KEKOSONGAN DIRI DI DALAM SHOLAT


Sejak usia kanak-kanak kita melaksanakan sholat. Sekarang ketika juga melaksanakan sholat baik wajib maupun sunnah. Namun, tentunya pemahaman kita terhadap sholat terus menerus dikembangkan sehingga sholat menjadi aktivitas yang menyenangkan, menjadi hobi dan sekaligus menjadi satu-satunya jalan paling mudah, murah dan efektif menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

Stress, gelisah, gundah gulana karena banyaknya masalah dalam hidup yang menekan kejiwaan manusia juga harusnya bisa dikikis dengan sholat. Kita jadikan sholat sebagai sarana untuk menyerahkan diri dari segala masalah hidup yang datang silih berganti setiap saat. Sholat pada titik ini adalah solusi paling mujarab karena sholat adalah tiang dari tegak runtuhnya jalan hidup (agama) yang kita anut, yaitu Islam.

Belajar sholat di sini maksudnya bukanlah seperti seorang anak yang belum mengenal tata cara/ syariat sholat. Disini kita tidak membahas tata cara syariat dan gerakan fisik secara khusus, melainkan bagaimana suasana batin/rasa kita saat sholat sehingga kita bisa meraih sholat secara khusyuk. Yang pada akhirnya kita akan memperoleh manfaat yang luar biasa besar dalam hidup kita sehari-hari. Baik kemanfaatan buat tubuh/badan kasar yang berupa kesehatan tubuh sekaligus hidupnya mata hati, rasa, batin dan nurani atau badan halus/badan astral kita semua.

Baiklah pertama kita akan membahas tentang NIAT. Apa niat kita sesunguhnya ketika sholat? Tiada yang lain selain berserah diri kepada Allah. Selanjutnya kita mengangkat kedua tangan dalam takbirotul ikhram yaitu ALLAHU AKBAR. Kita merasakan Allah adalah semua yang ada ini berada ”di dalam” Allah, lafal Hu adalah tempat dimana kita menjatuhkan penunjukan kemudian melafalkan Akbar sebagai kenyataan yang paling sejati, bahwa tiada apapun di alam semesta ini kecuali Allah Yang Maha Besar. Semuanya kecil dan kerdil, tiada apapun melebihi kebesaran NYA. Ketika kita membaca Allahu Akbar ini, kita resapi di dalam hati dan kita mewaspadailah konsentrasi hingga selesai.

Apa yang perlu dipikirkan atau dijadikan konsentrasi ketika sholat? Yang pertama, konsentasinya adalah kepada makna dan arti bacaan sholat. Namun ketika makna dan arti bacaan sholat itu sudah tuntas kita pahami, kita ulang-ulang dan kita hayati serta resapi maknanya maka taraf lanjutannya adalah lenyapnya diri (mengosongkan, menghilangkan diri) di dalam shalat. Dalam referensi beragam kitab tentang olah rasa, mengosongkan diri ini terdiri dari ada empat hal. Yaitu munajat, kedua disebut ihram, ketiga tubadil dan kempat mikraj.

Apa arti dari munajat? Yaitu ketika kita membaca bacaan dalam shalat, maka kita hayati bahwa yang mengucapkan itu tidak hanya ucapan anda melainkan itu juga ucapan Tuhan. Kita heningkan cipta di dalam kalbu sementara Tuhan yang mengucapkan juga DIA yang Maha Mendengar. Tuhan ada dimana-mana, sehingga ketika membaca bacaan maka Tuhan ada di depan, di belakang, disamping kiri dan kanan di atas di bawah, di luar diri kita bahkan ada di “dalam” diri kita sendiri. Merasa manunggal dengan Allah Yang Maha Pengasih, Pemurah dan Penyayang, di dunia dan sampai akhir kelak ini berlanjut hingga akhir sholat bahwa hakikat dari sholat adalah menghadapkan diri secara total dan final kepada Tuhan Semesta Alam.

Mengosongkan diri Ihram itu artinya kita berkonsentrasi bahwa di dalam diri kita ini juga terliputi segala sifat Tuhan, mulai dari sifat Wujud NYA yaitu tetap bagi zat Allah Ta’ala yang tiada disebabkan dengan sesuatu sebab. Sehingga kita percaya bahwa wujud itu satu satunya zat yang ada di dunia. Sifat selanjutnya adalah Qidam yaitu yang paling awal ada dan paling akhir bahkan hanya wujud NYA lah yang satu-satunya ada. Bila sementara sekarang kita hidup di dunia ini ada banyak wujud, seperti wujud benda-benda dan alam semesta ini semua karena diadakan oleh Allah SWT. Dia lah satu-satunya menjadikan tiap-tiap suatu yang ada. Jika sekiranya Allah Ta’ala tidak mendahului dan menciptakan semua ini berarti sesuatu itu tidak akan pernah ada.

Kekosongan selanjutnya adalah tubadil. Artinya menyadari segala gerakan dan tingkah dalam sholat adalah gerakan dari Tuhan Yang Maha Agung. Jadi gerakan kita dan gerakan NYA pada titik ini seperti lampu dan cahaya, menjadi satu. Ruh itu adalah percikan Dzat-NYA, sehingga kita bisa mencapai mikraj. Bahwa kita tidak lagi merasa kita telah menggerakkan badan dan tubuh kita. Jadi makna dari Mikraj itu artinya menyadari bahwa diri kita tidak berkuasa sama sekali, lemah dan mati. Seluruh gerak itu berasal dari Allah, semua dari Allah, kita ini ibarat hanyalah sebuah butir kayu yang ikut dalam perjalanan air.

Adanya manusia itu ada yang fana. Tidak abadi. Seperti bayangan tubuh kita di lantai saat terkena sinar matahari. Sementara Tuhan Yang Maha Kuasa lah yang sesungguhnya memiliki ada yang abadi. Manusia sesungguhnya adalah nafi, namun ketika kita hidup di dunia kita sering mengakui bahwa kita benar-benar ada. Apalagi kita merasa memiliki kedudukan, pangkat, jabatan, harta benda maka kita seakan-akan berkuasa dan bangga akan ada kita. Padahal semua itu hanyalah bayangan dari kuasa NYA.

Maka ketika kita sholat, kita dianjurkan untuk senantiasa menyadari ada kita yang fana ini. Saat mengucapkan Allahu Akbar, lenyaplah diri kita ini. Kita pahami denga budi pekerti dan hati nurani bahwa wujud kita yang sejati, yaitu tiada berwujud apapun juga. Sehingga ketika kita memahami bahwa hanya ada satu wujud maka Gusti dan Kawula itu lenyap. Namun jika masih merasa ada jarak kawula gusti ketika shalat maka disarankan untuk tetap meneruskan sholatnya karena sholat adalah wajib. Semingga akhirnya kita bisa melaksanakan sholat secara sempurna yaitu dua menjadi satu, satu menjadi dua, hilanglah kawula di dalam Gustinya.

Diri kita ini di dalam sholat perlu senantiasa menyadari rasa manunggal dengan Tuhan. Saat menyebut kata Allah, maka sesungguhnya Tuhan sendirilah yang memuji diri NYA dan diri kita ini adalah sarana perwujudan yang nyata dari keberadaan Tuhan yang sesungguhnya.

….Sampurnane shalat iku, nora ningali kekalih, nora ningali Pangeran, kawula nora kaeksi, ilang kawula Gusti, tan ana dulu dinulu, ananging idhepira, kang anembah kang amuji, pan kagenten sih nugrahaning Pangeran…

Sempurnanya shalat itu, tidak melihat dua, tidak melihat Tuhan, hamba tidak diperlihatkan, hilang kawula gusti, tak ada kuasa atau menguasai, yang menyembah dan memuji itu diganti oleh kasih anugrah Allah SWT.

Pada akhirnya kita akan sampai pada pemahaman bahwa ini atau esensi dari sholat adalah pengosongan diri, peniadaan diri, peleburan diri LA ILAHA ILALLAH. Tiada ilah atau persembahan, titik pandang atau apapun juga kecuali Allah. Ini adalah shalat daim yaitu memahami menghayati ada NYA dan tak pernah putus dalam hati “melihat” Tuhan Yang Maha Luhur yang dinamakan makrifat. Yaitu tak adalagi aku (ingsun) dan Allah, yang ada hanyalah Allah Yang Maha Esa atau Tunggal.

Esa Allah berada pada zat, pada sifat dan pada perbuatan-NYA. Esa pada Dzat artinya tiada dzat lain di alam semesta ini karena pada esensinya semuanya adalah SATU DZAT. Satu Dzat-NYA itu bukan bermakna bahwa dzat Allah itu terdiri dari banyak Dzat yang lan seperti tersusun daripada darah , daging , tulang ,urat dan lain-lain. Makna Esa Allah SWT pada sifat artinya tidak sekali-kali bagi Allah Ta’ala memiliki beberapa sifat dalam satu sifat. Misalnya tidak mungkin Tuhan itu punya sifat Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri Allah dengan sendirinya) namun pada sisi lain punya sifat tergantung pada makhluk-NYA. Sifat dari Allah itu sepenuhnya Maha Sempurna.

Sementara makna esa dalam perbuatan yaitu bukanlah bercerai berai pada perbuatan. Yaitu tidak ada perbuatan yang lain menyamai perbuatan Allah bahkan segala apa yang berlaku di dalam alam semuanya perbuatan Allah SWT. Perbuatan Allah adalah perbuatan yang hakikatnya tidak sama dengan perbuatan manusia. Bila kita menamai ada perbuatan baik dan jahat, mulia dan keji maka di dalam perbuatan NYA sama sekali tidak ada kontradiksi dan dualitas.

WUSANA KATA

Artkel ini hanyalah sekelumit makna yang mampu dibeberkan dari hamba al fakir dan bodoh ilmu seperti saya. Pasti tidak sempurna ilmu dan pemahaman karena sebanyak apapun makna yang mampu dibeberkan oleh manusia untuk memaknai sholat ibarat hanyalah setetes maka di dalam samudra makna-NYA yang Maha Sempurna.

Kita akhiri kajian sholat dengan satu saran yaitu kita perlu meneruskan proses kesadaran di dalam sholat agar kita jangan menduakan Tuhan, dari awal hingga akhir. Hanya Dzat-Nya Yang Sejati. Kita jadikan sholat kita menjadi Sholat Ismu Alam, yaitu sholatnya roh dan jasad kita, kita sebut pahami dan laksanakan dalam perilaku yang mencerminkan asma Allah SWT tak pernah henti. Dimana pun kita berada hanya melihat Tuhan yang abadi tiada henti.

Kita perhatikan pergerakan alam, kita hayati terjadinya bumi dan langit dan kita lihat dengar sejuta kejadian yang ada di depan mata hati kita sebagai wujud anugrah kehendak Allah yang kekal abadi dan hidup. DIA tidak pernah tidur dan mati…..

@@@@@@@@@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 242 Komentar

Post navigation

242 thoughts on “KEKOSONGAN DIRI DI DALAM SHOLAT

  1. Pertamax

  2. Premium

  3. Solar

  4. Absen untuk belajar agar sholat bisa khusu

  5. mockwin

    alhamdulillah….absen pagi

  6. ***_nurcahyo_***

    DENGAN IKLAS MENINGGALKAN IKLAS TAK MERASA IKLAS …AMIN.

  7. danang jimboeng

    yang belakang…

  8. kisambergledek

    hadir3x

  9. kisambergledek

    salam selamat beraktifitas.

  10. ainur

    assalamu’alaikum wr wb
    terima kasih pendadarannya, semoga bermanfaat dan dapat melaksanakannya, amin.
    wassalamu’alaikum wr wb

  11. adi mamelsix

    assalam mu’alaikum wr wb
    para sedulur kwa.

  12. Hadir

  13. R.Wijaya

    Thanks for the explanation .. new point of view for several words.
    Sholat itu adalah waktu yang digunakan manusia untuk beribadah menyembah kepada Allah SWT. karena manusia adalah ciptaan Allah SWT, maka Allah berkehendak agar ciptaannya itu Menyembah kepadanya. Untuk tujuan itu sudah banyak nabi dan rasul yang diutus, yang mengingatkan manusia agar menyembah kepada Allah SWT. jadi sholat itu adalah ibadah manusia kepada Allah SWT.

    Ketika Shalat dan simanusia begitu khusuknya bisa jadi dia merasa sangat dekat kepada Allah SWT. karena memang Allah SWT itu dekat bahkan lebih dekat dari urat nadi kita sendiri. buat manusia yang bisa merasakan partikel Tuhan ini merasa seakan menyatu denganNya. Tapi benarkah Allah ada dalam diri kita. Dalam diri kita ada ruh, dan ruh itu ciptaan Allah SWT. karena ciptaan tetap saja posisi kita adalah hamba. dan hamba hanya bisa menghamba saja dan ga mungkin bersatu, paling bijak hanya merasa dekat saja. Untuk mengurus segala urusan didunia/alam semesta ini Allah SWT telah menciptakan malaikat, jadi malaikat memiliki tugas yang banyak sekali.

    di Alquran sering ditemukan kata Kami yang bermakna Allah ketika menciptakan/melakukan tidak sendiri tapi dibantu Malaikat. ini bermakna bahwa Allah ada disuatu tempat dan tidak ada dimana mana, walau begitu Allah SWT memiliki kekuatan atau Allah adalah Zat yang maha Mengetahui, Mendengar dan Melihat. Jadi saat Sholat ingatlah keinginan Allah kepada kita, agar kita menjadi hambanya yang paling taat. saat sholat berpikirlah kita adalah hamba yang sedang menyembah, memuja, memohon ampun kepada Allah SWT.

    ini komentar saya yang newbie.. karena sholat saya juga masih blang bentong… saya berpikir begini.. Allah menciptakan ruh… dan ruh itu adalah taat kepada Allah SWT, lalu ketika ibu saya mengandung saya empat bulan maka ruh itu ditiupkan ke janin, jadi ketika saya yg sudah berdetak jantungnya ini sudah punya ruh kemudian lahir dan dewasa.. maka saya berkewajiban untuk taat beribadah kepada Allah SWT, jika saya tidak taat maka nantinya kembalinya saya pasti keneraka (nauzubillah). jadi tujuan akhir dari ruh /manusia itu adalah surga atau neraka. kalau dibayangkan ya seperti game aja.

    mohon kritikan pendapat saya atau tambahan. (maklum baru belajar komen)

  14. Hadir
    @ki samber gledek sugeng rahayu ki…
    @lan bolo2 sedoya salm pasuduluran…

  15. Restu Bumi

    nyimak

  16. wong gentur

    @ R.Wijaya… Skedar sharing..Begini Saudara Ku.. Kita pernah melewati masa-masa bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan hingga azal.. (ga tega mo blg tua..hehehe) Nah bgitu juga sekolah, kita pernah merasakan di bangku SD, SLTP, SLTA, bahkan tingkat Universitas… Bgitu juga tangga dlm memahami ilmu agama, ada 4 jalan yakni Syariat, Tariqoh, Haqiqat hinga Makrifat KAMIL MUKAMIL..
    Nah, yg Saudaraku babarkan bhw sholat adl skedar KEWAJIBAN bhw Sholat adl bentuk Pengabdian Hamba kepada Tuhannya,Sholat itu afdolnx musti tepat wkt, tau rukun sholat dsb.. maka itu adlh Perjalanan Syariatnya..(atw Aq sebut az KEWAJIBAN SYARIAT). Nah skrg bgmn ama KEWAJIBAN secara THARIKAT, HAKIKAT, n MAKRIFAT baik secara paham atw esensinx.. bgitu Saudaraku.. Smoga bs dipahami.. Insya Allah..

  17. Afan

    Mohon bantuan kepada pendekar kwa
    Dumai7776@yahoo.com
    No hp 082172007776
    Afan,,,
    Membantu sy Sebagai pembuktian keilmuan yg tlah di amalkan benar bisa di jajal kan
    Saya siap membayar mahar buat menyelesaikan kiriman penyakit di istri saya
    Mohon menghub saya jika bersedia
    ,banyak2 pendekar dan ilmu gaib yg di buka dengan sangat detail di kwa ini pastilah ada yg berkenan membantu saya ki@
    Wassalam

  18. R.Wijaya

    Thanks Wong gentur, Syariat,Tarikat,Hakikat hingga Makrifat ini ibarat gedung jika syariat ada dibawah dan hanya karena sudah merasa sampai makrifat lalu lupa syariat khan bahaya, gedung bisa runtuh. intinya jika manusia lupa kalau dia pada hakekatnya adalah ciptaan Allah SWT jadi hanya sekedar hamba statusnya hanya karena merasa sudah sampai taraf makrifat lalu lupa syariat, takutnya yang awam akan mengikuti. karena kita hanyalah ciptaan Allah SWT mau setinggi apapun pemahaman kita, kita tidak bisa mengelak kita cuma hamba. Iblis saja dahulu sangat soleh tetapi ketika dia tidak patuh kepada Allah maka dia dilaknat oleh Allah SWT, Iblis sudah lupa kalau dia itu cuma ciptaan Allah SWT cuma hamba.

    Mohon penjelasannya wong gentur, yang saya tulis ini lha yang saya mengerti, bisa ditambahkan atau dikoreksi. makasih.

  19. wong gentur

    @ Bunda Risma .. Salam Kenal Njih…

    Bunda Risma… Sjujurnya kl ada orang yg ngaku2 bs sholat khusu’ maka bs dipastikan cek ricek dulu KEBENARANnya..Sholat Khusu itu ga smudah di bicarakan atw pun ditulis musti ini dan itu. Tuk mdptkan taraf kekhusu’an dlm sholat mungkin bs pake metode yg diajarkan oleh al Ust.Abu Sangkan.. Ada patrap/ tahapan di dalam meraih Sholat yg
    mjabarkan ttg sholat khusu'(skedar referensi az..hehehe).
    Sy sdri dlm sholat sring juga spt Bunda Risma blg pikiran kemana-mana..Lumrah ko. Permasalahannx adlh sudahkah kita sholat..?? Yg salah itu yg ga sholat toh..hehehe.
    Lebih afdhal lg silahkan Bunda Risma bertanya pada Ulama yg CINTA AKHIRAT, BUKAN ULAMA YANG CINTA DUNIA..(Konon ada istilah orang spt itu lho.. tp bkn istilah sy.. hanya pinjam istilah az.hehehe..) Bunda Tanyakan aza lgsg kpd ULAMA AKHIRAT TENTANG BAGAIMANA CARA MERAIH SHOLAT YG BAIK AND BENAR..(jgn dulu ingin mengejar yg disebut SHOLAT KHUSU’).
    Smoga bermanfaat.. Insya Allah..

  20. Membaca komen R Wijaya: Berikut penjelasan ttg ruh: Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ruh-Nya ke dalamnya dan Dia menjadikan untuk kalian pendengaran, penglihatan dan hati tetapi sedikit sekali kalian bersyukur —QS As-Sajdah: 9— Kalimat “meniupkan ruh-Nya ke dalamnya” dalam ayat di atas menunjukkan adanya dimensi yang bernama ruh pada manusia dan ruh berkedudukan tinggi dan mulia. Di ayat lain disebutkan “Aku meniupkan kepadanya ruh-Ku”… Nah monggo ditafsirkan terkait dengan ayat tersebut. Yang jelas ruh adalah hakikat manusia sempurna. Bukan badannya. Sebab malaikat maut akan mengambil ruh manusia; bukan mengambil badannya. Lebih jauh kita kaji ayat QS, Al-An’am: 93 berikut ini: Jika kamu melihat orang-orang yang zalim berada dalam tekanan-tekanan maut dan para Malaikat merentangkan tangan-tangannya seraya berkata ‘keluarkanlah ruh kalian!’ di hari ini kalian akan dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan karena kalian selalu mengatakan terhadap Allah perkataan yang tidak benar dan kalian selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.

  21. wong gentur

    @ R.Wijaya .. Bener skali Saudaraku.. Seperti pada zaman Wali Songo.. Ketika itu Ada seorang Sunan yg slalu berpegang teguh pd Maqom Hakekat.. Namun sdkt skali mjabarkan Syariatnx.. Alhasil pada sidang para Waliyulloh tsb, maka Sunan tesebut musti “DIAMANKAN” demi kelangsungan hidup Syariat tsb.
    Nah, Yg paling nyamannx adl Itikad Hati musti mantabz pada HAQ-nya, smentara Anggota Tubuh Kasar ini yg memelihara Syariatnx/ pelaksanaannx. Jgn sampai spt kejadian Sang Sunan/ Waliyulloh tsb..So, Syariat terpelihara, Haqiqat Mantabz..
    Syariat Tanpa Haqiqat adl Mati.. Haqiqat Tanpa Syariat adl Zindik… Bgitulah Saudaraku.. Smoga bermanfaat… Insya Allah.

  22. Bambang Permadi

    Dibalik tidak ihlas & tidak Khusu’,Jika dilakukan terus-menerus akan ihlas & khusu’.
    Wassalam.

  23. Siapa sholatnya yang paling khusyuk di dunia? Rasulullah. Nah, disitulah kita harusnya belajar….. tentu saja kita harus membaca al quran dan as sunah disertai pengkayaan penafsirannya dgn membuka buku, banyak referensi dari mana-mana, belajar dari guru-guru, kyai, ustad, dan siapapun.. sambil tetap melaksanakan sholat. Tidak perlu menunggu paham hakekat sholat untuk sholat, namun kalau sudah bisa sholat harus meningkatkan pemahaman tentang hakekat sholat dan mencicipi nikmatnya makrifat..

  24. wong gentur

    @ BUKAN SIAPA SIAPA.. Salam Kenal Saudaraku…

    Penjabaran yg mantabz.. Dalam Hal ini Aq cm mo berbagi begini…
    Ada Pertanyaan kira-kira begini, Kalo Kita disuruh pergi ke Jakarta misalnya. Setelah selsai urusan, entah itu urusan Keluarga, bisnis dll.. Kira-kira ne, kita minta dianterin plg atw ga tuk plg ke rumah kita sdri ama temen atw relasi atw siapapun yg kita kenal di Jakarta..?? Bagi yg sudah TAHU JALAN PULANG SENDIRI lalu knp musti minta dianterin atw dijemput plg oleh orang lain..Tapi lain hal kalo ada org yg bs pergi ke Jakarta tp GA TAU JALAN PULANG.
    Nah, begitu juga ada pertanyaan begini… Jika masa kita di dunia habis, kita mo plg ne ke Sang Khaliq… Lantas pilih mana???
    1. PILIH PULANG SENDIRI KRN SUDAH TAU JALAN PULANGNYA…
    2. PILIH DI JEMPUT ATW DICABUT OLEH MALAIKAT MAUT..( Btw pastinya sakit tenannn)..hehe, Padahal Malaikat az ga tau soal urusan RUH…(lantas apa yg dicabut dunk).
    3. ATW DIJEMPUT DENGAN PANGGILAN DARI SANG KEKASIH KEPADA YG DIKASIH.. (Irji’i..3x..Ya Ayyuhal Nafsul Muthmainah..)

  25. wong gentur

    @ Bambang Permadi…

    @ BUKAN SIAPA SIAPA…

    @ Kisambergledek…
    Setujuuuuuuuuuuuu….

  26. R.Wijaya

    Bukan siapa siapa @, thanks buat penjelasannya. btw tolong referensi dari tulisan Di ayat lain disebutkan “Aku meniupkan kepadanya ruh-Ku”… Nah monggo ditafsirkan terkait dengan ayat tersebut. Yang jelas ruh adalah hakikat manusia sempurna. disurat apa kang? kata Ku disitu bisa jadi juga bermakna bahwa ruh adalah kepunyaan Allah karena Dia yang menciptakan ruh. bukan berarti ruh Allah itu sendiri.

    Monggo mas penjelasannya, ini yang saya mengerti. makasih.

  27. Dan apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan meniupkan ruh-Ku ke dalamnya maka tunduklah kalian kepadanya dengan bersujud —QS, Al-Hijr: 29…. Kita tidak perlu lebih jauh menafsirkan ayat ini, sudah begitu jelas disampaikan dalam Al Qur’an. bagi saya, tidak perlu saya pertanyakan lagi bahwa semua ini yang ada ini akarnya adalah kehendak NYA dan Dzat-NYA. dan sang ruh disebut min Amri rabbi – selalu mendapatkan intruksi-instruksi Tuhan-Ku. karena ia tidak pernah mengikuti kehendak nafsu dan tidak pernah menyetujuinya tanpa kompromi sedikitpun. Ialah disebut fitrah yang suci, dan fitrah manusia selalu seiring dengan fitrah Allah –QS. Ar Rum:30—. jadi tidak perlu ada dualisme di dunia ini karena semuanya tiada kecuali Allah… La ilaha Ilallah….

  28. salam kenal utk saudaraku wong gentur: ketika manusia diciptakan, dia juga sudah menginstal software GPS di dalam batin manusia sebagai pemandu jalan pulang…. pemahaman manusia berbeda-beda, maqom manusia memahami dan menghayati jelas juga beda-beda sehingga kita perlu percaya bahwa siapapun yang terlahir di dunia ini pasti bisa pulang karena DIA tidak mungkin menelantarkan ciptaannya.

  29. R.Wijaya

    bukan siapa siapa @

    Sahih International
    And when I have proportioned him and breathed into him of My [created] soul, then fall down to him in prostration.”

    http://quran.com/15/28-29

    yang ini bukan mas suratnya, makasih

  30. R.Wijaya

    bukan siapa siapa @

    ini ada link juga mas
    29. Maka apabila Aku telah menyempurnakan penciptaannya, dan telah meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.”

    ﴿ فَسَجَدَ الْمَلائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ ﴾

    http://www.al-shia.org/html/id/quran/tarjomeh/015.htm

    ada kata kata ciptaan.

  31. Assalamu’alaikum.
    Ikut menyimak.

  32. wong gentur

    @ R.Wijaya.. Mantabzz Saudaraku..

    Bgini Saudaraku.. barangkali yg dimaksud bgini.. coba dipelajari dan dipahami dulu arti DICIPTAKAN AMA DIPANCARKAN/ TAJALLI..?? termasuk juga klasifikasi RUH itu sendiri. Insya allah baru ktemu mksdnx..
    Ambil Contoh.. Ketika kita tidur, kmudian di dalam mimpi kita dikejar-kejar ama Harimau. saking takutnya sampai mandi keringat. Nah, ketika kita bangun dari mimpi/ sadar tau-tau badan kita mandi keringat. Lantas siapa yg dikejar-kejar ama Harimau tadi..??

    Itulah yang konon disebut RUH IDHOFi.. Wallohu’alam..
    Bagaimana kl kita MENINGGAL.. ITULAH Yg konon disebut istilahnya RUH SEBENARNYA RUH..Yg TIDAK RUSAK/USANG/ SENANTIASA SUCI DI AWAL DAN DI AKHIR..bishowwab..
    Smoga di maafkan yg DHOIF ini…

  33. R wijaya: sepakat mas. sudah jelas bukan?

  34. Rio

    Terima kasih atas pembabarannya Nyi,,,,salam sedulur bolo wong alus sedoyo,,,ikut nyimak,,,

  35. Yah kesadaran sepenggal all of ack from God is give by AllAH AL MAGHTY.

  36. Dalam Suluk Linglung karya seorang Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga disebutkan bahwa Ruh Idhofi adalah yang kekal sampai hari kiamat berasal dari Ruh Allah yang mendapat sinar Allah, yang senantiasa menerangi hati penuh kewaspadaan, selalu mawas diri, mencari kekurangan yang ada, selalu mempersiapkan diri, menghadapi kematian, serba pasrah kepada Allah SWT, merasa sebagai anak cucu Adam yang harus mempertanggung jawabkan segala perbuatan. Ruh idhofi sudah ada sebelum manusia diciptakan. Dimana Ruh saat sebelum badan tercipta? Tentu saja dalam IDE Tuhan.

  37. R.Wijaya

    Thanks bukan siapa siapa @
    kalau si mas punya saudara, dia punya hp telpon rumah bahkan bb tapi kalau mau komunikasi sama simas dia memilih ketemu di mimpi, apakah komunikasi dialam mimpi ini adalah komunikasi antar ruh ?

  38. Bunda Risma

    Alhmdllah..makasih bwt pencerahan’a..Ki Wong Gentur..salam knal salam peseduluran..bwt smua yg ada dsini..
    wassalam..

  39. kisambergledek

    Wong Guntur
    Bukan Siapa Siapa
    R Wijaya
    Monggo di lajengken obrolanya mbah,sebentar lg kopi sias di luncurkan dgn segera,nuwu
    Salam rahayu.

  40. Saudaraku R Wijaya: Mimpi adalah lalu lintas informasi yang nyangkut di sistem memori otak kita. Bisa jadi saat itu Allah menyuruh Malaikat-Nya menaburkan hidayah, fadhilah atau apapun nama dan kadarnya ke dalam lubuk kesadaran manusia. Maka kita boleh jadi menganggap mimpi sebagai komunikasi antar ruh menghubungkan mimpi dengam takwil. kalau mau berpikir positif, pakai saja mimpi tersebut sebagai ta’lim atau pembelajaran… Sistem asosiasi bisa dikaitkan dengan apapun karena kita tidak pernah merancang dan merencanakan mimpi sehingga insyaallah meski itu mimpi buruk atau mimpi yang baik maka itu diperlukan untuk mengatasi sejumlah beban yg sedang dialami, bisa juga semacam prediksi dan lainnya.. yang jelas mimpi adalah soal goib dan bicara soal mimpi, cukup 20 persen kita yakini dari Yang Baik dan 80 persen kita memberi cadangan bahwa asalnya dari Yang Tidak Baik, meskipun Yang Baik dan Yang Tidak Baik sama ujungnya yaitu untuk iktibar atau pembelajaran… wallahualam

  41. wong gentur

    @ BUKAN SIAPA SIAPA.. Stuju ama suluknx Mbah Sunan Kalijogo..
    @ Kisambergledek … Mantabzz.. wedang Jahenx ada Ki..?? lagi hujan agak dingin..maknyooss kl di temenin ama wedang mah..Kopinx cap TENGKORAK kah..??hehe.

  42. bocah lawu

    Artikel bagus.. Agak dingin ni otak..he3x
    @all salam rahayu

  43. DEWA MABOK

    SHALAT DAN DZIKIR BIKIN HATI TENANG, TP SELESAI SHALAT DAN DZIKIR, PUSING LAGI.

  44. kisambergledek

    Hadir malam jumat.

  45. agungs3dayu

    @ki Dewa mabok
    salam salim ki….
    berarti biar tetep tenang habis sholat ya tetep dzikir ya ki..

  46. andi laut

    kepada ki wong gentur melihat uraian sampean diatas, mudah mudahan sampean bener bener gentur melaksanakan sareat . hakekat dan makrifat hingga bisa sampai ke awang awang uwung uwung, ilang sukmane suwung kalbune ora ono sembah pujinne. jadi saya bisa menimba kawruh dateng panjenengan mohon maaf kalau kata kata saya salah maklum baru mau meniti jalan yang rumpil dan berat ini salam kenal dan salam paseduluran

  47. agungs3dayu

    mbah ki Ki Sambergledek:
    salam rahayu mbah….
    saya numpang duduk di pojokan sambil nyimak serius.(tapi kok saya belum mudeng2..hi…hi…hi..)
    monggo dilanjut diskusinya….

  48. andi laut

    sekedar shere
    barang siapa sholat 2 rakaat hatinya tidak berbicara maka sholatnya diterima,
    seingat saya yang pernah saya alami rasanya tidak pernah saya khusu sampai 2 rakaat, apakah berarti shalat saya tidak diterima, wallallhualam.
    mohon penjelasan kepada sesepuh ki wong alus lan para sedulur dan mohon maaf kalau ada salah kata

  49. WONG GENDENG

    qi qi qi qi qi…….
    lagi pusing neh batuk pilek……pusing….pusing…pesing…qiqiqiqi…
    nyimak aja aah….

  50. TUKANG TANYA

    Diterima atau tidak diterima pahalanya SHOLAT yang penting kerjakan dulu, semua itu urusan ALLAH.

  51. KENAROCK

    Ayo qta rayakan hari ulang tahun kabupaten tegal yg ke 411, dari tahun 1501 (kerajaan mataram tegal) smpe thn 2012 ini, ulang tahun akan dimulai tanggal 16 mei 2012, dan akan dirayakan dibalaidesa margaayu, dgn rombongan anak2 dan para masyarakat yg mw berpartisipasi

  52. Bunda Risma

    Amiin..amiin..amiin..y Robbal alamin..makasih Ki Wong Gentur bwt do,a’a..;)

  53. wong gentur

    @ KENAROCK.. Wilujeung Tepang Taon bwt TEGAL CITY.. Smg Adem Ayem Tentrem.. Amin Ya Rabb..

    @ Andi laut..Salam kenal jg.. Saudaraku,….Diri ini pun msh SANGAT SANGAT SANGAT JAUH daripada yg Saudaraku bayangkan.. Aq pun masih perlu kawruh ti panjenengan dan poro sesepuh KWA Njih..
    Monggo di lanjut petuah lan nasehat panjenengan.. sambil menikmati keheningan malam ne..

  54. Bunda Risma

    Salm kenal..bwt smua sedulur..maf bunda msih nubi,msih kaku mhon arahan’a..hehehe

  55. cah bogo

    aslmikum…semuanx dilanjut lg penjabaranya..!! saya pernah dngar ..sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar…kalau ada org yg sholatx kelihatan rajin tp masih mau saja berbuat hal2 yg di larang allah swt. apakah sholatnya yg salah( tdk khusyuk) atau bagaimana..? mhn teman2 pembabaranya lbh lanjut…! saya akui msh nol dlm hal agama . wasslm…!

  56. wong gentur

    Jadi teringat dahulu ketika Aq belajar pada Sang Guruku (smg beliau dirahmati-Nya..) ..

    Aq bertanya pada Sang Guru..”Guru…Bolehkah kita bercita-cita menjadi seorang Waliyulloh..??” (agak nyeleneh cita-citan). Jujur, Sebab banyak diantara kita yang hanya bercita-cita tuk keduniawian semata termasuk diriku. Lantas jawaban Sang Guru dengan lemah lembut berkata padaku dan murid-murid yg lain. Begini jawab beliau..:
    ” Tidak ada yg tidak boleh jika kita bercita-cita spt tuh.. Namun sejujurnya kl ananda dapat mengambil pelajaran yg diberikan selama ini niscaya minimal ananda tau siapa dan darimana asal ananda, tugas & kewajiban apa yg ananda emban/pikul di alam dunia ini, kemana ananda kan kembali..”
    Lantas Sang Guru menutup pembicaraan dengan untaian pantun..begini bunyi pantunnx :

    “ILMU INI ADALAH ILMUNYA PARA WALI,
    BUKAN UNTUK MENJADI WALI,
    HANYA SEKEDAR MEMBERSIHKAN HATI DAN DIRI
    GUNA MEMPERSIAPKAN MATI….”

    Lantas Aq tersadar seperti bangun dari mimpi..

  57. Nderek sinau sholat

  58. wong gentur

    Kenangan bersama Sang Guru..Ada bebrapa diantara Akhlaq Sang Guru yg betul-betul dpt dijadikan contoh tauladan. misalnya :
    Pada saat kami smua slesai belajar dalam majelis beliau..acara ramah tamah pun dilanjut..sampai-sampai kita asik larut dalam ngobrol rigan dan berat.. hanya saja wkt itu sudah jam 4 pagi. Masya allah..

    Lantas Aq bertanya esok harinya pada Sang Guru..”Guru, apa obrolan kita dkk waktu mlm tuh mengganggu wkt istirahat Sang Guru..??”.

    Dengan senyuman beliau menjawab..

    “Tidak Ananda.. selama diriku sehat gpp. sebab diriku sdh mengganggap siapapun yg senang belajar maka dipersilahkan datang kerumahku dan 24 jam pintu rumah ini slalu terbuka bagi yg ingin belajar…dan diriku sdh menganggap siapapun yg datang adalah Rasululloh SAW, krn Akhlaq Beliau SAW bgitu dsaat memperlakukan tamu di rumahnx..”

    Amazing.. dan masih banyak lagi Akhlaq Beliau yang terpuji.
    Smg Beliau senantiasa Istiqomah.. Amin Ya Karim..

  59. kisambergledek

    Kenapa sy mengatakan islam bergaransi atau pasti masuk surga,
    Ni cerpen nya.!he5x
    Krn pada saatnya ntk dunia jagad raya dan isinya pasti musnah(kiamat),dan di alam yg kekal adalah ada dua alam,yaitu Sur ga wi(alam nur suci) ane Nee Raa Kaa(alam iblis).
    Singkatnya.
    Kelak nabi muhammad saw ketika berada di surga dan beliau telah melihat umatnya berada di neraka nih dan beliau akan memoho kpd allah agar umatnya di angkat dari siksa apa nereka utk menyusul umat2nya yg lain yg lbh dulu menempatin surga,bgt seterusnya,!!
    Da ah mau buat kofi dulu biar gak ngantuk,qiqiqi
    Salam rahayu.

  60. wong gentur

    @ kisambergledek .. Matur suwun weddang Jahenx.. di tampi njih..tlg buhur 234 skalian njih.hehehe..

    @ andi laut.. Panjenengan bener.. ada istilah sembahyang.. jd musti tau dulu siapa yang disembah dan siapa yang menyembah..
    Ujung-ujungnya Saudaraku kan mengerti bhw yang disembah dan yang menyembah adalah SATU? TUGGAL dlm Ke MAHA ESA-
    Itulah yang dinamakan SYUHUDUL KASRAH Fil WAHDAH..( Pandanglah yang banyak pada yang SATU..)
    Bila saatnx akan mengerti juga ttg SYUHUDUL WAHDAH FIL WAHDAH..
    Monggo kisambergledek.. dibabar lagi ilmu petuah panjenengan..

  61. wong gentur

    Skitar tahun 2006 lalu.. Seorang teman perantau dari Bali bertanya bgini.. “Saudaraku, bisa kah Saudaraku tunjukkan dan sebutkan APA WARNA YANG TIDAK BERWARNA ITU..??
    Sebab jika Saudaraku temukan jawban itu sungguh beruntunglah..Istilah yang dipakai olehnya adalah Jika belum ketemu WARNA YANG TIDAK BERWARNA TSB maka pencarian maknanx akan terasa sangat mahal skali, namun jika sudah diketemukan jawabannx maka akan sangat murah skali spt jajanan permen anak-anak di warung.
    Hmmmm..

  62. kisambergledek

    Wong Gentur
    Hehehehe
    Udutnya tinggal sebatang lg mbah,gmn kl steng2 aja.?qiqiqi
    Monggo di lanjut mbah.!
    Salam rahayu utk semua.

  63. wong gentur

    @ kisambergledek .. Gpp mbah.. ne udh beli jg 234 .. hehehe.

    Alkisah pada saat kita mempelajari sifat 20 atw aqo’idul iman bersama Sang Guru.. mulai dari sifat 7 yg dimulai dari QUDRAT, IRADAT, ILMU, HAYAT, SAMA’, BASYHAR, KALAM.. Trus di lanjut sampai QODIRUN s/d MUTAKALLIMUN…

    Misalnya Qudrat = Kuasa, Qodirun= Yang Berkuasa… dst..

    Yang jadi Pertanyaan waktu itu… Mana Diantara nya Sifat- Sifat tsb yang disandarkan kepada kita.. Apakah Sifat QUDRAT atau Sifat Qodirun… s/d KALAM atw MUTAKALLIMUN..

    Krn menurut SANG GURU kala Itu adalah PONDASI BELAJAR tuk mengerti Siapa MANUSIA dan SIAPA TUHAN (Allah Azza Wa Jalla).
    Jangan disatukan antara HAMBA DENGAN TUHAN.. Krn HAMBA adalah HAMBA, TUHAN adalah TUHAN..begitu lah pesannx SANG GURU..

    Yupz, I agree My Teacher.. GBU..

  64. Pangeran brumbung

    Ikut nyimak lanjut pembabarannya…
    Sambil duduk di pojokan sambil pesan kopi luwak….
    Salam rahayu…rahayu…dan salam sataretanan buat semuanya.

  65. ucup

    Alhamdulillah…babaran yg Mantaffss..
    @aLL, salam paseduluran..

  66. kelabangirengriau

    salam buat sedulur semua………..
    ileng gusti allah yg maha agung……. allahuakbar…….

  67. syaitoni

    To all salam rahayu salam kenal semua………
    =DƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ=))

  68. kisambergledek

    Salam sejah tra slalu and salam tetap semangat semuanya,!

  69. kisambergledek

    Mbak Zizah37
    Mbah Lintang sumirat
    Mbah kangmase77
    Mbah Raden blubung
    Mbah Guru Jati raga
    Mana yah,ko blm ada muncul nich.padahal di tungguin sambil ndeprok di depan kampus dari td lo.!!qiqiqiqiqiqi

  70. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Mbah saya hadir, duduk dibelakang sambil nunggu nescafe kesukaan saya.
    Salam rahayu, salam penyejuk jiwa dan salam manis.

  71. Kangmase CKP

    Assalamualaikum
    Absen pagi
    Ma’af baru hadir, karena ada job yg cukup melelahkan

  72. @mbah sambergledek, ditunggu kofi luwaxnya

  73. kisambergledek

    clink3x

  74. kisambergledek

    mbak Zizah37
    oce dgn segera di luncurkan nescafenya mbak,he5x
    salam manis yg semanis anggur merah,qiqiqiqi

  75. kisambergledek

    kangmase77
    hehehehehe
    dapat jobb ko malah ngeluh to mbah.?la kl ga dapat mkn tambah ngelu kali.!he5x
    monggo kopi hangatnya mbah.!

  76. alhamdulillah lagi banyak ilmu berseliwweran, ah mau deprok dulu dipojok sambil menunggu sesepuh membabarkan ilmu selanjutnnya.
    rahayu rahayu rahayu

  77. Alhamdulliah subhanalloh mari kita sama belajar Sholat
    Jumeneng Imanningsun Qolbu Mumin Baitulloh
    Makanya Qiblatnya Sholat harus tau dulu
    Al-Jasadu Qiblatu Qolbu Wa Qolbu Qiblatu Ruh Wa Ruh Qiblatu Bi Dzati Allah
    Jasad Qiblatnya Hati dan hati Kiblatnya Ruh dan Ruh Kiblatnya Dzat Allah
    Mangga Di babar lagi Nyai Pun Akang Bade Ngaregepkeun (Mangga Kiai dibuka lagi masih banyak saya mau belajar)
    Baru muncul lagi nih Budak Gemblung maklum jadi orang yang paling kaya sedunia
    he he
    Salam sepeduluran kepada semua agan agan Bolo Wong Alus
    Alus Budi pakerti Alus Rumingkang Sholat Daim Mulat Salira Alus sejatinging Alus

    Mangga Dilanjut Wassalam
    Budak Gemblung

  78. kidewabesi

    Teilat teilat peilajaran laegi.

  79. kidewabesi

    Mengosong kan diri dalam shalat(khusu’).
    Di zaman yg serba matray saat ini,Ane jd ragu dan kl ada orang yang mampu shalat dgn khusu’,!!
    Ane yakin juga,orang zaman sekarang ketika sedang shalat dari takbir sampai salam ahir pasti dlm benaknye selalu byk menghayal,mengingat sesuatu yg di punya,dan apa apa yg di suka atau yg di benci,dan hal2 yg hbs dia lakukan/perbuat,
    Dalam shalat dan apabila masih ada bayangan seperti itu berarti shalatnya blm di bilang khusu’,,
    Ada trik khusus kl kalian ingin menguasain shalat dgn khusu’,!
    Salam penyejuk jiwa.

  80. AL -HAMDULILLAH
    BISA MASUK KAMPUS LAGI
    RAHAYU SEMUANYA
    YG SDH HADIR
    KANGTJ IKUT DUDUK DI SAMPING JENENGAN ENGGIH….

  81. Monggo di semak pertanyaan ini
    Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh poro dulur di seluruh penjuru dunia adalah bagaimana shalat bisa menjadi khusyuk, apakah kita bisa melaksanakan shalat khusyuk dan ada juga yang berpendapat bahwa hanya nabi Muhammad SAW berserta sahabat-sahabatnya dan ulama salafush shalih saja yang benar-benar bisa melaksanakan shalat dengan khusyuk selain dari mereka tidak ada yang bisa melaksanakan shalat khusyuk.
    Terhadap pendapat terakhir saya kurang setuju karena kalau memang cuma Nabi dan para sahabat yang bisa shalat khusyuk maka hampir semua orang dimuka bumi ini akan masuk neraka wail, dengan demikian fungsi Al-Qur’an dan hadist sia-sia, juga peran ulama sebagai penyambung dakwah dan sebagai pewaris ilmu nabi juga tidak akan berguna sama sekali.

  82. kisambergledek

    Hehehehehehe
    Ga ngandhel to mbak nyai,
    Tu liat tu mbak,ki wongalus senyam senyum di t4t duduknya tu,qiqiqiqi

  83. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa

  84. kidewabesi

    KiAgeng jembar j
    Salam penyejuk jiwa.
    La ko Ane malah sebaliknya ya mas,ya jelas berbedza dong,dan orang zaman sekarang pabila dibandingkan dgn nabiyullah muhammad dan umatnya pd zamanya,!
    Kl ini Ane jabarkan wah tdk akan beres sampai besok mungkin mas.!suwun.
    Salam hangat slalu.

  85. kidewabesi

    Jumat jumaatan jumaatan,
    Salam penyejuk jiwa.

  86. Saya masih ingat ketika waktu itu masih berumur 12 tahun, saya diajarkan cara shalat khusyuk oleh guru ngaji. Beliau mengatakan untuk bisa mencapai shalat khusyuk kita harus mengetahui makna dari ayat-ayat yang dibaca dalam shalat, kemudian harus kita hayati dalam hati. Antara ucapan dan gerak badan harus selaras, mengucapkan harus benar-benar masuk kedalam hati bukan hanya di bibir saja. Kemudian Beliau memberikan tanda-tanda shalat kita itu sudah khusyuk. Ketika mata kita menatap ke sajadah perhatikan dalam-dalam, nanti akan ada bayangan bulat samara-samar, saat itulah shalat kita menjadi khusyuk.

  87. Saya berkeyakinan bahwa shalat khusyuk itu identik dengan ketenangan dan hilangnya kesadaran.
    Bahwa ketika bertakbiratul ihram kita harus membuang ingatan kita terhadap apapun. “Tidak ada Guru Mursyid,
    tidak ada Syekh Tarikat
    dan tidak ada zikir
    yang ada hanyalah Allah semata-mata”.
    Apa memang demikian shalat khusyuk?

  88. Hadir3x
    @ki samber gledek ketemu lgi ki…
    @ki ageng jj salam kangen ki ngumpul lg mantap.
    @ki dewa besi patinya wilayah pundi ki..?
    @nyai tantria wildan salam kinormatan nyi…
    @all,salam rahayu…

  89. @sedulurku tuwo jg guru kulo @ki samber gledek…matur suwun sanget njih…

  90. R.Wijaya

    Kekosongan diri di dalam sholat, saya belum pernah melakukannya, biasanya waktu shalat definisi khusuk buat saya adalah mengerti apa yg diucapkan, tau sekarang sedang apa (ga lupa), membangun perasaan gembira bertemu Allah SWT, membayangkan diri sedang bersama ribuan manusia lainnya menyembah Allah SWT, kadang juga membayang diri sedang bersama ribuan malaikat dilangit. (lebay ya)

    Kadang biar pikiran ga kemana mana saya membayangkan huruf Allah saja seakan sedang menyembahnya.

    Kalau lagi galau misalnya saudara kita di jalur gaza atau gempa kemarin di aceh, biasanya saya sholat gerakan dan ucapan ingat tetapi hati selalu memohon keselamatan buat saudara di gaza, aceh dll. (jadi ga khusyu ya, tapi buat saya kadang sholat juga buat curhat, memohon kepada Allah SWT).

    kadang juga saat pertama Allahu akbar saya membayangkan diri dibumi dan gambaran antariksa yang begitu luas. (bisa lihat gambar dari teleskop hubble) sehingga kita melihat diri kita hanya titik saja.

    Sebenarnya banyak juga yang sholatnya belum bener (kaya saya) tapi lihat diblog ini begitu banyak ilmu tapi main langsung mengamalkannya. kalau dipikir sich malu maluin tata cara menyembah Allah SWT saja belum bener tapi sudah minta kekuatanNya.

    Monggo semua saya yang newbie ini komentarnya di sanggah atau ditambahkan. Terima kasih.

  91. orang bodoh

    mantapss smua mulai membuka ttg sholat…
    sayang nya msh bny dari qta yg hny jadi kebiasaan bukan panggilan dari sang kekasih.
    menjadi terbiasa hny membentuk kebiasaan-menjadi sifat-menjadi perilaku–dan terakhir perilaku kebiasaan ini menjadi tabiat..sehingga sulit di tinggali.. proses ini sangat baik sekali…. tapis jika sholat karena tuntutan kewajiban maka hasil dari pembentukan akhir tabiat itu hanya merupakan suatu gerak fisik yang sudah terbiasa..dan bukan tabiat yg berdasarkan Cinta sejati kepada Sang Kekasih yang dirindukan. jika Cinta yang membuat engkau Sholat maka hasil akhir nya adalah menuju Sang Kekasih hati..dan bukan perihal y ang menyembah dan disembah.. tetapi kesatuan yang tidak dapat di maknai dengan kata2. Apalagi kata2 kosong yang dibuat sulit untuk dimaknai yang membuat beberapa dari qta jika tidak di tuntun dengan guru akan tersesat memaknainya.

    Aku ini hanya memikirkan Cinta dan Kasi

  92. orang bodoh

    Apakah segala tindakanq di ridhoi oleh kekasihku hingga dia bisa mencintaiku yang jelek ini.. dengan cintanya dan tidak akan melupakanku. bahkan setiap mimpiku selau merindu kan Engkau danseluruh perbuatanmu di dunia ini adalah hadiah yang terindah bagiku hingga aku bisa menjadi apa yang engkau mau..
    Yaa Allah…apakah kehinaanku dapat engkau terima???
    Aku mohon ampun atas sem ua yg telah terjadi baik aku sadar maupun tidak sadar Yaa Rabb. Amiin.

  93. orang bodoh

    orang di samping anda saja tidak anda lihat… anda hanya memikirkan sholat
    Org tersakiti, hewan tumbuhan dan semua ciptaanNya tidak engkau ketahui..engkau membahas ttg sholat
    Kejadian dan penghancuran yg terjadi terus menerus..engkau hanya memperhatikan sholat
    untuk apa engkau sholat jika semuanya hanya dibodohi indera ..hingga dalam sholat aja masih muncul pikiran2 lain…. kenapa indera itu yg menangkap kejadian perubahan alam ini dan membodohi hati dan angan2 hingga terbawa dalam sholat..msih saja engkau membahas ttg rasa khusyuk????
    Sgala yang di lihat tanpa melihat Kekasih ku maka aku tidak akan sholat..
    Tapi ternyata semua yg di tangkap oleh indera ku dan keadaanku saat ini adalah perbuatan dari tarianNya yang indah.. Apakah aku juga bisa mengikuti kemauan gerakan tarianMu yaa yang Maha indah???? maafkan jika aku pernah mengeluh karena kebodohan hamba ini…Engkau yang maha Kasih ..Ternyata tidak pernah Kau lepaskan tangaMu dari ku. Terima kasihku selalu hanya untuk mu. Pujiku selalu hny untukMu.
    Namamu ada dibibir dan lidahku. Wajahmu ada dalam Kalbu ku. Aku bertindak karena cintaku padaMu hingga seakan kamu ada dalam di riku dan selalu mengawasiku.
    Wahai yang terindah dari segala yang terindah.. Betapa indahnya Syariatmu bagiku.

  94. .

    @ R.Wijaya … peristiwamu sebenarnya sudah bagus tapi coba jangan dipaksakan … untuk melihat sesuatu … sebentar lagi akan ada mental2 yang menghampirimu …di situlah nanti kami akan menemukan kekhusukan dalam sholat… dalm imajinasimu dan mental hatimu …

  95. .

    mi`raj … adalah proses perjalanan naik bagi seorang hamba yang ingin berjumpa dengan Alloh dalam sholatnya seseorang dalam proses ini sholatnya berkesinambungan artinya jika dia sholat duhur sampai di sidoarjo maka sholat asar akan melanjutkan perjalanan dari sidoarjo ke surabaya contoh kasarnya seperti itu … dalam keaslian sholat khusuk seseorang akan lebih baik sholat sendiri dari pada berjamaah karena jika berjmaah dia tidak bebas untuk berekspresi dalam sholat sehingga seakan-akan jamaah itu sebagai penghalang untuk melihatNYA …jika orang sudah sampai pada tahap akhir naik atau mi`roj .. maka seorang hamba terebut sudah tidak lagi mempunya tabir deganNya.
    dan perlu di ketahui dalam bab ini terlepas dari pembahasan ilmu fiqih

  96. musapir mung mampir ngombe

    ketika amalan apa yang ditanyakan pertama kali besok di akherat dan dapat bocorannya ternyata sholat yao wis bikin sholat itu hal yang menyenangkan kalo khusuk aku gak tahu pokoknya sholat membuat kita senang jadi nek ati seneng krungu adzan seneng wudhu seneng nganggo pakaian sholat seneng rasah mikir ditompo opo ora tentang diterimanya sholat kita itu kan hak prerogatif Alloh waton kalau kita sholat membuat kita jadi bersifat baik dan hati jadi tentram berees itu melebihi khusuk itu hemat saya gimana menurut dulur disini ???

  97. kisambergledek

    kopi kopiiiii.!!!
    Salam rahayu lan salam sayang slalu buat yg hadir semuanya.!

  98. jebeng sayyid

    Salamualaikum warohmatullah wabarokatuh.
    Khusyuk berkaitan dgn ikhsan..tenang akan datang bila pikiran dan hati kosong.
    Kosong yg terarah hanya pada NYA..pikir mencipta kehendak..hati mencapai wujud.
    Allah melihat..samawi mendengar,mutmainah menguning dalam gedung hati..jasmani mati hilang ragawi.kosong itu keinginan hampa pikiran yg merasa hampa..

  99. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Udah hadir ni Mbah Doc..
    Salam rahayu, salam penyejuk jiwa dan salam manis untuk semua..

  100. DINDIN tjah zuwonk

    subhanallah,,,,

  101. kisambergledek

    Hehehehe
    Mbak Zizah37
    Wah td hadirnya lewat mana mbak.?ko sampek ga ketauan nich,padahal sy dari td nungguin di dpan pimtu lo..wah jangan2 halimun sunsang da mantep ya mbak.??qiqiqiqi
    Yo wis,skrg ngopi2 di mejo pojok sana yuk.!he5x
    Salam rahayu lan manis jua dan utk semuanya yg hadir,
    E ya,kota singa kmrn kena dampak Gempa ga mbak.!?

  102. wong gentur

    Assalamualaikum.. Absen Pagi
    Salam Asah Asih Lan Asuh..
    Tuk smua yg sdh dijabarkan kesimpulannya adlah BENAR…
    Itulah INDAHNYA ISLAM..INDAHNYA IMAN..INDAHNYA PERSAUDARAN..INDAHNYA SILATURAHMI yg terbingkai dalam SATU untaian kalimah yang berbunyi “LA ILAHA ILALLAH MUHAMMADUR RASULULLOH (SAW..)..”

    Itulah mengapa Gusti Alloh Azza Wa Jalla ” LAISA KAMISLIHI SYAIUN..” TIADA SEUMPAMA…Maknanya Adalah Berjuta.. Bermilyard pun Umat Islam di dunia tentunya memiliki PENDAPAT, ARGUMENT, JAWABAN yang tentunya berbeda satu sama lain.. MAHA SEMPURNA ENGKAU Ya ROBBI.. Smg Engkau senantiasa mempersatukan KAMI kelak di AKHIRAT.. Amin YA Kariim..

  103. wong gentur

    Inilah SYUHUDUL KASRAH FIL WAHDAH ( Pandang Yang Banyak Pada Yang SATU)….SYUHUDUL WAHDAH FIL KASRAH ( Pandang Yang SATU Pada Yang Banyak ) Hingga pada Akhirnya SYUHUDUL WAHDAH FIL WAHDAH.. ( Pandang Yang SATU pada Yang SATU..).. Amin. Amin. Amin Ya Karim..

  104. andi laut

    sekedar share
    @kang Musyafir sabar kang jangan terlalu membenci golongan laen, takutnya karena kebencian ati kang musyafir mengeras dan membatu, biarkan aja toh nabi sudah sebutkan islam terbagi jadi 73 golongan.
    emang sih ulah wahabi kelewatan, katanya kuburan nabi mau dibongkar dibikin mal, untung ulama kita protes, kalo kagak jadi dah kita jiarah ke mal.
    mohon maaf kalau ada salah kata, salam kenal dan salam peseduluran moga2 gusti ALLAH maringi berkah untuk kita semua,

  105. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Mbah Doc, hehe ada2 aje Mbah ni, kan Mbah lagi sibuk ngobrol saka teman2 yang lain waktu saya masuk tadi.. hehehe. Waktu gempa kmn kami disini merasa gegerannya Mbah. Masa tsunami dulu pun kena juga tempiasnya Mbah, ombak disekitar Pulau Sentosa yang dekat dgn Batam kencang tu Mbah.. Sekarang udah masuk waktu subuh ni Mbah Doc, yok kita berjemaah ngopi nya nnt aje :)

    Salam rahayu, salam penyejuk jiwa dan salam manis yang teramat manis untuk Mbah Doc dan yang hadir semua.

  106. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa.

  107. kidewabesi

    Nyai Zizah37
    Pa kabar nyai,semoga Antum sehat N sukses slalu nyai,amen.
    Tp ngomong Ane dapat salam manis kaya mbah gledek ga ni.?hahahahaha
    Salam penyejuk jiwa.

  108. kidewabesi

    Dalam shalat seharusnya semua yg nempel pada kita disamping harus bersh dan kesucian adalah hal yg uttama,maka dari itu kt sbagai seorag muslim hrs tau dan mengetahui cara mencuci pakaian agar bs menjadi suci,dan sangat disayangkan pabila kt sholat hanya mengandalkan pakaian yg bersih saja,krn ada setitik najis dlm pakaian kt,dan shalat kt pun tdk akan diterima,
    Dan ketika shalat sbaiknya anda menghilangkan sejenak urusan keduniawian,lepas dan pasrahlah kepadanya,kl berbicara masalah khusuk dan utk ukuran umat2 seperti kt ini sangatlah berat dan susah di laksanakan”zaman”,zaman sekarang ini manusia sudah’?,ya udalah.kt pasti sudah tau,apa dan gmn zaman saat ini,
    Salam penyejuk jiwa.

  109. Aaah jangan pusing2……kita pahami bacaannya khusu’&ikhlas aja lantas berserah. Jangn brfikir macam2 entr trjebak imajinasi. INGAT IMAJINASI ITU DARI SYAITHAN

  110. DEWA MABOK

    TADI MOTOR SAYA KENA TILANG RP 100RB, SAYA BACA ASR TDK MEMPAN! TETAP DITILANG. DULU MOTOR SAYA DISITA DEBT KOLEKTOR, SAYA BACA ASR TDK MEMPAN! TETAP DISITA MOTOR SAYA. KALAU BELAJAR ILMU MENDING LANGSUNG KPD AHLI NYA DRPD DI BLOG SPT KWA, KEMUNGKINAN BERHASIL SNGT KECIL.

  111. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Dewabesi
    Syukur Alhamdulillah Mbah saya sehat disini. Harapan saya Mbah juga sehat selalu dlm naungan Allah SWT.. Amin x3. Klu utk Mbah manisnya tiga kali ganda Mbah.. Hehehe

    Salam penyejuk jiwa kembali.. sesejuk salju ya Mbah?? .. :)

  112. Gelar tikar..,ngikuti pelajaran..

  113. .

    monggo dulanjut … trim s

  114. Pangeran brumbung

    Rasul bersabda”assolatu tanha anilfahsaa’i wal munkar”
    artinya=”sholat mencegah perbuatan keji dan munkar.”
    yang jd pertanyaan ane.. knp orang yang melakukan sholat perbuatan keji dan munkarnya msh jalan trus….???

  115. kisambergledek

    Hadir3x
    Pangeran brumbung
    Wah la kalau yg shalat aja bgt,trus gmn dgn yg ga shalat ya mbah.!?qiqiqiqi

  116. Pangeran brumbung

    Kisambargledek@
    ya ne kenyataannya bangsa kita mayoritas islam…
    Tp kenapa msh saja perbuatan keji&munkar tetep jalan…
    Contoh kecil saja kita jum’atan di masjid bersama berjamaah…
    Alhasil keluarnya dari masjid mlh sandalnya sang bapak-bapak hilang…

  117. assalamualaikum
    Absen sore…

  118. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Mbah Doc, tak faham lansung, itu bahasa sunda ya?? Please translet.
    Ijin pamit dulu Mbah, ada urusan diluar.

    Wasalam.

  119. Ulasannya cukup bagus, namun ada baiknya redaksi kata-katanya mengikuti kaidah penyampaian yg baik dan sesuai kadar berpikir pembaca pada umumnya, sehingga pembaca awam tidak salah cara berpikirnya.

    Misal: “Tuhan ada dimana-mana, sehingga ketika membaca bacaan maka Tuhan ada di depan, di belakang, disamping kiri dan kanan di atas di bawah, di luar diri kita bahkan ada di “dalam” diri kita sendiri.”

    Kalimat tersebut di atas sangat berbahaya apalagi pembaca salah mengartikannya. Apabila Tuhan dimana-mana, maka andai saya sebut bahwa Tuhan pun juga berada di comberan? Bukankah itu salah dan berkontradiksi dengan sifat Alloh Yg Maha Mulia!

    Dalam qur’an suroh Thoha ayat 5 disebutkan bahwa “Allah Yang Maha Pemurah bersemayam di atas Arsy”.

    Dalam suroh Al-Ma’arij ayat 4 disebutkan “Malaikat-malaikat dan Jibril naik kepada Rabb-Nya dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun”.

    Sangat jelas sekali ayat tersebut menunjukkan ketinggian Alloh SWT dan kedudukannya di atas singgasana ‘arsy dan bahwa Alloh dekat dengan makhluk-Nya.

    Mungkin maksud penulis baik, yaitu menganalisa keberadaan Tuhan dari segi filosofis/filsafat, namun harus tetap hati-hati karena pada umumnya pembaca terbiasa dengan “kata-kata mentah”. Barangkali hal seperti ini lah yg dulunya menjadi titik kesalahpahaman antara wali Songo dan Syekh Siti Jenar dengan ajarannya “manunggaling kawulo gusti”.

  120. kisambergledek

    Hadir malam minggu,
    Mbah Zizah37
    He5x
    Sip betul bahasa di sundakan mbak,ndak faham to.?he5x
    Ok siap selamat ber refresing malam mingguan mbak,salam rahayu.

  121. kisambergledek

    Anto Cakrabirowo
    Sip betul mbah,dan tp menurut saya pengunjung blok kwa ini insya allah dapat memahami ko mbah,dan muda2han kt semua jg di rahmati oleh allah swt.amin3x yarobbal ‘alamin.suwun
    Salam rahayu slalu.

  122. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    Ki Samber Gledek
    Mbah Doc, bahasa jowo udah ngak fasih, ini kan pula bahasa sunda ya of course ngak ngerti langsung lah.. tapi nnt saya tanya Mbah goggle ertinya .. Hehe. Saya tidak bermalam mingguan Mbah, klu hujung minggu saya merawat kucing2 ditempat perlindungan hewan . Santai bersama sang meow.
    Salam rahayu dan salam manis.

  123. Absen malam

    Salam S4 (salam salim sesepuh sedoyo) nderek nyimak,monggo lanjut

  124. @DEWA MABOK

    Doa agar tidak ditangkap pulisi karena lupa bawa sim, stnk….

    Bismillahirohmanirohiim

    KENTANG-KENTUNG ORA DICEKEL: PULISI

    berkali-kali sambil mantap, kalau bisa sebelum ada cegatan pulisi cari jalan lain.

    Agar selamat

    Bismillahirohmanirohiim
    BANON BOTO TEMBENGIN ALANG-ALANG
    RAHAYU SLAMET
    RAHAYU SLAMET

    dibaca sampe ati cenderung tenteram…
    semoga manfaaat

  125. @DEWA MABOK

    DOA AGAR MOTOR GAK DISITA DEBT KOLEKTOR

    Allahumma sholi ‘ala sayyidina muhammadin mab’us
    sholatan taji’u bihal amwal wal fulus
    wal mata’umm’i wal mab’us
    fii ayii wagtin fil qiyami wal julus
    Birohmatika Yaa arrahamarohimiin

    ALHAMDULILLAHIROBBIL ‘ALAMIN (7x sambil menahan nafas)

    Yaa ALLAH Yaa Quddus sahilana bil fulus
    kertas hijau halus-halus
    bi barokati Habib Husein Alaydrus

    kalau sudah dapat uang usahakan bayar cicilan motor sebelum jatuh tempo utang

    kalau pembayaran lancar maka debt colector gak akan menyentuh kita….

  126. Kisambergledek

    salam hadir and salam tetap semangat lur dulur sedoyo.!!

  127. irvann

    mungkin di blog ini ada guru yang bersedia untuk membimbing saya yang fakir ini.?

  128. kisambergledek

    Irvann
    Sy jg lg cari guru pembimbing lo mbah,gmn kl kt cari bareng2 yuk.!!!sebelum berangkat gmn skrg kt ngopi2 dulu sambil menikmatin udara segarnya malam menuju pagi ini.?okey.!!?qiqiqiqiqi
    Salam rahayu.

  129. kisambergledek

    Irvann
    Sy jg lg cari guru pembimbing lo mbah,gmn kl kt cari bareng2 yuk.!!!sebelum berangkat gmn skrg kt ngopi2 dulu sambil menikmatin udara segarnya malam menuju pagi ini.?okey.!!?qiqiqiqiqi
    Salam rahayu.!!

  130. irvann

    monggo sesepuh lanjutkan ngopinya . :)

  131. irvann

    Salim dulu sama Sesepuh KWa Yang satu ini @Mbah kisambergledek :)

  132. kisambergledek

    Irvann
    Salim sungkem dumateng panjenengan saking kulo mbah,matur sinembah nuwun sanget njìh.!!hehehehe..\(~_*)/.

  133. agungs3dayu

    beruntung kita ,gusti Allah maha belas kasih nya maha luuuas.
    yg baru tobat trus solat secara istikomah insyaallah ya di tompo
    yg sudah lama solat di tambah sring tobat di tambah istikomah insyaallah ngih di tompo.
    apapun keadaan kita jangan berputus asa dari rahmat Allah
    hidup *istikomah……tapi kok huuuabot njalaninya ya….
    ngapunten.nuwun.

  134. irvann

    ijin ndeprok disini mbah barangkali ada sesepuh Yang bersedia Mengajarkan saya yang fakir ini . :)

  135. kisambergledek

    Agungs3dayu
    Salam rahayu mbah.
    Kuncinya istiqomah adalah ihlas dan memasrahkan diri pd yg haliq mbah,arti ihlas jg luas begitupu dgn memasrahkan diri,khusu’ itu blm tentu istiqomah dan istiqomah jg memerlukan kekhusukan,apa bgt mbah.??he5x

  136. agungs3dayu

    @KI Sambergledek
    salam salim
    ngiih mbah…mantab
    dapat satu lagi tips dari mbah Gledek
    silahkan di jabarkan lagi tapi pelan 2 biar saya mudeng…..
    ngapunten….monggo di lanjut….

  137. kisambergledek

    Agungs3dayu
    Hallah mbah,lawong kuln sing kajeng tangkle dumateng panjenengan lo mbah,ko malah di disuruh jabarken to mbah.!?qiqiqi
    Monggo di jabarken mbah ntk kulo damelaken kofi neskafe njih.!he5x

  138. agungs3dayu

    @Ki Sambergledek
    oiya ngapunten mbah…
    seperti saya yg baru belajar solat ini..
    urut urutanya bagaimana mbah
    maaf bukanya semuanya penting ngak penting.kan belajar dikit2 dulu ya mbah.
    ngapunten .sembahnuwun.

  139. kisambergledek

    Agungs3dayu
    Urut urutan yg bagaimana mbah.???
    Shalat itu hanya menunjukkan konsekwdnsi kt pada tuhan yg maha esa ko mbah,di ibaratkan kt kl sudah siap bekerja di suatu perusahaan Elit,yaitu dalam bekerja dan kl hrs tepat waktu ya hrs tepat waktu jg dan kt jg hrs mengikutin dgn aturan2 yg ada dlm perusahaan tsbt,dan kl tdk,kt pun akan dapt sangsi dari Bos t4t kt bekerja,bgt pun dgn shalat,dan kl kt tdk shalat pd waktunya atau mengabaikanya dan yg pasti kt pun akan dpt teguran2 dan hukuman2 kelak di hari akhir ntk mbah,sebenarnya apa apa yg kt lakukan slama ini bs dibilang ibadah dan bisa dibilang jg bencana buat kita,dst

  140. kisambergledek

    Dan ada contoh kecil ni.!
    Dalam suatu kesatuan,sebut saja ABRI,
    Dalam kesatuan tsbt akan menilai siapa yg hadir atau rajin menghadiri Apel pagi ataupun malam mereka akan dinilai baik dan walaupun dia diluaran tukang mabuk,berantem.(selama tdk melanggar hukum yg berat:),dia akan aman2 saja,
    Dan sebaliknya,
    Bagi yg malas2an menghadiri setiap Apel dan walaupun di luaran sana dia orang yg baik pd semua orang dan walaupun bgt dia tetap di anggap seorang prajurit yg tdk baik dan yg pasti dia akan dikenakan sangsi2 dlm aturan yg ada,
    Begitupun dgn shalat,karna kt ntk juga akan mempertanggung jawabkanya di hadapan allah swt,dst

  141. agungs3dayu

    @Ki Sambergledek
    berarti harus total ya mbah….
    ijin merenungkah pituture njenengan…
    “sebenarnya apa apa yg kt lakukan slama ini bs dibilang
    ibadah dan bisa dibilang jg bencana buat kita,dst”
    matur suwun udah di kasih pemahan baru.
    semoga Allah melipat gandakan pahala amal njenengan ngih mbah…aamiiin …..
    mohon pamit dulu listrik lagi giliran.
    ngapunten .matursuwun.

  142. cah tkng kruk smph

    salam rahayu utk smuanya
    bisa tolong bntu sy cek k’bnaran dri blog ini ga !

    http://bankgaib.blogspot.com/

  143. kisambergledek

    Agungs3dayu
    He5x lawong niki hanya obrolan yg ngedabrus mbah,itung2 dinggo obate melek mawon ko’,malah kulo sing kajenge sinau dumateng panjenengan lo mbah,he5x
    Njih pun monggo2 nek dipun kajenge istirahat mbah,dan semoga panjenengan lan keluarga di paringi sehat lan bungah sae slalu.amin3x
    Salam perseduluran.suwun

  144. saiiiiiii

    semangat malam smua…
    Salam kwangen selalu bwt para sesepuh&sedulur smua..

  145. saiiiiiii

    lanjut mbah samber&mbah agung,sy nyimak ajh smbl leyeh2 disamping jendela…. :)

  146. kisambergledek

    Saiiiii
    Ayo ngopi duyu deh yut.!wkwkwkwkwkwkwkwkk

  147. kisambergledek

    Kaget bin kuaaget aku td yut,badanku sempet goyang2 dewe,tak kirain ono sing kate mlebu neng awakku,e ga taunya Ada Gempa,qiqiqiqiqi
    Satu jam yg lalu ternyata ada Gempa di Banten dan yg pasti jakarta dan Bogor jg merasakan,dan muda2han tdk akan menjadikan bencana seperti sunami Amin3x
    Ketiwas td dak dik duk dueerrr.!wkwkwkwkwkkk

  148. kisambergledek

    Saiiii
    Wah bener2 ketiduran di bawa jendela kale ni.!sampe2 ngoroknya kedengeran sampai sini je.!!hahahahahahahahahahahaha
    Salam menjelang subuh buat semua yg mau menjalankannya.!wsbrth.

  149. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa…..

  150. kidewabesi

    Mantaaaaf..
    Salam mbah..Shalat,Shalat,Shalat lah Sebelum Anda di Shalatin,,
    Shalam penyejuk jiwa.

  151. kidewabesi

    Cah tkang kruk smph
    Me Ra Gu Kan Bos.jgn sampai anda tertifuu,
    Logikanye
    Kalau semuda itu mendapatkan duit,wah bs kacau Bos Dunia ini,taukan maksud Ane,
    Kalau Duit Kharomah Ane Baru Setuju Bos,salam penyejuk jiwa.

  152. kisambergledek

    kopi kopiii.!

  153. @ki samber gledek…kopinya atu ki…nati sy cucikan gelasnya sekalian.

  154. kisambergledek

    Mbah Lintang Sumirat
    Hehehehe
    Baru nongol nich.!? Oke mbah.kopinya mau kopi apa nich.??he5x
    Salam rahayu.

  155. arioganteng

    nyimax..dari belakang,sambil ngudut..

  156. LITA"ARAFU

    aslmkmwrwb..untuk para sesepuh,sedulur KWA.
    mohon ijin daftar jadi anggota KWA.
    NAMA :BAMBANG
    NICK :LITA”ARAFU
    ALAMAT :PALEMBANG
    EMAIL :blitaarafu@yahoo.com
    no.hp :081377563808
    om.selor tolong y ,masukan saya jadi anggota baru…
    makasih…………

  157. LITA"ARAFU

    assalam’mualaikum……….sedulur KWA…?

  158. kidewabesi

    Nyimak dibelakang juga,ngudut juga tp mana kopinya.?

  159. kidewabesi

    Lita”Arafu
    U blm lengkap jd anggota kl blm ngerain kofi mbah Gledek tu.!
    Salam kenal N salam selamat bergabun N jg mudah mudahan kelak ada manfaatnya buat Antum sekeluarga”,
    Salam ”ORA ET LABORA”
    Salam penyejuk jiwa.

  160. kidewabesi

    Lita”Arafu
    U blm lengkap jd anggota kl blm ngeraisain kofi racikan mbah Gledek tu.!
    Salam kenal N salam selamat bergabung N jg mudah mudahan kelak ada manfaatnya buat Antum sekeluarga”,
    Salam ”ORA ET LABORA”
    Salam penyejuk jiwa.

  161. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa teruntuk semua yg hadir di kampus kwa ini,
    Salam selamat menjelang malam”DAMAI SLALU”.

  162. kidewabesi

    @Lintang sumirat
    Salam selamat di perantauan Bos,semoga nyaman nyaman di sana amin,U pasti orang pati juga ya Bos.? Ko tau jg kl Ane orang pati,xexexe
    Salam penyejuk jiwa.

  163. kidewabesi

    Pamit waktu sebentar lagi da magrib,wassalam

  164. @ki samber gledek…kulo pesen kopi rajehnya ki…
    @ki dewabesi..suwun atas doanya ki…
    Ya ki…sy wong pati tulen qiqiqi

  165. @ki samber gledek…wah sinyal gprs kadang muncul kadang gk ki…makanya mau nongol payah

  166. Kangmase CKP

    Assalamualaikum

  167. bambang

    salam kenal para sabahat dkwk,dr sya
    semuanya benar tidak ada salah

  168. kisambergledek

    Bagi yg blm bs tidur sebaiknya mending ngampus saja,tinimbang clingak clinguk lang nglamun lan klesak klesek,ntk malah stres lo.!he5x
    Ngopi sambil menghibur diri dan ketawa adalah sama dgn terapi lo,!he5x
    Barang siapa otaknya selalu aktif atau di aktifkan dan dia akan terhindar dari penyakit strok,!
    Salam rahayu utk sedoyo.!

  169. Cecep Anggara

    Seikh Waliyullah Ad-Dahlawi berkata: sholat adalah induk amal, obat penyembuh. Sholat juga merupakan sebab besar bagi timbulnya cinta Allah dan rahmatnya. Jika sholat telah menyatu dalam diri seseorang, ia akan lebur dalam cahaya Allah, dan dosa2nya akan terampuni. ia pun akan terhindar dari bencana2 yg disebabkan oleh kebiasaan buruk. Sholat merupakan cara paling utama untuk melatih jiwa rendah agar tunduk kpd akal dan mengikuti keputusannya

  170. kisambergledek

    Urang Cisantr
    Monggo di lanjutken and sambil ngopi2 purun nopo mboten.?he5x
    Salam rahayu.

  171. Pangeran brumbung

    Kisambargledek@
    pesen kopinya ki…
    Apa dah tutup ya ki…

  172. wong lamo

    assalam’mualaikum wrwb
    ngopi uyy,,…..

  173. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa.
    Ehem ehemm.

  174. kidewabesi

    Bahasa planet opo kui mbah,ra ngeti blas pisan.

  175. Laskar Cinta Asmara

    sayonara.

  176. Laskar Cinta Asmara

    HORRAS KWA,
    MARI KITO BERTEGUR SAPA DALAM PENUH KEMESRAAN,

  177. cong kenik

    Asslamulaikum,…. adem rasanya klo pas sharing begini apalagi para ponggawa lama pada turun gunung ,. dan sebagai pemerhat setia, saya ndporok dan slonjoran di bawah pohon blimbing,…… mongggo Ki Sambergledek di mediatori salam bhatin untuk semuanya

  178. kisambergledek

    Horas kembali opunk.!
    Ahirnya capek jg diam sendirian je.!wkwkwkwkkk

  179. R.Wijaya

    Waduh serunya materi satu ini, saya mau komen lagi ah, begini mba,kakang,mas, mbah, aki, nini saya ini sebagai orang muda tentu saja punya kebiasaan misalnya saya kadang suka nonton dvd bajakan, membeli dvd bajakan saya tau sama dengan mencuri lihat karya org lain. ini perbuatan ga baik. kadang saya merasa bersalah. Sehingga waktu shalat saya menyadari habis melakukan perbuatan ga baik. saat shalat saya malu sama Allah SWT, menurut saya ini kadang menjadi hijab saya dengan Allah SWT. tetapi beruntungnya saya menyadarinya.

    Kadang saya kasihan dengan orang yg mengaku saleh tapi kelakuan buruknya dia ga sadar, padahal itu menjadi hijab dengan Allah SWT.

    Jika ada yang merasa bisa Kawula Manunggaling Gusti saya sangat salut sekali karena Allah SWT adalah Zat yang maha suci. ga mungkin mau bersatu dengan yang ga suci. berarti orang tersebut sudah suci sekali. sudah tidak ada lagi didirinya kelakuan dan sifat yang menjadi hijab dengan Allah SWT.

    Kira kira dizaman modern ini ada berapa orang seperti itu ?, ya walau menurut saya untuk merasa dekat dengan Allah SWT kadang adalah perasaan orang itu sendiri, bisa jadi karena sifat dan kelakukannya buruk menjadikan Allah SWT adalah jauh darinya.

    diatas saya menyebut kata Kawula Manunggaling Gusti, sebenarnya saya sendiri ga ngerti, karena pemahaman saya baru sampai saya adalah hamba Allah SWT dan selamanya akan begitu, obsesi saya adalah agar selalu merasa dekat dengan Allah SWT, tetapi untuk merasa dekat saja ga cukup, karena kita juga harus berpikir hal hal yang bisa menjadi hijab kita kepada Allah SWT. selama masih ada hijab itu berati cuma saya sendiri yang merasa dekat.

    Sebagai anak muda kadang iman saya naik dan turun, tetapi saya masih bersyukur saya sendiri masih menyadari sendiri iman lagi naik atau turun karena kasihan jika ada org yang ga sadar imannya lagi turun.

    Kata kata hari ini harus lebih baik dari hari kemarin adalah semboyan gampang diucap tapi sulit direalisasikan.

  180. kisambergledek

    Cong kenik
    Ok siap monggo di modiatori jg yut,ntk tak bikinin kofi special ok,he5x

  181. Hadir 7x
    salim dulu ah sm @ki samber gledek..crup2x
    @all semangat siang…

  182. @ki samber gledek…kebetulan pas di atas gunung semalam ki…sinyalnya emang kuat ki tp bukan sinyal gprs..qiqiqiqi…

  183. akhmad

    ASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb.
    sungguh referensi tentang shalot yang sangat baik untuk menambah wawasan
    tetapi kita lupa bicara tetentang sholat sama arti nya suatu cara kita bertemu atau menghadap.ALLAH

    jika kita bertemu atau mengahadap sesama muslim tentu menguncapkan salam.

    yang menjadi pertnyaan
    apa SALAM kita bila ingin bertemu atau menghadap ALLAH(sebelum mengerjakan Sholat)?
    karena saya tidak mau termasuk manusia yang tidak mempunyai sopan satun

    mohon pencerahan nya…..

  184. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb

    Tiap hari saya ngampus disini membaca comment dari saudara/saudari tentang shalat.
    Berbagai pendapat telah dikemukan disini. Sebelum saya menerusakan comment saya, saya mohon ribuan ampun dan maaf dari saudara/saudari kerana hal ini membabitkan TKI. Bukan niat saya untuk memburukan mereka tapi ini-lah yang terjadi
    pada keluarga saya yang mengambil pembantu dari Indonesia semua-nya dari Semarang. Semuanya bersangkutan dengan shalat.

    1. Pembantu Pertama
    Umur sebenar 17 tahun tapi dlm passport 23 tahun, mulanya rajin lemah lembut
    shalat tidak pernah tinggal walaupun waktu shalat kurang dijaga. Hafiz surah Yasin kerna dia lulusan Madrasah.Tiga bulan disini udah tidak mengaji dan udah tinggalkan shalat bila ditanya katanya rumah saya najis kerna ada kucing. Najis yang bagaimana? Apa dalil yang mengatakan najis rumah yang ada memelihara kucing (in-door). Lalu bagaimana pula dgn kelakuannya yang sering keluar rumah tiap sore dan bersantai dgn teman2 pembantu yang lain semasa ketiadaan kami? kami semua pulang dari kerja dan kuliah hanya lepas magrib. Dia minta pulang setelah hutangnya dgn PT selesai. Gaji dibayar $300/- (Tanpa pengalaman kerja) – mengikut contract

    2. Pembantu Kedua
    Umur 32 tahun punya anak dan suami dan orang tua dikampong
    Asal dari keluarga susah kerna pendapatan suami kadang ada kadang tidak. Waktu shalat tidak tepat waktu/tidak dijaga tetapi mengqada shalat dan membaca quran bila habis tugasnya. Tiap mlm bertahajud dan membaca yasin. Kerja rumah dilakukan dgn sempurna. Ngak payah disuruh itu dan ini kerna dia punya initiative. Sayangnya pada sang meow saya ikhlas. Soal masak no prolem kerna dia berusaha belajar masakan kami. Sayang ibunya sakit berat dikampong. Sebagai anak yang baik dia minta izin pulang terus demi untuk menjaga ibu tersayang. Dengan berat hati saya lepaskan dia pulang. Gaji dibayar $340/- (Tanpa pengalaman kerja) – mengikut contract

    3. Pembantu ketiga (hampir sebulan)
    Umur 37 tahun punya suami, anak, orng tua dan baru bermenantu
    Ex-Saudi Arabia (2 tahun bertugas diRiyad)
    Waktu shalat dijaga betul ya .. on the dot, tetapi amanah kah dia dgn tugasnya bila ketiadaan kami dirumah dia tidur? (udah beberapa kali tertangkap oleh ahli keluarga yang pulang awal kerna kuliahnya juga habis awal). Bukan kah kerja/tugas itu satu amanah? Kerjanya juga bnyk tidak dijalankan dgn sempurna dan banyak bohongnya. Tidak sanggup lagi saya meneruskan apa yg dilakukan kerna saya juga bukannya manusia yang sempurna. Haruskah saya memulangkan dia keagent? Dgn berbuat begitu maka bertambah lah hutangnya dgn PT. Gaji dibayar $440/ kerna ada pengalaman kerja diSaudi Arabia juga mengikut contract.

    Nah saudara/saudari ku, ada tiga senario yang sudah saya kemukaan tentang shalat.
    Disini tidak ada kaitan dgn gaji mereka tapi shalat yang dilakukan versus perbuatan mereka. Mungkin Mbah Khozin dan Mbah Dewabesi bisa membahaskannya?

    Sekali lagi saya mohon maaf kepada saudara/saudari dari hujung rambut hingga kehujung kaki jika kata2 saya tidak berkenan dihati. Saya juga bukan seorang wanita yang sempurna, juga bukan wanita soleha kerna masih penuh dgn dosa2 yang disengajakan atau tidak, tapi saya tetap berusaha untuk menjadi hamba yang se-benar2 hambaNYA. Saya juga bukan majikan yang cerewet kerna saya menerapkan hal yang berikut kepada pembantu saya kerna dikantor juga kami berpegang kepada prinsip yang sama.

    1) Respect & Responsibility
    Saling menghormati dan bertanggung jawab
    2) Integrity
    Berpeganglah kepada nilai2 peribadi dan profesional yang tinggi

    Terima kasih dan salam hormat.

    Wasalam.

  185. R.Wijaya

    Zizah 37 @ kalau urusan pembantu ya terserah tuannya saja, kalau sudah terlanjur kontrak mau dibilang apa, kalau ada yang kurang sreg, ya dipanggil aja orangnya dibicarakan saja, jangan bosan bosan saja menegurnya. pembantu bukan robot dan banyak memang malasnya, jadi jangan bosan menegurnya. kecuali sudah habis sabarnya ya minta ganti saja. ada bagusnya dengan pendekatan agama tapi kadang juga memang harus dengan pendekatan bisnis. karena nyatanya juga bisnis.

    Saya juga dirumah ada pembantu, yang penting ga maling dan membahayakan anggota keluarga ya sudahlah, ada kekurangannya ya sudahlah jika masih bisa dimaklumi. Lebih toleran sama pembantu juga saya kategorikan seperti sedekah saja.

    Kadang saya menegur pembantu dengan secarik kertas, saya tulis begini
    ” Tolong kolong meja debunya di vacuum, jangan lupa”
    atau
    “Tolong kalau sudah senggang semua kaca dilap”

    Menurut saya dengan pembantu hanya perlu diajak komunikasi aja, dimarahi boleh jika sudah substansial. bagi saya bersikap agak toleran dengan pembantu adalah sedekah.

    Untuk pengawasan pasang cctv yang bisa diakses via handphone atau blackbery, mungkin jika selalu merasa diawasi maka bisa lebih bertanggung jawab. (tidak direkomendasikan hanya sekedar saran extrem)

    Kalau hubungan shalat dan pengetahuan agama dengan cara kerja/tanggung jawab kerja pembantu ya memang ada hubungannya, tapi bisnis is bisnis.

    Tapi jika urusan kaya gini aja dishare disini saya setuju jika anda memang sedikit cerewet, tapi itu bagus jika buat kebaikan bersama.

    Thanks all

  186. RAHAYU

  187. zuriat

    fawaylul lil musollin allazi nahum ansolatihim sahun
    celakalah kamu wahai orang2 yang solat
    yakni mereka tidak sempurna solatnya
    surah alma`un
    kenapa orang yang solat malah dapat kecelakaan?
    kalau gak mau celaka ya harus disempurnakan solatnya
    bagaimana solat bisa sempurna?
    kalau waktu mengangkat takbiratul ikram macam2 yang datang dalam
    kepala gimana bisa sempurna,
    apa yang saya tahu tiap2 orang selepas mengambil wuduk perasaan masih
    tenang lagi waktu itu,tapi tatkala diangkat tangan dan di takbir kan
    allahu akbar…dan ketika tangan sampai di tengah2 pusat (dilipatkan) bermulalah segala macam perkara akan timbul dalam fikiran .(anak sakit,hutang belum dibayar ,nampak senyuman si doi dsb) lantas kita tak pernah berusaha menghilangkan perkara2 tsbt
    diatas maka kekallah setaus kita sebagai :fawaylul lilmusollin

  188. garengpung

    Hadir.. Salam salim kagem Sedoyo.. Rahayu…

  189. kisambergledek

    Salam selamat sore sedoyo.!
    Mbah lintang sumirat
    Hehehe
    Ternyata lari kebukit beneran nich.!?sinyal da mantaf dan yg lbh mantaf lg sinyal yg mana mbah.?qiqiqiqi

  190. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ R. Wijaya

    Thanks for advised.
    Saya terima kata2 anda yang saya ini agak cerewet sedikit kerna urusan kaya gini aje dishare disini, malah klu dikatakan saya perfectionist juga boleh.. hehehe tapi dari segi kerja ya But masih belum perfect sebagai hambaNYA.

    Kan udah saya katakan Shalat versus perbuatan. Klu memasang cctv ya bila2 masa shaja tapi itu kan sudah keterlaluan? Yang saya utamakan ya kejujuran dan amanah. Klu dengan sesama manusia kita tidak amanah.. bagaimana kita dpt menjalankan amanah dariNYA?

    @ Zuriat
    Salam kenal – Setuju
    Untuk kaum ibu gimana shalatnya mau sempurna klu diruang solat terdapt longgokan kain baju yg belum diuruskan/lipat? Takala diangkat tangan dan ditakbirkan terlihat longgokkan kain baju serta merta juga dlm hati berkata “Banyaknya kain baju ni” atau pun nenek2 yg terpandang mainan cucu2nya yang berlongok/berserak? Dlm hati juga berkata “nnt aku belikan bakul untuk menyimpan permainan ini”.

    Wasalam.

  191. kisambergledek

    Mbak Zizah37
    I Lake you comens,
    Sebagai pandangan dan dalam memahami seorang pembantu sebenarnya gampang2 susah mbak,
    Sebaiknya pembantu memang harus sering di ajak komunikasi,dan hrs memiliki tugas masing2 mbak,
    Contoh.
    Si A-keseharianya memasak,dan yg di kerjakan ya khusus memasak,
    Si B-keseharianya mencuci dan setelika.ya itulah yg hrs di kerjakanya
    Si C-keseharian membereskan mengepel dan taman,ya itulah yg hrs di kerjakanya,
    Kl sdh bgt,kt akan dpt dgn mudah utk mengetahui hasil kerjanya mbak,
    Cara berkomunikasi.
    Kl mbak zizah sdg di rumah cb di tanyakan(basa basi)dgn hsl kerjaanya.
    Dan kl mbak zizah lg diluar/kantor,cb berkomunikasi lwt tlp(basa basi jg),contoh.
    Hallo mirna,tolong jgn lupa kamar mandi dan kamar di bersihkan dan di bereskan dan kasih tau jg sama si Anton(bgian taman)bunga supaya di siram dan rumput liar spy di bersihkan jg,dst.
    Tp sy yakin mbak zizah seorang yg penuh pengertian/tdk tegahan,
    Dan kl masalah dgn ibadah itu kt kembalikan pd yg bersangkutan mbak,tp alangkah baiknya kt jg menyarankan dan memberi kesempatan utk beribadah,
    Dan kl yg beralasan bahwa kucing itu najis,berarti dia itu malas beribadah aja mbak,”kucing tdk najis”.
    Salam manis lan rahayu.

  192. kisambergledek

    Mbak Zizah37
    I Like you comens,
    Sebagai pandangan dan dalam memahami seorang pembantu sebenarnya gampang2 susah mbak,
    Sebaiknya pembantu memang harus sering di ajak komunikasi,dan hrs memiliki tugas masing2 mbak,
    Contoh.
    Si A-keseharianya memasak,dan yg di kerjakan ya khusus memasak,
    Si B-keseharianya mencuci dan setelika.ya itulah yg hrs di kerjakanya
    Si C-keseharian membereskan mengepel dan taman,ya itulah yg hrs di kerjakanya,
    Kl sdh bgt,kt akan dpt dgn mudah utk mengetahui hasil kerjanya mbak,
    Cara berkomunikasi.
    Kl mbak zizah sdg di rumah cb di tanyakan(basa basi)dgn hsl kerjaanya.
    Dan kl mbak zizah lg diluar/kantor,cb berkomunikasi lwt tlp(basa basi jg),contoh.
    Hallo mirna,tolong jgn lupa kamar mandi dan kamar di bersihkan dan di bereskan dan kasih tau jg sama si Anton(bgian taman)bunga supaya di siram dan rumput liar spy di bersihkan jg,dst.
    Tp sy yakin mbak zizah seorang yg penuh pengertian/tdk tegahan,
    Dan kl masalah dgn ibadah itu kt kembalikan pd yg bersangkutan mbak,tp alangkah baiknya kt jg menyarankan dan memberi kesempatan utk beribadah,
    Dan kl yg beralasan bahwa kucing itu najis,berarti dia itu malas beribadah aja mbak,”kucing tdk najis”.
    Salam manis lan rahayu.

  193. kisambergledek

    Mbak Zizah37
    Mengapa sy mengatakan ibadah itu kt kembalikan pd yg bersangkutan.!dan kl memang dia ahli ibadah yg pasti akan melakukan pd waktunya,dan yg sy salud ya orang2 yg ditempat mbak zizah bekerja mbak,
    Di tempat mbak zizah ada 5 orang yg rajin beribadah walaupun ibadahnya di tempat kamar ganti kan.!?krn perusahaan tdk menyediakan tempat ibadah krn mayoritas karyawanya bkn muslim,nah itulah yg namanya seorang ahli ibadah mbak,he5x
    Uda mbak,ntk di lanjut lg,suwun.
    Salam manis lan rahayu.

  194. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Terima kasih Mbah Doc.

    Hehe.. jgn kwatir Mbah, soal ibadah dan kebajikan pembantu tidak pernah saya abaikan.
    Waktu solat sering diingatkan. Jadual kerja pun udah disediakan. Ya terpulang lah pada mereka untuk menjalankan tugas dgn sempurna. Udah-lah saya ngak mau nyambong lagi tentang pembantu kerna sebenarnya apa saya ingin ketengahkan hanya cara mereka beribadah dan melaksanakan tugas dengan sempurna.

    Ya, benar disini tidak ada kemudahan untuk ibadah. InsyaAllah bulan June/July nnt ada kamar shalat untuk saya, dan satu lagi untuk kaum Adam. Syukur Alhamdulillah.

    Thanks again Mbah Doc
    Salam rahayu kembali.

  195. zuriat

    yasalam salimna a`lal muslimin
    fasolli lirabbika wanhar
    fasolli lirabbika wanhar
    fasolli lirabbika wanhar
    fasolli lirabbika wanhar
    wama yusrik bii`badati rabbi ahada
    @zizah37
    salam kenal juga

  196. agungs3dayu

    assalamualaikum wr wb.
    salam salim ki Alus.ki Sambergledek dan sesepuh semua.
    ijin absen malem.
    mbah Gledek ijin ndeprok disini sambil menunggu diskusi sesepuh sekalian.
    sukur2 kali aja ada yang share TIPS pengala man pribadi tentang sholat.

    ngarepbanget.com

    monggo dilanjut diskusinya
    rahayu engkang sami pinanggih.matur suwun.

  197. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Mbah Doc
    Hehehe.. Thanks for what?
    Ntar saya nyambung ngampus Mbah, baru sampai rumah ni, mau adus dan bayar hutang dulu Mbah, Siapin nescafe aye ya, jgn lupa mug aye yg ada gambar sang meow :)

  198. kisambergledek

    Mbah Malud
    Mbah Jatira
    Hadir3x mbah,tak siapin kofi+buhur nich mbah.!hehehehe

  199. kisambergledek

    Mbah Agungs3dayu
    Mbak Zizah37
    Salam ngopi dulu mbah,monggo pengalamanya di share duluan njih.!sy langsung duduk di paling depan nich.!qiqiqiqi
    Mbak Zizah37
    Siap mbak,nescafenya segera di tuangkan ke Mug Gedenya.!he5x
    Salam rahayu.

  200. Malud

    cling…….hadiiirrrrr……….

    kisambergledek , monggo kopine diminum

    heheheee

  201. kisambergledek

    Hehehehe
    Mbah Malud
    Lo ko mbah jatiraga nya ko ga di ajak to mbah.!?padahal ni kopi da di bikin 2 gelas lo.!he5x
    Gmn kabar cirebonnya.?panas pa hujan ni.?qiqiqi
    Salam rahayu.

  202. agungs3dayu

    @ki Sambergledek
    ooalah…saya blom punya tip mbah…
    mohon ijin ya mbah ini tips dari mbah Gledek saya copas saya tempelin di sini.berharap sesepuh lain ada yang nambahin

    kisambergledek on 9 April 2012 at 23:40 said:
    Agungsedayu
    trik mudah agar kt dapat melaksanakan sholat 5 waktu yaitu,
    -selalu di ingat waktu jam jamnya sholat.
    -ucapkan selalu alhamdulillah***** sewaktu kt mendengar kumandang adzan tiba.
    -berdiam diri selagi kt bicara atau lg bercanda.
    -berdiri selagi kt duduk dan usahakan menghampiri tempat air selagi kt berdiri.
    -dst.
    Dan yg penting kt harus berusaha dapat mengalahkan kemalasan yg ada pd diri kt yut,dan perlahan lahan insya allah akan terbiasa,mudah2an.amin3x

  203. Malud

    kisambergledek ,
    njih mbah, ki jati raga lagi sibuk jualan nasi jamblang hehehee
    kemarin kita kumpul bareng ki jati raga bareng ki begawan candhu juga koq.

    cerbon puanase puoooolllllllll………

  204. kisambergledek

    Mbah Agungs3dayu
    Hehehehe
    Itumah tips asal asalan mbah,cb sampean tulis yg okey banget tipsnya njih.!hehehehe
    Mbah Malud
    Wah kenapa ga kabar kabari kl ada kumpul2 mbah2 Guru nich.?dimana kumpulnya kah.?qiqiqiqi
    Ngopi lagiiii..?

  205. Malud

    kisambergledek
    lah sy juga ndak tahu mbah. tiba2 ki BC sms sy ketika sampai di cerbon. dannn… jadi deh ngopi bareng,,,,,, hehehe spontanitas tanpa rencana mbah

  206. kisambergledek

    Mbah malud
    Hehehehe
    Ceritane sambil mampir to.!?he5x
    Mbah Candu
    Bagi bagi empingnya mbah.!wkwkwkwkwkwk
    Sip mantaf kl bgt,he5x
    Bsk ngopi lagi gmn???

  207. Malud

    kisambergledek
    waduuhh… koq tau mbah BC bawa itu. rupane neriwing juga ya.. wuaaah curaang
    ayo besok ngopi lagi mbah…

  208. kisambergledek

    Mbah Malud
    Hehehehe
    Mbah guru jatiraga sekalian di gendong ikut njih.!?qiqiqi

  209. Malud

    kisambergledek
    mbah JR ndak usah digendong bisa terbang sendiri mbah. daripada nggendong mbah JR mendingan aq disuruh nggendong anak gadis orang mbah hahahaa
    ssssttt……. jg kenceng2 ntar mbah JR tau.
    kabooooooorrrrrr………………..

  210. kisambergledek

    hahahahahahahahaha
    ikut kabur mbaaah.!
    Clink3x

  211. kisambergledek

    hahahahahahahahaha
    ikut kabur mbaaah.!
    Clink3x
    qiqiqi

  212. satria

    nyimak sambil nunggu subuh

  213. kisambergledek

    @Satria
    Mau nunggu subuh to.!??
    Monggo tak temenin sambil ngopi2 yuk.!he5x

  214. Laskar Cinta Asmara

    jiaaahh
    gini hari malah tidung yut gledeeek.wkwkwkw

  215. Laskar Cinta Asmara

    gakgakgakgakkkkk
    horas bah.pada kamano..?

  216. kisambergledek

    Hahahahahahahaha
    Opunk kale yg tidung je.!
    Met pagi menjelang subuh yut laskar cinta asmaradahana,wkwkwkwk

  217. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    Wake up wake up semua, udah subuh ni.. yuk solat jamaah.

  218. bambang

    kisambergledek
    slamat malam ,saudaraku di KWA semoga smua dalam lindungan ALLAH SWT amin jadi bingung saya ki Samber gledek tadi saya ada yg mau saya tanyakan tapi tiba2 trus tidak terpikir lagi dengan saya knp ya ki Sg kalo sperti saya karna ap ki Samber Gledek. sblum maturnuwn jika ini direspon

  219. agungs3dayu

    kereto jowo
    m.staf*band.info/?tp=1&down=ch6mqbop

  220. salm sangking si blangkon .mugi 2 allah senantiasa meridhoi kita amin………

  221. aNz_ghestRo

    Wahai Yg Maha Pengasih dan Penyayang
    Kasihi dan Sayangi Kami
    Taqdirkan Kami dimajlis ini
    Memahami SESUATU yg akal kami tak sanggup memikirkannya dan hati kami tak mampu merasai.

    Wahai Dzat yg MAHA SUCI
    Taqdirkan kami mampu Melebur dengan Dzat-MU yg MAHA SUCI
    Taqdirkan kami Taqdirkan kami Taqdirkan kami
    bertemu dgn-MU dialam yg tak pernah sang9up terbayangkan dalam Akal Kami.

    Hamba meMOHON pada-MU wahai Tuhan Penguasa Arsy

    Engkaulah Tuhan Yang Haq
    Hamba adalah Makhlukmu yg hina

    Dengan Syahadat Hamba Ikhlaskan Diri

    Amiin Yaa Rabbal Alamin

  222. zuriat

    salam alaina ya ibadillah

    @ aNz_ghestRo salam kenal

    semoga kita semua diridhoi allah swt

    makam tertinggi disisi allah swt adalah redho

    sesuai deagan kalaamullah dalam quran
    ;RADHIllahu anhu waradhu anhu

    allah redho pada nya dan dia pun redho padanya

    allahumah dina nur muhammad

  223. assalamualaikum …salam ta’zim buat sesepuh kwa ….absen malam …

  224. syarifasepda

    mau tanya ada yg bilang Allah itu dekat lebih dekat dari urat nadi itu apa maksudnya?

    mohon penjelasannya? maaf newbie

  225. agungs3dayu

    @Baduy bageur
    salam kenal masbrow….
    saya ikut senang dan terharu membaca tulisan perjalanan hidupnya
    walaupun hidup masih panjang dan berliku anda sudah mendapatkan setitik cahaya penuntun.dengan dawam istigfar di hati semoga kita selalu mendapatkan petunjukNya.aamiiin…
    maaf atas salah tulis dan kata.

  226. agungs3dayu

    @Syarifasepda
    salam kenal ki…
    sama ki saya juga newbie
    apa kira kira begini ya ki…
    Allah swt zdat yang maha tunggal rahmat dan kekuasaanya meliputi alam semesta raya.bahkan sampai unsur terkecil di tubuh kita.
    selagi kita khilab mungkin Allah menegur kita, bisa lewat mulut orang lain bisa juga lewat badan kita sendiri.pas kita sakit mungkin Allah swt menegur kita untuk instropeksi diri.biar kita bisa tau dekat denganya ya sering mendekat dan mengingatnya.Allah sejatinya tidak pernah jauh dari hambanya justru hambanya yg sering menjauhiNya.kira kira begitu menurut pemahaman saya yg dangkal ini.
    saya kembalikan Allah swt yg maha mengetahui.selebihya biar sesepuh KWA yg lebih paham menambahi dan mengkoreksi.
    mohon maaf atas salah kata.

  227. @agungs3dayu
    Salam kenal kembali mas!

    Absen malam!
    Monggo sedulur

  228. budy

    hadir menyapa para sedulur KWA……….salam rahayu………

  229. sumijan

    Maha besar alloh SWT

  230. Subhaanallaah.

  231. abdul

    subhaanallaah

  232. asrul arek sbya

    sholat harus ikhlas pengerjaannya.

  233. Salamu alkm.
    mohon ma’af! Saya mw tnya, maksudnya hadis rosulullah:
    dahulu islam datng asing.
    Dan kelak kembali di angap asing lagi.
    “asing yg bgaimana? Tidak asing yg bagaimanayah?
    Mohon penjelasan jika ada yg memahami maksudnya.

  234. ngaji kitab ihya `ulumuddin biar pd paham ,,, dimana imam ghozali menyatukan syari`at berhakekat dan ma`rifar ,, ma`rifat,hakekat yang bersyari`at ,, jgn menggunakan hawa nafsu untuk membela argumen masing2 ,,,

  235. Paidi w

    Ulasannya jelas dan menambah wawasan ttg hakekat sholat dan hidup ini .terima kasih dan salam damai aj

  236. salam kagem sedulur kabeh,urun rembuk sithik.pada dasarnya kita melakukan yang namanya sholat/sembahyang yang dimaksud khusuk itu memang perlu proses,melaksanakan sholat dgn semua bacaan amalanya tidak akan menemui kekhusukan,karena masih berfikir.yang pas mungkin sehabis sholat baru sembahyang,karena sembahyang menurut saya adalah penyatuan untuk mencapai kekhusukan tidak ada bacaan atau amalan apapun…serupa tapi tak sama…jadi dua duanya harus berjalan dgn hakekatnya masing masing…mohon dipun leresaken nggih ki..bok menawi kliru….salam hormat ki sambergledhek,wong gentur,dan poro sedulur …suwun

  237. alexis

    Pembahasan yang cukup menarik mengenai shalat atau sudah lebih dari itu, yang ingin saya sampaikan kepada mbah-mbah diatas bahwa pantaskah kajian sedalam ini di bahas secara umum yang notabene blog ini dapat dilihat oleh semua orang, saran saya jika ingin sharing lebih dalam ya langsung ketemu sama yang bersangkutan aja atau via email pribadi. Karena jika seperti ini saya khawatir ada yang salah penafsirandan tidak sesuai dengan hadis qudsi “Al Insaanu Sirry wa Ana Sirruhu

  238. askum
    wahy saudara ku ap aku boleh nanya?
    bagymana kah cara melihat mahluk alus

  239. Ping-balik: sholat dalam perjalanan | Ayo Sholat Tepat Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: