ENAM MACAM SAHADAT


SAHADAT

Sahadat artinya kesaksian. Kesaksian manusia terhadap eksistensinya. Bahwa sejatinya dia adalah hamba Tuhan. Dalam khasanah Pengutusan Wahyu sepanjang masa, mulai dari Adam AS hingga Muhammad SAW, setidak-tidaknya kita mengenal ada enam kesaksian. Berikut wawancara saya dengan KI KUMITIR tentang sahadat dan macamnya beberapa saat yang lalu.

WONG ALUS: Apa arti Sahadat bagi Panjenengan Ki?

KI KUMITIR: Sahadat artinya kesaksian seorang hamba setelah dipilih oleh-Nya menjadi wakil Tuhan bagi alam semesta.

WONG ALUS: Wakil Tuhan apa sama dengan Rasul Ki?

KI KUMITIR: Bisa sama tapi bisa juga tidak. Rasul jelas wakil Tuhan, tapi hakikat sesungguhnya bahwa setiap individu adalah wakil Tuhan juga.

WONG ALUS: Saya pernah mendengar bahwa sahadat setiap rasul yang diturunkan Tuhan di muka bumi ini berbeda-beda. Apa demikian Ki?

KI KUMITIR: Beda bunyinya, tapi substansinya sama. Yaitu tetap pengakuan eksistensi Tuhan Gusti Allah SWT. Tuhan Pencipta Semua Yang Ada. Ada kekhususan pada sahadat Muhammad SAW. Nabi terakhir ini mewartakan pertemuan langsung atau Makrifat kepada-Nya. Ini yang beda dengan syahadat para rasul yang lain.

WONG ALUS: Bisa dijelaskan secara rinci bagaimana bunyi sahadat masing-masing rasul Ki?

KI KUMITIR: Baiklah, akan saya paparkan sebagai berikut:

1. SAHADAT ADAM

Rasul yang pertama adalah nabi adam bunyi sahadatnya begini:

ASHADU ALA ILAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA ADAM KHALIFATULAH.

PERINTAH TUHAN: hai adam kamu adalah utusan ku. Kamu jangan mempunyai keinginan ma’rifat kepada ku.

WALLAHU BATINUL INSAN AL INSANNU DOHIRULLAH.

Artinya: ketahuilah wujud kamu. Kenallah diri kamu. Wujud kamu adalah keadaan wujud aku. Hai! Adam setelah kamu memahami dan mengerti wujud kamu adalah wujud aku. Sekarang kamu harus sholat dua raka’at. Maka sholatlah adalah agar kamu menerima kebaikan.

2. SAHADAT NUH

Rasul yang ke dua adalah nabi nuh sahadatnya adalah begini:

ASHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA NUH HABIBBULLAH.

PERINTAH TUHAN: Hai nuh kamu adalah utusan kami. Kamu jangan berkeinginan ma’rifat kepada kami.

Dalilnya SAMA-SAMI’AN. Kenallah pendengaran  kamu. Pendengaran kamu adalah kenyataan pendengaran kami. Tapi sekarang kamu Nuh harus sholat di waktu zuhur empat raka’at dan kamu harus menerima di berikan dua kuping, dua mata. Begitulah sebabnya sholat zuhur empat raka’at.

3. SAHADAT IBRAHIM

Rasul yang ke tiga adalah nabi ibrahim sahadatnya adalah begini:

ASHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA IBRAHIM KHALIFATTULLAH.

PERINTAH TUHAN: Hai ibrahim kamu adalah utusan kami.kamu jangan berkeinginan ma’rifat kepada kami.

Dalilnya (BASYAR dan BASIRON) Ketahuilah penglihatan kamu. Penglihatan kamu adalah kenyataan penglihatan kami. Kamu harus sholat asar empat raka’at dan kamu harus menerima di berikan dua mata, dua tangan. Begitulah sholat asar wajib kepada umat umatnya.

4. SAHADAT ISA

Rasul yang ke empat adalah nabi isa sahadatnya adalah begini:

ASHADU ALLA ILAHA ILALLAH WA ASHADU ANNA ISA ROKHULLAH.

PERINTAH TUHAN: Hai isa ketahuilah bahwa nafas kamu adalah kenyataan hidup aku. Dan kamu harus sholat tiga raka’at di waktu magrib dan kamu harus mengerti bahwa kamu telah di berikan dua lubang hidung dan nafasnya. Begitulah sebabnya fardu sholat magrib tiga raka’at.

5. SAHADAT MUSA

Rasul yang ke lima adalah nabi musa sahadatnya begini: (kata hidup kita kepada suaranya).

ASHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA MUSA KALAMMULLAH.

PERINTAH TUHAN: Hai Musa kamu adalah utusan kami. Kamu jangan berkeinginan ma’rifat kepada kami. Kenalilah ucapan kamu. Ucapan kamu adalah kenyataan ucapan Ku.

Dalilnya KALAM-MUTAKALIMAN tapi kamu sekarang harus sholat empat raka’at di waktu Isya dan kamu harus menerima di berikan depan, belakang, kanan, kiri. Begitulah sebabnya fardu sholat isa empat raka’at.

6. SAHADAT MUHAMMAD

Rasul yang ke enam adalah nabi muhammad. sahadatnya adalah begini:

ASHADU ALLA ILAHA ILALLAH WA ASHADU ANNA MUHAMMADDARASULLULLAH.

PERINTAH TUHAN: Hai muhammad kamu adalah utusan kami. Sekarang kamu harus tajali. Kamu harus ma’rifat kepada kami sebab kamu adalah yang paling dekat kepada kami.

Dalilnya: AL INSANNU SIRRI WA ANNA SIRRUHU. artinya: Muhammad! rasa kamu adalah rasa kami. Maka pangkat mu Rasullulah. rasa kamu-rasa kami. Sekarang kamu adalah kekasih kami. Ini kami memberi cara untuk mendekatkan diri kepada kami. Turunlah kamu kepada anak cucu para wali dan umat-umat mu sampai akhir jaman. Begitulah perjanjian kepada rasul.

WONG ALUS: Terima kasih Ki, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

KI KUMITIR: Sama-sama Mas, Saya cuma wong cubluk jadi sorry kalau ada kesalahan. Itu semata-mata karena keterbatasan saya sebagai manungso. ***

About these ads
Categories: ENAM MACAM SAHADAT | 89 Komentar

Navigasi pos

89 thoughts on “ENAM MACAM SAHADAT

  1. lor Muria

    Subhanallah..
    Sadaqallahul ‘adhimi..
    Suatu bahasan syahadat yang mengandung arti yang mendalam…bukan sekedar yang disampaikan.
    Bisa diuraikan nggak KI arti dibalik 6 syahadat itu..
    Salam Sihkatresnan..

  2. ya dengan sahadat,akan membawa kesejahteraan lahir batin bumi dan akhirat untuk membentuk manusia yang berkualitas.

    berkualitas dalam arti BISA MEMBEDAKAN antara yang prisipil dan yang tidak-yang asli[otentik] dan yang semu/palsu-yang penting dan yang mendesak-yang diperlukan dan yang di inginkan-yang mana kenyataan [fakta] dan yang mana pendapat [ opini ]

    mohon maaf bila kurang berkenan.
    salam rahayu.

  3. Syahadat modal dasar dalam beragama, terdapat urutan yg pertama dalam rukun islam, ::Awalludin Marifatullah, keenam syahadat tersebut, merupakan proses perjalanan menuju kesempurnaan mulai dari wakil Allah yang namanya Adam As sampai seorang rosul Muhammad SAW.

    Proses kesempurnaan perjalanan manusia bertajalli dengan Allah SWT, yg dikias dari syahadat adam s/d Muhammad, agar para pendaki dan pencari kebenaran memiliki kemampuan untuk meningkatkan kwalitas hidup dan memiliki ilmu pengetahuan luas serta BerTaqwa kepada YANG MAHA PENCIPTA, sebagai wakil Allah atau khalifatullah fil ;Ard. Amiin…..

    Lanjut ki…salam alus, asih dan sejati

  4. Ratu suci

    PERINTAH TUHAN: hai adam kamu adalah utusan ku. Kamu jangan mempunyai keinginan ma’rifat kepada ku

    PERINTAH TUHAN: Hai ibrahim kamu adalah utusan kami.kamu jangan berkeinginan ma’rifat kepada kami.

    utusan ku , ma’rifat kepada ku
    utusan kami, ma’rifat kepada kami

    mohon penjelasan perbedaan ku dengan kami

    terima kasih

  5. Ratu suci

    PERINTAH TUHAN: Hai Musa kamu adalah utusan kami. Kamu jangan berkeinginan ma’rifat kepada kami

    PERINTAH TUHAN: hai adam kamu adalah utusan ku. Kamu jangan mempunyai keinginan ma’rifat kepada ku.

    utusan kami ma’rifat kepada kami
    utusan ku ma’rifat kepada ku.

    mohon penjelesan perbedaan kami & aku.. atau samakah artinya yaitu Allah SWT.

  6. wah menambah wawasan baru nih…..
    sebenarnya sahadat ada buanyak bgt loh kang…..tapi ini versi jawa…yg konon diajarkan oleh sang wali tunggal (lupa namanya siapa)….ada sahadat wangi, sahadat cirebon, sahadat pambuka, sahadat pamungkas, sahadat mataram dsb…tapi keknya ini malah menjurus ke ilmu kanoman……

    ada juga menurut bp damarjati sahadat ada tiga yaitu:

    sahadat adam ….laa ilaaha illa huwa…tiada tuhan melainkan Dia

    sahadat muhammad…laa ilaaha illa anta….tiada tuhan melainkan Engkau

    sahadat Allah…laa ilaaha illa anna….tiada tuhan melainkan Aku…..

    semoga dari banyak versi bisa saling melengkapi….

  7. Betul, Kadang Sihkatresnan ki dimas Wong Alus…
    Sejalan dengan pendapat yth.ki dimas Mastono, banyak sekali Sahadat…

    Mohon maaf sebelumnya…
    Saya malah ingin ngangsu kawruh, tentang Sahadatnya para pencari Partikel2 Tuhan, spt. Max Plank, Albert Einstein dsb… Kira2 Pengucapannya bagaimana…

    Matur nuwun
    Rahayu Karaharjan…..

  8. udin

    Ass.

    ASHADU ALLA ILAHA ILALLAH WA ASHADU ANNA MUHAMMADDARASULLULLAH.
    Pemahaman MUHAMMADDARASULLULLAH, Kanjeng Nabi Muhammad atau Nur Muhammad? Mohon penjelasan

  9. wongalus

    Menurut pemahaman kami, dua-duanya benar. Nur Muhammad menerangi seluruh eksistensi yang berwujud, pergelaran alam semesta, papan tanpo tulis atau sastra cetha ini juga merupakan saksi atas eksistensi-Nya.

    Sekaligus juga sosok Kangeng Nabi Muhammad SAW yang telah tersucikan dan diangkat sebagai Utusan-Nya.

    Bagaimana menurut mas Udin?
    matur nuwun dan salam tetepangan mas…

  10. udin

    Ass.
    Sekonduripun mas,Salam tetepangan saking kulo kawulo alit ingkang bodo.saestu raos bingah manah kulo,panjenengan kerso tetepangan ugi mbales uneg2 kulo.
    Menurut pemahaman saya, Nur Muhammad yang menerangi seluruh eksistensi yang berwujud, pergelaran alam semesta, yang ada dalam tiap2 manusia,itulah sbg utusan Allah. dan secara fisik diwujudkan Allah sbg Kanjeng Nabi Muhammad SAW.
    Wsslmkm

  11. Azzie Iskandar

    subhanalloh

  12. Ayo dong di babar syahadat jawa nya itu lho,untuk nambah pengetahuan,kusus nya syahadat pamungkas nya.MAKASIH

  13. salam kenal kang mas Wong Alus, Nur Muhammad itu adalah pancer kedua setelah Nurulla n Allah ciptakan Nur Muhammad mempunyai kekuatan yang Allah “sendiri” yang mengetahui. Kekuatan Nur Muhammad itu berada di atas kekuatan Hawa Nafsu dan kekuatan hawa nafsu ada diatas kekuatai Malaikat Jibri dan Iblis, karena Hawa nafsu tercipta dari “limbah” penciptaan Nur Muhammad. Dan nafsu adalah Mahluk yang berani kepada Kholiq (Allah) tapi dia (Hawa afsu) segan kepada Rasulullah (Nur Muhammad) karena Allah memberi Gelar kepada Beliau yang Paling Mulia dari seluruh Mahluk yaitu dengan gelar SHOLLOLLOOHU ‘ALAIHI WA SALLAH. gelar itulah yang paling ditakuti hawa nafsu.

  14. Semoga Kang Mas dan kita semua diridhoi dan dirahmati serta dianugerahkan Syafa’at Rasulullah SAW

  15. Muhammad Y Iskandar

    Gustiiiiii…..
    Diatas langit masih ada langittttt..
    Ilmuku kini tiada…
    Ilmumu yang tetap ada
    Terimakasih Ya “Allah”

  16. semoga rahmat selalu terlimpahkan kepada semua sepenuhnya.. jangan membedakan, jangan mengotakan, jangan berbicara hal yg tidak berdasar, semesta rupa ujud semesta rupa ujud alus semesta alus ujud rupa semesta ujud rupa tanpa alus semesta ujud alus tanpa rupa seluruhnya adalah Nur Muhammad.. syahadat iku persaksian lan nyaksiaken ingkang di sakseni pribadi~Ku sendiri..”ro aitur robbi bir robbii”.. salam

  17. mbah jadab

    klo bleh tak tambahi ada 8 gk papa ya mas ini jga berdasar dri asmak jamese sunan kali jaga yaitu adam sofiyulloh nuh najiyulloh ibrohim kholilulloh ismail dabikhulloh dawud kholifatulloh musa kalimulloh isa ruhulloh muhammad rosululloh

  18. perawan jiwa (shinta)

    Ass …
    Salam silahtuhrahmi…
    Puji syukur Alhamdulillah mendapat rejeki ilmu dan pemahaman dari padepokan watu… dan sahabat2nya…

    semoga shinta selalu mendapat pencerahan dan syiar 2nya terus menunggu…

    jika berkenan shinta ingin sekali bersilahtuhrahmi semoga Allah memudahkan untuk kita bertatap muka agar shinta mendapatkan terus referensi ilmu ilmu Allah yang bermanfaat dan menjadikan insan kamil…insyaallah … amin

    mohon maaf jika pertanyaannya salah menempatkan kata2
    untuk wanita sahadat nya ditambah Fatimah…mohon ki secara hakekat??? bagaimana cara mengamalkannya???

    syukron, terimakasih, semoga diberi kesehatan salam

  19. Kelana

    Mbah Isun nuwun lautan pangapura bilih wonten kekeliruan,keluputan.dalem pengin ngangsu utawi nimba toya kang beningingkang wonten pamornipun .dalem pengin ngertos : sahadat kanjeng syeh Siti Jenar sareng Amalanipun Aji waringin sungsang gadaipun Mbah kuwu Cakra Buana, sembah suwun Mbah.

  20. Kelana

    ki isun nuwun diajari aji menjangan wulung , suwun ki

  21. HERRY ROTARY

    Assalamualaikum. . .mks atas ilmu2 nya kalu ada sahadt batin ama sholat batinya juga d babarkan d sini biar beh mamfaat.

  22. Kelana

    ki dalem tertarik dan bade nimba toya ya ,pengen ngertos aji sikir prabu siliwangi ,umpami sederek sedulur ingkang gadah ,monggo kangge nambah pangaweruh dalem….suwun ki

  23. Cakra

    ada2 aja

  24. Rustam efendi

    Ass…Slm knl bt wongalus !! Sy sngt kagum dan sy pnggmar setia wongalus. Kl di perkenankn sy ingn ikut share brsm wongalus…Wss wr wb.

  25. Agung kawula alit

    Ngatur aken sugeng tetepangan. Dumateng kadang nem lan sepuh panjenengan kan kinasih ing Gusti.
    .SAHADAT. Sinten tiyang engkang saget ngraos aken sahadat dumugi batos ipun bakal selamet.
    Nyuwun perso sahadat kang ma rupi2 lafat ipun puniko sahadat engkang pundi kang kedah kita estu aken. (Ugi sahadat batos niku punapa wonten.. Kados pundi lafad ipun)
    Matur agunging pinuwunan,
    Tak’lim kawula saking panembahan 20 (kalih dasa) kang ngudi benering bener.

  26. ass .. sateacana hapunten k nu di suhun hampura knu di teda. tah mun abdi nguping mah ” sahadat karawang, sa hadat cirebon sareng dua kalimah sabda “. tah ari sahadat jati aosanna ka was kumaha abi hoyong te rang mun aya nu sagemen. hatur nuhun ass

  27. Salam katresnan kagem @wongalus dkk.

    Ralat sedikit ki, tentang 6 syahadat yang jenengan tulis. Setahu saya, sejauh pengalaman ‘ngilang’ saya, ‘bunyi’ syahadat untuk Nabi Adam AS., dan Nabi Ibrahim AS. adalah sbb:

    1. SYAHADAT ADAM

    ASYHADU ALA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA ADAM MAKRIFATULAH.

    3. SYAHADAT IBRAHIM

    ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA IBRAHIM KHALILULLAH.

    Sedangkan untuk ke-empat Nabi lainnya (No. 2,4,5, dan 6) sudah betul. Sebagai catatan tambahan, sebenarnya semua Nabi Allah itu punya syahadat-Nya masing. Tapi disini, saya ingin menambahkan 3 syahadat lagi, sbb:

    1. SYAHADAT NABI DAUD AS.

    ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA DAUD KHALIFATULLAH.

    2. SYAHADAT NABI SUALIMAN AS.

    ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA SULAIMAN MALAKALLAH.

    3. SYAHADAT BUNDA SUCI MARYAM AS.

    ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MARYAM UMMUL QUDDUS.

    Saya kira cukuplah 9 Syahadat yang ‘boleh’ diketahui oleh manusia, dan khususnya buat komunitas ‘wongalus’.. Salam hormat ‘katresnan’ saya buat poro ‘wongalus’ sejagat raya.. Teruskan pencerahan Ki..

  28. Dedi P

    Ass. Ki KWA ..Saya Dedi P di Jogja pengin jadi anggota KWA HP. 085643672221 & 08785566879 terima ksh

  29. satrio ilang

    saya juga mendukung ungkapan wongilang, bukan karena sama2 ilang. hehe.. soalnya gini: nabi Ibrahim AS itu gelarnya KHOLILULLOH, bukan KHOLIFATULLOH… untuk tambahan revisi: musa AS bukan kalamulloh, tapi KALIMULLOH artinya yg diomongi langsung oleh Alloh. jd bentuknya isim maf’ul, bukan mashdar. sedangkan Isa AS RUHULLOH, bukan rohulloh, pakai dlommah, bukan fathah..
    @tuk Ratu Suci; ada ungkapan hadits qudsi mengatakan: tafakkaruu fi kholqillah wala tafakkaruu fillah. berfikirlah ttg makhluk Alloh dan jangan berfikir tentang Alloh.
    disini bermakna bahwa makhluq Alloh begitu banyak dan mengandung banyak pelajaran jika kita mau berfikir mengenai mereka. makhluk bisa dipelajari, diurai dan dianalisa dan diperkirakan keadaannya dalam bentuk kesimpulan2. tapi kita dilarang berpikir ttg Alloh karena kita tidak mungkin menganalisa Alloh, otak kita nggak nyandak (nyampe) kalo mau berpikir ttg Alloh. yg boleh dilakukan kepada Alloh lalu? 1. mempercayai dan menyembahnya atau; 2. bukan dg fikir utuk bisa berkait dg Alloh, tp dg berdzikir.

  30. raden arto

    rahasia cara mudah menyelesaikan hutang,bg pengusaha atau sedulur yg punya hutang menumpuk
    temukan rahasianya,redenarto@yahoo.co.id

  31. kalimasada

    ya ki..benar memang ucapanya berbeda tapi intinya tetap sama yaitu bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah…wass..

  32. SYAHADAT PARA NABI SAMA YAITU “SAKSIKANLAH AKU MENGAKUI TIADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN MUHAMAD PESURUH ALLAH”
    UNTUK SAHADAT UMAT YA BERBEDA …TERGANTUNGG PADA MASA SIAPA NABI WAKTU ITU……..
    HEHEE KASIANDEHLU PADA……….KUBILANG KAN HATI-HATI……..!!!!!!!!!!!!

  33. gondrong

    ok,,ok,,wa,,e..cuy

  34. Sugeng ndalu Mas Wong Alus…Assalaamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu. Dalem bade nderek ngudi kawruh kalian jenengan,angsal nopo boten? Dalem nembe mbikak Web.niki Alkhamdulillah saget nambah pangertosan kawulo. Ngertose kulo mengenai SYAHADAT namung wonten 2,enjeh meniko Syahadat Tauhid kalian Syahadat Rosul. Ternyata Syahadat niku wonten pinten2 werni. Ngapuntene…

  35. Mohon izin copy syahadatnya untuk dipelajari, menambah wawasan, ……hidup pelajar……belajar sampai ke liang lahat,

    terima kasih banyak kepada sesepuh dan sedulur semua di KWA,

  36. salam damai

    ngawruhi insun sathuhune ora ono Pengeran kang sinembah klawan sabhenere WAJIB alungguhi MOKAL Ngadami PESTHI anane illa anging Allah

  37. jaka umbaran

    Spy bs di kaji dgn baik2…ya..jgn sampai salah penafsiran..hehehe…

  38. Agus

    tes

  39. asalam alaikum sobat-sobat semua saya arifin dari gorontalo
    cmn mau ngucapin terimakasih atas penjelasanya mas
    salam hormat aja dari saya mas
    and saya cmn mau ngasih saran mas klw blh KWA buka cabang di gorontalo
    massss kami tunggu ajaran dari anda semua………………….

  40. gendero jowo

    tumut urun rembok njih kang mas…..nek menurut kulo sedoyo wau mung purbo amiseso wicaksono ora kurang ing pangerti….mulakno handadosaken banyak versi….sing penting intinya penyaksian thp yg esa mawon lak nggih mak nyos dadosipun…rahayu

  41. Ghust Thorho Shudhirho

    kwa ijin mau melacak mantra dan do,a

  42. POERONEDY

    SALAM TAKDZIM SEMUA

  43. ass…..salam sedulur Gun 73 izin menyimak.

  44. Wawan Ridwan

    sah datnya dan sah sifat bagaimana pendapat ini?

  45. Erick

    sing ditakoni ora njawab blas

  46. ilusi

    ass….wr..wb..
    ALHAMDULILLAH nambah wawasan tntang agama..

  47. ilaw65

    ass poro wali,kita yakini n dalemi syahadat Tauhid&Rosul aj,syhdt lain g sah dributkn,wass,,kabuuuuuur

  48. Salam bagi pemaca sekalian penulis2nya, semoga menambah iman dan taqwa kepada-NYA. Amiin yaa Robbal’alamin.

  49. Occirz

    alhamdulillah,bisa menambah wawasan…
    terima kasih atas ilmunya ki…
    eh ya ki,bagaimana kalo syahadat makhluk halus itu ki??
    (Ashadu wa tashadu wal qoiri wal khatab)
    apakah itu termasuk syahadat dari allah untuk para makhluk halus atau bagaimana???

  50. Edi

    hanya diketahui dn diimani sj adanya 6 syahadt tsb,,yg wajib kita imani dn dibaca selama hidup dn dipegang teguh di saat nafas trakhir hingga masa stl kematian adl asyhaduanlah ila haillallah wa asyhaduanna muhammaddarasulullah,,assalamualaikum wr wb semua..

  51. Alhamdulillaah dapat lagi melengkapi yang kemaren.
    suwun Ki….

  52. assmlkm ki.. mhn diizinkan ikut gabung di KWA yg semakin eksis..

  53. Gi gemna caraya beljar shadat pamungkas,mohon petunjuk x,,

  54. burdah

    yaa robbi yaa rasullulah khudz biyadii qollat hiilati adriknii
    adriknii adriknii
    (menangis tersungkur)

  55. rochim

    terima kasih ki kumitir sareng KWA, tambah wawasan maning

  56. salam sadulur kwabeh .. Nyimak++

  57. eyangkebenaran

    Masyaallah, benar2 biddah, sesungguhnya apa yg kau tulis itu adalah mengada2 dan tiada manfaat kau baca bila kau meyakini nya dengan kegaiban yang omong kosong kecuali hanya azab allah….

    saya harap pemilik blog ini harus berhati2lah menghimpun segala artikel yg masuk karena dia hanya membawa efek buruk pada akidah kita dengan menambah ilmu yg mengada2 biddah, sehingga merusak budaya nusantara…. banyak sekali isi blog ini hampir 79 persen omong kosong bidah, ilmu yg dikarang2 sendiri, sedangkan 21 persen yg sisanya ilmu tersebut ayatnya atau tatacaranya di rubah2 dari pakem aslinya, berarti semua isi dalam blog ini tidak dapat dipertanggung jawabkan !!!

    maka dari itu tanyakan pada diri kalian apa manfaat blajar gaib dari blog ini, apakah kalian sudah mencapai tujuan kalian??? saran saya blajarlah pada yang ahlinya secara langsung.. insyaAllah kalian menemukan tujuan kalian… amin.

    R sarmidi Eyang kebenaran
    kotagede, D.I.Y

  58. deni

    Eyang Kebenaran@ anda merasa sebagai seorang (ahlinya),atow jgn2 itu cuma perasaan anda saja ya…
    mungkin memang di web ini isinya tidak dapat dipertanggung jawabkan dan tidak masuk akal.
    tapi maaf saja,kalo sy bayangkan anda itu org yang sdh terlalu pinter,saking pinternya anda cuma bisa KOMENTAR.

  59. Aaj

    Alhamdulillah…

  60. subhanallah..allahu akbar

  61. mbah bejo

    sahadat adalah kesaksian kita sebagai makluk ciptaan Allah. pada dasarnya semua yang ada dialam alam ini, baik alam rayta (jagad gede )dan alam kecil tubuh manusia (jagad cilik.) adalah sahadat. yaitu bukti adanya Allah.

  62. LARE ANGON

    Assalamualaikum.Wr.Wb
    Nuhun sewu dumateng poro sesepuh tuwin pini sepuh poro kyai Alim Ulama ingkang dahat kulo toati….lan sedulur2 KWA…derek mangayu bagyo
    nuwun sewu bahe tnglet menopo wonten shadat panetep panoto gomo
    pripun waosanipun sho ngamalekenipun matur nuhu
    Wasallam

  63. Jakfar

    ilmu baru buat saya yg kurang pengetahuan ^_^

  64. assalamu’alaikum wr.wb
    Alhamdulillah
    Trimakash sudah menjabrkan dngan jelas.
    Kini tiada keraguan lagi bg mereka bhwa islam benar adax.

  65. kigebleksaestu

    khe…khe…khe…
    salamun qoulam mirrobbirrohim…. utk ki kumitir dan semua sedulur kwa
    hadir tarakhir lagi… cm paling utama

    langsung nyimax ilmu tua lagi
    khe…khe…khe…

  66. bocah turuan

    assalamualaikum wr.wb
    ada yang saya ingin tanyakan kepada para senior2 di atas?
    yaitu ttng syahadat… yg saya tanyakan pada sa’at kapan dan dimana kita bersyahadat atau menyaksikan beliaunya ALLAH….

    saya pernah mndengar dari slah seorang guru bahwa setiap manusia nyekseni atau menyaksikan(bertemu) dngan beliaunya ALLAH,,,

  67. Istam

    Assaalamualaikum, telah Allah sempurnakan dan Allah ridhoi agama Islam dan nabi Muhammad sebagai rosul-Nya. Kita semua termasuk umat nabi Muhammad, Maka syahadat yang sempurna adalah syahadat yang nabi kita ajarkan. Amien

  68. wawan

    izin mengamalkan sesepuh,trims

  69. Sugeng tetepangan kangge Wong Alus soho sedulur sedoyo
    ======================================================
    Celakanyah orang baca cerita
    Mengikuti ocehan cerita
    Tetapi gengsi belajar kerja
    Untuk esah soheh taqwa

    Dongeng cerita hanya membawa
    Pada akidah musrik belaka
    Walau mekah madinah juga
    Cuma jadi bahan pemuja

    Namanyah muja bukanlah taqwa
    Walau serupa di amal taqwa
    Haji zakat solat puasa
    Tapi sahadat semalah buta

    Enam sahadat di buruk sangka
    Karna menyinggung setiep kerja
    Juga menyindir alim ulama
    Juga umaro penjabat negara

    Sahadat tauhid rosul juga
    Sahadat taklid yang ketiga
    Sahadat banyu tunggal juga
    Sahadat bumi di pulau jawa

    Jawa sendiri semalah buta
    Malah mekah di puja-puja
    Madinahpun begitu juga
    Membuwat musrik sepulau jawa

    Beruntunglah jawa berjawa
    Menjadikan indonesia
    Di kagumi seluruh negara
    Zaman karno harto juga

    Kurun ketiga muncul ulama
    Ulama picek lalu buta
    Ego congkak mempin negara
    Bebas nian mengadu domba

    Setelah umat teradu domba
    Semuwah umat merasa mulya
    Utama islam serakah dun’ya
    Paling bebas merusak dun’ya

    Alesannyah benerin taqwa
    Tapi ngatanyah bukti pakta
    Islam malah paling bencana
    Sesama islam silih mencela

    Selain islam montong di kata
    Memang total ahli naroka
    Walau dun’ya menjadi raja
    Raja nyiksa pada sesama

    Politik dahsyat masuk agama
    Di kala umat teradu domba
    Kompak curiga buruk sangka
    Tiada paham di pancasila

    Para umaro juga ulama
    Malah repot mencari nama
    Ditengah umat teradu domba
    Buruk sangka dan curiga
    Menjadi lalab bersaing masa

    Aji baca uji dan tanya
    Demi sadar rasa merasa
    Rumasa hidup tidak berdaya
    Lalu dewasa berpancasila

    Sijulang mah keruan gila
    Montong make di tanya-tanya
    Bagi beeee gadis jelita
    Kalau bisa beeng sejuta

  70. abdul

    tanya ki, kenapa urutannya sahadat ke 4 utk nabi isa baru ke 5 nabi musa, padahal nabi musa duluan ???

  71. ahyar karawang

    terima kasih,kepada semua semoga semua ini menjadi wawasan dan tambah keimana!
    ambilah yang baikanya dan jangan saling menyalahkan
    bt kmp.wong alus bagai mana cara mengamalkan syahadat langit dan mhn restu.terimakasih

  72. apa aja khasiatnya dari sahadat nabi adam…???
    terima kasih.!

  73. Ismail Hadiamsyah

    sahadat sebenarnya banyak tidak terhitung,…sahadat itu kan kesaksian seorang hamba kepada Tuhannya…sahadat itu secara umum dibagi 2 yaitu sahadat dunia dan sahadat akhirat,…hampir semua orang bersahadat dunia tapi belum bersahadat akhirat,…

  74. balantrak

    sampurasun wong alus. salam warohmah bi ni’mah. alhmd semakin terbuka pikiran sy. moga banyak manfaatnya khususnya untuk jatidiri sy. salamulloh tuk ikhwan semua

  75. gumelar

    rahayu basuki gimana cara nya ikut jagi anggota makasih

  76. ki jabon

    askum……… w.w. hatur nuhun kasadayana mugi allah netepkeun iman islam urang sadayana, jeung mugi nempatkeun di jalan nu di ridloan ku mantena amiin…. ntuk kwa dan semuanya ;amalkeun elmu anjeun sanajan sagede beunyeur,,,,,,

  77. Dedi

    Makasih kita saya jadi tau sekarang…umur udah 32 thn baru tau sahadat-sahadat tersebut berikut perintah Allah dan arti rakaat shoLat fardu di ciptakan oLeh Nya

  78. imolovery

    Mantaaaabbbb….

  79. Arfan

    Ass, sungguh masukan yg sangat menarik untuk di simak. Wallahu a’alam.

  80. assalamualaikum…mohon maaf kalau tidak salah 6 syahadat ini termuat dalam doa kanzul arsy …klo benar ,terimakasih atas pencerahannya,jadi saya bisa memahami makna doa tersebut..bagaimana cara menjadi anggota KWA ,no telp 08125119317..terimakasih atas tulisan ini,karna bermamfaat

  81. Amril hamza

    Amril hamzah.Jln raden saleh no 2 karang mulya kota tangerang.085281309099

  82. Tolong sy mau jd anggota KWA

  83. Bagus_Sadana

    Yang Penting ” RUKUN “,, ;-)

  84. Barang siapa yang kenal allah,dialah yang bernama allah.
    Tetapi bukan ia yang mengaku allah.
    Barang siapa yang kenal rupanya,itulah ujud diri yang sesungguhnya.
    Mohon mf kalau ada salah dan hilap.
    Istana perkataan itu adalah diam.
    Istana diam adalah berkata kata.

  85. @rosmaliah

    ki bacaan ashadu siapa yang menerapkan d shahadat d al Qur an g ada

  86. MANIKMAYA

    Nuwun Sewu, Dalem namung tiyang ingkang nderek sinau. Wonten menapa Syahadat ing Islam puniko mboten katulisaken kanti jelas ing babon Al-Qur’an ??? mbok menawi meniko ingkang kedah dados pangarasa kulo lan penjenengan. Sak-kathahing penemu puniko sae, namung amrih saenipun mboten perlu poyok pinoyok. Ingkang baku monggo enggal cancut tali wondo misahaken ‘kepercayaan’ lan ‘keyakinan’. Syahadat puniko wahyu saking Gusti dumateng sak wijining tiyang. Dosipun syahadat sejati puniko benten-benten. Syahadat kulo lan penjenengan ugi mekaten. Hananing Gusti puniko Moho Wicaksana. Mugi Gusti paring pangapunten lan berkang dateng kulo penjengan. amin

  87. Assalamu’alaikum ki..mohon maaf sebelumnya..mohon pencerahannya ki ttg sahadat ruh, sahadat nur muhammad,sahadat tanpa asyhadu..terimakasih sebelumnya ki..salam hormat dan santun.

  88. As.W2.. Sedulur2,, apa yg kita amalkan di akherat akan di pertanggung jwbkan, kalau mau bljr carilah ahlinya, yg ilmunya sambung- menyambung smpai Rosulullah, msh bnyk para mursyid yg mu’tabaroh. Boleh bljr dari kitab, teman dll tapi hrs kita tnykn/tasekh dgn guru kita karena beliaulah yg bertanggung jwb dgn amalan2 kita, mari kita cari guru/mursyid, nnti kita dibaiat sprti Rosulullah membaiat para sahabat,,,, smga brmnfaat

  89. Jujun Komarudin

    mohon di infokan yang tau sahadat
    1. sahadat manusia
    2. sahadat air
    3. sahadat rasa
    4. sahadat api
    5. sahadat alam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: