MAKAMKAN DIRIKU DI TANAH TAK DIKENAL


Rumahku adalah surgaku, begitulah kata pepatah orang tua dahulu. Akan tetapi bagi diriku, rumahku ada di mana-mana di atas bumi ini. Dan semua ini surga bagiku. Di mana tanah dipijak di situlah langit aku junjung. Di mana malam tiba di situlah diriku berteduh dari angin dan hujan. Diriku berasal dari tanah dan akan kembali lagi ke dalam tanah.

Aku tidak punya apa apa. Semua ini yang punya Allah. Karena aku tidak punya apa-apa, maka aku ringan bergerak kesana kemari dengan riang. Harta benda, bahkan tubuh dan nyawa yang ada di dekatku ini bukan aku yang memiliki, mereka hanyalah titipan belaka. Maka aku wajib untuk menjaga sebaik-baiknya. Serta menunaikan amanah Sang Pemilik Sejati, sebagaimana yang pernah disampaikan kepada diriku sebelum lahir.

Maka aku ini sesungguhnya tidak bisa berada dengan sendirinya. Aku tergantung pada Allah SWT. Ketergantungan mutlak mulai dari bernafas, makan minum tidur istirahat, berpikir, rasa batin, kebahagiaan ketenangan, bahkan keberadaanku ini ada karena DIA ada. Kalau seandainya DIA tidak ada, maka aku jelas tidak ada.

Kalau seandainya DIA tidak hadir, maka pasti aku tidak hadir. Kehadiran DIA sungguh-sungguh bisa kuresapi dengan hati sanubariku. Kuyakin bahwa keyakinanku ini benar karena aku tidak punya keyakinan lain selain keyakinan yang dialirkan dari DIA.

DIA memenuhi relung batinku setiap waktu. DIA fokus utama hidupku. DIA memenuhi kasih sayangku, memenuhi rinduku, memenuhi rasaku hingga aku dibuat berdebar-debar setiap waktu. DIA adalah kekasihku yang kurindukan disetiap ruang dan waktu. Di puncak gunung aku bersamanya, di hutan aku memeluknya, di gang-gang kota aku bercengkrama dengannya, di ramainya dunia aku selalu bergandengan tangan bersamanya.

Maka kubekerja, kuberkarya, kulalui hari-hariku sejatinya bukanlah aku yang bekerja, bukanlah aku yang berkarya, bukanlah aku yang melakukan semua ini. Bilangan dua itu tidak ada. Hanya ada satu: Yaitu Engkau.

Kuberpesan, makamkan diriku di tanah tak dikenal bila kelak aku sudah saatnya berpindah alam. Bagiku dikenal atau tidak, punya nama atau tidak, karyaku diingat atau tidak, bukan hal yang penting. Aku belajar untuk ikhlas. Memberi tanpa harus menunggu kembalian. Seperti matahari, seperti Allah.

Justru nikmat dan puas bila sebuah karya ada manfaatnya. Soal siapa yang memulai karya, bukankah tidak begitu penting untuk diketahui? Sebab bahwa karya ku itu sejatinya adalah karya NYA. Aku hanya menjalani takdirku saja, sebagai manusia yangmana tanda-tanda keberadaanku pun tidak layak untuk dikenal.

Kalau aku sudah jadi mayat. Tutupilah tubuhku dengan tanah. Perlahan engkau tinggalkan aku pergi. Langkah-langkahmu menjauh dari diriku. Masih terdengar jelas langkah terakhir mereka. Aku sendirian,di tempat gelap yang tak pernah terbayang. Sendiri…. bersama belahan hati-belahan jiwa. Kawan dekatku hanya satu yang selalu menemani. Allah Ta’ala…

Semasa di dunia, aku sudah tanamkan dalam hatiku: kawan, sanak kerabat, handai tolan dan siapapun sejatinya adalah DIA. Tidak perlu ada kesedihan berlebihan ketika sosok mereka satu persatu meninggalkan diriku. Kepedihan, kegalauan, kebingungan tidak perlu ada. Aku tetap sendiri, disini, bersama kekasihku yang selalu menemani.

YA RAHMAN, engkau beri semua makhluk apa yang mereka butuhkan untuk hidup dan pulang ke jalan-MU. Maka bersama ini aku kembalikan harta yang telah kukumpulkan,yang telah kumakan dengan rakus, yang telah kulahap dengan nafsu ini kepada-MU, karena memang bukan aku yang punya. Apa hakku untuk mencuri milik MU? Apa hakku untuk mengaku ini hartaku?

YA RAHIM, engkau cintai dan sayangi semua makhluk tanpa terkecuali. Engkau kasihi ayah dan ibuku, isteri dan anakku. Kupasrahkan nasib mereka kepadamu, karena engkau yang menggenggam nasib mereka di tanganmu.

YA ALLAH, Engkau selalu membuka setiap kesempatan padaku untuk menyesal dan bertobat. Maka apa lagi yang membuatku sedih? Engkau pinjamkan waktu milik-MU, agar aku senantiasa bisa memperbaiki kesalahan dan dosa ku. Dengan kesadaran-Mu, aku bisa memohon maaf pada mereka yang selama ini telah merasakan kezalimku,yang selama ini sengsara karena aku.
Aku adalah milik MU
Aku adalah kepunyaan MU
Aku tidak punya apa-apa
Aku di dalam kekuasaan MU
Aku tidak ada
Alam semesta tidak ada
Engkaulah yang ada
Cuma Engkau, yang lain tidak
La ilaha Ilallah

@KWA,2014

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 28 Komentar

Navigasi pos

28 thoughts on “MAKAMKAN DIRIKU DI TANAH TAK DIKENAL

  1. suhu bobby kinasih

    kamilah sent for sedulurku di KWA…salam rahayu ki wong alus…

  2. subhanallah…sangat dalam sampai ke dasar jiwa….alfatehah buat seluruh ciptaanya ….sent

  3. PUTRABANTARANGIN

    ABSEN SIANG KI,
    MONGGO DILANJUT

  4. joyodrono

    4
    Sangat meresap ke Sanubari ki. .

    Al fatehah buat Dulur KWA semua

  5. Mantap…..
    Merinding aq bacanya

  6. absen sore gus wildan ….dlm banget kayak kata2 sejatine aku fana sing ono mung gusti Allah…
    mantap gus wildan salam salim dari saya murid sing nunut belajar juga

  7. wong awam

    subhanallah..salam salim buat guru” terkhusus buat ki wa.habib Muhammad wildan..sent al fatihah tuk smua ciptaan nya

  8. sudinwak

    Assalamu’alaikum WrWb.
    Yth Bpk Ki Wong Alus dan sedulur KWA semua, menitis air mata saya dengan keinsafan. Al Fatihah untuk Yth Bpk Ki Wong Alus dan sedulur semua!

  9. thorique

    SALAM SALIM

  10. thorique

    SALAM SALIM
    ,

  11. DELING JATI

    sungguh suara hati yang membahana………..

  12. Supriyadi HardjoSudarmo

    Koyo-koyo siniram tirto wayu sewindu… mak nyeeesss anyep mresep ing sanubari… salam sungkem konjuk dumateng ki guru Muhamad Wildan…. Alfatehah… Sent…

  13. YA ALLAH …berikan kekuatan keikhlasan ,untuk mencapai ridho MU”

  14. AFFWAN

    Assalamualaikum……..
    menyapa sedulur sedulur……….
    Selamat siang sesepuh KWA serta jajarannya……….
    Hehehhehehehe……

  15. Subhanalloh,,
    begitu dalam makna yang tersirat..
    sangat menyentuh hati.

  16. nerah wiranata kusuma

    musti banyak istigfar n sholawat kayaknya hidup ini..heheh

  17. Salam salim

  18. Untuk semua manusia di dunia ini,Tuhan telah memberikan sesuatu yg mulia dan baik ke dalam hatinya.(^_^) salam 1 hati

  19. JOKO KAMPRET

    ass.. gw maw share pengalaman gw saat merantau ke jabar. gw di sana punya beberapa tman santri dari jatim. tp rata2 mrk agak baong. ada yg suka judi. ada yg suka nonton pilm panas. tp mrk ada baik nya juga. mrk setia kawan. mrk gk mau menghianati gw sbg tman. beda dg org jabar. mrk gk setia kawan. kdng sesama org jabar, saling menjelekkan dan menghianati. hanya krn yg 1 warga pribumi. yg lain pendatang. kalau org jateng spt gw, netral. gw dg org mana aja kenal. tman gw dari jatim juga gk akur dg org jabar. org jatim nyuruh gw jangan akrab dg org jabar, tp gw gk mau krn gw tinggal di jabar. mau gk mau hrs akrab dg org jabar.

  20. adim

    assalamualaikum …

  21. adim

    mbah yai ki wongalus.. gimana kabarnya ?…
    mbak bibirmerahx … sugeng dalu ..

  22. Mas Adim# alhamdulillah kabar baik,sugeng sonten…nuhun.

  23. ananta

    @ki Suling bs d babar g lafad/wirid untuk latihan getaran getaran gaib seperti yg d saat peng ijazahan ASR d Madura kemarin…!

  24. ngeunah ieu …

  25. Bengawan.Candhu

    Setiap orang punya pengalaman hidup dimasa lalu yg bisa membawa kita kembali ke suatu titik kesadaran yang tinggi atau malah terhanyut kesuatu perjalanan yang tidak jelas kemana akhirnya….
    Sobatku semua,semua pengorbanan,semua perjuangan,semua doa,semua hidup kita akan berakhir disatu titik….yaitu dihadapan Tuhan Yang Maha Tinggi…semua amal bhakti kita akan terhenti dan terhampar dititik tersebut…..
    Apabila kita selama ini sibuk mendoakan diri kita sendiri,menirakati diri kita agar kita bisa bahagia,banyak rizki,limpahan dan kesehatan tapi mengabaikan doa buat orang lain,msl mendoakan pun blm serius terhadap orang lain…….MARI KITA BERSAMA BELAJAR UNTUK TIDAK MELUPAKAN SATU HAL….DOAKANLAH YG SAMA SPT YG KITA PINTAKAN,KITA HAJATKAN BUAT DIRI KITA SENDIRI….karena perlu kita ingat doa yang kita pintakan buat orang lain,maka akan ada malaikat yg meng AAMIIN kan doa kita diatas setiap kepala makhluk yang kita doakan tsbt. DAN BAYANGKANLAH,DOA KITA DIAMINKAN PULUHAN BHKN RATUSAN JUTA MALAIKAT YANG BERADA DIKEPALA ORANG2 YANG KITA DOAKAN,DAN PULUHAN JUTA BAHKAN RATUSAN JUTA AAMIIN DARI MALAIKAT TSBT DIKEMBALIKAN KMBL KEPADA KITA……semoga dengan doa yang kita doakan bagi segenap penduduk langit maupun bumi,doa yang kita lantunkan buat para sesama baik dari golongan manusia jin dan malaikat yang menjadi penduduk bumi maupun langit akan memberkahi kita kembali….yang membukakan jalan kemudahan bagi kita,mensafaati hajat dan hidup kita MEMBUKAKAN HIJAB HIJAB KITA yang bs jadi menghalangi doa dan hajat kita…semoga doa yg kita ikhlaskan buat sesama semoga membawa manfaat buat kita semuanya….aamiin….

  26. Semoga amal” ibadah beliau diterima alloh swt,semoga ki wong alus di beri ketabahan dan kesabaran, alfatihah

  27. Ijin copas ki, moga bermanfaat amin

  28. ijin copy paste.ki…subhanallah smpai trharu q membacanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: