PRO KONTRA PEMBANGUNAN MONUMEN PATUNG JAYANDHARU DI ALUN-ALUN SIDOARJO


img_20150216_212318187Monumen Jayandaru di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo diprotes sejumlah ormas Islam. Beberapa ormas Islam menilai, monumen berupa patung tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Mereka pun mendesak patung tersebut dibongkar. “Jika tidak, kami akan segel patung tersebut hari ini juga karena sudah sebulan lebih pembangun patung berjanji akan mengubah bentuk patung Jayandaru tersebut,” kata Sekretaris Gerakan Pemuda Ansor Sidoarjo, Rizza Ali Faizin, Jumat (20/2/2015). Menurut Rizza, pembahasan patung tersebut sudah tuntas di kalangan MUI Sidoarjo dan kalangan pesantren, yang tegas menolak replika sembilan patung berbentuk manusia sempurna setinggi 25 meter itu. Monumen itu menggambarkan aktivitas masyarakat Sidoarjo yang mayoritas petani dan petambak. “Patung-patung tersebut menurut ajaran Islam diharamkan dan dianggap berhala karena bentuknya menyerupai manusia sempurna. Ini yang kami tidak sepakat karena Sidoarjo adalah kota santri,” kata Rizza. Patung Jayandaru, karya seniman rupa Wayan Winten, itu dibangun dengan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan pakan ternak PT Sekar Laut Sidoarjo.

OPINI MASYARAKAT

antarafoto-tuntut-pembongkaran-patung-dipercepat-20022015-syt-05Achmad Room Fitranto (Staf pengajar IAIN Sunan Ampel Surabaya): Akhir akhir ini terjadi fenomena aneh di masyarakat yaitu terdapat sekolompok masyarakat yang menolak pembangunan monumen patung jayandharu di alun-alun Kabupaten Sidoarjo. Alasan penolakannya beragam, yang inti utama adalah ingin melindungi umat dari perbuatan yang memberhalakan patung yang dibangun, ataupun ada yang merujuk ke salah satu hadist yang menyatakan pembuatan patung dan atau segala bentuk yang menyerupai makhluk hidup hukumnya haram.
Sehingga orang yang membuat patung atau yang memberi kontribusi perijinannya nanti ada tuntutan di akhirat yakni memberi nyawa sehingga dari situ munculnya penolakan terhadap patung itu. Jelas disini maksud dari penolakan dari monumen patung Jayandharu adalah untuk melindungi aqidah dan ajaran Islam yang dianut oleh warga agar tidak bercampur pada kepercayaan sinkritisme dan dinamisme.
Namun demikian bila kita melihat fenomena pertama dimana masif masyarakat baik dari kalangan akademisi, agamawan dan kelompok masyarakat yang mengandrungi jenis bebatuan yang dipercaya akan akan memiliki kekuatan dan bisa memberikan sugesti kepada pemiliknya menjadikan satu anomali tersendiri. Mungkin ada justifikasi, batu akik kan hanya untuk perhiasan, karena bentuknya Indah dan menarik, sesungguhnya Allah menyukai kepada keindahan, bila alasan ini yang digunakan, lha monumen yang dibangun itu kan juga untuk bentuk keindahan taman, apa bedanya?
patungMungkin dijawab, karena patung itu dalam sejarahnya bisa menyesatkan manusia dan bisa dijadikan persembahan dan persekutuan kepada Dzat yang maha Kuasa, bila ini alasan yang digunakan maka bagaimana fenomen Akik yang dipercaya bisa memberi kekuatan dan manfaat kepada pemakaiannya, terlebih pada beberapa batu juga dipercaya bisa diisi oleh Khodam atau mahkluk menunggu, apakah ini bukan bukti nyata akan mempersekutukan Dzat yang maha kuasa?
Secara pribadi, saya memiliki beberapa koleksi batu, di rumah juga ada patung, gambar, foto tokoh terkenal ataupun foto manusia yang mana sangat menyerupai bentuk dan wujud manusia, namun kedua benda tersebut bukan dijadikan alat utama pemujaan atau tempat untuk mendapatkan kekuatan, namun semua hanya perhiasan yang setiap saat bisa hilang, berubah atau menjadi jelek. Semua tindak tanduk manusia dikembalikan kepda niat awal manusia, sebagaimana hadist yang berbunyi” “Innamal a’malu binniyati wa innama likul-limriyin ma nawa faman kanat hijratuhu ilallahi wa rasulihi fahijratuhu ilal-lahi wa rasulihi, wa man kanat hijratuhu lidunya yusibuha au-imra-a ti’n yunkihuha fahijratuhu ila ma hajara ilaihi”
Jadi apa salahnya di negeri kita berdiri patung monument Jayandaru di Kabupaten Sidoarjo?

KOMENTAR-KOMENTAR
bahrul• Enggar Saputro: Ormas islam di Indonesia layak dibubarkan karena telah berani menyebar fitnah & kebencian !!! siapa setuju . . ?
• Serda Toni: Monumen Jalesveva Jayamahe pun berbentuk patung pelaut di Lantamal ujung surabaya… tuh kalau berani robohkan sana! Akan ditembak tuh engkau punya otak dungu. Aneh-aneh aja.. apa salahnya seniman berekspresi?
• Ahmadi: lucu.. emang ada orang Islam sekarang menyembah patung? bangun hoiii…bagunn dari tidur panjang kalian…kalau kalian konsisten menegakkan Islam, demo tuh kafe-kafe dank lab-klab malam, atau rumah-rumah bordil penuh pelacur di Sidoarjo? Kenapa patung benda mati kalian demo? Apakah kalian para ormas Islam tidak sadar dijadikan kepentingan politik bupati/wakil bupati Sidoarjo menjelang Pilkada 2015?
• Keni Affendi: logika aja pak, kalo gk di sembah itu bkn berhala?emng bapak” udh liat kalo itu monumen ad yg sembah?
• Cinta Damai: Daripada membongkar patung yang tak bernyawa itu, lebih baik bongkarlah kebusukan dan kekejian dalam hati kalian karena dalam hati kalian ada sumber penyakit
• Novi Dwi: Saya warga sidoarjo. Saya tertawa ada yang bilang sidoarjo kota santri…wkwkwk kehidupan di sidoarjo faktanya tidak layaknya di daerah santri..di sidoarjo kulturnya sama seperti surabaya,basis moderat dan bebas..ini mah akal akalan gerakan radikalisasi …hahaha..
• Pakuban Net: ormas islam kalau nggak bisa menerima budaya indonesia…silahkan pergi ke arab
• Abdur Rohimsigagahaja: Patung itu adlah ptung pninggalan nnek moyang zamn dulu, msih zaman hindu budha. Bukan brarti hrus dhancurkan tpi dilestrikan. bukan untuk dismbah tpi dkenang
• M Bagus Pamuji :Inilah yg merusak tatanan masyarakat Indonesia..jangan biarkan ormas seperti ini berkembang karena akan merusak keutuhan NKRI
dewandarud• Sudarno: Saja Manusia egois ,munafik selalu cari masalah dan tidak pernah menghargai kebudayaan nenek moyang.
• Jo Ni Numpang tertawa: hahahahaha… Lama2 gunung di Indonesia juga minta di bongkar semua karena menyerupai payudara…
• Dwi Wardiyanto Uang adalah berhala baru zaman ini!
• Aji Bagus Panuntun coba mereka diajak ke eropa, pasti mereka selfie didepan patung2
lagian cuma patung doang ribet banget
• Saut Raja Martohonan Pangaribuan Pendidikan ajaran agama mesti ditingkatkan kayaknya.
Demikian juga dengan seleksi jadi ustad. Soalnya sekarang banyak ustad abal abal yg mengajarkan ajaran yg salah .org awam kadang percaya saja karna itu kata ustad katanya…
Demikian juga dengan guru yg dulu dgn sekarang..dulu mereka mengajar tanpa pamri kalau sekarang mengajar untuk kejar gaji 13
• Gus Warma Inilah kaum onta…tidak tahu karya seni…tdk dpt membedakan mana berhala dan mana karya seni…
• Mujianto Bejo Medan Otak dodol giliran alQURAN raksasa yng ada di sidoharjo,hingah heboh hingga mengagung”kan,katanya turun dari langin, rupanya perbuatan orang.aku islam tapi aku heran sama umat islam jaman sekarang, sikit” haram, sikit” kafir hadeee.
• Armando Cantona Htg Klo monumen itu dianggap berhala,,, monas,,,, patung pancoran,,,, patung gajah mada sma aja kyk yg di sidoarjo ,,,, gk ada masalah koq,,,,
jaya• Anjar Rafa Supeno Mulai deh lebaynya…islam yg abal2 ,kalo di sembah itu baru berhala,kalo di anggap tuhan baru berhala.. Aneh ah
• Galih Kadaryono Mencium batu hitam kok ndak dilarang
• Benny Tjundawan agamalah yg jadi berhala, patung yg disalahin
• Octa Dork Apa apa kok di bongkar
• Misterr Jhon Ormas islam yg mana lagi tuh,kurang kerjaan banget.bikin malu Islam aja.
• Albertus Evan Dimas Prasetyo Tolong ada yg bisa jlaskan perbadaan patung JAYANDARU dengan patung SUDIRMAN, SOEKARNO-HATTA, JALESVEVA JAYAMAHE, RA KARTINI, AHMAD YANI, DIPONEGORO, dll??? bukankah itu mlambangkan identitas bangsa dimana kita ngara agraris dan negara patriot kmerdekaan?
• Yunida Sari Lampung Jangan kasih berita yg ga masuk akal, sblum kalian lahir patung itu sudah berdiri
• Farhan Gustama Hartono Berhala udh kagak zaman lg
• Al Ghibran Itu tergantung masing2 manusianya aja,itu hanya seni bukan untuk sembah,islam juga mencintai seni dan budaya,
• Coco Mie ormas kurang duit masuk itu
• Van Odix Essa Aneh dasar budaya Arab yang rendah ga kenal seni tingkat tinggi dikit-dikit berhala,haram pantesan disana gersang.
• Harry Say Hellow; emang ini jaman batu.. Apa apa kq di bilang berhala
• Rian Satria Satria Lalu bagaimana dengan garuda pancasila itu jg berbentuk patung jg kan
• Sutarno Tarnok Tape deh
• Abadi Balker; Ormas itu pantas pindah hidup ke Saudi Arabia dgn syariat islam&hukum islam,klo hidup di Indonesia cuma jadi pengacau bumi pertiwi saja.
• Gatot Irawan; parah nih ormas…..
• Rio; Pernah Berkata Hadeh..apa apa kok haram…klo ini gmn?
• Zy Suzy; Aduh2….mkn gk bnr aja pola pikirnya..
• Kl di sembah baru berhala..kl cm nangkring aja.namanya patung…hehehe…
• Heddy Marpaung; datang mas Bro ke Medan sumut atau ke pematang siantar,ada Monumen Tugu Raja batak SISINGAMANGARAJA XII,masyarakatnya santai aja….
• Juna Reydi; Ayo temen2 berlibur ke Bali, bnyak patung bernilai seni tinggi dan tak ada pengharaman tentunya. Wkwk
• Idham Fajar ;G patung gede ga disembah minta dibongkar, makam sunan ada yang dibuat nyari penglaris, pesugihan g dibongkar?
• Dex Indra; Miris nasib indonesia..ngaku asli indo pdhal agama pendatang..coba cri makna indonesia dan pancasila.adakah ajaran dari arab..itu semua dari sansekerta…kalo bikin negara sendiri silakan…jngan mengislamkan indonesia…
• Herdy Prasetyo; BUBARKAN yg namanya ORMAS, apalagi yg berbau agama KARENA cuma MERUSAK dan brdampak MENJELEKAN SUATU AGAMA TERTENTU cntohnya islam yg akan banyak dinilai jdi agama yg ngawur dan jelek dimata orang-orang…saya pribadi malah tidak nyaman akan keberadaan
• Edi Kustanto; Budaya timur-tengah yg suka kekerasan & tidak toleran thd perbedaan apapun mulai masuk & menggeser budaya2 setempat di Indonesia..!
• Sukriston Kriston; kenapa semakin mundur kemampuan berfikir nya,..yang berhala itu Korupsi dana haji, korupsi dana kitab suci, berebut kursi kekuasaan. Patung tidak ada yg menyembah masak dibilang berhala..Ormas Sinting.
• Bronto Yudho; PMIi dan MUI lebih prbanyak iman kalian ..patung tidak disembah low ributkan….bongkar tu korupsi PPP.dan PKS
• John Koeman; Saya sendiri mu’allaf dari Belanda yang kenal timur tengah. Betapa besar rasa sayang terhadap islam, saya pesan agar islam politik jangan diberi jalan karena itu akan membatasi demokrasi dan kebebasan anda Pribadi. Pegang erat pada prinsip pancasila karena Islam membawa damai tetapi islam politik membawa maut. Maaf jika kurang berkenan, mungkin juga saya salah tetapi pada saat ini, itulah pendapat saya. Wassalam

• AY Teguh Pranoto; Berhala yang se nyata nyata nya ada di depan mata diantaranya… Uang, Kuasa, Kesombongan, Riyaa, dan masih banyak lagi
• NUrdewo Topo; itulah klu punya otak gak d pakai punya hati tapi mati. d indonesia hanya sbg simbol aja di hancurkan klu d arab batu bulat aja berebut di ciummi. bangunan kotak di sembah2 alangkah tololnya
• Janlin Thobing; Apa ngak ada lagi yg bs di lakukan ormas islam selain merusak yg telah di bangun,,,?
• Dyah Mahasasi Swastantika; itu krn mereka kurang terdidik sehingga gampang dihasut dan dibohongi.maka mulai sekarang kita jaga anggota keluarga baik2 dan membagikan pengetahuan yg baik2 supaya anak2,sepupu,keponakan,sodara2 dll kita bisa melindungi diri mereka sendiri dari hasutan paham2 yg bertentangan dengan kebenaran
• Naka Tomi Sempit; sekali berfikirnya…urusin yg lain aja …brani gak lawan isis braninya nysahin bangsanya sendiri aja…
• Bunda Nourma; Emang apa salah nya itu patung wah enek enek.wae
• Yatmo Bantani: coba desainnya dirubah jadi patung Testis KUDA dan Vagina GAJAH, mungkin ormas tersebut bisa menerima Patung tersebut, karna patung menyerupai manusia sempurna dianggap berhala.

=====================================================

Iklan
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 38 Komentar

Navigasi pos

38 thoughts on “PRO KONTRA PEMBANGUNAN MONUMEN PATUNG JAYANDHARU DI ALUN-ALUN SIDOARJO

  1. thorique

    SALAM SALIM

  2. wongwongan

    Assalaamu’alaikum…salam-salim kagem Habib mohamad wildan(wong alus),pora sepuh,&bolo wong alus sedoyo.

    Ngapunten ki Wong alus,kalau opini ku salah,mohon pencerahan panjengan.

    Dari artikel di atas,kita umat islam di suruh mengoreksi diri.Sampai mana keimanan kita?
    Tentu disini kita harus benar2 mengenal Allah,sebagaimana kita ber syahat(yakin se yakin2nya).
    Allah yg meliputi alam semesta & menyatu dlm diri manusia.
    Allah,sebagian malaikat & (syaiton jg berada dlm diri manusia sbgaimana janjinya untuk menyesatkan manusia)

    Sadarkah ketika kita meributkan sesuatu,& merasa benar dg tindakan kita atas dasar ayat/dalil sebenarnya kita sedang di manfaatkan syaiton?
    Bukankah kita tau sifat lawamah dll sfat tercela itu merupakan sifat syaiton?
    sifat syaiton yg halus,berbolak balik arah.terkadang ujub,riya,dengki,egois memang susah di deteksi sehi gga kita sering terjebak dg perangkapnya.

    Bila iman kita betul,ikhlas bisa kita dapat,aqidah jg tidak tersesat.
    syurga-neraka itu bonus,bagi yg beriman & iklhas beribadah mereka tidak melihat itu.yg di tuju lillahita’ala,krna yg di benaknya iman/janji Allah itu benar,syurga/neraka otomatis kita dapat.kenapa kita ngotot ibadah klau dibenaknya hanya ingin mendapatkan syurga,apa ini jg ikhlas?

    Monggo klau ada yg mau menambahi/meluruskan argument saya…
    wassalaam…

  3. Ki wongwongan : MANTAB…

  4. Wakiah

    opo meneh iki nu kitu dipermslhkan hadeehhh, niat baik cara brutal sama aja ancur, dlu itu berhala dibangun dan disembah ma org2 kafir quraisy makanya dihancurin n haram hukumnya, lha ini ada gak patung2 tu disembah ada saksina paling pd selfi iya gak para sedulur para sesepuh n para pembaca setia KWA betul apa betul ?

  5. ORMAS KURANG KERJAAN……. MENGSALAH ARTIKAN AYAT …… JANGAN MAIN BONGKAR HARTA ORANG….. POLLING MAYORITAS ORANG SIDOARJO SETUJU DI BONGKAR GAK..?? JANGAN SEGELINTIR ORANG….MAX CUMA 20 ORANG HEHEHE…. MENGALAHKAN MAYORITAS….

  6. ki menuju masa jahiliah. meneh mbok ya lakum dinukum waliyadin

  7. Bengawan.Candhu

    Silahkan diisi biar yg satu daerah bs saling kontak dan bias saling memotivasi buat kehadirannya. Data Masing2 silahkan dilengkapi.
    Daftar Hadir Milad Kampus Wong Alus Candi Gedong Songo Ungaran Kab.Semarang
    1. Lembah Dieng Wonosobo 085228874262
    2. Febi Dian Blitar
    3. Sohib kwa Bekasi
    4. Mallud Cirebon 089653932938
    5. Shang Jalak Jiwo Semarang 0899 5905 071
    6. ki abdul jabar Bekasi 082112141963.
    7. Gus Santri Blitar 081556555866
    8. Arya Dwi Pangga Kudus 0813921572558
    9. Bajul Kesupen Boyolali 0816406534
    10. Bani Kudus Kudus 083862722223
    11. Bungsu Kudus Kudus 085704797774
    12. Ki Cipto Husodo Ungaran 081575071646
    13. Mas Harsa Semarang 088801961228
    14. Prabowo Magelang 082137437730
    15. Seno Pengging Boyolali 089689666898
    16. Garuda99 Magelang 081802764393
    17. Itox Semarang 082242322210
    18. Dono
    19. Nerah Wiranata Kesuma Bandung
    20. Moehtadi
    21. Langensriyono
    22. Surya
    23. Wihlatul Aqso
    24. Burhan Blora
    25. ki karangtengah
    26.
    27.
    28.
    29.
    30. Dst
    SILAHKAN DITAMBAHKAN DAN DILENGKAPI DATA MASING2,SELAMAT DATANG DAN SELAMAT GUYUB PASEDULURAN.

  8. Awi Suropati

    astaghfirulloh …. yg komentar kok pedes bener … orang2 ormas itu kan saudara kita juga … klu salah dinasehati dgn kata2 yg baik ,… biar ada bedanya antara yg benar dan yg salah. ingat … sejelek2nya saudara tetap saudara …. hrs diperlakukan dgn baik.

  9. Ronal

    Kalian ini mengaku beragama islam tapi ajaran nya kalian injak2.
    Orang mau berbuat baik kalian maki. Ormas2 islam yg menegakkan kebenaran kalian sudutkan.
    Memang kalian ini siapa..?
    Br faham ilmu hakekat makrifat sedikit.
    Suda membabi buta menudu yg tidak2.

    Ketahuilai dalam ajaran islam tak ada ajaran membuat patung apalagi memajang nya.
    Kalau dg alasan keindahan boleh saja namun untk pribadi bukan kosumsi umum. Dg tangung jawab masing2.
    Lg pulah banyk hal yg bisa dilakukan untk hal2 yg menyangkut seni atau keindahan selain memajang patung.
    Kecuali kalian semua orang2 non muslim atau kejawen.

    Dan kalau kalian muslim tidak mau patu dengan hukum dan aturan nya. Maka keluar saja dari agama islam.

  10. Arief sudarmaji

    Saya ingin sekali belajar kemanusiaan,belajar ketuhanan…
    Mengenali diri sejati,mengenal Tuhan…belajar mengkaji sendiri tanpa tuntunan seorang guru yg bijak rasanya kosong,hampa dan malah menimbulkan kegelisahan,kebimbangan,yg lebih parahnya bisa membuat “tersesat”….
    Tapi melihat kenyataan yg saya saksikan,tingkah laku para orang tua,orang yg dikenal bijaksana,banyak ilmunya yg seharusnya menjadi suri tauladan bagi sesama atau para pemuka agama, malah terlihat seperti orang-orang pada jaman jahilliah,gemar sekali akan pro kontra,mencela,menghina agama atau bahkan berlaku anarkis…mengumumkan sifat ketuhanan dengan gaya sifat kesetanan…

    Ini membuat saya bimbang dengan siapa saya mengasah diri saya??dengan siapa saya menggali kebenaran yg hakiki???
    Siapa yg bertanggung jawab bila anak cucu atau generasi berikutnya menjadi sesat karena menyaksikan para orangtua,sesepuh yg pandai serta mengerti ketuhanan,riwayat dan asal malah berlaku sifat kesetanan
    yaitu hasud,provokasi,dan meladeni kericuhan dengan saling mencemooh sesama????
    Padahal bagi saya semua agama itu sama,asalnya kita adalah satu, dan semua tahu seperti apa perilaku setan…

  11. akbar

    membuat patung patung lalu di sembah dengan dalih keindahan itulah prilaku setan. menghidupkan dan mengajak kembali zaman jahilia.
    yuk kita belajar kisa nabi ibrahim dan nabi kita muhammad ketika memasuki mekah.
    biar ada pegangan.

  12. Arief sudarmaji

    Ki Wonwongan: sungguh tulisan-tulisan yg bijaksana…
    Suatu ilmu masukan yg sangat bermakna bagi pikiran dan batin saya…
    Puji syukur…

  13. NURUL LAILA

    SEBENARNYA artikel ni gak layak di uplod hanya menimbulkan komentar emosianal dr berbagai pihak, naifnya komentarnya gak berdasar cendrung propokatif dan menunjukkan rendahnya pemahaman syariat dan kualitas bathinya. paramater Umat Islam dalam menilai sesuatu adalah AL-QUR’AN dan AL-HADITS bukan tafsiran hati yg berbeda2, Krn Al-Qur’an adalah wahyu bukan hawa nafsu قال تعالى: “وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَى* إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى” النجم : 3-4
    Dan Tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). Demikian juga Hadits adalah sabda dari panutan kita yaitu Nabi Muhammad. Sedang beliau dengan sangat tegas mengharamkan patung
    berikut ini sabda2 beliau;
    عن ابن عمر رضي الله عنهما: أنَّ رَسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – قال: إنَّ الَّذينَ يَصْنَعُونَ هذِهِ الصُّوَرَ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ القِيامَةِ، يُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ. متفق عليه.
    وعن عائشة رضي الله عنها، قالت: قَدِمَ رسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم – مِنْ سَفَرٍ، وَقَدْ سَتَرْتُ سَهْوَةً لِي بِقِرامٍ فِيهِ تَمَاثيلُ، فَلَمَّا رَآهُ رَسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – تَلَوَّنَ وَجْهُهُ، وقالَ: «يَا عائِشَةُ، أشَدُّ النَّاسِ عَذَابًا عِندَ اللهِ يَوْمَ القِيَامَةِ الَّذينَ يُضَاهُونَ بِخَلْقِ اللهِ!» قَالَتْ: فَقَطَعْنَاهُ فَجَعَلْنَا مِنهُ وِسَادَةً أوْ وِسَادَتَيْنِ. متفق عليه
    وعن ابن عباس رضي اللهُ عنهما، قال: سمعتُ رسولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – يقولُ: «كُلُّ مُصَوِّرٍ فِي النَّارِ، يُجْعَلُ لَهُ بِكُلِّ صُورَةٍ صَوَّرَهَا نَفْسٌ فَيُعَذِّبُهُ في جَهَنَّمَ
    – وعن ابن مسعودٍ – رضي الله عنه – قال: سمعتُ رسولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – يقولُ: «إنَّ أشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا يَومَ القِيَامَةِ المُصَوِّرُونَ». متفق عليه
    وعن أبي طلحة – رضي الله عنه: أنَّ رسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – قال: «لاَ تَدْخُلُ المَلاَئِكَةُ بَيْتًا فيهِ كَلْبٌ وَلاَ صُورَةٌ». متفق عليه
    Islam mengharamkan patung dan semua gambar yang bertubuh, seperti patung manusia dan binatang. Tingkat keharaman itu akan bertambah bila patung tersebut berbentuk orang yang diagungkan, semisal raja, Nabi, Al Masih, atau Maryam; atau berbentuk sesembahan para penyembah berhala, Maka yang demikian itu tingkat keharamannya semakin kuat sehingga kadang-kadang sampai pada tingkat kafir atau mendekati kekafiran, dan orang yang menghalalkannya dianggap kafir.

    Islam sangat menaruh perhatian dalam memelihara tauhid, dan semua hal yang akan bersentuhan dengan aqidah tauhid ditutup rapat-rapat. Sebagian orang berkata, “Pendapat seperti ini berlaku hanya pada zaman berhala dan penyembahan berhala, adapun sekarang tidak ada lagi berhala dan penyembah berhala.” Ucapan ini tidak benar, karena pada zaman kita sekarang ini masih ada orang yang menyembah berhala. Demikian juga tidak bisa kita berdalih tergantung hatinya, karena standar hukum adalah hukum yg berlaku secara umum, bukan berdasar hati manusia bebeda2

  14. thorique

    SALAM SALIM ISTIGHFAR

  15. thorique

    SALAM SALIM ISTIGHFAR

  16. Wong Bego

    Patung ? HE HE HE ,,,,,,,BANYAK PATUNG TU …. PAK / BU POLISI DI PINGGIR JALAN , MAUPUN DIPEREMPATAN JALAN ?

  17. deling jati

    salam…all dulur KWA.
    semua komentnya bagus tenan…pro-kontra atau mengambil sikap di antara keduanya…bagus semuanya harus di hargai dan dihormati… karena walau bagaimana-pun poro dulur sudah merespon artikel di atas, itu artinya kita peduli dan peduli itu ibadah, terlepas dengan baik/buruknya koment poro dulur(karena itu refleksi dari tensi IMTAKnya masing2)….dan itulah pengetahuan buat kita.

    jadi tidak perlu ngotot, mencela apalagi marah2….hari gini tidak perlu semuanya kecuali ibadah…agar tidak ada lagi hati amm yang diciderai oleh saudara se-iman, sebangsa dan se-tanah air…salam.

  18. Alim

    saya adalah orang islam,dan saya berusaha sekuat jiwa dan raga untuk ta’at dan patuh terhadap hukum yang disareatkan dalam islam.
    saya juga meng-imani haidist Rosulullah SAW tentang keharaman membuat patung mahluk hidup baik yang berbentuk manusia atau binatang,dan sebagai wujud rasa keimanan saya,dirumah saya pribadi tidak saya pajang patung dan gambar2 tersebut. seandainya ada orang lain yang ingin mendirikan patung dirumah saya atau memberikan patung kepada saya maka saya akan menolaknya.
    tapi lain ceritanya kalau seandainya patung tersebut ditaruh atau dipajang ditempat umum,saya tidak akan menolak atau memprotesnya,hal tersebut saya lakukan sebagai wujud rasa toleransi saya kepada sesama, mengingat saya ini hidup dinegara indonesia raya, yang memberi hak kepada semua warga negaranya untuk menganut agama menurut keyakinannya masing2, kita tahu dan menyadari bahwa negara ini bukan hanya milik satu kelompok atau golongan saja.
    mari saudaraku,jangan kita besar2kan masalah ini, rukun………rukun…………..rukun…………!!!
    kita kembalikan kediri kita masing2. LANAA A’MAALUNA WALAKUM A’MAALUKUM.
    Salam salim damai

  19. saya ini berhala

    anda yang setuju patung dibongkar… aneh banget pendapat saudara… ngomong berhala bentuk patung dan segala yng bernyawa… lihat ngaca diri donk… apakah anda suka diFoto dan selfie? padahal foto itu dilarang lho!!! munafik banget ente orang!!!!

  20. saya ini berhala

    buat nurul laila: berislamlah secara kaffah. anda punya foto di KTP kan???? itu dilarang!!!! nah.. kenapa anda menyimpan KTP haram mu????? sobek sobek engkau punya mulut

  21. NURUL LAILA

    buat (saya ini berhala) : antum perlu belajar banyak bung! coba ngaji yang benar,,,yang diharamkan tu patung bukan foto coba pelajari teks agama yg benar

  22. NURUL LAILA

    Makanya sebelum belajar kebatinan, belajar syareat yg kuat dulu, Lihat tradisi pesantren nek masih bau kencur gak diajari ilmu hikmah baru klo dah kuat pemahaman syareatnya baru diajarain ilmu hikmah, biar gak nabrak2 dan biar gak berlagak orang suci

  23. ridwan assidiq

    Assalammuallaikum…salam hormat untuk semua…dari judul ny yg ada kata ” pro kontra ” akan lebih bijak dan adil jika yg di tampilkan pendapat yg pro dan kontra…bukan salah satunya… salam damai…smg manfaat..aamiin

  24. wong gendheng

    mawas diri ajalah 🙂

  25. wongwongan

    Dalam beragama, kenal Allah itu perkara
    pnting yg hrus didahulukan. Abs itu baru bab amalan. Ini
    sesuai dengan hadis yang bermaksud : “Awal-awal agama mengenal Allah”

    Amlan agama yg tidak didahului olh rasa cinta
    kepada Allah sudah tentu tidak akan membawa kita kepada-Nya. Sudah
    pasti ia didorong oleh perkara2 dan krna2 yang lain.
    Mungkin krna nafsuin Syurga,Mungkin krna tkutkan Neraka. Mungkin
    kerana mau pahala dan fadhilah. Walopun tujuan2 ini tidak
    salah krna itu sebahagian dari janji-janji Tuhan, tetapi maqamnya
    terlalu rendah. Justeru itu hasil dan manfaat dari ibadah seperti ini
    juga adalah rendah.

    Ibadah yang didorong oleh prkara2 seperti ini, walopun
    banyak, tidak akan dapat mengubah akhlak dan peribadi kita. Ia tidak
    akan menimbulkan rasa bertuhan dan rasa kehambaan di dalam hati kita.
    Krna itu, ia tidak akan mampu menyuburkan sifat-sifat mahmudah dan
    membakar sifat-sifat mazmumah yang bersarang di hati kita. Ini kerana
    Tuhan tidak dilibatkan dan tidak dijadikan matlamat dalam ibadah kita.
    Kalau Tuhan tidak dilibatkan, maka hati akan kurang berperan krna
    hati itu wakil Tuhan. Ibadah yang tidak ada Tuhan ini sudah tentu
    tidak ada rohnya, tidak ada rasanya dan tidak ada khusyuknya. Bila
    hati tidak berperan, maka tidak akan ada penghayatan dan penjiwaan
    dlm ibadah.

    Tambahan drpd itu ibadah krn nafsuin Syurga, pahala dan fadhilah
    dan krn takut Neraka ini ada risikonya. Disebabkan Tuhan dan
    hati tidak dilibatkan sama dalam ibadah seperti ini, maka ibadah ini
    tidak ada kekuatannya. Lama kelamaan, ia akan dicemari dengan rasa
    bosan dan jemu. Slit mau diistiqamahkan. Ia juga mudah dihinggapi
    penyakit riyak, ujub dan sum’ah. Ini semua akan memusnahkan pahala
    ibadah. Lebih-lebih lagilah kalau tujuan dan niat ibadah itu adalah
    untuk dipuji, untuk disanjung, untuk mendapat nama dan glamour, untuk
    menunjuk-nunjuk dan krn sebab-sebab lain yang berbentuk duniawi.
    Sudah tentu ia tidak pny nilai apa-apa. Malah ibadah seperti ini
    akan Allah lemparkan kmbali ke muka pengamalnya berserta dengan
    laknat-Nya sekali. Ibadah seperti ini tidak akan mendekatkan seseorang
    itu dengan Allah. Malahan dia akan bertambah jauh dari Allah. Dia
    berbuat maksiat dan kemungkaran dalam ibadahnya. Lagi banyak dia
    beribadah, lagi dia rasa sombong, angkuh, riyak, ujub, rasa diri
    mulia, rasa diri baik dsbg.Lagi banyak dia beribadah, lagi
    dia pandang orang lain hina, jahat,kapir dll astaghfirullah…

    Buah mangga lain rupa dg jus mangga,rasa ttp sama rasa mangga.
    mau tau rasa buah mangga ya di kupas,di kunyah baru bsa di rasakan
    kalo main telan aja,ya rsanya sama sprt nlan batu.

    sama jg,klo kita ngaji sariat tnp spiritual jadinya y sprt amrozi dkk.

    pamit mau ngarit dulu…maaf…

  26. dodi

    diatas gue nie.. ngomong ape mungkin pikir nya bijak kali ye, kagak nyambung bos kwkwkw..
    niat hati agar terlihat berilmu tinggi namun loe uda suuzon dan memojok kan satu pihak
    sok tau lagi , emang loe tuhan bisa nilai ibadah orang lain..

  27. wongwongan

    Yups benar skali bos @dodi…
    Bgitulah sya mnyadari,dari koment sya masih kental dg nafsu
    ujub,riya,dengki dll.bgitulah cara iblis mnyesatkan.

    nyambung atau tidaknya koment vs artikel,terserah pemahaman anda
    itu sah2 saja.
    sya cman make rumus “utak-utik-gathuk”

    Sya bukan Tuhan,ttpi bagian dari Tuhan.eiitsss…jngan ggl paham lho ya..
    mksudnya:’sya ada,krna ada Tuhan.klo sya ga ada,otmatis gak mungkin dong sya bilang Tuhan itu ada..’
    Soal di terima atau tidaknya suatu amal,malaikat pun tidak mengetahuinya.
    hanya Tuhan yg tau.ttpi manusia jg di beri tau cara agar amalnya d terima.

    Sok tau? Yups..bnar, terimakasih anda sudah memperingatkan sya…
    Sya sadar,ngaji” BISMILLAAHIRRAKHMANIRRAKHIIM ” sya blum khatam
    klo cuma bacaan & transate,ank kcil sdah hfal d luar kpala.
    terima kasih…

  28. Alim

    ego Ku……ego Mu…….ego dulur2sekalian, mari berusahalah dikendalikan,lagi pula pada ribut nyari apaan…???
    ngomong2 sudah ada postingan baru lho….!! yok kita kunjungi,barangkali ada yg perlu dikaji agar dapat menambah wawasan.
    degan munculnya postingan baru maka postingan ini sudah dianggap berlalu.
    demi menghemat energi lebih baik tdk usah dibahas lagi,kecuali kita ini memang hobi berdebat kayak komentator bola,
    sebelum bermain dikomentari……. ketika permainan berlangsung dikomentari……..setelai usai permainan masih saja dikomentari, memang gila itu komentator,sepertinya dia itu manusia paling sempurna dan paling ahli dalam bermain,padahal kalau disuruh terjun langsun dilapangan bisa2 disuruh nendang bola saja bisa jatuh bangun mulutnya jontor………
    wes jan jelehi tenan…………

    salam guyup rukun.

  29. seharusnya santai santai saja dengan patung seperti itu, tidak harus pro atw kontra, kan belum ada kejadian patung itu disembah atau dituhankan, apabila ada yang menyembah baru itu di bongkar saja.

  30. dodi

    orang2 kejawen memang kelewatan.
    uda tau di situ moyoritas umat islam, eh di buati patung.
    ya orang bakalan marah lah. merusak kampung orang..

    kalau disana mayoritas orang kejawen Lakukan saja sekehendak kalian,mau nyemba pohon, mau buat patung,mau kencing sambil berdiri kek tidak ada soal.

    namun jangan merusak kampung orang dong..,

    orang marah kalian bilang anarkis, di kasih bom dibilang teroris,
    kalau di kritik di bilang munafik kalau di demo di bilang tidak teloransi.padhal yang buat pokal kalian sendiri.

    umat islam tak kan usli, lihat saja di bali, papua, dll, patung berseliweran dimana mana, guburnur nya juga orang non muslim. Apa umat islam usil mencak2 bongkar patung. Apa umat islam tak toleransi.

    Dan ingat hidup beragama bukan cuma beribadah dan menjaga hati saja. Karna kita mahluk sosial , kita mempunyai tangung jawab moral, tangung jawab bermasyarat dan tangung jawab sosial, tangung jawab keluarga dan tangung jawab berbangsa.
    Kalau kalian tak mau terkena hukum tangung jawab sebagai mahluk sosial, dan tak peduli lingkungan sekitar mu.. Mati saja.
    Kalian cuma terkena satu hukum yaitu hukum akhirat.
    kwkwkw..

  31. nerah wiranata kusuma

    ga apa2 membuat patung yang penting jangan di sembah aja…patung kuda, patung harimau atau patung orang ..yang penting jangan disembah aja, buat orang islam jangan menyimpan patungyang di sembah oleh agama lain tentunya itu tidak boleh, kalao patung kuda sebagai simbol kajantanan, heh, atao patung sukarno tentu boleh2 saja…heheh pisss

  32. nerah wiranata kusuma

    sebagai orang islam tentu tidak boleh ada dirumahnya ato di lingkungnya seperti patung jesus, bunda maria ataupun budha, pokoknya yang disembah agama lainn…yang saya tahu sebagai orang awam dari ustadz n kyai di kota saya,

  33. nerah wiranata kusuma

    di kota bandung juga banyak patung, malah ada patung ajat sudrajat legenda pemain persib !!!!! perasaan tidak mempermasalahkannya ormas di daerah saya…

  34. KEJAWEN TULEN

    itu kok ada yang nyindir saya .. saya kejawen dianggap kelewatan? paham nggak ente tentang apa itu kejawen? kejawen itu falsafah dan budaya yang dianut oleh orang jawa. apa ente anggap sidoarjo itu bukan jawa? apa ente anggap sidoarjo itu arab — pati –nggenah? sadar kawan. sidoarjo itu bukan kota santri, bukan kota islam. lihat itu di jalan sekitar untung suropati banyak berdiri gereja gede-gede. jadi sidoarjo itu pancasilais. ente mengatakan santri? payahh.. lihat tiap malam kafe-kafe dugem tersebar diseluruh kota, gadis-gadis ABG pelacur dan transgender menawarkan dagangannya. Kenapa tidak ente ributkan hal ini? ente meributkan patung yang hanya benda mati sementara gejala sosial penuh penyakit anda biarkan. sadarlah ormas islam. anda ini dijadikan alat oknum yang akan mencalonkan bupati dan ingin mencari simpati. Siapa lagi kalau bukan ketua DPRD sulamul??? siapa lagi kalau bukan wakil bupati sekarang??

  35. deling jati

    @kejawen tulen…
    monggo dibabar ilmu kejawen-nya agar kami2 yang awam ini bisa faham/mengerti sehingga kami bisa lebih mawas diri ke-dalam, bukan keluar……
    ngampar tiker dulu ah….menunggu pencerahan dari ki kejawen tulen….

  36. All: kembali ke judul saja…judulnx pro dan kontra ..tolong sedikit adil jk memuat pendapat pendapat..jangan satu sisi..agar tdk ada yg merasa disudutkan…kwa kn milik smua golongan..jd harus berimbang asal tdk menxalahi sesuatu yg pokok..mengenai pemahaman silahkan kalau mau berbeda..asal jangan saling menjelekkan…mari menebar manfaat kebaikn unt sesama..

  37. Dalam rangka menyambut pelaksanaan Milad Kampus Wong Alus (KWA) VI di Candi Gedong Songo, Ungaran, Jawa Tengah, Panitia Milad KWA VI membuat merchandise Milad dalam bentuk jaket dan kaos KWA.

    Desain jaket & kaos Milad dapat dilihat di https://www.facebook.com/anyabrea

    1. Jaket
    Menggunakan Bahan Cotton Fleece Standar Distro (tebal & menyerap keringat) dengan kualitas jaket ekspor. Ukuran all size.
    Pemesanan gelombang I (Custom) : Ada tulisan nama sendiri di bagian dada kanan (harga Rp 190 rb)
    Pemesanan gelombang II (Standar) : Di bagian dada kanan bertuliskan “Candi Gedong Songo” (harga Rp 170 rb).

    2. Kaos (harga Rp 95 rb)
    Bahan kaos menggunakan kaos merk Gildan jenis softstyle. Ukuran M, L (+ 5 rb), XL (+ 10 rb), XXL (+15 rb).

    Apabila Sedulur berminat untuk memesan jaket dan/atau kaos dapat menghubungi saya, Anyabrea Valentine aka Ki Ageng Bayu Penanggungan di nomor 0877 7557 3775.
    Pembayaran pesanan jaket dan/atau kaos dapat ditransfer ke nomor rekening BCA 274 116 0937 a/n Bayu Wicoro Djati, SH. Setelah melakukan transfer konfirmasikan transfer melalui SMS ke nomor HP 0877 7557 3775 beserta data diri yang berisi :
    1) Nama Lengkap
    2) Pesanan yang diinginkan (jaket/kaos)
    3) Ukuran kaos
    4) Jumlah uang yang ditransfer

    Catatan :
    1. Pemesanan gelombang I (custom) ditunggu selambat-lambatnya hari Rabu (11 Maret) pukul 00:00. Pemesanan setelah tgl 12 Maret akan dimasukkan dalam gelombang II (standar).
    2. Harga jaket dan kaos yg tercantum adalah harga ditempat (diambil sendiri). Untuk pengiriman akan dikenakan biaya tambahan. Info lebih lanjut mengenai ongkos kirim dapat dilihat di web JNE.

    Nama Pemesan jaket (custom) :
    1. A.A Kurniawan
    2. ANYABREA VALENTINE
    3. Bengawan.Candhu
    4. BOBBY KINASIH
    5. khentol jalak jiwo
    6. Syeikhul HaditsA
    7. T-Q1YaNTz
    8. DAENG ANDI BASO

  38. taufikbelajar

    Menurut sy sih. Patung boleh asal tdk utuh manusia. Jd tdk menyalahi hadist…jd lbh aman d dunia dan akhirat.

    Kl terlalu menyudutkan ormas islam itu jg g baik. Mngkin kita semua sama2 perjuangkan kebenaran dg jalan yg berbeda2,jd g usah ribut2 dan provokasi…peace..salam peseduluran..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: