GEMERLAP DUIT DI KOTA GAIB



Bila ada kesempatan, berjalan-jalanlah ke Kota Pati Jawa Tengah. Di sini, dunia perdukunan alias “orang pintar” diakui sebagai budaya masyarakat yang umurnya setua peradaban Nusantara sendiri. Pemakai jasa mereka pun tak pernah surut jumlahnya.

 Pati sejak lama dikenal sebagai pusat dunia bisnis gaib. Kota ini kondang dikenal sebagai markas besar Paguyuban Paranormal Indonesia, yang dipimpin Eddy Rusmanto alias Boss Eddy. Wajah Kota Pati sebagai kota paranormal juga bisa dilihat dari maraknya baliho besar yang menawarkan jasa alternatif pemecahan masalah di beberapa sudut kota. Padahal, kota kecil dengan penduduk kurang dari seratus ribu jiwa ini semula lebih dikenal sebagai kota kaum pensiunan. Maklum, suasananya adem-ayem. Gerak industri yang bergema sampai di tingkat nasional hanyalah produk kacang garing dari dua perusahaan.

 Namun, Pati di setiap akhir pekan, ratusan tamu datang dari luar. Mereka adalah para pasien sejumlah paranormal yang buka praktek di situ. Dari mana sebetulnya datangnya paranormal ini? Ibarat industri dodol di Garut, satu laris yang lain ikut-ikutan, begitu pula yang terjadi di Pati. Satu-dua orang ngetop, yang lain ikut nongol. Menurut istilah mereka sendiri, hal tersebut bagian dari pengaderan. Namun, sesungguhnya munculnya paranormal di kota ini bukan kebetulan semata.

 Pati punya sejarah panjang dengan dunia gaib nan keramat. Misalnya, di kota ini ada makam tokoh-tokoh spiritualis kondang di Jawa, seperti Mutamakin, Syeh Jangkung, Saridin, Sunan Kalijogo, Sunan Jafar Sodiq (Sunan Kudus), dan Sunan Raden Mas Said (Sunan Muria). Selain itu, di kawasan Gunung Patiayam puluhan tahun lalu berdiri perguruan yang dipimpin Nyi Senggoropati. Tokoh yang sudah meninggal pada 1987 di usia 110 tahun ini merupakan guru bagi sebagian besar paranormal yang kini aktif berpraktek di Pati.

 Sekalipun bibit “orang sakti” bertaburan, praktis sampai sepuluh tahun lalu paranormal di kota ini masih menjalani kegiatan mereka dengan cara lama. Tahun 1992, pola ini mulai berubah dengan berdirinya Paguyuban Paranormal Indonesia dan Yayasan Swakarsa, yang sama-sama menghimpun paranormal. Paguyuban digerakkan oleh Boss Eddy, sementara Swakarsa oleh Ki Umar. Dalam perkembangannya, Paguyuban terlihat lebih menonjol, beranggotakan 6.000 orang, 1.300 orang di antaranya aktif berbisnis paranormal di berbagai daerah.

 Di Pati tercatat paranormal besar yang buka praktek ada 15 orang. Yang tergolong sukses besar ada tujuh orang: Boss Eddy, Mbak Har, Mbah Roso, Anisa Dewi, David Gombak, Dewi Sedap Malam, dan Jeng Asih. Mereka mulai menuai sukses pada tahun 1997. Ada beberapa faktor yang membuat nama mereka melambung. Pertama, kegiatan mereka mulai diliput oleh media klenik. Bersamaan dengan itu, mereka tak ragu lagi beriklan. Yang tak kalah penting, krisis ekonomi ikut meningkatkan jumlah pasien. Biasanya, saat itu para tamu datang minta tolong agar tak kehilangan jabatan, usaha laris, dan yang lainnya. Seiring dengan waktu, jasa alternatif yang mereka tawarkan pun kian beragam dengan nama-nama ajian yang menggelitik.

Rata-rata tempat hunian para dukun sukses ini paling mewah di lingkungannya. Rumah bertingkat, perabotan mewah, serta mobil berjejer di garasi. Boss Eddy, misalnya, setelah sukses bisa memiliki rumah produksi, pemancar radio FM, serta pabrik obat tradisional. Bos yang satu ini memang seperti tak akan kesulitan mendapatkan dana segar. Setiap hari, paling tidak ada kiriman Rp 10 juta via wesel dari pasien yang berobat jarak jauh. Angka itu belum terhitung pasien yang datang langsung.

 Rutinnya nama mereka menghiasi lembar iklan di media klenik juga bisa dijadikan ukuran kemakmuran. Dalam setahun, paling tidak seorang dukun sukses menganggarkan Rp 200 juta untuk belanja iklan. Angka ini biasanya merupakan 20 persen pendapatan total mereka. Alhasil, pukul rata pemasukan seorang dukun kondang setahunnya berkisar Rp 1 miliar.

 Meski tak memberikan pajak langsung, kegiatan paranormal ini terbukti menyulut kegairah perekonomian Pati. Bagai pulut, dukun-dukun kondang ini mampu mendatangkan banyak tamu dari luar daerah. Dulu jumlah hotel di sini hanya 15 buah. Saat ini sudah ada 22 hotel pelbagai kelas. Sebagian besar tamu hotel adalah juga klien paranormal. Tamu yang datang dari pelbagai kalangan, mulai pengusaha, artis, sampai pejabat.

 Maraknya bisnis klenik di Pati ini diakui Boss Eddy sangat membanggakan hatinya. Ia ingin Pati benar-benar jadi kota tujuan wisata spiritual seperti halnya Gunung Kawi di Jawa Timur. Bahkan ia tak menutupi hasratnya bila satu saat julukan kota paranormal resmi disandangkan pada Pati. Ninik L. Karim, psikolog dari Universitas Indonesia, menilai menjamurnya bisnis ini karena bertumpuknya soal yang tidak bisa lagi dijawab secara rasio, serta desakan kebutuhan. Rasa tak aman dalam hidup bagi sebagian orang perlu dicarikan jalan pintas alias mengunjungi paranormal. Menurut Cholil Bisri, pimpinan Pondok Pesantren Roudlatut Tholibien, Rembang, Jawa Tengah  setiap masalah punya pemecahan, tergantung seseorang memilih jalan terang atau sebaliknya. Ia menilai fenomena ini merupakan cerminan masyarakat yang resah, sekalipun begitu banyaknya paranormal sejatinya tak mendatangkan kerugian ataupun keuntungan. “Manfaat mereka, ya, untuk meramaikan isi dunia,” kata Cholil sebagaimana yang dilansir di sebuah media.

Mungkin betul, dunia butuh mereka. Saat semua jalan dirasa buntu, umbar janji dari paranormal bisa memberikan harapan dan hiburan tersendiri. Bagi sebagian orang, mendatangi paranormal dipercaya sebagai upaya paling manjur. Bagi yang tak percaya, paling tidak senyum bisa terbit kala membaca nama-nama ajaib aneka jampi yang ditawarkan para dukun.

 MEREKA YANG JADI PARANORMAL

Paranormal kini sudah jadi profesi. Kerja mereka bukan lagi sekadar kebajikan yang cukup dibalas dengan ucapan terima kasih. Beberapa tahun terakhir, kaum paranormal mulai menunjukkan bahwa pekerjaan ini bisa dijalankan secara profesional, memanfaatkan teknologi telepon seluler dan internet, serta mampu menjanjikan limpahan uang. Profil beberapa paranormal asal Pati di bawah ini adalah cermin dunia dukun yang sedang berubah. Inilah paranormal yang ada di Pati….

 Bos Eddy Panggilan Bos di depan namanya menunjukkan ketokohannya di jagat paranormal. Di lingkungan Paguyuban Paranormal Indonesia (PPI), Bos Eddy alias Eddy Rusmanto, 42 tahun, disebut sebagai Guru Besar. Sejumlah murid datang dan pergi, menimba ilmu di Padepokan Perhimpunan Alternatif Indonesia di Pati, yang dikelolanya selama ini. Lama dikenal sebagai paranormal yang mengubah citra dunia perdukunan menjadi profesi modern, Eddy menabrak konvensi lama bahwa dukun tidak boleh memasang tarif. Ia mempekerjakan empat staf yang dilengkapi lima unit komputer agar bisa melayani pasien secara maksimal. Terobosan lain adalah mengiklankan bisnisnya. Iklan merupakan bagian strategi. Suhartini alias Mbak Har adalahistri Eddy, yang juga paranormal. Eddy menghabiskan Rp 200 juta setahun untuk promosi. Belanja iklan ini menggambarkan penghasilannya. Sekali memasang susuk, ia bisa meraup Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Untuk pasien asing, tarif bisa melejit sampai angka Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Sukses di dunia perdukunan, Eddy melebarkan bisnisnya ke usaha farmasi, stasiun radio, permainan anak-anak, pasar swalayan mini, dan rumah produksi. Paranormal ini memusatkan semua bisnisnya di atas lahan seluas 2 hektare. Nilai aset usahanya sekitar Rp 6 miliar.

Bisnis miliaran ini ternyata berawal dari urusan sepele. Pada 1983, saat Eddy masih remaja tanggung, cintanya pernah ditolak seorang gadis. Terdorong sakit hati, Eddy mencari dukun tangguh yang akhirnya ia temukan di Pati. Kendati perbuatan itu membuatnya diusir dari rumah. Dalam enam bulan ia berhasil menguasai ilmu pelet. Eddy lalu berguru ke K.H. Chambali di Serang, Banten, selama tiga tahun hingga khatam ilmu kebal. Tak jelas apakah Eddy menggunakan ilmu pelet untuk meminang Mbak Har, gadis sekampung berwajah manis yang kini menjadi istrinya itu. Sejak 1986, Eddy resmi menjadi paranormal dan nekat membuka sebuah padepokan. Ayahnya yang dulu mengusirnya serta kakaknya pernah berguru kepada Eddy. Pasien Eddy berasal dari dalam dan luar negeri.  Bos Eddy semakin menggaungkan nama kota Pati karena mendirikan padepokan Senggoropati, di Jl Raya Pati – Gabus 1 A setiap hari tetap ramai dikunjungi pasien, baik yang ingin berobat alternatif maupun konsultasi spiritual.

Sejumlah murid yang digodok dari Padepokan Senggoropati, kini berkiprah dan melejit sebagai ahli metafisika kondang, beberapa di antaranya membuka sanggar dan praktik di Kota Pati.

Mbah Roso Sang Pangeran Pengasih, begitulah julukan Imam Suroso karena kemampuannya memberikan aji-aji pengasih. Kendati baru berusia 36 tahun, ia populer dengan sebutan Mbah Roso. Selain menjadi paranormal, Suroso menjalani profesi sebagai perwira menengah polisi yang bermarkas di Kepolisian Wilayah (Polwil) Pati, Jawa Tengah. Spesialisasi Suroso adalah menaklukkan hati orang, dari soal mengajuk hati atasan agar karir tak terancam, masalah jodoh, melariskan usaha, hingga merukunkan suami-istri. Senjata andalannya tentu bukan bedil atau gas air mata adalah Ilmu Puter Giling. Pasiennya terdiri atas pejabat, artis, dan pengusaha. Beberapa tokoh publik juga mengunjungi Suroso seraya meminta sang dukun merahasiakan identitas mereka. Kelompok ini biasanya meninggalkan kartu nama di ruang kerja Suroso setelah memberikan kode “RHS” alias rahasia di atas kartu tersebut. Suroso mengelola bisnisnya dengan cara modern: 10 orang pegawai membantu Suroso menangani administrasi dan keuangan. Di kantornya ada faksimile dan enam unit komputer yang dilengkapi internet dan e-mail?sebagian pasien memang berkonsultasi lewat e-mail. Ayah dua anak ini mewarisi kemampuan supernatural dari neneknya, Sugiyah salah satu dukun kondang di Pati pada 1976. Ia pernah mengajar di sebuah SMP di Pati selama dua tahun sebelum beralih profesi menjadi polisi. Ia memperdalam pengetahuannya pada Bos Eddy serta sejumlah kiai ternama, antara lain K.H. Sahal Mahfudz dan K.H. Mustafa Bisri. Pria yang rajin puasa mutih dan sudah menunaikan ibadah haji ini mengaku ilmunya tidak menyimpang dari ajaran agama Islam. Sejak 1990, dengan seizin atasannya di Polwil Pati, ia membuka praktek paranormal profesional di Padepokan Bumi Walisongo, Pati. Suroso meraup Rp 10 juta-Rp 12 juta per bulan dari praktek di Pati dan Jakarta.

 Jeng Asih Peralihan karir Suhartini alias Jeng Asih, 35 tahun, tidak tanggung-tanggung: dari seorang guru madrasah sanawiah, ia ber-”metamorfosis” menjadi “Ratu Susuk Indonesia” serta ahli membenahi organ seks kaum wanita. Dengan ramuannya, ia mengaku bisa “menyulap” perempuan separuh baya menjadi seolah perawan tingting. Istri Mbah Roso ini menggunakan susuk sebagai “senjata” andalannya. Dia menciptakan susuk multiguna dari baja, emas, dan bahan logam lainnya yang “diisi” dengan mantra dan doa untuk kecantikan, menambah potensi seksual pria, atau menangkal santet. Suhartini memperoleh kemampuan paranormal dari pamannya, Jupri, pada 1975. Ia juga berguru pada Bos Eddy. Profesi guru madrasah ia tanggalkan pada 1996 karena profesi paranormal memang lebih menjanjikan ketimbang pegawai negeri. Setiap kali berpraktek, Suhartini melayani 30-40 pasien, baik di Jakarta maupun di Pati. Tarif mahar alias imbalan yang dipatok Suhartini bergerak antara Rp 200 ribu dan Rp 1 juta. Setiap bulan wanita ini mengaku bisa mengantongi Rp 20 juta. Basis pendidikan agama Islam yang ia peroleh saat mondok di Pesantren Maslakul Huda milik K.H. Sahal Mahfudz dan pesantren K.H. Mustafa Bisri membuat Suhartini banyak menggali khazanah literer Islam untuk memperkaya kemampuan paranormalnya.

 Dewi Sedap Malam Krisis ekonomi tak hanya membuat orang lari ke dunia paranormal, tapi juga melahirkan paranormal. Siti Kasiyati, 48 tahun, adalah salah satu contohnya. Tadinya, wanita ini mencari rezeki sebagai kontraktor bangunan di Pati dan sekitarnya. Tatkala krisis ekonomi menghantam usahanya pada 1999, ibu tiga anak ini tidak kehilangan akal. Siti langsung “menyulap” dirinya menjadi ahli pengobatan alternatif. Spesialisasinya? Membenahi organ seksual kaum wanita. Usaha baru ini terbukti laris. Sejumlah pejabat wanita menjadi pelanggan tetapnya saban ia buka praktek di Hotel Mega, Jakarta Pusat. Siti Kasiyati alias Dewi Sedap Malam menarik bayaran antara Rp 500 ribu dan Rp 1,5 juta untuk setiap pasien. Sekali praktek di Pati, Kudus, atau Jakarta, Dewi bisa mengantongi Rp 5 juta. Wanita ini juga melayani pengobatan jarak jauh. Ia mengaku menerima sekitar 55 pucuk surat dari pasiennya dari Papua, Ambon, Makassar, Bandung, Medan, dan juga dari Hong Kong, Taiwan, dan Australia setiap hari. Kakak kandung Mbah Roso ini sudah mahir memijat saraf dan meramu jamu sejak 1971. Saat bisnis konstruksinya terhantam krisis, Suroso mendesaknya beralih profesi–pilihan yang terbukti tidak keliru.

 David Gombak Bermodalkan ijazah SMU, David Iman Kristian, 45 tahun, pernah bekerja serabutan dan menjadi sopir angkutan. Ia juga sempat menjadi pemadat dan hidup dengan cara tidak keruan. Suatu ketika, seorang perempuan tua yang menumpang mobil angkutannya tersentuh melihat keadaan David. Wanita itu, Nyonya Senggoropati, kemudian memberinya ilmu linuih. “Ilmu ini bisa dijadikan duit,” David menirukan ucapan nyonya itu kepadanya. Singkat cerita, David kemudian berguru pada si Nyonya: ia menguasai aneka aji pengasih, ilmu putih, bahkan ilmu hitam. Tapi, hingga gurunya wafat, David tak kunjung mampu menggunakan ilmunya untuk mencari duit. Pertemuannya dengan seorang wartawan majalah klenik di Surabaya pada 1992 mengubah jalan hidup paranormal ini. Wartawan itulah yang “membaptisnya” menjadi paranormal profesional. Sejak saat itu, nama David Iman Kristian diubahnya menjadi David Gombak. Nama terakhir ini adalah julukan bagi keturunan Cina yang punya kelebihan. Lalu, apa kelebihannya sebagai dukun? Ia menguasai ilmu Lamuran Anjasmara yang dipercaya dapat mempertahankan kondisi fisik seseorang. Sekitar 60 persen pemakai Lamuran Anjasmara adalah pesohor yang sering kita lihat di televisi. Kini ucapan mendiang gurunya sudah terbukti. Setiap bulan ia mengaku memperoleh jutaan rupiah dari praktek keliling di beberapa kota besar. Separuh penghasilannya ia gunakan untuk membayar iklan di media massa.

 Mbah Yitno Pensiunan pegawai negeri ini masih tipikal dukun masa lalu yang pantang meminta bayaran. Prayitno (nama lengkap Mbah Yitno), 56 tahun, tak mematok tarif jasanya. Berapa pun pemberian pasien dia terima. Tak mengherankan, dia lebih sering menerima uang pas sebesar Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu di tempat prakteknya di Kampung Dosuman, Kelurahan Pati Timur. Yitno hanya meminta pasiennya membayar bila servis yang dia berikan adalah pemasangan susuk?yang harga materinya memang mahal. Pasien Prayitno tersebar hingga jauh ke luar Pati. Namun, teknologi komunikasi modern memungkinkan Yitno membaca mantra dari jarak ribuan kilometer dengan medium (segelas air putih). Soal jodoh, karir, usaha, dan keturunan adalah spesialisasinya sejak Prayitno menjadi paranormal pada 1991. (Sumber:  TEMPO dan berbagai sumber lain di media massa).

  @wongalus,2010

About these ads
Categories: PATI KOTA PARANORMAL | 49 Komentar

Navigasi tulisan

49 gagasan untuk “GEMERLAP DUIT DI KOTA GAIB

  1. wah….coba kalau yang buka praktek Ki Wong Alus, pasti paiennya datang dari segala penjuru, dijamin cepet kaya lho ki…..he he

  2. wakkkssss…Kalau begitu, okelah. Saya pinjam pakaian Jawa lengkap ya ki, termasuk keris kanjeng kyai koden milik panjenengan biar semakin meyakinkan, hehe… Nanti kalau dapat pasien dan uang banyak, kita berikan semuanya kepada poro sedulur pembaca blog wongalus untuk bikin waralaba, bikin lokalisasi baru, bikin mall, atau bikin tempat perjudian, atau kalau ada yang ingin hidupnya agak bener bisa bikin yayasan amal sosial, bikin tempat ibadah dll… wah, kita semua nanti semangkin meramaikan isi dunia kali ya… Nuwun ki, jaman pancen tambah edan sing ora edan ora keduman… ananging sabegja-begjane kang lali, luwih begja kang eling lan waspada. Pamuji rahayu.

  3. Ngabehi

    Senajan pait, mendingan ga usah ikut2tan edan nggih ki, yo ben diece tangga teparo karena mlarat, sing penting tetep berusaha belajar eling, mbok menawa mangke pikantuk nugrahaning Gusti, kaparingan urip tentrem, slamet ndonya -akherat lan diparingi tedhak turun yang selalu bertauhid dumateng Gusti Allah, amin.

  4. pamuji rahayu…

    Kadang kinasih Ki WongAlus lan Ki Ngabehi sareng sedaya mawon ingkang luhur bebuden .. nyuwun gunging pangaksami Ki.. sampun tansah lami mboten pinarak dumateng paseban panjenengan.. nembe pados pangupo boga lan pangupo jiwo Ki…, hehehe.. tapi mboten jadi paranormal lho.., nanging sedaya wau kan kaslilipun niku diwiwiti lara lapa lan penuh dengan pengorbanan entah spirituil maupun materiil.. lha nek jadi apa yang sampun dipun gagas nggih mboten menopo Ki pados pangupo boga kados paranormal.. toh sipasien dan si paranormal sama sama tidak rugi dan saling bantu… heee.. nanging nggih nanging .. bagi pejalan yang lintasannya sama dengan kita ini ya.. namung kiprah kangge piyambak lan keluarga dan para sedulur kemawon.. hehe.. apa ya begitu ya Ki.. nyuwun duko..lan gunging pangaksami.
    nuwun
    salam sihkatresnan
    rahayu…

  5. lintang johar

    nuwun poro sedulur,nderek tepang njih,

  6. betul kata ki ngabehi ki alus…mbok panjenengan buka praktek sendiri tapi ya ndak usah pasang tarip cukup poto panjenengan lengkap dgn kostumnya dipajang disini biar meyakinkan……hihihi…..

    kalo pergi ke dokter terus sembuh si dokter dapat pujian juga duit, ke paranormal juga begitu, ke psikolog lagi….tapi kalo konsultasi ke ahli filsafat apa ya mendapat pujian kek dokter/dukun/psikolog? malah bisa dikatain kafir……. hihihih :mrgreen: nasib….

  7. salam kenal ki wong alus…

    untung sebelum “nyasar” belajar jadi paranormal saya sering “nyasarnya” kesini, jadi lebih tahu apa yang seharusnya di cari.

    matur suwun…

  8. Yth KI NGABEHI: Sepakat, ki… sajanan kere tapi harus suka tetulung dan bertauhid Ilallah.

    Yth KI HADI WIROJATI: Lama tak sua, ki.. eee.. panjenengan tambah bijaksana ki, nderek bingah raos manah kulo. Soal paranormal atau bukan paranormal, yang penting tetap menebarkan kebajikan dan kemanfaatan. Lak mekaten tho ki? pamuji rahayu.

    Yth LINTANG JOHAR; salam tetepangan. Moga-moga krasan mampir.

    Yth MAS TONO: kalau datang ke ahli filsafat, problem orang nggak jadi selesai malah bisa-bisa tambah ruwet ki. Lha wong disini tidak mencari solusi masalah, namun mencari pertanyaan dan problem baru, jadi ya harus maklum…hehehe.. nwn.

    Yth Alfjrks : Kita semua belajar mas, nggak ada guru murid di forum ini. Semuanya setara dan saling memberi dan menerima. Salam asah asih dan asuh. rahayu

  9. cahyo

    pengin gabung

  10. kiki

    halah mas..pati sekarang ndak bumi paranormal lagi sekarang malah jadi pati bumi karaoke…..

  11. agung

    kalo masih ada yang mau nolong sesama tanpa rasa pamrih, saya do’akan slamet dunia dan akhirat. amin

  12. handoko

    mbah aq pengen cari jodoh,yg cck bagaimana?

  13. gilang

    mbah aq entok jodoh seng ayu po elek mbah

  14. haryanto

    assalamualikum Ki wong alus… jadi tertarik duia Paranormal gimana ya ki untuk dapat energy daya batin yang kuat….wassalam

  15. budi

    DUKUN (PARANORMAL) PATI…..? DOBOL SEMUA. ILMU MEREKA “ASPAL”. JADI PARANORMAL KOK DOYAN PEREMPUAN. BOS EDY KELUYURAN DARI LOKALISASI KE LOKALISASI PELACURAN, IMAM SUROSO/MBAH ROSO, SUKA NGELONI PASIEN2NYA. JENG ASIH ISTRI MBAH ROSO, PALING WASIS MEMERAS DUIT PASIEN. MEREKA SEMUA PENIPU. TAK PUNYA ILMU APA2. SEMUA DIJALANKAN DENGAN TRICK2 MURAHAN, ALA BAKUL JAMU KAKI LIMA. MEREKA KAYA2 KARENA BERANI MAIN TIPU DAN MEMERAS ORANG SUSAH. DASAR ORANG PATI TUKANG NGIBUL. GAK PERCAYA, UJI/TEST MEREKA. PASTI KOSONG MELOMPONG….

  16. Z mboh seng dtls kang budi,salah bner seng reti gusti allah.pmne bner seng mbok tulis doso seng nanggung dee dw knpo kne seng repot

  17. indh

    Ingat sama leluhur Pati, siapa yang kerasukan harta benda suatu hari akan dijatuhkan oleh leluhur sendiri sesepuh Pati tidak suka akan kerakusan materi, orang Pati kaya akan batin dan kejujuran yang harus ditaati seperti orang samin, kalau mereka itu orang pintar mereka tahu akan itu tentang sesepuh Pati,

  18. agus

    kalau masalah dunia paranormal baik gaib atau nyata,itu pada dasarnya semua ada tp sayang dengan keadaan ini,ada segelintir orang yang memanfaatkan ttg ketidak tahuan dunia para normal
    porosedulur yg mau mengetehui ttg dunia paranormal bisa coba
    mbahagus31@yahoo.co.id

  19. Asalamu alaikum sdlur sdyo…
    kagem kang budi g’ semua paranormal di pati tu seperti itu, jngn main pukul rata. di tmpat lain jg mngkn da yng kyk gtu da baik da buruk…
    mohon maaf bkan mksd menggurui…
    kagem sesepoh mhon IZIN amlkan ilmu panjenengan

  20. Al Fakir

    lebih baik belajar agama yg bener, tuh di silat tauhid indonesia insya Allah ente sekalian bisa jadi dukun alias do’anya kun. Amin.

  21. Al Fakir

    Insya Allah dalam waktu 3 hari ente sekalian bisa menguasai ilmu tenaga dalam, ilmu hikmah,ilmu pengobatan, hancurkan santet,taklukkan jin, dan lain.

  22. wiwin riani

    bagus2 ya pengetahuan doa2 yg ditawarkan.. apa aja yg kita mau doanya ada disini.. tp sebaiknya doa ini hanya kita pakai utk ikhtiar saja… selebihnya kita percayakan kepada allah swt yg memiliki hidup kita… smoga kita semua menjadi manusia yg selalu bersyukur dengan rahmat dari allah swt. amin

  23. wijang

    sa karepmu…semua perbuatan pasti kan di mnta pertanggng jwbn kelak di yaumil akhir..

  24. Tri

    met malam teman2 semua saia mau tanya nih ada gak amalan / ajian yang buat olahraga seperti main Voli biar lompatan tambah tinggi ato pukulan jadi tambah berbobot..
    dimana tempatnya yah.

  25. Triee

    met malem teman2 semua sy mau tanya ada gak amalan / ajian yang buat olahraga seperti main voli biar lompatan tambah tinggi ato pukulan jadi tambah berbobot…kalo ada dimana tempatnya.

  26. Bambang y

    Saya pernah belajar ilmu tapi kok ga terasa?kenapa ya ki?

  27. ,,,,,,,,,,,,,,, sapei,,,,,,,,,,,

  28. how dapet duit,,,,,,,,,,,,, ki dengan mudah secara gaib,,, bisa di bantu ki,,,,,?

  29. gembon

    Salam Rahayu
    Mbah saya termasuk golongan orang samin……….
    punya tanah aja dikasih ke orang……
    kalo bener ya di bilang bener…..
    kalo salah ya di bilang salah……
    kalo baik ya di bilang baik…..
    kalo jelek ya di bilang jelek……
    Kalo sadar betul dan selalu ingat dengan leluhurnya,
    tidak mungkin melakukan hal yang nista…..
    MENIPU apalagi MEMERAS………..
    SEMOGA DI INGATKAN OLEH YANG MENGUASAI HIDUP
    “Rahayu…Rahayu…Rahayu”

  30. jane iki ilmu kanuragan kudu di bisniske yo pak broooo………

  31. Kusmedi

    Emboh kabeh ki alus,bos edy tak parani yo ra enek hasile,

  32. yudha

    slm.mbh mahar buwat pasang demit bwt voliy brapa

  33. Quinna Razhtafyra

    bberapa kali, ktika sy mngalami mslh yg srius dan dlm kbuntuan, krn sking frustasinya juga fkiran sy kacau, sy prnh dtg ke paranormal. Tp yg sy heran, wlu sy mndtangi mrka, ttep tdk bs pcya sdktpun. Krn bg sy ALLAHlah tmpt qt mngadu, meminta dan maha sglanya.

  34. KI SUKMO WIJOYO

    Coba nanti biar mereka saya tes.

  35. bangga dadi wong pati tepate gabus….. hehhe

  36. dari pengalaman saya ajian2 paranormal yg dijual tdk ada yg permanen. kalau kita tdk mau datang lagi dg sendirinya khasiatnya pudar dan hilang. jadi syaratnya hrs jd pasien/langganan tetap. saya prnh mencoba dg jeng asih, dewi sedap malam dan mbah roso. diantara ketiga itu saya merasa jeng asih lebih terasa ilmunya. contoh org2 disekitar saya mengatakan wajah saya trlihat lbh segar dan muda dr sebelumnya. dg ibu dewi hny utk kewanitaan tp saya merasa trtipu krn produk yg di jual bisa didpt di toko2 kosmetik/jamu dan saya tdk mersa perubahan apa2. dg mbah roso krn dr jarak jauh saya merasa kurang merasakan khsiat dr produknya.

  37. ali

    ane sdh kena tipu mbah roso telek melek 1.5 jt plus biaya adm 100rb. sejumlah manfaat keilmuan yg di sebutkan memang mantaf, tapi ga satupun yg terbukti. klo dikomplain selalu jawab *harus datang datang lagi untuk tambah power (yg tentu aja tambah duit lagi). ni dukun klo urusan duit sudah macam setan yg kesurupan. pesanku buat mbah roso “silahkan makan itu duit tapi harus lo ingat, gw kaga ikhlas dunia akhirat”

  38. penjawi

    dukun pati akeh ojo angger ngomong njeplak tok<angkemmu yo macanmu

  39. mengomentari teman yang hoby bola voley pingin lompatan tinggi dan ringan,serta pukulan yang dahsyat ,,,,insak allah ada jalan keluar..tapi kami cuma bisa membatu menunjukan kawan

  40. ramli

    apakah mbah yitno masih buka praktek ? Kalo iya boleh gak saya minta no.teleponnya…!!!

  41. Paser alit

    Kondang kondang wkwkwk….

  42. Putra mbah bagong

    Pertamax

  43. widodo

    alhamdulilah sy org pati jd bs urun rembug dikit.
    gak sdkit paranormal dan kiai di Pati, tp perlu di garis bawahi, bahwa dr sedulur2 sedoyo yg merasa(maaf) ketipu atau kurang puas itu kebanyakan yg termakan alias korban iklan to???
    padahal sejatinya ilmu itu untk menolong sesama dgn iklas…
    msh bnyk “wong pintar” di pati yg mau dibayar dgn 2 bungkus rokok atau gula.
    Semoga kita lbh bijak dalam menilai sesuatu. Mohon maaf bila ada kata yg kurang sopan.
    Salam Salim buat ki wong alus lan poro sesepuh KWA.

  44. samsudin

    kalau memang paranormal yg disebutkan diatas tidak falid atau dalam artian penipu, kenapa ttp exsis sampai skrng, pastinya yg lebih paham yg pernah menjadi pasiennya, saya tdk berani berkomentar bnyk bung, krn saya sempat tergiur tp blm berani mencoba meminta bantuan ke paranormal. karena tarifnya relatif mahal dan blm tentu ampuh. adakah diantara sedulur disini yg pernah mencoba dan berhasil? bagi pengalamannya nggih…..nuwun.

  45. ./Cyber_GaGeGo

    wahhh repot nih.
    ane cah Pati juga nih gan. sebenernya begini ya.

    enggak semua paranormal di Pati penipu kok gan.
    penipuan itu masalah dari diri agan yang belum mengenal kehidupan.

  46. rama

    ane sdh pernah ke pati,tapi gak ada hasil… uang habis,capek yg di dpt, capek deh…

  47. abdulhayat

    assalamualikum,,,,intinya hati2 aja lah mencari paranormal karena sekarang bnyk paranormal jadi2an cm sekedar cr makan.

  48. bahasaquranku

    Assalammu’alaikum wr. wb., Sebelumnya saya hanya mengingatkan, sebesar apapun permasalahannya pastinya ada jalan keluarnya, kehidupan dunia ini hanya sebentar, dan dunia ini hanyalah tipuan belaka, gunakan akal, fikiran, dan hati agar tidak tergelincir, setiap manusia itu dekat dengan Tuhannya, untuk apa kita membutuhkan paranormal, siapapun mereka itu sebenarnya hanya tertipu dengan Jin dan Iblis, yang selalu menyeru kepada keburukan, Ketahuilah bahwa kita itu pasti mati begitu juga dengan Jin, kecuali Malaikat dan Iblis yang kematiannya ditangguhkan Hingga Kiamat, sebagai bukti tersesatnya kita adalah ketika kita mati, bila mayat kita kaku setelah 4-5 jam maka dipastikan Ruh kita tidak kembali dan Pasti Mendapatkan Siksa, jadi berhati-hatilah sebab hal ini sudah diisyaratkan oleh Al-Qur’an dengan mengumpamakan perbandingan Orang yang mati sama dengan orang yang tidur, itulah ciri-cirinya, Qs. 39 Az Zumar Ayat 42 “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan[1313]. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.”
    jika sudah demikian Maka bagaimana mungki kita mengenal Allah SWT, jika kita belum mengenal diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengenal diri kalo kita aja gak tau Kapan Pertama kali kita ini berfikir???,
    Terimakasih Wassalam

  49. lha mbok ya kalau emang orang pati ampuh dan mengerti dunia spiritual saya minta tolong laah,,mohon dengan sangat,,saya di buatkan uang balik,,untuk ongkos ritual tolong saya di bantu dulu,,kalau sudah berhasil akan saya kembalikan,,,ya itu kalau emang mau nolong sesama.,.saolnya hutang saya banyak,dan sering dihina keluarga,bahkan orang tua saya pun juga ikut menghina saya.,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: