EMPAT ILMU WARISAN LELUHUR BORNEO


Warisan leluhur nusantara alias nenek moyang kita sungguh sangat banyak. Baik berupa warisan pikiran, keyakinan maupun benda-benda. Berikut ini salah satu warisan nenek moyang dari bumi Borneo/Kalimantan.

Tepatnya di Kecamatan Embau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kecamatan ini dihuni oleh Suku Embau yaitu suatu kelompok masyarakat yang masih keturunan suku Dayak Embaloh, yang saat ini lebih menyatakan diri mereka sebagai Melayu. Suku Embau ini bermukim di sepanjang sungai Embau kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat.

Suku Embau, adalah keturunan dari suku Dayak Embaloh. Walaupun mereka masih berdarah dayak, tetapi mereka lebih suka menyebut diri mereka sebagai orang Embau, atau Melayu Embau.

Bahasa Embau yang asli diperkirakan telah punah dari peradaban sejak akhir abad ke-19. Bahasa Embau telah punah karena tidak ada lagi penutur bahasa ini. Masyarakat Embau, pada awalnya berbicara sehari-hari mengggunakan bahasa Embau —mirip dengan bahasa Dayak Embaloh. Tetapi karena dominasi bahasa Melayu di daerah ini secara perlahan-lahan bahasa Embau tergeser oleh bahasa Melayu. Pada saat ini suku Embau menggunakan bahasa Melayu, walaupun beberapa kata dalam bahasa Melayu yang mereka gunakan masih terdapat beberapa kata dalam bahasa Embau. Oleh karena itu bahasa yang mereka pakai sekarang disebut sebagai bahasa Melayu Embau.

Punahnya bahasa Embau, maka punah juga budaya asli suku Embau, karena saat ini berbagai acara adat mengikuti segala bentuk budaya Melayu. Bahkan perilaku dan cara berpakaian pun telah mengikuti cara-cara melayu. Termasuk kawin-campur antara orang Embau asli dengan orang-orang Melayu sehingga budaya dan agama Melayu ini pun terserap ke dalam masyarakat Embau. Dan saat ini suku Embau secara mayoritas telah memeluk agama Islam.

Sebagaimana suku-suku di Indonesia, masyarakat Embau juga memiliki Ilmu-ilmu goib yang dipercaya memberikan banyak manfaat untuk hidup sehari-hari. Di antaranya akan kita paparkan di bawah ini:

ILMU SELAMAT

Ilmu ini adalah ilmu warisan leluhur suku Embau, dan bisa jadi dengan ini pula suku Embau diselamatkan Tuhan sehingga selamat dan lolos dalam tragedi “Mandor” yang berdarah pada tahun 1943, di mana tentara Jepang melakukan penangkapan dan pembantaian massal kepada masyarakat suku Embau.

Caranya:
Setiap pagi, genggamlah kedua tangan dan putarlah dengan arah dari bawah ke atas sambil membaca doa mantra. Lakukan sesering mungkin selama beberapa hari. Ketika hendak digunakan maka lakukanlah seperti biasa, sebaiknya lakukan sebelum bepergian.

Insya allah kita akan selamat dari senjata apapun, dari musibah bala bencana atas ijin Allah SWT. Inilah mantranya:

TIK KUNANG URAT JENALLAH
TUNGKAT DAN SYAHADAT
CAHAYA MANIKAM
NURMANI LAHUL ALLAH
AYATULLAH HAS SIFATULLAH.

—–&&&—-

ILMU MALAIKAT EMPAT

Pada masa muda seseorang perlu melengkapi diri dengan belajar ilmu silat dan apabila sudah memiliki ilmu silat maka seseorang perlu juga memiliki ilmu batin silat/ ilmu goib silat. Ilmu ini adalah tambahan agar orang yang belajar silat agar memiliki daya kekuatan supranatural.

Inilah mantra doa ILMU MALAIKAT EMPAT PAKAI BELAJAR SILAT yang dibaca sebelum kita menggerakkan jurus-jurus apa saja:

JIBRIL DI MUKAKU
MIKAIL DI KANANKU
ISRAFIL DI KIRIKU
IZRAIL DI BELAKANGKU
MUNKAR DI ATASKU
NAKIR DI BAWAHKU
ROKIB DI KANANKU
ATID DI KIRIKU
RIDWAN DI MUKAKU
MALIK DI BELAKANGKU
MUKORROBIN DI MUKAKU
BERKAT DOA LA ILAHA ILALLAH
BERKAT MUHAMMADARRASULULLAH

—-&&&—–

ILMU KOBAL— ILMU KEBAL SENJATA

Caranya cukup mudah yaitu selesai sholat lima waktu baca sekali dan tiupkan ke telapak tangan lalu usapkan ke seluruh tubuh. Insya allah tidak lama kemudian anda akan kebal atas ijin Allah SWT. Bila akan digunakan untuk menghadapi musuh cukup baca sekali dan tiup ke tangan lalu usapkan ke tubuh.
Baca dan hapalkan doa ILMU KEBAL ini…

AH BANGUN
JAGAT PUN BANGUN
BANGUN CULA
SALAMULLAH HU BANGUN
BESI KURSANI
URAT SEPERTI KAWAT
TULANG SEPERTI BESI
DARAH SEPERTI TIMAH
KULIT SEPERTI BELULANG
BERKAT DOA LA ILAHA ILALLAH
BERKAT MUHAMMADARRASULULLAH

—–&&&—–

ILMU ANTI KEBAL
Sebelumnya, Mari kita belajar sedikit tentang tubuh kita sendiri yang kita kenal dengan tulang sulbi atau bahasa Inggrisnya Coccyx. Tulang sulbi terletak pada bagian terbawah dari tulang belakang. Oleh sebab itu ia juga dikenali sebagai tulang ekor.Tulang sulbi adalah tulang yang pertama yang diciptakan oleh Allah ketika proses penciptaan Nabi Adam AS.

Pada hari kiamat kelak, semua makhluk akan dimatikan termasuklah malaikat dan ketika itu hanya Allah saja yang Maha Hidup. Sewaktu hari kebangkitan nanti, Allah SWT akan membangunkan semua manusia lagi, mulai dari nabi Adam sampai manusia terakhir yang lahir sebelum kiamat. Hebatnya tulang sulbi ini tak akan hancur di dalam tanah dan termasuk dalam salah satu benda paling keramat yang tidak akan musnah dengan izin Allah.

Tulang sulbi banyak disebutkan dalam hadis. Antaranya, Dari Abu Hurairah Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya semua bagian tubuh manusia akan rusak, kecuali tulang sulbi, dari tulang ini pertama kali manusia diciptakan, dan dari tulang ini manusia dibangunkan dari kematian di hari akhir” (HR. Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah)

Membahas Tulang sulbi ini juga menarik. Ada ilmu-ilmu, misalnya inti besi kursani atau ilmu anti kebal menggunakan media tulang sulbi. Berikut ini akan kita paparkan tentang ILMU ANTI KEBAL.

Caranya:
Letakkan jari telunjuk ke ujung tulang ekor /tulang sulbi. Selanjutnya baca: BABUL JANAB 3 x dan angkat jari telunjuk dan oleskan ujung jari telunjuk ke ujung pedang atau ujung peluru, atau ujug tombak. Senjata siap digunakan untuk melumpuhkan pemilik ilmu kebal.

Mudah bukan?

Keempat ilmu diatas silahkan diamalkan bagi yang berminat. Bila tidak berminat silahkan dijadikan tambahan pengetahuan saja. Terima kasih. SALAM BHINNEKA TUNGGAL IKA…

@KWA,2014

Iklan
Categories: EMPAT ILMU BORNEO | 46 Komentar

Navigasi pos

46 thoughts on “EMPAT ILMU WARISAN LELUHUR BORNEO

  1. yusrodin

    Ass……
    Pa kabar ki alus…..?? Mudah2an Ki Alus dan sekeluarga, para guru, para santri, semoga sehat n dalam lindungan ALLAH SWt….
    Ki Alus email saya udah di baca lum Ki?? Qobil tu ilmunya, dan mohon ijin mengamalkan…

  2. pertamax

  3. dauz

    Ass wr wb
    Smga rhmat n hdayah sllu trcurahkn kpd kta smwa. Slm paseduluran utk smwa kel bsar KWA. Mhn mf sblumx sya mau tnya kpd gru bsar KWA ki wong alus/ M Wildan dan kpd smwa anggota KWA dmnpun smwax brda.. yg ingn sya tnyakan pa blh sy hdr pd prtmuan kmis mlm d mrkas bsar KWA mskpn sy bkn anggota KWA?? Tp bbrp hr yg lalu sya sdh dftr jd anggota KWA tp smp skrg blm jg trdftar..

    Jk mmg d prkenankn.. pa sja yg hrs sya bwa dan pkaianx pun hrs brwrna ap

    Mhn àts prtnyan sya , wasalam wr wb

  4. mohon doa pengobatan luka separah apapun. sembuh tanpa obat dan operasi dan Bisa saya pake untuk menolong sesama secara Gratis!!! terimakasih!

  5. Ismail

    Assalamu’alaikum..
    Qobiltu.. Mohon ijin ijazah dan mengamalkannya ya ki,,

  6. murid bupati wongalus

    Nyimakkkkk sajaaa guruuuu

  7. MURID BUPATI CIREBON MBAH JR DAN MURID BUPATI SIDOARJO MBAH KWA

    Ikut gelar tiker….nyimakkkk….

  8. semut irenk

    Ijin nyimak “ilmu selamat” aja lah,
    Klo ilmu kebal ga deh, nti malah pengennya ngajak “fight” mlulu, lbh baik yg selamat aja…
    Klo ilmu ALL IN one ada ga ? ( Selamat dunia akhirat, cukup berlimpah rejekinya dan barokah, istri sholehah dan cantik ) klo ada minta donk d share, heheheee..special edition

    Nwun pangapunten..

  9. Punten mohon perkenan ridonya para guru yth,
    boleh ya nebeng tidur sejenak.

  10. Punten para guru mohon izin berijab QobulQOLBITU ria dg mas kawin 7 ayat Alfatihah dsent tunai.

  11. yusrodin

    Assmlk…@Murid Mantan…… Selamat Mlm jum’at……

  12. suhu bobby kinasih

    nyimak aja deh…

  13. syek sarif hidayahtulllah

    kobiltu…….wong alus dan p ara master…. dan kyai raja rizal kelayang kyai singa marantee kyai gatoloco… dan yang ada di sini seudara saudara ku indonesia… al fateha…….7x

  14. syek sarif hidayahtulllah

    ass wr wb………saudara ku indonesia……..saya kenal kan diri saya…….. saya bangsa filifin… mama sy orang indonesia dan bafa sy orang filifin……jadi mix lah keturunan sy …..mohon maaf kyai wong, alus ….sy kenalkan ….ilmu wali dari filifin……..ilmu kami seferti….ilmu junob nyawa….. ilmu istinja badan…..ilmu alif 3…….ilmu 20 sifat…. ilmu kesucian jasad…… ilmu usul alif….ilmu 4 malaikat…….ilmu kebal….. ilmu fenguncian feluru…….. ilmu rahsia farawali.ilmu rahsia kedua tangan kita……. ilmu rahsia tiga ferkataan……..ilmu rahsia kesucian sembayang….ilmu rahsia dua sembayang….ilmu rahsia dalam kun faya kun…….. ilmu rahsia nama ibu bafa kita…….. ilmu rahsia ketuhanan…………………. ilmu rahsia kunci syurga…….ilmu rahsia taubat awal….. ilmu baginda ali…….. ilmu fenumbuk maut…… ilmu ferang……ilmu rahsia kembar ku air……ilmu rahsia saudara rajah besi…………. ilmu halimunan..
    ..ilmu rahsia nama nyawa sebenar.
    …..ilmu rahsia nama nafas luar dalam.
    .ilmu rahsia awet mudah. ilmu felet awek…
    .dan masih banyak lagi ilmu yang belum sy tulis kan di sini…… ini mantra kebal felindungan 4 unsul….bismilla………..
    assalaamualaikum kembar ku air
    lambung ku
    nyawa ku
    saudara ku besi………………………….
    k itu jah nanti sy fostkan tatacara lengkaf Satu hari nanti…. di wong alus…………… salam hormat fara kyai dan guru guru di indonesia dan saudara saudara ku islam dan terutama sama kyai wong alus… terima kasih kerena membuat blog keilmuan kefada saudara2 islam yang saling membantu sama sama islam….. allahhuakbar…… ↭↭↭↭↯↯↯↭↭↭↭

  15. mpu gandring

    qobiltu ilmu felet aweknya ki …

  16. nerah wranata kusuma

    mohon iujazahnya ki, moga bermanfaat dunia wal akhirat

  17. nerah wranata kusuma

    salamualaikum wr.wb… wilujeng enjing pada sesepuh semuanya..mohon ijazah ilmunya ki, moga bermanfaat dunia wal akhirat

  18. bang syek syarif dapat salam balasan dari kawan lamo nya sekaligus menyambung ilmu saudara besi bang syarif dari seorang tentara indonesia yang dulu bertugas di filipin berikut kalimatnya

    bismillah
    lamma juta hulijah hulika
    asyhaduan laillaha illallah muhammadarasullallah
    roh kate diri
    musabairin kate muhammad
    tidak mengharus kate allah
    allah..hu haq
    hai besi saudara ku
    aku tau asal mula mu
    besi terpacik aku tiba
    besi muhammad aku tau asal mu
    dan seterusnya…..

  19. Assalamu’alaikum..
    Qobiltu.. Mohon ijin ijazah dan mengamalkannya

  20. syek sarif hidayahtulllah

    ass. .wt wr……… saudara ku letto andi
    kalimat nie di mana saudara dapat…….

  21. syek sarif hidayahtulllah

    ass. wt. .wr…….para saudara islam dan kyai yang semua ada disini….. ajarin dong…. cara postkan keilmuan di blog ini
    aku ingin membagi keilmuan kami
    dari kaum suluk filipine….
    aku tak tahu dong cara post kan keilmuan.
    haraf maaf ane orang baru disini,eheeheheh

  22. MURID BUPATI SIDOARJO

    Salam rahayu buat sedulurku :
    – Ki WA
    – Ki yusrodin
    – Ki aku
    – Ki dauz
    – Ki nugroho
    – ki ismail
    – ki semut ireng
    – ki syeh syarif
    – ki ilyanhabib
    – ki lettu
    – ki subali
    – ki wiranata kusuma
    – ki bc
    – ki wawan sleman

  23. assalamu alaikum

    Qobiltu…

    semoga bermampaat. amin

  24. syek sarif hidayahtulllah…….. untuk memposting keilmuan sila kirim email ke Ki WongAlus…. kiwongalus2013@gmail.com
    Ki WongAlus yang akan seleksi tulisan tuan syek sarif hidayahtulllah

  25. dashary

    assalamu’alaikum.dulu saya sering mampir di web ini hanya sekedar liat2 dan baca.ilmu seperti ini antara percaya dan tidak percaya hanya itu yang saya rasakan. hanya allah yang tau.wasalam

  26. Irawan

    Qobiltu

  27. Wonk Cirebon

    Qobiltu,ijn utk d amlkn,trmksh

  28. Wonk Cirebon

    asalamualaikum syekh Sarif Hidayahtulla sy mau nih jdi murid prtma

  29. syek sarif hidayahtulllah

    ass..wr.wt….salam saudara ku indonesia dan para kyai yang ada di sini..,..terima kasih saudara bagong,,,kerena ajarin sy cara menyumbang kan ilmu….
    yang pertama sy akan postkan,
    kesucian hadas kecil dan kesucian hadas besar…ini lah dosa dosa kita yang kecil tanpa kita sedari setiap hari
    setiap kita buang hadas kecil,,,kita mesti baca kesucian hadas kecil sambil tuangkan air…..ini lah dosa dosa tanpa kita sedari…kalau dari kaum kami filipin
    kami mesti di ajar dulu kesucian hadas kecil dan kesucian hadas besar,,,,
    baru kami di ajar ilmu yang lain ,,,,
    sebab pesan dari wali tok barakat
    mesti kita menjaga dosa dosa halus tanpa kita sedari,,,,,,,,,

  30. bangunn

    Qobiltu

  31. Abee

    Subhanalloh..

  32. al faqir

    basmala qobiltu terimakasih sebnt al fateha

  33. adi

    Qobiltu.. Mohon ijin mengamalkannya ki,,

  34. @ syek sarif hidayahtulllah :: ilmunya post di komentar aja mas,,, kalo tau email ki wongalus bisa kirim ke emailnya,,,…… Kami tunggu ilmunya mas

  35. syek sarif hidayatullah

    Ass.mas neval 313……sudah aku kirimin keilmuan saya….. tapi kyai wongalus belum lagi postkan… keilmuan yang saya hantar….. ada 2 keilmuan saya hantar sama wongalus.. m……… betulke ini emel… kiwongalus13@gmail.com

  36. segentaralam

    Qobiltu,…Ijin mengamalkan moga2 bermanfaat,..sent fatelah u/sohibul ijazah.

  37. Rahman

    qobiltu

  38. sapar

    assalamualaikum ki wong alus…
    kalau boleh tau siapa yg kirim keilmuan di atas ki,krn aku mau kenal dgn pengirimx…
    krn aku jg dr kab.kapuas hulu,kalimantan barat.
    kalau bs tlng krm alamat atau email pengirimx ke email saya ki…

    harisborneo@gmail.com

  39. sapar

    rahman@numpang nanya kawan,kalau blh tau anda di kapuas hulu di kecamatan mana…

  40. Assalamualaikum saudar- saudara ku semuslim, para sesepuh KWA dan para sesepuh yang lainnya, saya nama : HAZLI HAFIZ saya hanya seorang insan yang ingin banyak belajar tentang ilmu- ilmu hikmah, saya mohon izin dan pencerahan bagaimana cara nya, karena saya jauh disumatera ( jambi) , mohon pencerahannya, akhir kalam assalamualaikum

  41. Raden Adam Cakrabuana

    mantap sesepuh qobiltu ilmu yg unuk menjebol ilmu kobal… tapi k tanya ilmu kebal di alam dunia ini ada tiga tingkatan yg pertama tingkatan mantra..kedua tingkatan kaji diri yg ke tiga ttingkatan hakekat nur besi… apakah bisa ddi jebol pula tuh

  42. eyang nur hasan

    @raden adam cakrabuana
    kebal untuk apa dulu….jika kebal karena mencoba, arogan, gagah2an , ngarep pujian, dan maksiat…ya cebol…bol….bol dengan mudah…walaupun ada 1000 tingkat ilmu itu.

    ada kasus di daerah cirebon trusmi (centra batik trusmi) kebetulan eyang lagi nganter cucu cari motif batik trusmi untuk anak SD….ada pencuri ketangkap basah dan dihakimi oleh massa sejak malam sampe siang…pencuri itu tidak tergores sedikitpun kulitnya…tidak tercabut satu pun rambutnya…tidak sobek bajunya sedikit-pun…malah nantangin warga….ha..ha..ha..mana orang2 sakti di daerah ini…bahkan pencuri ini…saking saktinya mengaku tuhan dengan berteriak lantang dan keras…sudah dibayangkan….kan…hebat ilmu kebalnya…hemmm….bismillah….bi-iznillah cebooool….sambil menikmati ketoprak yang khas cirebon…enak tenan…akhirnya ya….hancurlah kesombongannya.

    cerita tersbut boleh di cek ditanyakan poro sepuh kwa asal cirebon….salam rahayu…@aki rotan….

  43. ilmu itu ad dan datng krn ijin alloh dng niat dn tjuan suatu manusia.,akan tetapi itu semua perantara dari jin2 yg bs mnyesatkan melalui berbagai ilmu.,kl ajal mnjemput ilmu itu tidak akn d pertanyakan.,hanya amal lah yg akan d pertanyakan.,jgn lah d sesatkan atw menyesatkan.,krna menyimpang akan sesuatu yg di larang oleh alloh.,amal kan sebuah kebaikan untuk sebuah kebaikan bersama.,berbagi ilmu alloh tntang hidup untuk di akhirat,alloh mnurnkan ilmu agama hanya untuk taat dan kebaikan itu pun tidak d minta bayaran hanya alloh meminta taat dan patuh untk ajaran islam.,tinggal manusia nya untuk memilih jln ny sendri sdang pilihan sudah d berikan.,

  44. Izin mengamalkan sluruh ilmunya, sy masih awam. bimbingan dan penjukx.

  45. Haydar Zawawi

    qobiltu

  46. QOBILTU KYAI…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: