img_20150216_212318187Monumen Jayandaru di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo diprotes sejumlah ormas Islam. Beberapa ormas Islam menilai, monumen berupa patung tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Mereka pun mendesak patung tersebut dibongkar. “Jika tidak, kami akan segel patung tersebut hari ini juga karena sudah sebulan lebih pembangun patung berjanji akan mengubah bentuk patung Jayandaru tersebut,” kata Sekretaris Gerakan Pemuda Ansor Sidoarjo, Rizza Ali Faizin, Jumat (20/2/2015). Menurut Rizza, pembahasan patung tersebut sudah tuntas di kalangan MUI Sidoarjo dan kalangan pesantren, yang tegas menolak replika sembilan patung berbentuk manusia sempurna setinggi 25 meter itu. Monumen itu menggambarkan aktivitas masyarakat Sidoarjo yang mayoritas petani dan petambak. “Patung-patung tersebut menurut ajaran Islam diharamkan dan dianggap berhala karena bentuknya menyerupai manusia sempurna. Ini yang kami tidak sepakat karena Sidoarjo adalah kota santri,” kata Rizza. Patung Jayandaru, karya seniman rupa Wayan Winten, itu dibangun dengan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan pakan ternak PT Sekar Laut Sidoarjo.

OPINI MASYARAKAT

antarafoto-tuntut-pembongkaran-patung-dipercepat-20022015-syt-05Achmad Room Fitranto (Staf pengajar IAIN Sunan Ampel Surabaya): Akhir akhir ini terjadi fenomena aneh di masyarakat yaitu terdapat sekolompok masyarakat yang menolak pembangunan monumen patung jayandharu di alun-alun Kabupaten Sidoarjo. Alasan penolakannya beragam, yang inti utama adalah ingin melindungi umat dari perbuatan yang memberhalakan patung yang dibangun, ataupun ada yang merujuk ke salah satu hadist yang menyatakan pembuatan patung dan atau segala bentuk yang menyerupai makhluk hidup hukumnya haram.
Sehingga orang yang membuat patung atau yang memberi kontribusi perijinannya nanti ada tuntutan di akhirat yakni memberi nyawa sehingga dari situ munculnya penolakan terhadap patung itu. Jelas disini maksud dari penolakan dari monumen patung Jayandharu adalah untuk melindungi aqidah dan ajaran Islam yang dianut oleh warga agar tidak bercampur pada kepercayaan sinkritisme dan dinamisme.
Namun demikian bila kita melihat fenomena pertama dimana masif masyarakat baik dari kalangan akademisi, agamawan dan kelompok masyarakat yang mengandrungi jenis bebatuan yang dipercaya akan akan memiliki kekuatan dan bisa memberikan sugesti kepada pemiliknya menjadikan satu anomali tersendiri. Mungkin ada justifikasi, batu akik kan hanya untuk perhiasan, karena bentuknya Indah dan menarik, sesungguhnya Allah menyukai kepada keindahan, bila alasan ini yang digunakan, lha monumen yang dibangun itu kan juga untuk bentuk keindahan taman, apa bedanya?
patungMungkin dijawab, karena patung itu dalam sejarahnya bisa menyesatkan manusia dan bisa dijadikan persembahan dan persekutuan kepada Dzat yang maha Kuasa, bila ini alasan yang digunakan maka bagaimana fenomen Akik yang dipercaya bisa memberi kekuatan dan manfaat kepada pemakaiannya, terlebih pada beberapa batu juga dipercaya bisa diisi oleh Khodam atau mahkluk menunggu, apakah ini bukan bukti nyata akan mempersekutukan Dzat yang maha kuasa?
Secara pribadi, saya memiliki beberapa koleksi batu, di rumah juga ada patung, gambar, foto tokoh terkenal ataupun foto manusia yang mana sangat menyerupai bentuk dan wujud manusia, namun kedua benda tersebut bukan dijadikan alat utama pemujaan atau tempat untuk mendapatkan kekuatan, namun semua hanya perhiasan yang setiap saat bisa hilang, berubah atau menjadi jelek. Semua tindak tanduk manusia dikembalikan kepda niat awal manusia, sebagaimana hadist yang berbunyi” “Innamal a’malu binniyati wa innama likul-limriyin ma nawa faman kanat hijratuhu ilallahi wa rasulihi fahijratuhu ilal-lahi wa rasulihi, wa man kanat hijratuhu lidunya yusibuha au-imra-a ti’n yunkihuha fahijratuhu ila ma hajara ilaihi”
Jadi apa salahnya di negeri kita berdiri patung monument Jayandaru di Kabupaten Sidoarjo?

KOMENTAR-KOMENTAR
bahrul• Enggar Saputro: Ormas islam di Indonesia layak dibubarkan karena telah berani menyebar fitnah & kebencian !!! siapa setuju . . ?
• Serda Toni: Monumen Jalesveva Jayamahe pun berbentuk patung pelaut di Lantamal ujung surabaya… tuh kalau berani robohkan sana! Akan ditembak tuh engkau punya otak dungu. Aneh-aneh aja.. apa salahnya seniman berekspresi?
• Ahmadi: lucu.. emang ada orang Islam sekarang menyembah patung? bangun hoiii…bagunn dari tidur panjang kalian…kalau kalian konsisten menegakkan Islam, demo tuh kafe-kafe dank lab-klab malam, atau rumah-rumah bordil penuh pelacur di Sidoarjo? Kenapa patung benda mati kalian demo? Apakah kalian para ormas Islam tidak sadar dijadikan kepentingan politik bupati/wakil bupati Sidoarjo menjelang Pilkada 2015?
• Keni Affendi: logika aja pak, kalo gk di sembah itu bkn berhala?emng bapak” udh liat kalo itu monumen ad yg sembah?
• Cinta Damai: Daripada membongkar patung yang tak bernyawa itu, lebih baik bongkarlah kebusukan dan kekejian dalam hati kalian karena dalam hati kalian ada sumber penyakit
• Novi Dwi: Saya warga sidoarjo. Saya tertawa ada yang bilang sidoarjo kota santri…wkwkwk kehidupan di sidoarjo faktanya tidak layaknya di daerah santri..di sidoarjo kulturnya sama seperti surabaya,basis moderat dan bebas..ini mah akal akalan gerakan radikalisasi …hahaha..
• Pakuban Net: ormas islam kalau nggak bisa menerima budaya indonesia…silahkan pergi ke arab
• Abdur Rohimsigagahaja: Patung itu adlah ptung pninggalan nnek moyang zamn dulu, msih zaman hindu budha. Bukan brarti hrus dhancurkan tpi dilestrikan. bukan untuk dismbah tpi dkenang
• M Bagus Pamuji :Inilah yg merusak tatanan masyarakat Indonesia..jangan biarkan ormas seperti ini berkembang karena akan merusak keutuhan NKRI
dewandarud• Sudarno: Saja Manusia egois ,munafik selalu cari masalah dan tidak pernah menghargai kebudayaan nenek moyang.
• Jo Ni Numpang tertawa: hahahahaha… Lama2 gunung di Indonesia juga minta di bongkar semua karena menyerupai payudara…
• Dwi Wardiyanto Uang adalah berhala baru zaman ini!
• Aji Bagus Panuntun coba mereka diajak ke eropa, pasti mereka selfie didepan patung2
lagian cuma patung doang ribet banget
• Saut Raja Martohonan Pangaribuan Pendidikan ajaran agama mesti ditingkatkan kayaknya.
Demikian juga dengan seleksi jadi ustad. Soalnya sekarang banyak ustad abal abal yg mengajarkan ajaran yg salah .org awam kadang percaya saja karna itu kata ustad katanya…
Demikian juga dengan guru yg dulu dgn sekarang..dulu mereka mengajar tanpa pamri kalau sekarang mengajar untuk kejar gaji 13
• Gus Warma Inilah kaum onta…tidak tahu karya seni…tdk dpt membedakan mana berhala dan mana karya seni…
• Mujianto Bejo Medan Otak dodol giliran alQURAN raksasa yng ada di sidoharjo,hingah heboh hingga mengagung”kan,katanya turun dari langin, rupanya perbuatan orang.aku islam tapi aku heran sama umat islam jaman sekarang, sikit” haram, sikit” kafir hadeee.
• Armando Cantona Htg Klo monumen itu dianggap berhala,,, monas,,,, patung pancoran,,,, patung gajah mada sma aja kyk yg di sidoarjo ,,,, gk ada masalah koq,,,,
jaya• Anjar Rafa Supeno Mulai deh lebaynya…islam yg abal2 ,kalo di sembah itu baru berhala,kalo di anggap tuhan baru berhala.. Aneh ah
• Galih Kadaryono Mencium batu hitam kok ndak dilarang
• Benny Tjundawan agamalah yg jadi berhala, patung yg disalahin
• Octa Dork Apa apa kok di bongkar
• Misterr Jhon Ormas islam yg mana lagi tuh,kurang kerjaan banget.bikin malu Islam aja.
• Albertus Evan Dimas Prasetyo Tolong ada yg bisa jlaskan perbadaan patung JAYANDARU dengan patung SUDIRMAN, SOEKARNO-HATTA, JALESVEVA JAYAMAHE, RA KARTINI, AHMAD YANI, DIPONEGORO, dll??? bukankah itu mlambangkan identitas bangsa dimana kita ngara agraris dan negara patriot kmerdekaan?
• Yunida Sari Lampung Jangan kasih berita yg ga masuk akal, sblum kalian lahir patung itu sudah berdiri
• Farhan Gustama Hartono Berhala udh kagak zaman lg
• Al Ghibran Itu tergantung masing2 manusianya aja,itu hanya seni bukan untuk sembah,islam juga mencintai seni dan budaya,
• Coco Mie ormas kurang duit masuk itu
• Van Odix Essa Aneh dasar budaya Arab yang rendah ga kenal seni tingkat tinggi dikit-dikit berhala,haram pantesan disana gersang.
• Harry Say Hellow; emang ini jaman batu.. Apa apa kq di bilang berhala
• Rian Satria Satria Lalu bagaimana dengan garuda pancasila itu jg berbentuk patung jg kan
• Sutarno Tarnok Tape deh
• Abadi Balker; Ormas itu pantas pindah hidup ke Saudi Arabia dgn syariat islam&hukum islam,klo hidup di Indonesia cuma jadi pengacau bumi pertiwi saja.
• Gatot Irawan; parah nih ormas…..
• Rio; Pernah Berkata Hadeh..apa apa kok haram…klo ini gmn?
• Zy Suzy; Aduh2….mkn gk bnr aja pola pikirnya..
• Kl di sembah baru berhala..kl cm nangkring aja.namanya patung…hehehe…
• Heddy Marpaung; datang mas Bro ke Medan sumut atau ke pematang siantar,ada Monumen Tugu Raja batak SISINGAMANGARAJA XII,masyarakatnya santai aja….
• Juna Reydi; Ayo temen2 berlibur ke Bali, bnyak patung bernilai seni tinggi dan tak ada pengharaman tentunya. Wkwk
• Idham Fajar ;G patung gede ga disembah minta dibongkar, makam sunan ada yang dibuat nyari penglaris, pesugihan g dibongkar?
• Dex Indra; Miris nasib indonesia..ngaku asli indo pdhal agama pendatang..coba cri makna indonesia dan pancasila.adakah ajaran dari arab..itu semua dari sansekerta…kalo bikin negara sendiri silakan…jngan mengislamkan indonesia…
• Herdy Prasetyo; BUBARKAN yg namanya ORMAS, apalagi yg berbau agama KARENA cuma MERUSAK dan brdampak MENJELEKAN SUATU AGAMA TERTENTU cntohnya islam yg akan banyak dinilai jdi agama yg ngawur dan jelek dimata orang-orang…saya pribadi malah tidak nyaman akan keberadaan
• Edi Kustanto; Budaya timur-tengah yg suka kekerasan & tidak toleran thd perbedaan apapun mulai masuk & menggeser budaya2 setempat di Indonesia..!
• Sukriston Kriston; kenapa semakin mundur kemampuan berfikir nya,..yang berhala itu Korupsi dana haji, korupsi dana kitab suci, berebut kursi kekuasaan. Patung tidak ada yg menyembah masak dibilang berhala..Ormas Sinting.
• Bronto Yudho; PMIi dan MUI lebih prbanyak iman kalian ..patung tidak disembah low ributkan….bongkar tu korupsi PPP.dan PKS
• John Koeman; Saya sendiri mu’allaf dari Belanda yang kenal timur tengah. Betapa besar rasa sayang terhadap islam, saya pesan agar islam politik jangan diberi jalan karena itu akan membatasi demokrasi dan kebebasan anda Pribadi. Pegang erat pada prinsip pancasila karena Islam membawa damai tetapi islam politik membawa maut. Maaf jika kurang berkenan, mungkin juga saya salah tetapi pada saat ini, itulah pendapat saya. Wassalam

• AY Teguh Pranoto; Berhala yang se nyata nyata nya ada di depan mata diantaranya… Uang, Kuasa, Kesombongan, Riyaa, dan masih banyak lagi
• NUrdewo Topo; itulah klu punya otak gak d pakai punya hati tapi mati. d indonesia hanya sbg simbol aja di hancurkan klu d arab batu bulat aja berebut di ciummi. bangunan kotak di sembah2 alangkah tololnya
• Janlin Thobing; Apa ngak ada lagi yg bs di lakukan ormas islam selain merusak yg telah di bangun,,,?
• Dyah Mahasasi Swastantika; itu krn mereka kurang terdidik sehingga gampang dihasut dan dibohongi.maka mulai sekarang kita jaga anggota keluarga baik2 dan membagikan pengetahuan yg baik2 supaya anak2,sepupu,keponakan,sodara2 dll kita bisa melindungi diri mereka sendiri dari hasutan paham2 yg bertentangan dengan kebenaran
• Naka Tomi Sempit; sekali berfikirnya…urusin yg lain aja …brani gak lawan isis braninya nysahin bangsanya sendiri aja…
• Bunda Nourma; Emang apa salah nya itu patung wah enek enek.wae
• Yatmo Bantani: coba desainnya dirubah jadi patung Testis KUDA dan Vagina GAJAH, mungkin ormas tersebut bisa menerima Patung tersebut, karna patung menyerupai manusia sempurna dianggap berhala.

=====================================================

Iklan