ini kisah nyata ada seorang ibu muslim yg di obati dg metode doa yg bukan muslim (maaf ini pengalaman saya yg hina dihadapan ALLAH) memang langsung nyata sembuh bs gerak setelah pulang 3 hari panas dingin serta tambah sakit ….nah beliau nelfon saya dg doa yg ada di KWA saya cb dg ijin TUHAN bs normal dari sakitnya ….zikir adalah doa bukan akal yg kerja tapi energi yg mendapat ijin TUHAN …..hihihihi jd sok tau aku
    maaf gus wildan saya hanya pencuri ilmu

  35. aljundi berkata:

    saudara @paulus
    mungkin ini yg dimaksud artikel REM bukan ilmu zikir
    tapi game mempengaruhi pikiran

    Salah satu ilmuwan yang
    membantu mengembangkan game ini,
    Professor Richard
    Wiseman, percaya aplikasi
    ini mampu membantu
    orang yang menderita
    kelainan tidur. Tak hanya
    itu, aplikasi ini juga
    dipercaya bisa membantu
    menyembuhkan orang
    yang menderita depresi.
    Ahli psikologi dari
    Universitas Hertfordshire
    pun berencana
    mengumpulkan koleksi
    rekaman pengguna
    aplikasi ini sebagai
    eksperimen massal di
    Festival Sains
    Internasional Edinburgh.
    Dengan cara ini, mereka
    ingin membuktikan bahwa
    mimpi mudah untuk
    dibentuk. Sebelum tidur, pengguna
    memilih kapan waktu mereka bangun dan
    memilih skenario ideal untuk mimpi mereka. Kemudian, mereka meletakkan ponsel dikasur, idealnya dekat
    akepala. Saat malam tiba, ada tiga
    tingkatan tidur. Dua
    tingkat yang pertama
    adalah saat tidur lelap
    dan ringan, yaitu saat kita
    badan kita tetap aktif.
    Tapi, di tingkat Rapid Eye
    Movement (REM), yaitu
    saat kita bermimpi, otak
    ‘melumpuhkan’ badan, kita
    tidak menggerakkan apa
    yang terjadi di mimpi ke
    dalam gerak nyata. Ini
    agar kita mencegah diri
    dari hal-hal yang
    membahayakan.
    Nah, aplikasi ini
    menunggu periode akhir
    REM, sebelum bangun.
    Saat itulah aplikasi bekerja
    memainkan soundscape,
    sehingga setting mimpi
    bisa disesuaikan.
    Ketika mimpi berakhir,
    aplikasi membangunkan
    pengguna dalam hitungan
    satu menit, untuk meningkatkan peluang
    mengingat mimpi tersebut. Dengan demikian pengguna bisa merekam
    mimpi mereka dan submit
    deskripsi mimpi itu ke
    database secara online. Sejumlah soundscape didesain untuk
    meningkatkan ‘lucid
    dreaming’, saat pengguna
    yang sedang tidur sedang
    sadar kalau mereka bermimpi dan tidak
    mempengaruhi apa yang terjadi.
    Saat ini aplikasi ini baru tersedia di iPhone. Namun, pengembang mengatakan akan mempersiapkan
    aplikasi ini untuk Android
    beberapa waktu mendatang.
    sumber:
    http://www.kaskus.us/
    showthread.php?
    p=672519882#
    post672519882

  36. Qobiltu eyang guru..sekalian ijin copas ke forum silaturahmi keluarga kwa.
    https://m.facebook.com/groups/209784955824925?refid=18&__tn__=C

  37. ki buyut berkata:

    wkwkwkkwkwkwkw mantap

  38. pangeran dewa arjuna berkata:

    qobiltu….salam persaudaraan untuk semua bolo wong alus

  39. pangeran dewa arjuna berkata:

    salam
    buat mas Avda Alief Daguerre klo tiba2 cwe nya berubah drastis tanpa sebab kemungkinan iya kena pelet,tp sebelumnya di cari tau dulu permasalahannya.maaf cuma saran saja.salam

  40. ilyanhabib berkata:

    qobiltu, mohon izin mengamalkannya Ki. Terima kasih

  41. Assyeikh berkata:

    Qobiltu,….menurut saya pendapat yang dari manapun datangnya tidak akan berarti apa-2 , terutama bagi yg tdk beragama islam karena pahamnya terhadap islam hanya sepotong=2, karena harus tahu “………..illa li ya’ rufuun ‘ itu apa, mengapa, dan saya yakin orang Islam sendiri belum tentu mengerti rahasia ini.

  42. Assyeikh berkata:

    Menurut saya bagi yang bukan muslim harap jangan ikut berpendapat di blog ini karena paham anda tentang ketuhanan berbeda,

  43. sumarno berkata:

    Qobiltu. ijin mengamalkan . salam taklim buat sesepuh kwA ki wildan dan poro sedulur kwa …
    bagi yg non muslim sekedar baca2 monggo mo komen juga monggo asal santun.dan klo blm terlalu paham kyk saya ini mending Nyimak aja

  44. diantkeren berkata:

    qobiltu,ijin nyimak dan insya Allah diamalkan

  45. aditya rohman berkata:

    qobiltu ki ijin untuk mengamalkan

  46. barki berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Qobiltu…
    Mohon izin & keikhlasannya untuk sy amalkan.

  47. Imammukolis berkata:

    assalamu alaikum. Qobiltu mohon izin mengamalkanya

  48. wahyoe berkata:

    qobiltu,ijin utk mengamalkannya

  49. Santoso berkata:

    Qobiltu,, mohon ijin mengamalkan Ki..
    Alfatihah buat ki wongalus,, amiin..

  50. Fahrivez berkata:

    Qobiltu..
    ijin untuk mengamalkan doa ini ya mas..

    salam dari kalimantan selatan 🙂

  51. miftah berkata:

    qobiltu ijazataka

  52. mankrida berkata:

    Reblogged this on krida Club House and commented:
    MENEMUKAN NABI KHIDIR SEBAGAI GURU ILMU HIKMAH

  53. triyono berkata:

    izin nyimak

  54. agus berkata:

    Qobiltu, mhn ijin untuk mengamalkan. Semuga di ijabah oleh Alloh SWT

  55. yunika eka fransiska berkata:

    qobiltu, izinkan saya mengamalkan bertemu dengan nabi khidir as, semoga Alloh mengizinkan amiiin.

  56. rizal berkata:

    Saya terima ijazahnya secara lengkap dan sempurnah semoga menjadi amalan sholeh dan ilmu yg bermanfaat dunia akhirat

  57. Muh. Taslim BH berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Qobiltu…
    Mohon izin & keikhlasannya untuk sy amalkan.
    Alfatihah buat ki wongalus,, amiin.

  58. moon berkata:

    qobiltu

  59. Muhammad yasin berkata:

    Qobiltu mohon izin amalannya. Semoga ALLAH SWT mengijabah

  60. sayyid abdillah sahab berkata:

    Qobiltu 🙂 izin mengamalkan 🙂

  61. jaya berkata:

    Qobiltu saya trima ijasahannya secara lengkap, sempurna dan bisa dipergunakan dijalan ALLAH SWT… amin

  62. Selva Nurdin Mulyana berkata:

    Qobiltu
    ijin mengamalkan ki wong alus

  63. Saya merasa beruntung , tidak terbelenggu dengan ajaran ajaran dari Tanah arab yang memonopoli nabi nabi , tidak perlu membela ajaran ajaran menyesatkan aliran wahabi , tidak perlu menuduh orang lain itu sesat …….orang lain itu sirik …..orang lain itu kafir …….semua manusia itu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa …..Maha Pengasih …..Maha Penyayang ………Maha Pengampun ……..saya menghargai sesama manusia …….oh …..alangkah indahnya hidup ini .

  64. ahmad berkata:

    qobiltu
    saya terima ijazah ilmu tersebut secara lengkap
    dengan perantara media internet dan perangkatnya
    semoga bermanfaat bagi kita semua
    semoga berhasil saudara(i) kaum muslim
    fatehah
    insyaAllah
    salam dan terimakasih

  65. jaelani berkata:

    qobiltu

  66. muhamad berkata:

    Qobiltu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s