ILMU SEJATI DALAM “SERAT WEDHATAMA” KARYA KGPAA MANGKUNEGARA IV


Bait-bait yang ada dalam Serat Wedhatama ini, merupakan inti dari ajaran Panembahan Senopati, Pendiri Kesultanan Mataram tentang Ilmu yang sejati. Ilmu kasepuhan yang membimbing seseorang meraih tujuan hidup.

 

NULADA LAKU UTAMA

TUMRAPE WONG TANAH JAWI,

WONG AGUNG ING NGEKSIGANDA,

PANEMBAHAN SENOPATI,

KEPATI AMARSUDI,

SUDANE HAWA LAN NEPSU,

PINEPSU TAPA BRATA,

TANAPI ING SIYANG RATRI,

AMAMANGUN KARYENAK TYASING SESAMA.

Mencontoh perilaku utama,

bagi kalangan orang Jawa (Nusantara),

orang besar dari Ngeksiganda (Mataram),

Panembahan Senopati,

yang tekun, mengurangi hawa nafsu, dengan jalan prihatin (bertapa),

serta siang malam

selalu berkarya membuat hati tenteram bagi sesama (kasih sayang)

 

SABEN MENDRA SAKING WISMA,

LELANA LALADING SEPI,

NGINGSEP SEPUHING SUPANA,

MRIH PANA PRANAWENG KAPTI,

TIS TISING TYAS MARSUDI,

MARDAWANING BUDYA TULUS,

MESU REH KASUDARMAN,

NENG TEPINING JALANIDHI,

SRUNING BRATA KATAMAN WAHYU DYATMIKA

Setiap mengembara meninggalkan rumah (istana),

berkelana ke tempat yang sunyi (dari hawa nafsu),

menghirup  tingginya ilmu,

agar jelas apa yang menjadi tujuan (hidup) sejati.

Hati bertekad selalu berusaha dengan tekun,

memperdayakan akal budi

menghayati cinta kasih,

ditepinya samudra.

Kuatnya bertapa diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).

 

SAMANGSANE PASAMUAN, MAMANGUN MARTA MARTANI,

SINAMBI ING SABEN MANGSA,

KALA KALANING ASEPI,

LELANA TEKI-TEKI,

NGGAYUH GEYONGANING KAYUN,

KAYUNGYUN ENINGING TYAS,

SANITYASA PINRIHATIN,

PUGUH PANGGAH CEGAH DHAHAR LAWAN NENDRA.

Dalam setiap pergaulan,

membangun sikap tahu diri.

Setiap ada kesempatan,

Di saat waktu longgar,

mengembara untuk bertapa,

menggapai cita-cita hati,

hanyut dalam keheningan kalbu.

Senantiasa menjaga hati untuk prihatin (menahan hawa nafsu),

dengan tekad kuat, membatasi  makan dan tidur.

 

WIKAN WENGKONING SAMODRA,

KEDERAN WUS DEN IDERI,

KINEMAT KAMOT HING DRIYA,

RINEGAN SEGEGEM DADI,

DUMADYA ANGRATONI,

NENGGIH KANGJENG RATU KIDUL,

NDEDEL NGGAYUH NGGEGANA,

UMARA MARAK MARIPIH,

SOR PRABAWA LAN WONG AGUNG NGEKSIGANDA

Memahami kekuasaan di dalam samodra seluruhnya sudah dijelajahi,

“kesaktian” melimputi indera

Ibaratnya cukup satu genggaman saja sudah jadi, berhasil berkuasa,

Kangjeng Ratu Kidul,

Naik menggapai awang-awang,

(kemudian) datang menghadap dengan penuh hormat,

Kepada Wong Agung Ngeksigondo

 

DAHAT DENIRA AMINTA,

SINUPEKET PANGKAT KANTHI,

JRONING ALAM PALIMUNAN, ING PASABAN SABEN SEPI,

SUMANGGEM ANYANGGEMI,

ING KARSA KANG WUS TINAMTU,

PAMRIHE MUNG AMINTA,

SUPANGATE TEKI-TEKI,

NORA KETANG TEKEN JANGGUT SUKU JAJA.

Memohon dengan sangat lah beliau,

agar diakui sebagai sahabat setia, di dalam alam gaib,

tempatnya berkelana setiap sepi.

Bersedialah menyanggupi,

kehendak yang sudah digariskan.

Harapannya hanyalah meminta

restu dalam bertapa,

Meski dengan susah payah.

 

PRAJANJINE ABIPRAYA,

SATURUN-TURUNING WURI,

MANGKONO TRAHING NGAWIRYA,

YEN AMASAH MESU BUDI,

DUMADYA GLIS DUMUGI,

IYA ING SAKARSANIPUN,

WONG AGUNG NGEKSIGANDA,

NUGRAHANE PRAPTENG MANGKIN,

TRAH TUMERAH DHARAHE PADHA WIBAWA.

Perjanjian sangat mulia,

untuk seluruh keturunannya di kelak kemudian hari.

Begitulah seluruh keturunan orang luhur,

bila mau mengasah akal budi

akan cepat berhasil,

apa yang diharapkan orang besar Mataram, anugerahnya hingga kelak dapat mengalir di seluruh darah keturunannya, dapat memiliki wibawa

 

AMBAWANI TANAH JAWA,

KANG PADHA JUMENENG AJI,

SATRIYA DIBYA SUMBAGA,

TAN LYAN TRAHING SENOPATI,

PAN IKU PANTES UGI,

TINELAD LABETIPUN,

ING SAKUWASANIRA,

ENAKE LAN JAMAN MANGKIN,

SAYEKTINE TAN BISA NGEPLEKI KUNA.

Menguasai tanah Jawa (Nusantara),

yang menjadi raja (pemimpin),

satria sakti tertermasyhur,

tak lain keturunan Senopati,

hal ini pantas pula sebagai tauladan budi  pekertinya,

Sebisamu, terapkan di zaman nanti,

Walaupun tidak bisa

persis sama seperti di masa silam.

 

LOWUNG KALAMUN TINIMBANG,

NGAURIP TANPA PRIHATIN,

NANGING TA ING JAMAN MANGKYA,

PRA MUDHA KANG DEN KAREMI,

MANULAD NELAD NABI,

NAYAKENGRAT GUSTI RASUL,

ANGGUNG GINAWE UMBAG,

SABEN SEBA MAMPIR MASJID,

NGAJAB-AJAB TIBANING MUKJIJAT DRAJAT

Mending bila dibanding orang hidup tanpa prihatin,

namun di masa yang akan datang (masa kini),

yang digemari anak muda,

meniru-niru nabi, rasul utusan Tuhan,

yang hanya dipakai untuk menyombongkan diri,

setiap akan bekerja singgah dulu di masjid,

Mengharap mukjizat agar mendapat derajat (naik pangkat).

 

ANGGUNG ANGGUBEL SARENGAT,

SARINGANE TAN DEN WRUHI,

DALIL DALANING IJEMAK,

KIYASE NORA MIKANI,

KETUNGKUL MUNGKUL SAMI,

BENGKRAKAN MRING MASJID AGUNG,

KALAMUN MACA KUTBAH,

LELAGONE DANDANGGENDIS,

SWARA ARUM NGUMANDHANG CENGKOK PALARAN

Hanya memahami sariat (kulitnya) saja, sedangkan hakekatnya tidak dikuasai,

Pengetahuan untuk memahami makna dan suri tauladan tidaklah mumpuni

Mereka lupa diri, (tidak sadar)

bersikap berlebih-lebihan di masjid besar,

Bila membaca khotbah

berirama gaya dandanggula (menghanyutkan hati),

suara merdu bergema gaya palaran (lantang  bertubi-tubi).

 

KANG WUS WASPADHA ING PATRAP,

MANGANYUT AYAT WINASIS,

WASANA WOSING JIWANGGA,

MELOK TANPA ALING-ALING,

KANG NGALINGI KALINGLING,

WENGANING RASA TUMLAWUNG,

KEKSI SALIRING JAMAN,

ANGELANGUT TANPA TEPI,

YEKU INGARAN TAPA TAPAKING HYANG SUKSMA.

Yang sudah paham tata caranya,

Menghayati ajaran utama,

Jika berhasil merasuk ke dalam jiwa,

akan melihat tanpa penghalang,

Yang menghalangi tersingkir,

Terbukalah rasa sayup menggema.

Tampaklah seluruh cakrawala,

Sepi tiada bertepi,

Yakni disebut  tapa tapaking Hyang Sukma.

MANGKONO JANMA UTAMA,

TUMAN TUMANEM ING SEPI,

ING SABEN RIKALA MANGSA,

MASAH AMEMASUH BUDI,

LAIRE ANETEPI,

ING REH KASATRIYANIPUN,

SUSILO ANOR RAGA,

WIGNYA MET TYASING SESAMI,

YEKU ARAN WONG BAREK BERAGAMA.

Demikianlah manusia utama,

Gemar terbenam dalam sepi (meredam nafsu),

Di saat-saat tertentu,

Mempertajam dan membersihkan budi,

Bermaksud memenuhi tugasnya sebagai satria,

berbuat susila rendah hati,

pandai menyejukkan hati pada sesama,

itulah sebenarnya yang disebut menghayati agama.

 

NGELMU IKU

KALAKONE KANTHI LAKU

LEKASE LAWAN KAS

TEGESE KAS NYANTOSANI

SETYA BUDAYA PANGEKESE DUR ANGKARA

Ilmu (hakekat) itu

diraih dengan cara menghayati dalam setiap perbuatan,

dimulai dengan kemauan.

Artinya, kemauan membangun kesejahteraan terhadap sesama,

Teguh membudi daya

Menaklukkan semua angkara

 

ANGKARA GUNG

NENG ANGGA ANGGUNG GUMULUNG

GEGOLONGANIRA

TRILOKA LEKERI KONGSI

YEN DEN UMBAR AMBABAR DADI RUBEDA.

Nafsu angkara yang besar

ada di dalam diri, kuat menggumpal,

menjangkau hingga tiga zaman,

jika dibiarkan berkembang akan

berubah menjadi gangguan.

 

BEDA LAMUN KANG WUS SENGSEM

REH NGASAMUN

SEMUNE NGAKSAMA

SASAMANE BANGSA SISIP

SARWA SAREH SAKING MARDI MARTATAMA

Berbeda dengan yang sudah menyukai dan menjiwai,

Watak dan perilaku memaafkan

pada sesama

selalu sabar berusaha

menyejukkan suasana,

 

ROSING RASA KANG RINURUH

LUMEKETING ANGGA

ANGGERE PADHA MARSUDI

KANA KENE KAANANE NORA BEDA

hakekat ilmu yang dicari,

sebenarnya ada di dalam diri.

Asal mau berusaha

sana sini (ilmunya) tidak berbeda,

NGELMU MUPAKATE LAN PANEMUNE

PASAHE LAN TAPA

YEN SATRIYA TANAH JAWI

KUNA KUNA KANG GINILUT TRIPAKARA

Yang namanya ilmu, dapat berjalan bila sesuai dengan cara pandang kita.

Dapat dicapai dengan usaha yang gigih.

Bagi satria tanah Jawa,

dahulu yang menjadi pegangan adalah tiga perkara yakni;

 

LILA LAMUN KELANGAN NORA GEGETUN

TRIMA YEN KETAMAN

SAKSERIK SAMENG DUMADI

TRI LEGAWA NALANGSA SRAH ING BATHARA

Ikhlas bila kehilangan tanpa menyesal,

Sabar jika hati disakiti sesama,

Ketiga ; lapang dada sambil

berserah diri pada Tuhan.

 

BATHARA GUNG

INGUGER GRANING JAJANTUNG

JENEK HYANG WISESA

SANA PASENEDAN SUCI

NORA KAYA SI MUDHA MUDHAR ANGKARA

Tuhan Maha Agung

diletakkan dalam setiap hela nafas

Menyatu dengan Yang Mahakuasa

Teguh mensucikan diri

Tidak seperti yang muda,

mengumbar nafsu angkara.

@KWA,2016

 

Categories: ILMU SEJATI DALAM “SERAT WEDHATAMA” KARYA KGPAA MANGKUNEGARA IV | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “ILMU SEJATI DALAM “SERAT WEDHATAMA” KARYA KGPAA MANGKUNEGARA IV

  1. Reblogged this on Abi Kusuma.

  2. urang lemur

    saripati petuah yang bagus untuk diaflikasikan masa kini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: