ILMU TATAL BAB HOKI HARI


bayan.kang
bayan.kang@yahoo.co.id 

 

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatu.

Salam pamuji rahayu wilujeng slamet para sesepuh, para guru, para sedulur KWA semua. Sholawat dan salam tak lupa kita haturkan kejunjungan kita nabi Muhammad saw, lumeber kluarga, shahabat dan semua pengikut pengikutnya. Yang mana kita  nantikan syafaat beliau di yaumul akhir. Syukur Alhamdulillah kita ikrorkan kehadirat Alloh SWT, yang telah memberi banyak nikmat yang tak terhingga kpd kita semua. Perkenankanlah saya yg dhoif ini, yang fakir, yang tak punya daya apa apa. Dengan segenap keterbatasan saya,  menshare ilmu tatal warisan  leluhur tanah jawa. Saya tidak menganjurkan mengimani tapi biarlah sebagai tambahan kekayaan khasanah budaya. Saya tidak menampik bahwa saya keturunan orang pribumi orang jawa. Tapi saya juga bangga ternyata nusantara kaya budaya yang adiluhung dan luhur. Tatal ilmunya pujangga/perjangga, yang dihasilkan dari kolaborasi macam2 disiplin ilmu, ilmu fikir, ilmu kitab, ilmu titen niteni, ilmu ghoib, ilmu hitung dll.
Dari kata dasar tatal mengandung pengertian :

1.      Serpihan/potongan  kayu kayu, tatal kayu jati adalah salah satu sokoguru/tiang masjid demak yang terkenal bikinan sunan kalijaga.

2.      Tatal juga berarti petunjuk aturan tak tertulis, ketatalan berarti kena apes sial karna melanggar rambu tatal yang tersurat.

Pertama tama kita pahami dulu dasar dasarnya diantaranya menghitung
Neptu hari sbb; radite/minggu jumlah 5, sumo/senin jml 4, anggoro/selasa jml 3, budho/rabu jml 7, respati/kamis jml 8, sukro/jumat jml 6, tumpak/sabtu jml 9.
Neptu pasaran sbb; pon jml 7, wage jml 4, kliwon jml 8, legi jml 5, pahing jml 9.

Setelah neptu pahami juga

Posisi naga dino/naga hari sbb; Pon(dibarat), wage (diutara),  kliwon (ditengah),legi (ditimur), pahing (diselatan).

Pepatah jawa berbunyi “ninggal petung glundong” maksudnya sesuatu itu harus diperhitungkan masak masak supaya tidak gagal, terjungkal, batal atau hancur. Ilmu tatal adalah ilmu petung atau perhitungan, yang memuat banyak hal yang berkaitan dg neptu hari dan pasaran, tatal bukanlah suatu ramalan tapi serpihan serpihan segala kejadian yang sudah terjadi (sing wis ketatalan/yang sudah terbukti terjadi dirangkum menjadi rambu). Ilmu tatal memilah memilih hari hari baik yang terbaik  disesuaikan hajat keperluan yang akan dijalankan misal mau mengawali membuka usaha, mau mendirikan rumah, mau menanam tanaman, mau menemui seseorang untuk berhajat, mau pernikahan dll. Kita tidak membahas hal lain lain dulu. Dikesempatan ini kita bahas tentang rahasia kekuatan hari jarak dino/jarak hari/tempat keberuntungan bawaan dari sifat hari.

Diatas sudah disebutkan berdasarkan neptu pasaran kekuatan hari (naga) berada ditempat tempat tsb sbg contoh pon dibarat berarti apapun yang berasal dari barat punya power yang kuat untuk unggul/menang. Cara memperoleh power kita harus bisa bersinergi dg barat caranya kita harus berada paling barat dari musuh2 maupun pesaing2 yang kita hadapi. Bisa juga kita ambil posisi barat menghadap ke timur sedang musuh/saingan kita berada ditimur menghadap ke barat. Naga dino/pasaran masih kalah dengan hitungan kolaborasi neptu hari + neptu pasaran jumlah total, berapa nanti jumlah total tsb digunakan untuk menghitung jarak dino sbb:
Contoh hari sabtu legi, sabtu 9, legi 5 jadi 9+5=14. 14 tsb kita jadikan dasar pitung sing memet njlimet. Kita pahami dulu alur cakra naga dino yaitu dari tengah ke timur ke selatan ke barat ke utara ke tengah kembali. Untuk mulai menghitung sediakan dulu 5 wadah/lubang dakon, letakkan di barat, utara, tengah, timur , dan selatan.   Sediakan batu kecil2 bisa juga batang korek api jumlah 14 (karna kita membuka jarak hari sabtu legi jml 14). Masukkan ke lubang dakon satu satu diawali pada lubang timur (legi ditimur) terus masukkan sampai habis.

Jangan lupa alur gerak masuknya lubang dakon sesuai arah cakra naga dino. Setiap jatuhan biji terakhir dlm lubang maka lubang tsb dikuras bijinya diputar lagi ke lubang lubang berikutnya sampai tidak ada lagi yang yang bisa dikuras pada jatuhan terakhir. Setelah selesai coba dilihat dihitung masing2 pos lubang dakon ada berapa biji. Yang terkuat adalah pos lubang yang berisi genap bisa 2, 4, 6, 8 dll. Diantara yg genap, yg genap terkecil yg menang/untung/hoki/kuat. Arahya mana? Misal barat tinggal mensinergikan dg barat. Ini saya amati dalam pilkada 99.9% ternyata tepat yang bersinergi yang jadi. Bila tempur yg bersinergi yang menang. Tidak memandang besar kecil. Wallohu alam.

Mas Kumitir, 2011

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 53 Komentar

Post navigation

53 thoughts on “ILMU TATAL BAB HOKI HARI

  1. dewa katon

    Pertamax

  2. aerovies

    Yupz

  3. Keempatxx

  4. Mang Hasan

    Ketiga

  5. agus12

    terusnya.

  6. Mang Hasan

    Ga jadi ketiga kelima juga ok

  7. cecak cabang sakti

    http://www.telatrek.com

  8. laskar lembu suro

    hadir

  9. Absen 10bsr

  10. cecak cabang sakti

    http://www.kedise‘an.com

  11. laskar lembu suro

    aslkm…

  12. cecak cabang sakti

    http://www.thestar.com

  13. cecak cabang sakti

    http://www.laskarls.com

  14. R. Kijang Kencana

    nyimak…….

  15. pecintadunia

    coba memahami walopun binggung..

  16. ki bayu digdoyo

    mantap ki keren lanjutkan

  17. roni sukma.w

    kulo mboten ngertos.. Duh puyeng..

  18. Tak bernama

    Primbon?

  19. sudadi

    Absen sore……………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. salam semua warga KWA

  21. Pokoke qobiltu ja , nanging ora ngerti tenan

  22. Mas Erlambang , aku ugo ora ngerti tenan , sugeng sonten mas Erlambang .

  23. Sugeng sonten ugo mas Sunan , lam sungkem saking kulo mas.

  24. Sabdo Sejati

    @ Ki ageng Mas Kumitir,

    Saya seneng Ki ageng Mas Kumitir menulis ini.
    Saya akan mencoba menyelaraskan ilmu ini dengan Feng sui.
    Karena hampir semua hotel, pabrik, kantor, rumah pengusaha dan sekarang banyak rumah dibangun pada memakai hitungan feng sui, termasuk rumah saya yang pertama dulu, pada hal ilmu leluhur kita tidak kalah.
    Saya pernah mrenahke membangun kembali rumah adik saya di Palembang dengan hitungan Jawa. Ternyata hasilnya tidak kalah dengan hitungan feng sui, semangatnya menjadi tinggi, dan sekarang jadi profesor di unsri. Tentu rejeki dan yang lainnya mengikuti.
    Ki ageng mas Kumitir tulis terus budaya adiluhung ini.
    Nuwun

  25. Mbah Abduljabbar

    Weleh…. apa aku kurang bakat ya?
    Gak apal-apal ngitunge, mumet tenan. Wah…wah…. ini menjadikan rasa hormat dan salute kepada leluhur yg sudah membuat petungan dino seperti ini. Mohon pencerahannya mengenai kenapa bisa begini bisa begitu?
    Saya pernah membaca buku tentang orang kembar cowok yg kebetulan sejak kecil mereka diasuh oleh orang yg berbeda adat istiadatnya, ternyata dalam perjalanan hidupnya mereka memiliki nasib yg jauh berbeda. Orang kembar ke-1 yg diasuh oleh keluarga kaya ternyata memiliki sikap melankolis (lemah lembut) karena sejak kecil sdh belajar music seperti PIANO, kebalikannya orang kembar ke-2 lebih terlihat kasar, ceplas-ceplos dan tidak mentaati aturan, apa karena dipelihara oleh keluarga preman.

    Dari cerita di atas, kalau dihubungkan hoki dengan tanggal lahir serta weton jelas tidak singkron dgn orang kembar tadi, yg satu terpelajar dan yg satunya kurang ajar. Bukankah kalau nasib seseorang dipengaruhi oleh tanggal dan weton, seharusnya orang kembar tadi memiliki nasib yg sama?
    Jadi analisa saya, sebenarnya lingkungan, hubungan sosial dan pendidikan yg mampu merubah sikap seseorang, sedangkan nasib
    seseorang ditentukan dari sikap, tindakan serta pola pikirnya.

    Mohon maaf kalau kurang berkekan…..

  26. karviw

    salam salim go kwa sedoyo.
    salam takjim go ki wong alus.
    salam sungkem go mbah abduljabbar.

  27. OJIBUA

    nderek nyimak…….. :D :D :D

  28. rahmat

    mlm

  29. rahmat

    wah bisa prediksi pilkada. berarti hari H yang dijarak? pedomanya posisi rumah balon?

  30. Patramantra

    Feng sui jawa ya….

  31. Patramantra

    @mbah abdul jabbar : namanya juga perhitungan hoki jadi juga ada prosentase kesalahan. Kalau perhitungan aljabar salah ya dijewer sama bu guru…he…9x
    lha saya aja yang wetonnya sama dengan kakak saya juga punya karakter yang berbeda…..

  32. melu ngetung mas kumitir …

  33. Mang Hasan

    Hadir

  34. Assalamualaikum,salm tkzim untk smua sesepuh kwa yg tdk dpt sy sbutkan 1 per 1,@mas kumitir kalo boleh tahu,kalo misal bngun rumah pdahal suami bda ma istri jmlh nptunya trus gmana ya,pdhl ke2 2 nya sma2 cr nafkah jg,trus rncna misua mau buka jual pakan burung lokasi hdap brat baiknya hr apa ya mulainya,misua lhr slasa legi,mksh wassalam

  35. Salam karahayon. Perhitungan tatal secara lengkap ada kitabnya berupa lembaran papan tatal kayu jati yang tergurat dipahat seperti morse2 sandi, menurut silsilah tatal ilmu hitung warisan njeng sunan kalijogo, tahun 1993 waktu di kalimantan dulu saya jumpa sesepuh dari daerah bojonegoro. Beliau mempertahankan diri menghadapi macam2 tes ghoib dari suku dayak tanpa berbekal ilmu kesaktian apapun, hanya berbekal ilmu tatal tanah jawa petung dino, ternyata bisa langgeng kalis ing sambikolo. Sedang saya sendiri dapat sedikit ilmu tatal dari leluhur sendiri. Saya ndak mengajak panjenengan mengimani. Biarlah sbg kajian dan penambah khasanah budaya. Memang benar bisa prediksi pilkada karna pernah ada balon kerumah bpk saya minta petunjuk akhirnya dipilihkan hari H yg hoki harinya berpihak ke balon tadi, bekerja sama dg orang2 berwenang akhirnya hari H ditetapkan sama dg hasil jarak tadi. Dan ternyata berhasil menang. Tambahan buat yang menghitung jarak supaya diputar terus sesuai cakra naga dino baru berhenti bila kecik terakhir berada pada lubang dakon kosong dan berikutnya jg kosong. Jadi jatuhan terakhir pada kosong diangkat lagi juga kena kosong lagi.

  36. Bissmilahirrohmanirrohim.asslm.wr.wb
    Daftar anggota KWA
    Nama=andez
    tgl lhr=12desember1991
    almt=jl.bukit sakti22.banyumanik,semarang.
    Email=sasuke825.ovi.com
    hp=085643107438
    matur suwun ki wongalus
    wassalam.wr.wb

  37. wordpress.com

  38. Sabdo Sejati

    @mbah Bayan,
    Semoga testemoni mbah bayan, menguatkan sadulur kita untuk mempelajari budaya leluhur yang adiluhung ini.
    Kita niatnya belajar hal GAIB, jadi tanda, cara, ataupun maknanya serta hasilnya tidak bisa di ukur dengan ukuran wadag. apalagi dibandingkan dengan ilmu, walaupun ilmu psikologi sosial, antropologi budaya, filsafat budaya ataupun sosial budaya .Ilmu yang mempelajari hidup dan kehidupan, tingkah laku dan kelakuan,
    Apalagi dibandingkan dengan ilmu pasti yang satu tambah satu pasti dua. kalau gaib satu tambah satu bisa bisa sepuluh.
    Gaib, tetaplah Gaib.
    Kita menyapa wanita bisa dipelototin, tapi bisa juga diberi senyuman.
    Inilah Gaib.
    Nuwun

  39. syech lemah abang

    asalamualaikum mas kumitir ilmu yang bagus mau saya paakai buat buka usaha mudah2an lancar

  40. Sekedar tambahan, biasanya biar lebih bagus lagi harinya disinkronkan lagi dengan hitungan sesuai jml neptu hari + pasaran. Untuk membangun rumah yg bagus dihitung bumi, candi, rogoh, sempoyong. Yg baik jatuh ke bumi atau candi. Untuk mulai buka usaha dihitung saban, soban, manuhan, janur. Yang bagus jatuh pd manuhan dan janur. Hitungan2 semua tadi masih bisa dilanjut disaring lagi dengan wuku wuku mingguan, asal jangan wuku ringkel aja biasanya membawa celaka.

  41. laskar beras jatah

    semakin koplit saja KWA, mau belajar apa aja ada.. hebat ki…

  42. rahmat

    Mbahku bilang blajarlh pd alam. katanya wakt genderuo pindahan rumah juga mencari hari dan saat yg bagus. Berlaku juga pada binatang spt tawon dan sumut. ternyata harinya
    hari itu baik juga buat pindahan manusia.

  43. galih kangkung

    monggo dilanjut kang bayan , terusannya yg lengkap. kulo bade sinau petung jawi, nguri 2x kabudayan jawi.

  44. kemod

    mantap keren mantap

  45. kemod

    bagus bagus kemod

  46. Guntur Sangkelana

    terus iki yen arep nimbo kaweruh nyang ngendi papan dununge?.. aku kok durung paham, ngapunten wae iki pitakon mugi wonten ingkang maringi wangsulan….

  47. ferdy

    jadi kalo hasilnya barat dan timur genap terkecil kita ambil yg mana mas ya??

  48. krisno kriswanto cokro senjoto pusoko

    kulo tiang SH TERATE ‘sejati’

  49. sun

    kalau hitungan sabtu legi itu, yang menang yang mana ?
    mhon bantuannya untuk dijelaskan. suwun…

  50. kimung

    mmmm…llllaahh slm ja semuanya.

  51. maz abbi

    assalamualaikum.. mf…nyuwun ngapunten… gmna jika lgsung di buatkan daftarnya selama selapan hari… jd bagi kita termasuk saya gk bngung lagi… menghitung jarakannya… cukup tinggal di copypaste udah bs di lihat sewaktu2…. krn sy cb menghitung ada yg genap terkecil d dua arah… kadang ganjil semua… jd jk berkenan lebih baik buatkan langsung daftarnya… sekian dl dan smoga bermanfaat bagi qta smua ﺁﻣِﻴـﻦَ…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: