AJI PANCASONA


Rahwana adalah tokoh antagonis simbol kejahatan musuh Sri Rama, penjelmaan Dewa Wisnu simbol kebaikan. Ia Raja Alengka yang berjenis raksasa yang digambarkan memiliki sepuluh kepala, menunjukkan bahwa ia memiliki banyak pengetahuan duniai serta kebijaksanaan. Karena punya sepuluh kepala ia diberi nama “Dasamukha” (bermuka sepuluh), “Dasagriva” (berleher sepuluh) dan “Dasakanta” (berkerongkongan sepuluh). Ia juga memiliki dua puluh tangan, menunjukkan kesombongan dan kemauan yang tak terbatas.

Dalam sastra Hindu Ramayana, dipaparkan Ibu Rahwana bernama Kaikesi, seorang puteri Raja Detya bernama Sumali. Sumali memperoleh anugerah dari Brahma sehingga ia mampu menaklukkan para raja dunia. Sumali berpesan kepada kaikesi agar ia menikah dengan orang yang istimewa di dunia. Di antara para resi, kaikesi memilih Wisrawa sebagai pasangannya. Wisrawa memperingati kaikesi bahwa bercinta di waktu yang tak tepat akan membuat anak mereka menjadi jahat, namun kaikesi menerimanya meskipun diperingatkan demikian. Akhirnya, Rahwana lahir dengan kepribadian setengah brahmana, setengah rakshasa. Saat lahir, Rahwana diberi nama “Dasanana” atau “Dasagriwa”, dan memiliki sepuluh kepala. Beberapa alasan menjelaskan bahwa sepuluh kepala tersebut adalah pantulan dari permata pada kalung yang diberikan ayahnya sewaktu lahir, atau ada yang menjelaskan bahwa sepuluh kepala tersebut adalah simbol bahwa Rahwana memiliki kekuatan sepuluh tokoh tertentu.

Saat masih muda, suatu ketika Rahwana bertapa memuja Dewa Brahma selama bertahun-tahun. Karena berkenan dengan pemujaannya, brahma muncul dan mempersilakan Rahwana mengajukan permohonan. Mendapat kesempatan tersebut, Rahwana memohon agar ia hidup abadi, namun permohonan tersebut ditolak oleh Brahma. Sebagai gantinya, Rahwana memohon agar ia kebal terhadap segala serangan dan selalu unggul di antara para dewa, makhluk surgawi, rakshasa, detya, danawa, segala naga dan makhluk buas. Karena menganggap remeh manusia, ia tidak memohon agar unggul terhadap mereka. Mendengar permohonan tersebut, Brahma mengabulkannya, dan menambahkan kepandaian menggunakan senjata dewa dan ilmu sihir.

Dengan kekuatan yang diperolehnya, Rahwana melakukan penyerangan untuk menaklukkan ras manusia, makhluk jahat (asura – rakshasa – detya – danawa), dan makhluk surgawi. Setelah menaklukkan Patala (dunia bawah tanah), ia mengangkat Ahirawan sebagai raja. Rahwana sendiri menguasai ras asura di tiga dunia. Karena tidak mampu mengalahkan Wangsa Niwatakawaca dan Kalakeya, ia menjalin persahabatan dengan mereka. Setelah menaklukkan para raja dunia, ia mengadakan upacara yang layak dan dirinya diangkat sebagai Maharaja. Oleh karena Kubera telah menghina tindakan Rahwana yang kejam dan tamak, Rahwana mengerahkan pasukannya menyerbu kediaman para dewa, dan menaklukkan banyak dewa. Lalu ia mencari Kubera dan menyiksanya secara khusus.

Dengan kekuatannya, ia menaklukkan banyak dewa, makhluk surgawi, dan bangsa naga. Selain terkenal sebagai penakluk tiga dunia, Rahwana juga terkenal akan petualangannya menaklukkan para wanita. Rahwana memiliki banyak istri, yang paling terkenal adalah Mandodari, putera Mayasura dengan seorang bidadari bernama Hema. Ramayana mendeskripsikan bahwa istana Rahwana dipenuhi oleh para wanita cantik yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Dalam Ramayana juga dideskripsikan bahwa di Alengka, semua wanita merasa beruntung apabila Rahwana menikahinya. Dua legenda terkenal menceritakan kisah pertemuan Rahwana dengan wanita istimewa. Wanita istimewa pertama adalah Wedawati, seorang pertapa wanita.

Wedawati mengadakan pemujaan ke hadapan Wisnu agar ia diterima menjadi istrinya. Ketika Rahwana melihat kecantikan Wedawati, hatinya terpikat dan ingin menikahinya. Ia meminta Wedawati untuk menghentikan pemujaannya dan ia merayu Wedawati agar bersedia untuk menikahinya. Karena Wedawati menolak, Rahwana mencoba untuk melarikannya. Kemudian Wedawati bersumpah bahwa ia akan lahir kembali sebagai penyebab kematian Rahwana. Setelah berkata demikian, Wedawati membuat api unggun dan menceburkan diri ke dalamnya. Bertahun-tahun kemudian ia bereinkarnasi sebagai Sita, yang diculik oleh Rahwana sehingga Rama turun tangan dan membunuh Rahwana.

Tindakan Rahwana mengundang kemarahan Rama. Dengan bantuan dari raja wanara bernama Sugriwa, Rama menggempur Alengka. Untuk mengantisipasi serangan Rama, Rahwana mengirimkan pasukan terbaiknya yang dipimpin oleh raksasa-raksasa kuat. Serangan pertama dilakukan oleh Hanoman pada saat ia datang ke Alengka sebagai mata-mata untuk menemui Sita. Dalam pertempuran tersebut, putera Rahwana yang bernama Aksayakumara gugur. Dalam pertempuran selanjutnya, para menteri dan kerabat Rahwana gugur satu persatu, termasuk Indrajit putera Rahwana dan Kumbakarna adik Rahwana.

Pada hari pertempuran terakhir, Rahwana maju ke medan perang sendirian dengan menaiki kereta kencana yang ditarik delapan ekor kuda terpilih. Ketika ia keluar dari Alengka, langit menjadi gelap oleh gerhana matahari yang tak terduga. Beberapa orang berkata bahwa itu merupakan pertanda buruk bagi Rahwana yang tidak menghiraukannya sama sekali. Pertempuran terakhir antara Rama dengan Rahwana berlangsung dengan sengit. Pada pertempuran itu, Rama menaiki kereta Indra dari sorga, yang dikemudikan oleh Matali. Setiap Rama mengirimkan senjatanya untuk menghancurkan Rahwana, raksasa tersebut selalu dapat bangkit kembali sehingga membuat Rama kewalahan.

Untuk mengakhiri riwayat Rahwana, Rama menggunakan senjata Brahmastra yang tidak biasa. Senjata tersebut menembus dada Rahwana dan merenggut nyawanya seketika. Dalam mitologi Ramayana, diceriterakan bahwa Rahwana tidak mampu dibunuh meski badannya dihancurkan sekalipun, sebab ia menguasai ajian Rawarontek serta Pancasona. Untuk mengakhiri riwayat Rahwana, Rama menggunakan senjata sakti yang dapat berbicara bernama Kyai Dangu. Senjata tersebut mengikuti kemana pun Rahwana pergi untuk menyayat kulitnya. Setelah Rahwana tersiksa oleh serangan Kyai Dangu, ia memutuskan untuk bersembunyi di antara dua gunung kembar. Saat ia bersembunyi, perlahan-lahan kedua gunung itu menghimpit badan Rahwana sehingga raja raksasa itu tidak berkutik.

Menurut cerita, kedua gunung tersebut adalah kepala dari Sondara dan Sondari, yaitu putera kembar Rahwana yang dibunuh untuk mengelabui Sita. Demikian sedikit kisah kesaktian Rahwana. Sebagaimana ajian lainnya yang sudah mengalami modifikasi dari era Hindu ke era Islam, ajian pancasona juga mendapat sentuhan nafas Islam.

Syarat lakunya: Puasa sunnah Senin dan Kamis selama 7 bulan. Setelah selesai 3 hari berikutnya dilanjutkan puasa sunnah 40 hari. Malam terakhirnya hari ke 41-nya patigeni sehari semalam (tidak makan, tidak tidur) dalam keadaan suci dari hadats besar dan kecil. Selama puasa setiap selesai sholat fardhu ajian dibaca 21 kali. Malamnya melakukan sholat sunat hajat, memohon ajian ini. Setelah selesai ajiannya dibaca sebanyak 75 kali. Sebelum mengerjakan sholat sunat hajat diwajibkan mandi keramas yang airnya sudah diberi mantra keramas 21 kali. Setelah selesai mengerjakan puasa, setiap hari sehabis sholat mantranya dibaca 3 kali. Mantranya sebagai berikut:

“BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM, NIYAT INGSUN AMATEK AJIKU AJI PANCASONA, ANA WIYAT JRONING BUMI, SURYA MURUB ING BANTALA, BUMI SAP PITU, ANELAHI SABUWANA, RAHINA TAN KENA WENGI, URIP TAN KENANING PATI, INGSUN PANGAWAK JAGAD, MATI ORA MATI, TLINCENG GENI TANPA KUKUS, CENG, CLELENG 2X KASANGGA IBU PERTIWI, TANGKI DEWE, URIP DEWE ANING JAGAD, MUSTIKA LANANGING, JAYA, HEM, AKU SI PANCASONA, RATUNE NYAWA SAKALIR.

@wongalus,2010

About these ads
Categories: aji pancasona | 44 Komentar

Navigasi tulisan

44 gagasan untuk “AJI PANCASONA

  1. OSMON

    SALAM KI WONG ALUS. SY MAU TANYA APAKAH ANDA BISA MENGISI TUBUH SAYA DENGAN AJIAN JARAN GOYANG JARAK JAUH.KAREANA SAYA SENDIRI TIDAK UNTUK MENJALANI PUASA.JIKA ADA MAHAR.NYA KIRA2 BERAPA?
    TERIMA KASIH. MOHON DIBALAS

  2. andi

    untuk menaklukan ajian pancasona bagaimana pa?

  3. supri

    ki sya ingn diba’iat ilmu pancasona,kira2 berapa maharnya
    suwun

  4. Ane izin copas untuk forum ane yah, bro …

  5. fajar

    kyna di film naruto da yg punya aji pancasona ea, dia dr akatsuki namanya hidan yg kalau tubuhnya sudah hancur berkeping-keping akan nyambung lg. Ktika i2 dya kalahnya ama sikamaru dg menghancurkan tubuhnya berkeping-keping krn proses penyambungannya agak lama sikamaru ngubur tuh tubuh di lobang yg udah di sediain sbelumnya

  6. tamtam syafarudin

    kalau untuk hubungan suami istri apa ilmu pelet, karena istri sdh minta pisah bukan cerai, sdh 2 bulan lebih tidak seranjang……apa

  7. Arya Kamandanu

    beta bodohnya orng yg tidak mau mati…., sementara di dunia ini tidak ada yang abadi, ketahuilah kesaktian yg hakiki yaitu bagaimana tubuh kita tdk tersentu Api neraka, melewati titian sirat secepat kilat dan masuk surga tanpah hisap….., orang2 soleh lagi cerdas sangat merindukan kampung akherat.. yang gerbanggya adalah kematian ^_^

  8. Arya Kamandanu

    betapa bodohnya orng yg tidak mau mati…., sementara di dunia ini tidak ada yang abadi, ketahuilah kesaktian yg hakiki yaitu bagaimana tubuh kita tdk tersentu Api neraka, melewati titian sirat secepat kilat dan masuk surga tanpah hisap….., orang2 soleh lagi cerdas sangat merindukan kampung akherat.. yang gerbanggya adalah kematian ^_^

  9. suhardi

    salam

    mohon izin mengamalkanya amin

  10. Bono Widyandoko

    Kalo yang saya alami istri saya selingkuh dengan orang satu kantor dan lebih tua. Ini sudah berjalan 2thn smpi sekarang. Tuhan sudah memberikan jln ke saya utk mengetajui semua ini. Tapi semua ini masing2x masih merahasiakan. Tapi dengan tulus saya masih mau menerima istri apa adanya krn sy sangat mencintai, sayang, dan tdk mau kehilangan dia. saya berharap istri saya dapat kembali kesaya dan menganggap saya suami yg bertanggungjawab. Saya ingin putuskan hubungan istri saya dengan orang kantornya dan jauhkan pikiran2x istri saya untuk hidup sendiri. Saya dan istri dari orang kristiani. Saya tdk tau bgimn cara melepaskannya semua ini dan bgimn menaklukkan istri dan mau mendengarkan saya. Karena istri saya mempunyai emosi dan tempramen tinggi. terima kasih

  11. Hengky Dotulong

    Kog ada sedikit keanehan ya dalam hal ini, pada cerita Rama dan Rahwana adalah masih dalam era jaman Hindu, sedangkan ajinya bernuansa Islami, apa sudah digubah dan disesuaikan?

  12. sy bgtu tertarik dngan crita wayank..dan sy percya smua ilmu ada.. apakah anda mau untk mngajariq dan membimbing untk jlan yang benar.. semangat untk mmperoleh ilmu jawa sngatlah besar bagiq..

  13. tilung

    asalamualaikum…
    ada ijasahnyaki?

  14. deri

    Ijin mengamalkan…

    nuwun,

  15. assalamualaikum Wr.Wb
    bagaimana cara mengalahkan orang yang memiliki aji pancasona ini ky.
    trims sebelumnya

  16. buli

    apakah puasa pati geni itu hanya tidak boleh makan dan tidur kalau begitu boleh donk main ps

  17. ijin mengamalkannya…..

  18. Fendy

    wie serem juga jika terkena tanah hidup lagi y terpak sa klo mo mati d gantung aja ha ha

  19. Asippu Barkhia

    Assalamualaikum Ki. Qobiltu,mohon ijin mengamalkan amalan ini dengan sempurna dan mohon ijazahnya, semoga menjadi amal dunia dan akhirat amiin. Al-Fatehah.. Alhamdulillah, semoga kita semua termasuk dalam kalangan Orang-orang yang Bersyukur dan dirahmati dan diberkati Allah.

  20. ghosper

    aji panca sona puasanya ada yg langsung ga hrs senen kamis………….

  21. Heri S

    qobiltu

  22. Ideje,a ajeluhum layes ta,khiruna sa,atan wala yes taqdimuun…..al,ayah.

  23. Ideje,a ajeluhum layes ta,khiruna sa,atan wala yes taqdimuun…..Al Qur~an

  24. lare nggunung

    menurut sepengetahuan aji pancasona versi jawa ada 3…ada pancasona tanah,pancasona air,dan pancasona angin…tapi mengenai fungsi dan kelemahannya masing2 blm tahu..kalo mungkin ada sesepuh yang mengetahui mengenai ilmu tersebut mohon penjelasannya…

  25. made

    gak perlu puasa jg bisa,5 api dah di tubuh kita,tinggal menyatukan saja …….pake nawasanga.

  26. putra lawu

    mntap ki critnxa qu cka crta tntang ramayana

  27. cah ndeso

    prolog ajian pancasona aku senang ki bacanya ……………………………….

  28. ajian2 tuh pake basa daerah.
    membuat ku sulit menghapal..
    di banding bahasa al-qur’an yg mudah di ingat

  29. bagus sekali

  30. astaghfirullahal ‘adziim

  31. Mbah Komprang

    itu mpkn aji pancasona bumi

  32. gus zan

    Bismillah para guru semua Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  33. panca sona kalau tua nanti bagaimana ?

  34. Gulang Gulang

    Saya pernah punya kenalan dengan orang yang punya AJIAN PANCASONA ini. ternyata bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi energi atau kegaiban nya juga bisa ditransfer walau pun tidak permanen ( bisa saat itu saja atau beberapa hari ) untuk keperluan tertentu ( misalnya PERANG atau MENGHADAPI MUSUH ). Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, energi AJI PANCASONA ini ditransfer ke hewan AYAM dan IKAN. Setelah disembelih di lantai keramik bahkan dengan kepala terpisah, akhirnya setelah dilempar ke tanah bisa hidup lagi dengan kepala menyatu. Masya allah.

  35. kuda hitam

    salam sedulur

  36. hamba yg miskin...

    salam ki,mohon ijin mengamalnya.,dan bagaimana cara untuk mandi keramas nya ki..juga mantra nya saya belum tahu ki…tolong di ajarkan ya ki…..

  37. arya samudrya

    ajian macan putih
    sun amatek ajiku ajian macan putih
    gelopo songo, gelap sewu suaraku
    yo aku macane allah
    lailahailallah

    sunah 40hari
    mutih 21 hari
    ngebleng 7 hari
    pati geni 3 hari

  38. Aku si pancasona.

    Dan cerita diatas sangat benar.

  39. aji pancasona ini bisa dikalahkan, dgn ilmu lapis baja tahap 4,

    punya ilmu aji pucuk e jagad milik bung karno ki?

  40. najma alfie

    qobiltu man ajazani ajazahum

  41. harianto

    Assalammualaikum wr, wb.
    Bissmillah,
    Ki Aku Pndatang Baru , Belakangan nie Aku Buka Alamat nih langsung Kpikiran Pingin Belajar Dan Minta Ijazah ny.?
    Mohon maaf Atas Kelancangan ku.
    oh ea Slm Persaudaraan Unt Smua Teman” yg da Disini(mohon maaf bila namanya Tdk Di sebut 1 per 1.
    Ihklas, Rido Dan Restunya Itulah Yg Slalu Ku harapkan,amien

    Wassalam.

  42. moch iqbal

    qobiltu hon ijin untuk ngaalkannya ki soga beranfaat di dunia dan akhirat….skli lagi mhon izin ki

  43. moch iqbal

    qobiltu. mon izin ki untuk mngamalkannya smoga bermanfaat di dunia dan akhirat aammiin. mhon izinnya ki

  44. ASMARA SERAT CINTA’
    (amalan ini diklankan oleh pijar bangsa dimajalah misteri tahun 2006, harga amalan ini waktu itu minimal 17.5 juta rupiah)
    HATI HATI PENIPIPUAN OLEH BABUSSALAM PENIPU BINTARA BEKASIDAN PIJAR BANGSA PENIPU BINTARA BEKASI

    Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma sholli alaa Muhammad wa alaa alii Muhammad yaa Robbi yaa sami’du-ana, Bada’tu bismillahi ruhii bihi tadat ilaa kasfi asrori bibathinihin thawat, sa altuka bil ismil muadzom qodruhu bi ajin ahujin jalla jalyut jal-jalat,samii-un sari-un bil ijaabati sayyidiiy bihaqqi Laa yaa khimin bihi dzulmati anjalat bi jahi Laa yaa laghwin jalabtu maqoshidi bihaqqi Laa yaa fuuruin alal fauri ajalat bi ismi Laa yaa ruutsin bisathwathi qohrihi bi i-izzi Laa yaa ruughin umuurii tayasarat binuuri Laa yaa rusyin bisyiddati bathsyihi Laa yaa syalasin bil ismii sa’-di aqbalat, Allahumma sholli alaa Muhammad wa alaa alii Muhammad yaa Robbi yaa sami’du-ana

    HATI HATI PENIPIPUAN OLEH BABUSSALAM PENIPU BINTARA BEKASIDAN PIJAR BANGSA PENIPU BINTARA BEKASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: