ILMU PANCAWARNA TUNGAL JATI


Herman Wawan hermanwawan1@gmail.com

assalamu alikum warohmatullah waborakatu..

alhmdulillah puji syukur khadirat Allah subhanahu wata’ala,,

sblumnya salam kenal dari saya manwan al fakir,, kpda ki wong alus,, pini sepuh, lan sdulur sdoyo.

ijinkan sya,, mmbagi sdikit pngetahuan tentang ilmu dari warisan,,nenek moyang qta bngsa indonesia tercinta ini..tdk lain hnya ingin mnambah wawasan,pengetahuan,wacana isi,di dalam kampus kita ini,, karna begitu bnyak ke ilmuan yg sya blum tau dluar sana,, dengan bergabung di kwa,, sya mendptkn bgtu bnyk masukan2 baru tmpa harus mengeluarkan kocek berjuta2 untuk memaharinya… trimaksih kami ucpkn kpa sluruh sodara2 kwa di nusantara yg telah menyumbangkn berbagai warisan nnek moyang qita,,sehingga terciptalah wadah kwa shingga mnbah persaudara’an untuk berbagi..

awal mula saya medptkn ijazahan ilmu ini,,sya dptkan dari,,,MUHAMMAD IDRIS NAWAWI tajul alam… dan beliau lah yg mnulis cerita ini,, asal mu’asal dari ilmu pancawarna tunggal jati,,, saya hanya mneruskan pnulisan cerita beliau,ke saudar2 kwa agar bisa dnikmati bersama,menjadi bahan pengetahuan qita akan ilmu2 warisan leluhur bangsa indonesia,,,

mhon mv jika ada yg salah dlam penulisan ini,,, ini hanya sarana pengetahuan saja,,, klo mo percaya moggo.. jika tidak juga mnggo…

Kala kehancuran Majapahit telah diboyong oleh Demak Bintoro, dan peradaban Hindu kian menyusut oleh ajaran Islam, seorang resi agung yang dahulunya menjadi panglima kerajaan Majapahit datang menemui Resi Wanayasa Agung Bimantara Cakra Bumi (julukan Mbah Kuwu Cakra Buana, kala itu) beliau adalah mantan panglima besar Damar Wulan.

Setelah sembah sujud dihadapannya, Damar Wulan, langsung menghaturkan maksud dan tujuannya:

“Duhhh…… Rayi…terimalah hamba sebagai muridmu, sesungguhnya jeng Nabi Muhammad SAW, telah mendatangiku untuk memohon Syafaatmu yang membawa kebajikan dunia akherat, berilah hamba setetes ilmumu wahai putra Siliwangi”.

Lalu Mbah Kuwu Cakra Buana, menengadah wajahnya ke atas dan dilihatnya di alamul Lauh Mahfudz, nama Damar Wulan, telah tercatat sebagai Insanul Jannah di akhir hayatnya kelak. Maka beliaupun men-Syahid Damar Wulan, dan diberikannya ilmu ke Ma’rifatan berupa “Pancawarna Tunggal Jati”.

Selang seminggu kemudian Damar Wulan, datang kembali menemui gurunya Mbah Kuwu Cakra Buana: “Wahai Wali Allah,,,sungguh mulia sekali ilmu Pancawarna Tunggal jati, yang kau berikan kepadaku….. Dahulu saya berpikiran bahwa ilmu yang ada padaku sudah kurasa cukup, namun dengan adanya ilmu Pancawarna Tunggal Jati, semuanya tiada berarti sama sekali. Kini aku sudah maujud dengan apa yang ku cari selama ini, semoga pulau Jawa, akan menjadi bagianmu kelak”. Lalu Damar Wulan-pun menghilang dan tidak pernah kembali lagi.

Dikisahkan pula pada abad 14, dimana para WaliSongo, sudah menduduki maqomnya masing-masing, salah satu dari putra Prabu Siliwangi, yang bernama Kian Santang, malah sebaliknya bertolak belakang dengan sifat kakaknya Prabu Walang Sungsang atau Mbah Kuwu Cakra Buana, yang terkenal arif dan bijaksana.

Kian Santang, dengan jiwa mudanya selalu berambisi untuk menjadi orang No-1 dalam ilmu kesaktian, beliau juga tak segan menantang siapapun yang dianggapnya sakti, baik yang berasal dari aliran putih maupun hitam. Bahkan dimana beliau kedapatan kabar, ada salah satu orang sakti di suatu daerah, beliau langsung mendatanginya untuk mengadu ilmu kesaktian.

Tak jarang para resi dan pertapa lainnya menjadi tumbal kesaktiannya juga para jawara maupun pembunuh bayaran yang benci akan ulahnya tak luput kena getahnya pula.

Hingga di suatu hari beliau kedapatan informasi bahwa di daerah Mekkah, ada salah satu jawara pilih tanding yang terkenal akan kesaktiannya. Tanpa buang waktu beliaupun langsung terbang menuju arah yang dimaksud.

Disini Allah SWT, telah menunjukkan jalan terang baginya, karena sesungguhnya yang di cari Kian Santang, adalah Saiyidina Ali RA, Sahabat Nabi Muhammad SAW, yang kurun dan waktunya sudah jauh berbeda.

Namun atas keagungan-Nya… Saiyidina Ali RA, diturunkan kembali ke bumi untuk membuka hidayah baginya menuju jalan yang di ridhoi Allah SWT.

Sesampainya di tanah suci Mekkah, Kian Santang, langsung bertanya kepada seorang kakek pembawa tongkat: “Wahai kisanak,,,,taukah anda dimana tempat tinggalnya Ali, yang katanya mempunyai ilmu kesaktian luar biasa?”

Yang ditanya diam saja dan sambil menancapkan tongkatnya ke tanah, sang kakek tadi langsung meninggalkan Kian Santang, seorang diri.

Dalam hati Kian Santang, berkata!! Pasti orang ini tahu dimana Ali, berada, maka di kejarlah kakek tadi: “Wahai kakek jangan bikin aku gusar,,,,tolong katakan di mana rumah Ali”. Dengan nada kasar.

“Wahai anak muda, memang aku tahu di mana Ali, berada, namun tolong ambilkan tongkatku,,,aku lupa membawanya” sambil sang kakek menunjuk tongkatnya yang beliau tancapkan tadi.

Kian Santang, dengan entengnya mendatangi tongkat sang kakek, yang tak lain adalah Saiyidina Ali RA, sendiri,,,, Beliaupun langsung mencabutnya. Namun……….apa yang terjadi…..Jangankan tongkat itu tercabut,,,bergerakpun juga tidak.

Berkali-kali Kian Santang, merapalkan ajian untuk bisa mencabut tongkat itu namun semuanya sia-sia. Tahu siapa yang dihadapinya saat ini,,,, beliaupun langsung sujud di kaki Saiyidina Ali RA.

“Wahai kisanak,,,aku mengaku kalah dan ijinkan aku pulang”

Dengan rasa malu Kian Santang, langsung cabut diri, beliau merapalkan ajian terbangnya. Namun lagi-lagi ilmu yang di milikinya tak bisa membawanya pulang. Bahkan bukanya dia langsung raib seperti biasanya, malah sekarang dirinya seperti katak sedang berjongkok, diam dan masih di tempat semula.

Dengan tersenyum Saiyidina Ali RA, berkata: “Kisanak, bila engkau ingin pulang, ada satu ilmu yang bisa menghantarkanmu sampai ke pulau Jawa”.

Merasa dirinya ada harapan,,,, maka di turutilah ucapan sang kakek tadi dan setelah keduanya singgah di salah satu bangunan tua, Saiyidina Ali RA, yang sudah mengenalkan jati diri kepada Kian Santang, mulai mengajarkan Kalimat Syahadatain dan Hakikat Bismillahirrohmanirrohiim.

Selang beberapa hari kemudian Saiyidina Ali RA, menyudahi pengajarannya:

“Wahai Andika, kini sudah saatnya kau pulang, carilah orang yang tubuhnya bercahaya (Nur ke- Walian) berikanlah sorban dan batu ini (kenanga lonjong) padanya, sesungguhnya dialah bagian dari darah putraku Husen. Mengabdillah padanya”.

Dengan menghaturkan sembah bakti, Kian Santang, langsung terbang menuju pulau Jawa. Siang malam beliau terus mencari orang yang bakal menjadi gurunya kelak, rasa haru dan ingin segera bertemu membuatnya haus akan Islam semakin bertambah.

Berbulan-bulan beliau terus mencari dari satu tempat ke tempat lainnya, namun apa yang dicarinya belum juga di ketemukan. Teringat akan kakandanya yang sudah lebih dulu masuk islam, beliaupun langsung mendatanginya guna minta petunjuk atas ciri dari orang yang selama ini di carinya.

Tepatnya pada malam 10 As-Syura tahun 1421M, dimana masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, sedang menggelar Tasyakkur Akbar, atas pergantian tahun Islam, ditengah keramaian umat manusia, seberkas cahaya terang benderang telah menahan kaki Kian Santang, yang akan menuju rumah kakandanya. Ya….Cahaya itu datangnya dari dalam masjid Agung.

Dengan hati berdebar Kian Santang, membelokkan langkahnya menuju pintu dalam masjid, semakin dekat cahaya itu semakin menyilaukan matanya hingga beliau tak sadar kakinya terjatuh atas banyaknya orang yang berlalu lalang di dalam masjid.

Secara spontan Kian Santang, berkata sangat keras!!: “Wahai Nurulloh…..Wahai Waliyulloh….Wahai Ma’rifatulloh…Wahai orang yang mempunyai darah Saiyidina Husen!!!!” Tak ayal ucapannya ini membuat semua orang yang hadir tertuju padanya.

Dengan keadaan masih terduduk karena terjatuh tadi, tiba-tiba Mbah Kuwu Cakra Buana, sudah berada dihadapannya.

Melihat keyakinannya yang begitu matang serta perjalanannya yang cukup lama dalam mencari seorang guru Mursyid, Allah- pun membutakan mata kasarnya dan menggantinya dengan hati Muthmainnah keagungan, sehingga sewaktu melihat apa yang ada di hadapannya saat itu, beliau hanya melihatnya Nur (cahaya ke Walian) yang begitu besar dan agung.

Kian Santang, langsung menubruknya sambil menangis hesteris: “Ya Allah, jadikanlah aku muridnya, dan jadikanlah aku dalam Syafaatnya, sesungguhnya aku tak mampu jauh darinya, Kau sudah menemukan apa yang aku cari selama ini, satukanlah diriku dengan guruku selama-lamanya”.

Dengan perkataan Kian Santang, barusan, semua yang hadir langsung berucap “Asyhadu Anlaa Ilaha Illalloh, Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rosululloh!!” Kalimah inilah yang biasa di pakai para Waliyulloh, dimana ada salah satu orang yang diangkat derajatnya menjadi Waliyulloh A’dzom.

Setelah sorban dan batu Kenanga Derajat, pemberian Saiyidina Ali Ra, diserahkan kepada kakaknya, Kian Santang, mulai mengabdi. Dan sejak itu pula beliau tidak pernah satu kalipun memanggil Mbah Kuwu Cakra Buana, dengan panggilan kakak, melainkan beliau memanggilnya dengan sebutan, Syaikhun Kamil atau Syeikhina Ruhul ‘Adzom.

Lima belas tahun Kian Santang, mengabdi kepada kakandanya, dan selama itu pula beliau tidak pernah berani menanyakkan sesuatu apapun kecuali gurunya sendiri yang meyuruh.

Pada suatu malam Mbah Kuwu Cakra Buana, memanggil adiknya Kian Santang: “Adikku….kau kini boleh pergi,,,kurasa ilmumu sudah cukup, sebarkanlah Islam, sebagaimana Rosululloh SAW, mengajarkan pada umatnya”.

“Bila selama kau ikut denganku ada yang musykhil atau kurang paham, katakan saja padaku sehingga hatimu bersih dari sifat Tadbir/hayalan” Dan dengan sifat khiidmat, Kian Santang-pun bertanya secara hati-hati.

“Guruku yang di hormati Allah, memang benar apa yang Syeikh, katakan tadi, sesungguhnya selama ini ada ganjalan yang selalu membebani hatiku. Bila Syeikh berkenan menjawab, saya hanya ingin tahu amalan atau ibadah yang bagaimana sehingga sewaktu pertama kali ku bertemu, tubuh Syeikh sangat bersinar terang. Dan mengapa Saiyidina Ali RA, mengatakan bahwa Syeikh,, bagian dari darah Saiyidina Husen” .

Dengan senyum mengembang, Mbah Kuwu Cakra Buana, menerangkannya: “Adikku, siapapun itu orangnya, bila kita telah diakui oleh alam semesta, niscaya maqomatlah yang menjadi baluran bajunya, dan dimana mereka ditempatkan, maka semuanya tunduk atas karomahnya, tak lain semua itu berawal dari derajatku sendiri, Pancawarna Tunggal Jati”.

“Allah, telah menempatkan Asbabnya masing-masing, dan Allah, tidak pernah melihat hambanya dengan ibadah lahir maupun ilmu kulit, melainkan Allah, akan selalu melihat hambannya dengan cara ketundukkan hamba itu sendiri sebagai Thobaqo Antobaqnya manusia terhadap Tuhannya. Sebagai ahli Jawa, Allah, telah mengutus Malaikat Jibril AS, yang di sampaikan kepada Nabiyulloh Hidir AS, guna menjumpaiku, dengan memberikan ilmu Pancawarna Tunggal Jati. Ilmu ini bagian dari sastra alam semesta, dimana ilmu ini telah menyatu, maka seluruh alam semesta tunduk dalam genggaman tangan (Quthbul Muthlak)”

“Sedangkan mengapa Aku di sebut sebagai titisan darah Saiyidina Husen. Semua tak lain, karena keturunanmu dan keturunanku bukan dari jalurnya melainkan dari Hyang Wisnu dan Batara Brahma. Namun sejak zaman Nabi Adam AS, hingga kini, Allah, telah menempatkanku ditengah jalan keduanya, yaitu menikahkan putriku Pakungwati (dari keturunan Batara) dengan Syarif Hidayatulloh (dari keturunan Islam) sehingga dengan bersatunya kedua aliran ini tidak ada suatu perbedaanpun diantara keduannya untuk menuju Allah SWT.

Disela perpisahannya Mbah Kuwu Cakra Buana, mengijazahkan ilmu “Pancawarna Tunggal Jati” kepada adiknya tercinta Kian Santang. Inilah bunyi ilmu Pancawarna Tunggal Jati.

-Bismillahirrohmanirrohiim.

Pancawarna Tunggal Jati, Angklik Jati Gamparan Gilang Kencana. Kedosan jadi rasa. Wong sejagat buana surem kabeh. Gemebyar……Kaya Lintang Raenaya. Mencorong kaya bulan tanggal empat belas. Nurbuat cahayane para Malaikat. Nur cahya nure Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Nur eka nure para Nabi. Nur asih nure para Wali. Nur sejati neng badan kaula. Yang artinya sebagai berikut:

“Pancawarna Tunggal Jati, jadi wasilah dari segala wasilah yang sangat di muliakan. Apa yang kita harapkan jadi nyata. Orang sedunia tunduk semua. Badanku bersinar terang seperti terangnya bulan tanggal empat belas. Peganganku adalah cahayanya Malaikat. Peganganku adalah cahayanya Kanjeng Rosululloh SAW. Aura yang ada di dalam tubuhku adalah Nur nya para Nabi. Aura pengasihanku adalah Nur nya para Wali. Dan semua Nur yang ada di alam semesta adalah kepunyaanku”.

pnebusan dengan tata cara sebagai berikut:

-Wajib berpuasa sunnah selama 1095 hari atau selama 3 tahun lamanya, mengecualikan hari raya dan Tasyrik.

-Setiap malamnya amalan ini wajib di baca sebanyak 707x.

-Setiap buka dan sahur diharuskan makan tanpa bernyawa.
@@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 114 Komentar

Post navigation

114 thoughts on “ILMU PANCAWARNA TUNGAL JATI

  1. ki udeng_hhb

    salam

  2. ki udeng_hhb

    pisananmaxx

  3. ki udeng_hhb

    SALAM SEDULUR SEMUANYA

  4. lapar angin

    ke 2

  5. ki udeng_hhb

    MONGGO SEDAYA ILMU KAGEM HAMEMAYU HAYUNING BAWONO

  6. ki udeng_hhb

    AMIIN

  7. lapar angin

    gk sanggup,*puasa 3 tahun.ampun..

  8. lapar angin

    assalamualaikum ki@udeng,.salam sdulur

  9. ki udeng_hhb

    wa alaikum salam @ki lapar angin, salam juga untuk panjenengan

  10. lapar angin

    akhrny bsa deh msuk 2 besar,,qiqiqiq

  11. Antok jangkung

    Nyimak

  12. lapar angin

    @ki udeng,.siapa sesungguhnya sampean?mh
    n maaf ki udeng,skdar brtnya.mtur nwun

  13. ki udeng_hhb

    @ki lapar angin: saya sedulur panjenengan Ki, semoga cahayaNya selalu merekatkan silaturahmi kita semuanya di sini

  14. lapar angin

    salam sdulur

  15. lapar angin

    @ki udeng,sngguh bjaksana pnjenengan..
    Smoga tali sillaturahmi kita kkal abadi,.

  16. lapar angin

    slam sdulur,.ada cerita seru

  17. Ijin menyimak Ki Udeng..

  18. om wawan sleman

    terima kasih kepada Herman Wawan hermanwawan atas kerelaannya berbagi ilmu kepada poro sedulur semua.

    @ ki udeng jadi pemborong, selamat atas pertamax yg didapat.

  19. om wawan sleman

    @ tokek, sugeng sonten ki.
    @ lapar angin, salam salim bos

  20. ki udeng_hhb

    @ki lapar angin
    @ki tokek
    @ki antok jangkung
    @ki om wawan sleman, injih ki menika hehe…
    Salam salim sedaya

  21. Bocah lawu

    Nyimak… Smg mudah2an msh kecipratan barokah.. Amin3x

  22. Bocah lawu

    Nyimak… mudah2an msh kecipratan barokah.. Amin3x

  23. Bregud

    Ki Herman.W.
    Kang…M.Idris Nawawi yang dari Desa Megu- Plrered , bukan ?
    Tanpa meragukan lmunya, barangkali bisa diperjelas latar belakang kehidupan tokoh 2 yang hidup pada jaman itu.
    Krn masa hidupnya Damarwulan ( suami dewi kencono wungu , abad 13), …jauh diatas masa hidupnya Mbah Kuwu Cakra buana ( abad 15 ).
    Sementara Prabu Ki An santang ( Kian Santang , abad 15 ), ..jauh dibawah masa hidup Sayyidina Ali .r.a.
    Mohon diberikan kepada saya yang kurang ilmu ini Kang.
    Mohon maaf.

  24. lapar angin

    ilmu angin,ya panggil lapar angin saja,.3x
    lapar angin,
    lapar angin,
    lapar angin,
    insya allah,allah sllu mmberi barokah kpd sdulur yg memanggil nama sy.amin
    qiqiqiqiq

  25. lapar angin

    @ki wawan sleman om,salam hormat.salam salim bos
    @ki udeng,slam sdulur

  26. aki Bregud@…

    bgitulah critanya adanya,, dri guru M.idris nawani.. beliaulah yg mnulis cerita itu,,
    saya sbgai murid,, smpai sa’at ni blum mendptkn jwbn yg sama dengan aki Bregud@ krna lom pernah bertanya,,,
    wlwpun sy bsa mrangkai jwbn itu,, mnurut perkira’an sya,, ttep sya akn mrsa bersalah krna bukn,jwban sya yg di maksud..
    mhon mv,, sya blum bsa jwab,aki bregud@…

  27. salam damai

    ijin copas dan apakah ada karomahnya jika sekedar dibaca dan dihayati maknanya?

  28. Bocah lawu

    Sepi sekali ya…

  29. Bregud

    Oom@Wawan.S…..sugeng sonten , Oom….
    Ohhh…begitu tho….., ya ga apa apa Oom, karena saya jg pernah dpt cerita yang sama , dan kebetulan disini ada nara sumber ( harapan saya ), …jadi kesempatan yang baik untuk cari informasi.
    Mohon maaf dan erima kasih Oom Wawan.S.

  30. Bregud

    Ki@Bocah.Lalu…..masih senut senut nih ki, untung ade ente…cepet
    cepet deh ane gronding………mak blazzzzzzzz

  31. om wawan sleman@… sama2 om,,,, salim dlu ma om wawan ah…

    aki bregud@,,aq hrap aki jgn kcewa dengan jwbn saya.. dilain wktu jika ada ksemptn,, insyaAllah sya jwb,,di postingan ilmu pancawarna ini..
    sya harus bertanya dlu,, pda beliau,, tentunya,, cari suasana yg pas.. hehehe..sya blum lama dpet ilmu ini,,hehehe..

    dan mngenai boleh atw tidaknya,, jika dpuasai..3 hari ato,,7-21-41–dst.. sya lom tanya,, tpi alhmdulilah.. sya gk di anjurkn pwasa,,hehehe,,
    karana ilmu itu sbenarnya ada mustikanya,,nah dengan memgang mustika tsbut,, smbil bca amaln di atas,,,qiqiqi…
    go jika mo
    salam buat bolo kwa,,sdoyo,, monggo jka mo copas..

  32. Bocah lawu

    enak pake mustika g usah puasa… Tp dah kebiasaan kok klo mau ngamalin ilmu ty dulu puasa or g… Ya karena tanya itu akhirnya disuruh puasa..

  33. lapar angin

    absennnnnnnnnnn,,,,,,,,,,,,,
    nasi gorengnya mas,di sambi sek,,

  34. Bocah lawu

    Maaf kelupaan @om bregud salam salim om…

  35. tahu tahu tahu,tempe angettttt….

  36. wulyojati

    numpang lewaaaaaaaat

  37. absen sore….sambil tiduran

  38. silahkan lewat ki wulyojati…..jngn lupa jatah reman ….hik..hiks…hiks..

  39. Bocah lawu

    @argo d… Bener ini msh sore kok… Buat bolowongalus malamnya tu mau subuh..baru ngantuk. Xixixi

  40. lapar angin

    angin lewat,,,,qiqiqiqiqiqiiq

  41. si_pitung

    manwan@ salam hormat
    puasa 3 tahun ya mas?
    terus gimana
    klw pas di bulan ramadhan
    apa gk berbenturan

    mas enak ya
    gk pke puasa
    karna ada mustika

    hibahkan dong mas ke saya
    ngarep.com

  42. bocah lawu@.. tau aja nih…. byasanya bgtu emank,,xixixi…

  43. lapar angin

    sapa yang mau ajazahkn sama saya ilmu kuat kerja

  44. aki si pitung@ hormat dlu ah,,, smbil ancang2,, hoormmat grak,qiqiqi

    ..klo pwas romadho ya ttep pwsa,,lnjud aja.. dlam ilmu hikmah..
    ..ada yg puasa nympek 7 tahuun,, slah stu gru sya dpare,,kdiri..

    klo menghibahkn,,, aq pkir2 dlu yah,,,qiqiqi….

  45. Bocah lawu

    @mbh manwan… Iya enak t pake mustika.. Tp jgn sampe ketauan mbh Brama…xixixi

  46. lapar angin

    @om manwan, dan ssepoh di kwa,,pnya amalan untk kuat krja,kalo pnya saya mnta izin tuk mngamal kn,,sya sngat mmbutuhkan dalam pkrjaan berat saya,spaya ringan dan tidak mdah lelah.mtur nwun

  47. ki udeng_hhb

    PRESENSI MALAM SALAM SEDULUR SEMUANYA

  48. Appiitt Hafid

    Assalam WW. Selamat Malam Keluarga KWA.
    Mohon maaf bagi sohibul ijazah, saya ingin nunut titip pengumuman, bagi anggota KWA Soloraya.

    Diumumkan kepada seluruh anggota KWA se eks-Karesidenan Surakarta, telah direncanakan bawa kita akan berangkat bersama-sama pada acara Silaturahmi Nasional KWA Ke-2 di Candi Mendut, Jawa Tengah.

    Diharapkan, segera COPY PASTE comment yang saya tulis ini, kemudian menambahkan nama dan no HP masing-masing anggota. Kemudian demi kebersamaan, silahkan saling berkomunikasi antar anggota satu sama lain.

    Daftar Peserta (sementara):
    1. Ki Risang Mukti Gemolong,Sragen 085867111219
    2. Bajul Kesupen Boyolali 085725534448
    3. Hafid / Apit Sukoharjo 085647335124
    4. Gus Cahyo Karanganyar 08122646637
    5. Kang Sugeng Sragen 08529387662o
    6. Fathir Sragen 088216290391
    7. Ki Diwantoro Klaten 08561741839
    8. Setyo Budi Klaten 085642170850
    9. Wawan A.s Sragen 085725161088
    10. Aryo Pabelan 085842060999
    11. Gus Widodo Boyolali 085647566466
    12. Agus Tanto Wonogiri 08122610206
    13. M. Syamsul Hadi Wonogiri 085728280278 / 087736236299,
    14. Sartono / Sartono Jenar Sragen 081329993338
    15. Bejo Sugiyarto / Bejo Baki,Sukoharjo 08122627983
    16. Iwan / Iwan cawas 085643557839
    17. Joko Warseno / Kawulaning Gusti Boyolali 085789108008
    18. EDI PURWANTO JL.PANDANARAN 6 BOYOLALI 67311 085640905445
    19. Bambang Trimulyanto Grogol, Sukoharjo 08122631539
    20. Supriyadi Delanggu, Klaten 081548424359
    21. Jala Satriya Delanggu, Klaten 082138868003
    22. Muhamad Ali Sragen 081215121690
    23. Amang Klaten 081215121690
    24. Panji Pabelan, Sukoharjo 085743657807
    25. Hafidz Asy’ari Akbar NGAWI, JATIM 081332069057
    26. Arip Paser 085646486978
    27. Adi Gadeng Klaten 085868789933
    28. Pramono Wonogiri 085642022064
    29. Cahyo Karanganyar 08122646637
    30. Erryfans / akar dewa 085732295850
    31.
    32.
    33.
    34.
    35.

    Mohon calon peserta untuk meneruskan COPY PASTE ini,dan mengenai teknis keberangkatan bisa hubungi Hafid 085647335124, dan Gus Widodo 085647566466.
    Demikian pengumuman ini kami sampaikan, mohon kerjasamanya demi kebersamaan dan kelancaran acara Silaturahmi Nasional KWA Ke-2 di Candi Mendut, Jawa Tengah, semoga tidak ada halangan suatu apa, Amiin.
    Mohon maaf apabila ada salah.
    HAFID 085647335124.

    Wassalam WW.

  49. laskar lembu suro

    aslkm…manteb puasanya

  50. mbah jenggot

    assalamu alaikum wr.wb………….mantep banget.bisa diteruskan critanya……..

  51. Patramantra

    Nyimak aja dulu…

  52. sudadi

    Ijin nyimak…

  53. om wawan sleman

    aku yo melu nyimak wae ahhhhhhhhhhhhhhh
    idem

  54. kawulo_sudro

    ijin nyimak…

  55. laskar lembu suro

    q jga nyimak j

  56. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Rahayu Untuk semuanya enggih….
    Terima kasih untuk saudaraku Ki Herman Wawan.
    yang telah menurunkan ilmunya, ini merupakan ilmu tua dan kasiatnya luar biasa, semoga bermanfaat bagi yg mau mengamalkan, dan yg mengijazahkan semoga menjadi amal jariah suk panjenengan. tak lupa untuk @Ki Herman Wawan. salam Rahayu karaharjan katur panjenengan sekeluarga…..Al-fateha… send

  57. Djoko kendil

    monggo di lanjut….Nderek nyimak

  58. wardoyo

    assalamu’alaikum….salam buat para sesepuh lan kabeh bolo kwa.tak ndeprok ngenteni wejangan ilmu liyane.nek sing iki urung kuat om manwan 3th je

  59. BocahWaras

    salam.

    mohon maaf, sepertinya saya kenal artikel dan gaya bahasanya

    apakah Herman Wawan (hermanwawan1@gmail.com) adalah Kang Idris Nawawi Cirebon? atau setidaknya ada hubungan apa?

    maaf kalau pertanyaannya salah dan agak ngelantur…… lanjuuuuuuuuut

    nuwun

  60. SINGA MARANTEE

    SAYA PERNAH MINTA SAMA MAS NAWAWI SOAL ILMU TERAWANGAN, TAPI DIA CUEK DAN KATANYA SAYA MAU ENAKNYA SAJA..HEHEHE..TAPI SEJAK ITU SAYA BERTEKAD DAN BERUSAHA SENDIRI, MENGGALI SENDIRI TANPA BANTUAN DIA..SAYA CARI ORG YG IKHLAS…DAN MENCOBA AMALN LAMA YG GAK PERNAH SAYA NGERTI APA UDH BERHASIL ATAU BELUM..NYATANYA BISA..PADAHAL AWALNYA KRN DIREMEHKN ORG..MGKIN DIA KURANG SREG AJA DAMA DAYA..TP TDK UTK ORG LAIN TERMASUK MAS @ HWEMAN WAWAN..MGKIN DIA TERMASUK BERUNTUNG…SAYA AMBIL HIKMAHNYA SAJA…HEHEHE MALAH SAYA GAK MERASA RUGI TUH..hilang satu tumbuh seribuuuu…

  61. SINGA MARANTEE

    SAYA PIKIR BYK JALAN MENUJU KE ROMA..DAN BENAR TERNYATA…YG PENTING JGN SUUDZHON..WALAWPUN MARAH DAN TERSINGGUNG..JADIKAN ITU TEKAD YG KUAT…KABUUUUOORRR UDAH NGANTUK…

    SALAM SEMUA…IJIN PAMIT.

  62. hisda

    ngapunten sedaya kemawon, kula wonten kediri, menawi bade ngangsu kaweruh ilmu hikmah kinten2 wonten ingkang saged paring rekom? Matur nuwun

  63. aki boah lawu@.. untung om brama lom mucul.. akuuuttt…qiqiqiqi

    bocah waras@,, sya hnya kbtuln orng nyasar,, yg ktmu.M idris Nwawai,,

    aki singa marante@,, iya om… eq jg pernh kyk om… tpi jgn ptus asa,, msih bnyk sesepuh yg iklas kog,, keep smngatt,,,

    salam salim,,kgeem sdulur kwa sdoyo..

    aq mrsa gk da apa2nya ktimbang poro sesepuh di kwa,,
    msih bnyak bolong sana bolong sini,,,

    abseeen pagiii,,,

  64. aki hisda@mm moggo jnengan tinggal milih,, teng koleksi ilmu2 kwa,,
    mantabz om,,,

    alhmdulillah,, jek iso watuk,,pilekk,, puyeeeennnggg,,,

  65. Bregud

    Bocah @ rawas,……kenalan …kang,
    Piling saya …….Bpk M.Idris Nawawi yang dimaksud, itu dari megu -plered atau kaliwadas dan sekitarnya.

  66. santri_one

    ceritanya khayalan…
    Ngawur .com
    campur aduk,gak jelas

  67. hermansyah

    ass.absen duluuuuuuuuuuuuuu.

  68. BocahWaras

    @Bregud… mangga kang. Idris memang dari Plered, tapi bukan Megu atau Kaliwadas. Dia ada di sebelah timur, dan isterinya dari utara
    sampean sing Cerbon bagian wetan ta?

    @Santri_one… mungkin kelihatannya agak ngawur. coba sampean perhatikan lebih jeli lagi supaya lebh paham. ini merupakan salah satu bagian kecil dari Babad Cirebon. Di mana kedua anak Prabu Siliwangi senagai tokohnya. yang kemudian salah satunya disebut sebagai Mbah Kuwu Cirebon, yang banyak ditawasuli khususnya saudara2ku di wongalus ini. itulah bagian kecil dari perjalanan Babad Cirebon yang menggemparkan Nusantara. wallahu a’lam

    @Herman Wawan… matur nuwun kang

    nuwun

  69. Salam salim dan sehat slalu utk seluruh sedulur KWA

    Mas Manwan, thanks atas sharing ilmu Pancawarna nya……tp puasanya itu yg bikin ‘ngeri’ hehehehe
    Mas Manwan kayaknya udah memahari mustika pancawarna (sekitar 5 jt ya mas), makanya nggak perlu puasa lagi.

  70. tolab

    ass. ki herman wawan mohon izin menyimak dan sekaligus izin mengamalkannya sesuai dengan kemampuan saya…..hormat takdzim kepada para sesepuh KWA

  71. SINGA MARANTEE

    @ SALAM BUAT MANWAN…

    HEHEHE..KT BERNASIB SAMA TOH..??? :) :) :)…YA GK PA2..KAN BYK JLN MENUJU KE ROMA…? JLN LAUT UDARA..?? HEHEHE..

  72. Bregud

    Kang@Bocah waras…..
    Iye….kang, ane mbrojol di pinggiran kota udang,….n,,,,numpang kencing di batavia. Makanye ane pernah denger tuh nama…mang idris.
    Cerite babad sungguh menarik,disamping unsur heroik, tapi jg warisan hasil karyanye.

    Kang@Manwan……bagi2 info ttg 5 warnanye, apelagi antum pernah ketemu ame nara sumbernye.

    Kang@Santri one…..kalo kaga keberatan , sudilah kiranya antum membagi wawasan dari sumber nyang laen, biar tambah kaya informasi.
    Itung itung amal…..biar tdk dianggap ngawur lagi.

  73. aki singa marante@.. aq ikut jlan udra aaja… aki khan punya ilmu terbang,,, aq nunut goce’an klambine aki aja,,, qiqiqi..

    aki tholabz@,,silahkan,,,
    aki rumi@…xixixi,,, tau aja… klo mnurutku coba,, aki olah sndri pwasnya,, mungkin bsa di awali 3..harii.. boleeh gk ya,,, aq jg tkut dmrahi guz idriz,,
    kboooooorrrr…qiqiqiqi..

    aki bocah waras@…salm knal… bgitullah aki..
    aki ageng jj@,, wah aq jg smpek kget ki,, stelah mngetahui..asal mu’asal ilmu pncawarna,,, mksiih aki,,

    aki bregud@,, sya mau mmbabar lgi,,mustika 5,pancawarnanya,, sbgy pengetahuan qta di kampus kwa ini,, tpi panjang bngeet..mnurut antum ,,
    di posting aja ato gmna aki bregud@@..mhon pencerahnnya,,

  74. SISWOALUS

    Ceritanya siip ,ilmu mantap tapi silsilah ada dr wisnu & brahma,ga salah, dlm islam manusia pertama adam&hawa ,kalo legenda mah,orang dayak bilang mrk dr dewa langit,sulawesi juga,cina juga,jepang sama pa lg india,legenda sama agama klo bisa di pisah aja,biar tdk terjebak musrik

  75. Bajul Kesupen

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM……LILLAHITA’ALAA……
    GATHERING DAN GUYUB SILATURAHMI BIN CANGKRUAN MENDUT 22-23 APRIL HARI JUMAT DAN SABTU 2011 (TANGGAL MERAH NASIONAL+HARPITNAS)BAGI PORO SEDULUR YG BERENCANA HADIR DAN MEMPERMUDAHKAN MASING2 DAERAH BUAT KOORDINASI KEBERANGKATAN KAMI PERSILAHKAN U/MENGISI DAN COPAS KEBAWAH DATA2 SBB :
    SIE TRANSPORTASI ;
    Satria Surya Alam Magelang 085743335618 ( koor )
    Pemandu transportasi dari arah jawa timur bagian timur dan selatan Mbah Sareb 085731008738
    Pemandu transportasi dari arah jawa timur utara Sekarmayang–lamongan–085850854746
    Pemandu transportasi dari arah jawa barat bagian utara Budak Gemblung Indramayu 081313027665
    Pemandu transportasi dari arah jawa barat bagian selatan angdidi.jatitujuh-majalengka
    Pemandu transportasi dari arah jawa tengah bagian timur semarang Pencari Guru Sejati semarang 082133526671
    Pemandu transportasi dari arah jawa tengah bagian barat semarang Mas Harsa Satya mandala Semarang02470031795
    Pemandu transportasi dari arah jawa tengah bagian Miftahudin, Yogyakarta 085878297936
    Pemandu transportasi dari arah solo sekitarnya Afit Solo 085647335124.
    Pemandu transportasi dari arah jakarta Rony Kurniawan Jakarta dan Banten 08159709075/081932283212
    NAMA……………..DAERAH ASAL……………….NMR HP…………………..
    1. Bajul kesupen…Boyolali..085725534448
    2. Bengawan Candhu Salatiga 085216123458
    3. Rahman A.R Banyumas 085695506607
    4. Maung Luwe Kaliwungu Kendal -Semarang 08170570813
    5. Pangeran Surya Alam..Magelang..085743335618
    6. Elang Cakti..Jogja…+6285727383025
    7. Garuda 99…Jogja…081802764393
    8. Ki Mondong Sejati..Magelang…085867456867
    9. Wong abangan..Tangerang..081399214971
    10. Hijrah..Semarang..081228182273
    11. Laskar Lung Gading..Semarang..6285740011189
    12. Bang Jali..Jogja..+6285868330605
    13. Den Mas Joyo..SUROBOYO BARENGAN YUK o8121622712 SMSae..
    14. SARTONO JENAR(081329993338)SRAGEN.
    15. ARI TINGKIR-SALA 3 081326643932.
    16. nyoman di kediri, no 08977411558
    17. Chaerudin – Pekalongan, 083861828128.
    18. mohamad soleh Banten 083898028838
    19. kuwat Godean, Sleman. 081578037651
    20. syeikh lemah abang wonokromo Surabaya 087854283318
    21. Rudy Suwarno. Kediri. 085735488789
    22. SendikoGusti – Semarang – 085226213153
    23. Hafid (Apitt) Solo no. 085647335124
    24. adhi.kusnaedy demak.082135254087
    25. Moch.Riefai Fauzie di Mojokerto 083857766060
    26. Mahfud mantingan,ngawi,jawatimur 085655612786
    27. Widyatmonagoro, ngawi 085237593993
    28. Muhammad Syamsul Hadi Wonogiri 085728280278
    29. Moch.Riyan.A – Setu, Bekasi – 085640222262 – 085290332222
    30. angdidi jatitujuh-majalengka 082 127 688 166
    31. Hendra ( Rd.gangga)- bandung – 081572188479 (insyaAllah)
    32. Jayengkaton Jogja 085729186228…InsyAlloh Haidir…
    33. Angdidi jatitujuh-majalengka 082 127 688 166
    34. Agus Kentus Semarang 08813745438
    35. Nurhasan dr Jakarta hp.08888901044
    36. Alifudin Azhar (won9bodh0) Banyumas hp.08112601775
    37. Syahid Pekalongan and friends 085842075858
    38. SulistyoINGwarno Jatim 083850770935
    39. Herdians-0817627140 insyallah
    40. Surya Mangkulangit Susukan Bojong Gede,Depok 02191161098
    41. Gus Santri Blitar JATIM 085732225200
    42. Mangku Igamo Tangerang 0815 997 9090
    43. Herdians (asal kota)..0817627140
    44. Deadman Satria Bergitar Jakarta 02132345408
    45. Maheswara Sidoarjo 081270785284.
    46. harry indramayu (indramayu) 08197989606
    47. KI SANGGA BUANA PLAJU-PALEMBANG 082183458117
    48. Luffy Kun Malang-081803830714
    49. Atok Bujang 085715795555 (insyaallah hadiroh) _bumi Allah SWT
    50. Ki Ageng Jembar Jumantoro Banten 081381139135
    51. Mohammad Soleh (asal?) 083898028838
    52. khadim blogg (papua) 085715795555
    53. Jaffar (Lampung) 085369619390
    54. MENCARI RIDHO ALLAAH (HENNY) 085711812055, 081284197193
    55. Arjuna HokiBanten: 081319840116
    56. oyot mimanghp 08813550005 .
    57. aiebie.pk18081515616188
    58. putro segoro – djogdja – 083866892312
    59. sulisman yusuf_sidoarjo_081703124116
    60.Jaya Mendung Satui Kalsel – 087815850808 Insyaalloh hadir
    61. uwi – Jakarta – 085693843080
    62. ustad sholehudin kalimantan
    63. Denyanto jakarta 08121513971
    64. Mbah Abduljabbar Bekasi 0821 1214 1963
    65. Ki Deadman jakarta 021 32345408
    66. Ki Dewandaru jakarta…0821 1214 1963
    67. Denny Satriaji jakarta…0821 1214 1963
    68. Ki Pamukti jakarta…021 95849964
    69. Sindur Semarang o8s64ll64o9o
    70. Edy Joe Jepara n0 hp +6285640822800
    71. akik kudus 085740657689
    72. sudiyono jogja 08175416029
    73. angker ludiarto Jakarta jalkarta 081806332879
    74. mbah akik kudus 085740657689
    75. Sugiarto +6287831560830, jepara.
    76. Syafrudin +6281325370846, jepara.
    77. Gunawan +6285640727421, jepara.
    78. fathir18 sragen 088216290391.
    79. Asep (demak) 081327727316
    80. supriyono 081316034852 jakarta
    81. Abdul Kholik (Putra Kelud) 0816-117-6232
    82 dwimi taso – banyumanik – semarang – +622470988878 (Insya Allah 6 orang)
    83… Sancang Ungu …..0821 2553 3151
    84… laskar lembu suro, blitar 085246798278
    85.. Moch.Riyan.A – Setu, Bekasi – 085640222262 – 085290332222
    86.. Nurhasan dr Jakarta hp.08888901044
    87… Surya Mangkulangit Susukan Bojong Gede,Depok 02191161098
    88. aryo pabelan-pekalongan-085842060999
    99. Hasibuan Rakyat Jelata – Depok – 087884348221
    100. Mangku Igamo Tangerang 0815 997 9090
    101 Ki Ageng Jembar Jumantoro Banten 081381139135
    102. Denyanto jakarta 08121513971
    103. Iwan dr jakarta 08111896956
    104. Tomi dr jakarta 085693901351
    105. Supriyadi Purbalingga 081391254345
    106. Denyanto Jakarta 08121513971
    107. MADID MUSYAWAROH – 081938415426 – Pasuruan
    108. Dinug Semarang 02491359299
    109. Ree Surabaya 083854009794
    110. Agung Surabaya 08983335128
    111. Azmy Surabaya 08993435295
    112. andre jakarta hp : 083898930806.
    113. luluk jogja 083867658978
    114. sapto kebumen 081328288890
    115. Pathamsyah 085255886422
    116.
    117.

    silakan koordinasikan keberangkatan sedulur dgn panitia pemandu transportasi untuk masalah rute atau lainnya.
    No hp harab di isi bagi yg belum ada.
    no hp harab dicantumkan. demi tertibnya acara.

    Berikut ini juga kami sampaikan
    DAFTAR SEMENTARA PENYUMBANG SILATURAHIM
    yang mengirimkan via rek. saya:

    AGUS 50.000
    AFIF BADAWI (tdk disebutkan jumlahnya)
    DR ANTON 150.007
    MOESAFIR BESMAH 100.007

  76. Bregud

    Kang@manwan
    Sebaiknye coba hubungi Oom@Wawan.S. atawe Ki Wong Alus, bise di posting disini atawe kaga.
    Bermanfaat atawe tidaknye sebuah sejareh, babad, hikayat, legenda, cerite rakyat, wawacan,babakan carios atawe sejenisnye bergantung orang nyang memahaminye.
    Iman dan musryik, sudah sangat jelas bedanye….tinggal seberapa banyak bekal yg kita punya untuk memaknainya.

  77. sodara2 kwa,, moggo pada ikut acarane yaa,,,, smngat seduluran…

    aq lom bsa ikut,,mklumm ada di timor leste….qiqiqi…lom punya ilmu terbang…..
    mau nunut brung garuda,, arep munggah diseneni abang pilot,,dplototi pramugari,,,wleh wleh wleh,,,nasiib wwong mlarat…
    mau ngilang,, bgtu bca mntra,, mlih kmbli kt4 smula,,,apes apes…. pulang smbil naek ojeek,,, jlanya bcek.. nympek rumah,, simbok ngecek… drimna tuh,, qiqiqi…
    slamet msih bza pulang,,,qiqiqi….

  78. MBAH JATI

    heemm…ilmunya sedulurku ini memang menakjubkan, salam hormat untuk sedulurku mbah kuwu cakra buana. salam kenal buat mbah guru sudah berkenan mbabar elmu ini di KWA, kulo Qobiltu inggih mbah. Matur nuwun.

  79. 1095 hari x 707 :(7,74.165)..puasai 41 hari. Cara bilaruhi dalam tempo 41 hari selesaikan wirid sebanyak…774164…insyallah nyata manfaatnya…

  80. aki bregud@… gk brani om,,,,takoooottt kenaaa dammpraat…qiqiqi…

    mbah jati@,,, biasa aja kog mbah,,, lagi pula sspuh kwa,, lebih mantab2,,,

    aki gentar alam@.. wah boleh tuh mbah,,, coba di gali sndri ,,insya Allah.. ktmu manfa’atnya… mantabz…

  81. kang haji kan bilang ilmu apapun kalo di puasai 41 hri bila ruhi..niscaya bangkit daya gaibnya..gitu mas manwan….

  82. insyaAlllah aki gentar alam@.. coba aja aki;….

  83. manwan tentu aja udah..

  84. aki genrtar alam@..udah gmn?? ,,coba share pengalmnya aki utk bolo2 alus..qiqiqi,,

  85. KI SUDUKLAKANG

    DO KEMONCOLEN

  86. lanjuttttt

    ayo kang Manwan terusken………

    Ki Gentar mangga diwedar pengalaman ilmu ini………

    salam damai selalu untuk saudaraku semua……. khususon yang waras, yang nggak waras lebih diutamakan heheheheee

  87. RM Onie Januardi

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Mohon ijin Saya ingin gabung dalam keanggotaan kwa,
    Nama : RM Onie Januardi
    Alamat : Pamulang Estate Blok F 5 no.12 Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Pamulang 15417
    No.HP : 021-33042104 / 081808383769
    Semoga dapat terjalin tali silaturahmi yang baik dengan anggota kwa yg lain, terima kasih
    Wassalam…

  88. anang wong cilik

    Qobiltu….

  89. alhamdulillah, assalamualaikum sedulur yang dirahmati ALLAH SWT, terima kasih atas segala sesuatu tentang ihtisar rangkuman hikayat tokoh dan tauladannya di nuswantoro, semoga selalu dirahmati ALLOH SWT, WASSALAM

  90. MANWAN

    KOG BLOM DI HAPUS JUGA, MHON ADMIN HAPUS KRIMAN INI…

  91. MANWAN

    ARTIKEL DI ATAS ILMU PANCAWARNA TUNGGAL JATI, KRNA IDRIS NAWAWI TIDAK RIDHO ARTIKELNYA DI COPAS…

  92. L

    Qobiltu, saya trima ILMU PANCAWARNA TUNGAL JATI secara lengkap, sempurna, dan bermanfaat seketika ini. AMIN.AMIN.AMIN.
    Untuk segala hajat, keperluan, dan segala manfaatnya. AMIN.AMIN.AMIN
    THx

  93. sekujang

    saudara sedulur sy mau belajar atw sigembleng atw berguru lah bg sp yg mau mengangkat sy sebagai murid utk bs menguasai ilmu kedigdayaan nenek moyang kita yg hampir musnah utk dilestarikan dan buat menolong bg org yg memerlukan jgn sampaimusnah krn sy salah satu pecinta adat budaya indonesia kuno

  94. sekujang

    tlg hub 081268772228 atw email sekujang_bsmelati@yahoo.com alamat ku di panam pekan baru riau

  95. L

    Qobiltu, saya trima PANCAWARNA TUNGAL JATI secara lengkap, sempurna, dan bermanfaat seketika ini. AMIN.AMIN.AMIN.
    Untuk segala keperluan dan manfaatnya. AMIN.AMIN.AMIN
    Makasih. Makasih. Makasih

  96. Elang Kebon

    Sumber dri mana tuh?
    Kaya Nya bertentangan dengan Babad tanah sunda atau Babad tanah cirebon, krna penokohan yg anda Maksud hampir semuanya keliru.

    Sekedar meluruskan Antara Mbah Kuwu Cirebon, Pangeran Kiang santang dan Pangeran Walangsungsan itu sama satu orang. Karna Gelar Pangeran Kiang santang itu nama kecilnya dan setelah dia pergi dri kerajaan pajajaran dan sampai di gunung Cangak beliau melepas semua kedewaan Nya dengan bermunajat menggelantung di Bukit Cangak sehingga dia bergelar Pangeran Walangsung sang.

    Kalo Gelar Mbah Kuwu Cirebon stlah dia berhasil membubat hutan dan menata pedukuhan caruban larang.

    Kedua tidak ada kaitanya Mbah Kuwu dengan Damar Wulan, coba lihat sejarah karena mereka berbeda jaman. Kalo ilmu yg anda sebut-sebut itu penjabaran Syekh Datul Kahfi (Syekh Nur Jati) yg diberikan ke Mbah Kuwu stelah brhasil melepas kedewaan Nya meniti jalan Allah.

    Mungkin itu saja yg bisa saya smpaikan, tak ada maksud tuk menggurui atau menyalahkan hanya sekedar berbagi sejarah dan meluruskan sehingga tidk timbul salah penokohan dlam sejarah. Mungkin lebih jelas Nya silahkan bisa napak tilas prjalanan Mbah Kuwu Cirebon ( Gunung Cangak, Krandon, Balong Biru/ Balong wali.)

    Sekian dan terima kasih.

    ELANG KEBON

  97. Elang Kebon

    Tambahan:
    Adapun gelat Pangeran Cakrabuana stlah Mba Kuwu brhasil menaklukan kerajaan palimanan, Singapura, panjalu, dll dan bersamaan dengan pemberian gelar Sri Manggana oleh Ayahanda Nya Prabu Siliwangi karena melihat kesuksesan anaknya dan kebanggaan Prabu Siliwangi atas keberhasilan dia yg tlah Menyempurnakan Kujang (senjata jawa barat yg sekaligus dijadikan sbgai filosofi hidup) yg sebelumnya hanya SILIH ASAH, SILIH ASIH, SILIH ASUH tapi setelah Mbah Kuwu Cirebon berhasil jadi raja dan Mubalig ditambah lah Lubang kujang menjadi empat (SILIH ASAH, SILIH ASIH, SILIH ASUH, SILIH WANGI).

    .’. Hati-hati dlam mengamalkan ilmu yg tanpa Guru dan tak jelas Sumbernya.

  98. qobiltu….
    mohon izin mengamalkan….
    wasssalm

  99. junaedi

    Idris Nawawi ? Ga salah tuh ?
    Tahu apa dia ? Dan bisa apa dia ??
    Hati2 banyak orang bodoh mengaku pintar.

  100. juna

    sampurasun…ki saya punya amalan panca tungal ma pancawarna tunggal….tpi puasa’a 7 hri

  101. gunawansatria

    bagaimana dengan ilmu qudratul attiyah, apa ada teman” yg punya ilmu tersbut? kita share di blok tercinta ini. u/ membahas keilmuan tersebut…

  102. david chayoo potro

    salm kenal sedolor

  103. Ijin nyimak

  104. KECUBUNG BIRU ITHU NOORA

    MUSTIKA PANCA WARNA TUNGGAL Q di sandera orang…………..mohon bantuan cara mengembalikan’a padaQ

  105. ridlo harapkan cintamu

    ki mohon izin untuk mempelajari ilmu ini

  106. Taufan

    Salam saduluran

  107. wawan

    trimakasih

  108. muslih

    ikut nyimxxxxxxx

  109. admin tlg hapuskan comentar atas nama sekujang email sy yg di hacker oleh org yg tak bertanggung jawab sy tidak pernah merasa menulis comentar tsb. tolong ya min kl gk di hapus juga blog ini berarti penipuan.tlg comentar ini sesudah dibaca di hapus ya min.

  110. abdul hakim

    mohon petujuknya

  111. andre

    cerita ngawur lagi dari idris nawawi

  112. Jacka kelana

    Assalaamu’alaikum..mau tanya apa ilmu itu bsa diamalkan tanpa mendpt ijazah langsung,cma lwt sbuah crta,lgyn q cma org bysa yg kotor,maksh slm sejahtera dri jacka kelana pasir luhur.

  113. bagus banget …(

  114. APA BOLEH MENGAMALKAN ILMU YANG TELAH TERPAPAR, ATAU AKU HARUS MASUK DALAM KWA DULU ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: