APAKAH BLOG INI PERLU DIHAPUS?


Kehadiran blog ini terus terang terkadang membuat saya bersedih. Kayaknya, sudah tergolong blog sesat. Dan apakah blog ini perlu dihapus?

Seperti yang terjadi barusan. Saya mengupload beberapa naskah artikel kiriman pembaca. Namun yang terjadi malah hujan kritik dan protes dari pembaca lain karena dianggap meniru/plagiat. Dan setelah saya baca blog tetangga, eh ternyata naskah kiriman pembaca tersebut sama dengan yang dimuat di blog tetangga tersebut. Kalau seperti ini, maka saya simpulkan blog http://www.wongalus.wordpress.com adalah blog yang sudah sesat. Sesat artinya sudah melenceng dari khittah awal membuat blog.

Setiap ucapan, laku perbuatan dan pikiran akan dimintai pertanggungjawaban. Demikianlah yang saya percayai. Sejak awal mendaftarkan di wordpress, tujuan awal dan niatnya hanya sekedar ingin berbagi ketidaktahuan. Lho kenapa kok berbagi ketidaktahuan dan tidak berbagi “pengetahuan”? Menurut saya, terlalu naïf bila kita merasa sudah memiliki “pengetahuan”. Pengetahuan itu bukan barang baku dan jadi. Padahal “Pengetahuan” adalah sebuah proses yang terus menerus bisa dipertanyakan kebenarannya, dicari kesalahannya sekaligus terbuka untuk dikritik, didebat dan juga disetujui.

Karena merupakan sebuah proses, maka proses mendapatkan pengetahuan ada patrapnya, ada tingkatan dan tahapnya. Tahap pertama proses pengetahuan adalah tidak tahu, selanjutnya ragu-ragu dan bertanya, selanjutnya berpikir hingga mendapatkan jawaban sementara dan mendapatkan kesimpulan, selanjutnya mengkritik kesimpulan dan mendapatkan jawaban kesimpulan akhir hingga menjadi pengetahuan. Pengetahuan ini sudah benar-benar diyakini (Haqqul Yakin). Sebuah keyakinan yang benar-benar sudah tidak bisa lagi terbantahkan karena faktanya memang sudah seperti itu. Bisa dijelaskan secara obyektif, rasional dan akarnya adalah pengalaman yang sangat kuat.

Maka titik pijak pengetahuan adalah ketidaktahuan. Di sinilah asal mula pengetahuan. Pengakuan bahwa kita tidak tahu adalah sebuah kejujuran yang memiliki dasar yang kuat. Mustahil seorang mengaku tidak tahu kalau dirinya tidak berpikir. Maka prinsip berpikir inilah yang menjadikan kita nantinya akan berbuah pada pengetahuan. Pengetahuan akan membuat orang mencintai kebijaksanaan.

Saya bukan orang yang serba tahu. Malah sebaliknya, jujur saya ini orang yang serba tidak tahu dan ingin selalu tidak sok tahu apapun yang terjadi maupun yang belum terjadi. Sehingga bila banyak dari rekan-rekan pembaca blog yang kebetulan bertanya sesuatu namun banyak mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan dari saya, maka saya mohon maaf. Banyak pertanyaan yang tiba-tiba mendatangi handphone saya, dan kebanyakan berada di luar kompetensi saya untuk menjawabnya. Ya minta diterawang, minta dicek apakah amalannya sudah masuk ke tubuh, minta amalan ini dan itu. Padahal, terus terang saya ini orang yang tidak tahu apa-apa. Jujur saya enggan menjawabnya karena memang saya tidak mampu menjawab. Kalaupun menjawab, biasanya hanya karena saya ingin membesarkan hati penanya dan mengajak untuk selalu berpikir positif, termasuk mengajak untuk mensyukuri kebesaran Allah SWT.

Namun terus terang hati saya gelisah dengan banyaknya pertanyaan semacam ini. Saya hanya manusia biasa seperti Anda yang kebetulan sedikit diberikan Tuhan sebuah maqam spiritual yang rendah dan tingginya hanya DIA yang tahu. Dari sedikit maqam spiritual itulah saya ingin mengabdikan diri agar membawa manfaat ke pembaca. Itulah yang melatarbelakangi saya membuat blog ini. Sederhana. Tetapi saya yakin bahwa yang sederhana bisa menjadi pemicu agar kita mendapatkan sedikit cara untuk membuat sebuah dasar pijakan.

Sangat jauh dari keinginan agar nama “wongalus” populer. Kalau ingin populer dan mendapatkan keuntungan pribadi, kenapa saya merahasiakan identitas dan jati diri saya sebenarnya? Siapakah nama “wongalus” yang sebenarnya? Dimana alamatnya? Berapa usianya sekarang, apa profesinya sehari-hari? Apa karyanya yang sudah diabdikan untuk bangsa, negara, masyarakat dan agama? Apa judul buku-buku karyanya? Benarnya “wongalus” seperti kelebat-kelebat bayangan samar yang selama ini terkadang muncul tidak terduga?

Mohon maaf para pembaca yang dimuliakan Allah SWT, ijinkanlah pada kesempatan kali ini saya memaparkan bahwa kritikan dan cibiran menyakitkan setiap hari mampir ke handphone saya. Hidup saya seperti dikejar-kejar bayangan gelap yang setiap saat hadir. Tidak terhitung berapa niat dan energi negatif yang sudah dikirimkan kepada saya dari berbagai penjuru di tanah air. Namun alhamdulillah, kuasa-NYA begitu hebat sehingga hingga saat ini saya masih bisa hadir mengecap anugerahnya berupa kesempatan untuk hidup dan berbahagia dengan kecukupan barokah dan perlindungan-NYA.

Energi negatif yang datang kepada saya itu pasti tidak kami kembalikan lagi ke pengirimnya. Bukannya saya orang baik yang mengikhlaskan saya diserang energi negatif. Bukan itu. Namun karena saya memang tidak tahu (dengan kata lain karena saking bodohnya saya) bagaimana membalikkan energi negatif hingga kembali ke penyerangnya. Maka yang bisa saya lakukan hanya pasrah saja. Seperti sebuah rumah yang tidak ada dindingnya sehingga bila diserang maka serangannya akan bablas saja entah kemana. Ilmu pasrah/sumarah/sumeleh/petruk kantong bolong dan berserah diri hanya pada Allah SWT ini bisa jadi senjata ampuh sehingga saya masih selamat hingga sekarang ini. Saya tidak punya amalan, ajian, hizib, ilmu-ilmu gaib kekebalan badan dan ilmu untuk menyerang.

Kalau Anda kebetulan ingin punya amalan ilmu gaib kekebalan apakah anda siap untuk dites? Pasti Tuhan akan mendekatkan kita pada amalan yang kita lakukan. Itu prinsip. Itu adalah hukum tarik menarik yang merupakan kunci rahasia kejadian alam. Bila Anda siap untuk dites dan didatangkan musuh, maka silahkan memiliki ilmu kebal. Kalau saya pribadi, mohon maaf, pasti memilih tidak punya ilmu kebal namun dijauhkan dari segala mara bahaya dan niat jahat orang lain. Tidak ada orang yang sungguh-sungguh sakti kalau masih bisa mati. Sejarah kita dipenuhi oleh orang-orang yang mengaku sakti dan bisa membuktikan dirinya mampu mengatasi hukum-hukum alam. Mengangkasa tanpa sayap, menghilang tanpa tabir penutup, kebal semua senjata dan apa yang diharapkan bisa terkabul tiba-tiba. Namun mereka ternyata masih bisa mati. Bisa dikalahkan dan diluluhlantakkan oleh sebuah kekuatan baru. Kekuatan baru itupun akan kalah oleh kekuatan yang lain. Ya, memang tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan. Ini sudah merupakan hukum alam yang tidak bisa dilawan oleh alam. Kenapa alam begitu sakti dan lebih sakti dari manusia? Itu karena alam lebih tua dari manusia. Alam lebih dulu ada sebelum kita ada.

Kunci kesaktian sejati adalah bagaimana kita mengolah sesuatu yan normal dan biasa menjadi luar biasa tanpa keluar dari hukum alam. Jadi kita tidak melawan alam, namun kita bersahabat dengan alam dan berada di dalam alam dengan hubungan pertemanan yang akrab. Leburkan dirimu dengan kekuatan-kekuatan “khodam” alam dan kuasailah rumus-rumusnya, metodenya, mantranya, paswordnya. Sebuah bangsa unggul bukan mereka mampu menundukkan alam, mengeksploitasi dan kemudian memeras keringat alam. Namun keunggulan sebuah bangsa nyata terjadi karena mereka gigih meneliti pola-pola kejadian alam dan mengembangkan bagaimana pola-pola itu kemudian dijadikan rujukan bagi kehidupan yang penuh perkembangan.

Rasa-rasanya Tuhan tidak menyuruh dan memerintahkan kita untuk menjadi orang-orang yang picik, bodoh, malas dan bermental ‘tempe’. Namun Tuhan memerintahkan kita untuk menjadi orang-orang yang gigih berjuang menemukan diri yang paling sejati. Diri yang orisinal yang diinstalkan ke dalam tubuh, jasad dalam diri kita. Mengalahkan diri sendiri, nafsu-nafsu dan ego yang cenderung untuk menguasai dunia. Lakunya adalah “puasa” yaitu sejenis alat untuk mengerem kehendak-kehendak liar yang merupakan markas iblis di dalam diri manusia. Berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian. Di akhir kita ada kebahagiaan setelah kita bekerja ekstra keras.

Pembaca yang budiman, kita telah memilih jalur “metafisik”, “gaib”, “olah rasa” sebagai alat untuk menyampaikan kebenaran. Itu sebabnya kita memilih nama http://www.wongalus.wordpress yang bermakna manusia yang halus. Artinya, kita pilih bagian yang paling halus ada pada diri manusia. Bukan bagian yang kasar, yang wujud benda yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi kita sengaja memilih wacana-wacana yang diluar syariat dan memasuki alam kebatinan. Soal apakah baju-baju syariat yang kita gunakan, apakah agamanya dan seterusnya kita serahkan pada pribadi masing-masing. Maka di blog ini kita tidak “mengurus” agama A, B atau C dan lebih mengkhususkan diri untuk menggarap ladang batin manusia. Karena menggarap ladang batin, maka agama apapun diharapkan bisa menerima karena setiap agama dan jalan kebatinan juga tidak ada pertentangan sama sekali. Hanya tekanan dan lingkup urusannya berbeda-beda.

Bolehlah awalnya, kita menitikberatkan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman gaib yang meneguhkan kekuatan diri sebagai manusia, bersifat klenik dan orientasinya kepada kesaktian diri. Sebab ini adalah tahap saat seseorang itu masih berusia muda. Namun seiring berjalannya waktu, kita diharapkan mampu terus berjalan menuju keyakinan terhadap kesadaran. Dari tekad menuju welas asih menuju pasrah dan bersujud. Dari kesadaran Ego—menuju kesadaran kolektif—menuju kesadaran universal. Kemajuan mental spiritual ini adalah sebuah proses yang evolutif. Maksudnya, secara bertahap kita diharapkan untuk terus mengalami kemajuan spiritual dari tahap terendah ke taraf tertinggi. Seperti pengaktifan pusat-pusat psikis dari wilayah tulang ekor menuju ubun-ubun. Yaitu bila titik bagian bawah tubuh diaktifkan, maka kesadaran akan kuasa menjadi kuat. Jika energi difokuskan ke bagian qalbu maka akan membuat keyakinan dan welas asih teraktifkan. Tahap selanjutnya, apabila titik di bagian kepala diaktifkan maka akan membuat kesadaran tentang kesatuan menjadi tumbuh mekar.

Dalam tradisi Yoga, titik di bagian bawah tubuh (genital) disebut muladra chakra atau terrainian plexus (pleksus bumi), titik di bagian dada (qalbu) disebut anahata chakra atau solar plexus (plexus matahari), dan titik di bagian kepala disebut ajna chakra atau lunar plexus (plexus bulan). Sebetulnya masih ada beberapa plexus lain, namun inilah yang mirip dengan terminologi Jawa yaitu triloka atau di dalam tasawuf disebut janaloka/bait al muqodas yaitu di bagian bawah, hendraloka/bait al muharam yang berada di tengah dan guruloka/bait al makmur (bagian atas). Bila kesadaran kita sudah sampai kepada kesadaran yang tinggi yang adanya di “kepala” maka kita sudah berada di dalam kemajuan spiritual yang berakhir dengan tersibaknya hijab yang tidak lain adalah ego itu sendiri.

Tersibaknya hijab-hijab ego itu sesungguhnya yang ingin kita capai. Bagaimana rasanya bila ego yang terhijab ini kemudian terbuka? Jelas kita akan merasa berada di dalam sebuah jagad yang berbeda dengan kesadaran diri yang palsu. Di sana hanya ada surga diri yang penuh rahmat, permakluman dan ampunan. Namun sebenarnya susah didefinisikan hanya mampu dirasakan oleh mereka yang sudah mencapainya….

“Ana pandhita akarya wangsit
Pindha kumbang angajabing tawang
Susuh angin ngendi nggone
Lawan galihing kangkung
Wekasane langit jaladri
Isine wuluh wungwang
Myang gigiring punglu
Tapaking kuntul anglayang
Peksi mabur uluke ngingkuli langit
Kusuma njrah ing tawang”

…. di dalam alam kekosongan, jadikanlah diri kita ini terbang ke angkasa melebihi langit dunia yang dalam perjalanan tersebut senantiasa menebarkan harumnya amalan … kusuma njrah ing tawang.. Kita satukan diri dengan semua wujud ini menjadi PANUNGGAL: YAKNI MANUNGGALNYA AF’AL, SIFAT DAN ASMA-NYA, dengan senantiasa taat pada-NYA, amar makruf nahi munkar, yaitu tatkala diri kita yang sejati telah menyatu dengan elemen-elemen diri makrokosmos/alam semesta yang sesuai dengan prinsip ikhlas.

Jadi, apakah blog ini perlu dihapus atau diteruskan ya? Mohon pendapatnya para sedulurku semua. Nuwun…

@Wongalus,2010

Categories: APAKAH BLOG INI PERLU DIHAPUS? | 287 Komentar

Navigasi pos

287 thoughts on “APAKAH BLOG INI PERLU DIHAPUS?

  1. Ki untuk apa dihapus,suruh aja yang protes itu keluar dari blog ini,seenaknya saja protes,tau diri donk,emangnya dia yang buat dan mengirim amalan Ke Blog ini,Kita aja ndak pernah protes,diamkan aja blog ini Ki,Ki Saya mohon jangan dihapus ya

  2. KI Orang yang mengkritik blog ini dia iri hati

  3. yon

    Ass wr wb
    Tak usah Ki? Banyak manfaat bagi saya yang awam ini
    Soal sesat atau tidak itu kan pendapat mereka, justeru melalui blog ini banyak pelajaran berharga yang saya dapat
    Terimakasih
    Wasallam wr wb

  4. Abdul aziz

    Maafkan saya ki, bagi saya sebagai seorang pejalan kaki pencari kesadaran, blog ini tidak perlu di hapus

  5. Abdul aziz

    Saya dari desa parseh kecamatan socah kabupten cngkalan. Maafkan saya ki, bagi saya sebagai seorang pejalan kaki pencari kesadaran, blog ini tidak perlu di hapus

  6. wanto

    ass.wr.wb.
    Ki Wong Alus,blog ini jangan dihapus Ki.karna dngan hadirnya blog ini.saya jadi mengerti tentang hizib,amalan.
    Sesat atau tidak yg tahu hanya ALLAH.

  7. wawan

    sejak pertama bertemu blog ini,saya tidak menyangka akan belajar banyak dari blog wong alus,kalau ada orang yg menuding ki alus sesat atau apalah sebutanya,pertanda orang itu kurang menghargai pluralisme.
    MAJU TERUS KI !!!!!

  8. Ki Jangan di hapus ya,soalnya blog ini tempat kami mencari ilmu,ilmunya
    banyak disini,kan sia sia kalo dihapus,mana lagi udah yang banyak mengirim artikel

  9. Hidup kampus Wongalus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. WINARTA

    menurut saya,blog ini gimanapun “TIDAK BOLEH DIHAPUS” karena blog ini satu-satunya yg berani mengikhlaskan berbagai amalan kepada semua orang dan juga utk melestarikan ajaran&tradisi terdahulu
    kalo ada orang yg tidak suka dengan blog ini menurut saya bisa jadi org tsb takut semua amalan dibongkar di blog ini(bisa paranormal dan orang awam),mereka itu tidak suka namanya membagikan dan mengikhlaskan amalan.soal jiplak menjiplak menurut saya org tsb SOK TAO,SOK SUCI DAN SOK MEMILIKI….semua amalan pasti bersumber dari guru dan kitab suci..zaman sudah beda,kalo amalan-amalan disimpan segala dan tidak dibagikan bisa memusnakan dan menghilangkan ajaran dan tradisi
    kalo soal sesat,itu cuma alasan yg dibuat-buat karena semua amalan diajarkan di blog kampus wong alus adalah bersifat positif dan berguna utk dipakai sesuai masalah yg dihadapinya….,

    seluruh DEWAN PENGURUS KAMPUS WONG ALUS saya berharap sekali utk TIDAK MENGHAPUS BLOG INI dan jgn menghiraukan orang-orang yg dengki,iri,tidak senang blog ini

    UTK ORG YG TIDAK SENANG BLOG INI SAYA HARAPKAN GA USAH BUKA BLOG INI DAN JGN PAKE ACARA ALASAN INI LHA ITU LAH,KALIAN ITU CUMA GA PUNYA NALURI DAN PERASAAN
    COBA KALIAN LIHAT IKLAN-IKLAN DI MAJALAH-MAJALAH YG MENGULAS SUPRANATURAL ..,HARGA SELANGIT(HASIL DAN PEMBUKTIAN 0 %)Gmana org yg tidak sanggup membayar mahar yg tertera iklan itu?
    ada yg ketipu sampai puluhan juta,sampai hutang segala utk membayar mahar iklan paranormal tapi hasilnya O %
    HARUSNYA KALIAN MENGKRITIK PARANORMAL YG ADA DI IKLAN-IKLAN MAJALAH JGN DI BLOG INI………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SEKALIAN KALO ANDA BERANI DATANGIN ORG TSB

  11. WINARTA

    utk selanjutnya saya berharap utk semua dewan pengurus kampus wong alus,dapat membuka berbagai amalan ilmu kasepuhan dan juga mengulas bagaimana cara dan amalan pembangkitan ilmu bio listrik dan juga mengulas kelemahan ilmu kekebalan

  12. Bani

    Jangan ki,…jangan di hapus…
    saya cuman membaca blog ini untuk menambah wawasan saya saja,…yang iri sama blog ini paling yang ga laku jualannya doang ki karena pelit sama ilmu….

  13. Bani

    saya hampir tiap saat setiap online pasti mampir ke blog ini ki,…tolong jangan di hapus…hidup wong alus

  14. izhar idrus

    salam…
    Saya harap blog ini jangan dihapus kerna menafaatnya banyak terutama bagi mereka-mereka yang saperti saya sedang mencari-cari ilmu untuk pengangan hidup semoga selam di dunia dan akhirat di samping mendapat keredhaan dari Allah swt. dengan niat sama-sama kita berdakwah kearah kesejahteraan umat manusia. Amin. Teruskan Blog ini.

  15. ass.aq mhn jgn dihapus krn blog ini shngg bnyk org yg mnjd pasrah dan mendkatkn diri kit pada sang pencipta.dan mungkin kalau @ki wong halus hayati,ini adalah ujian bagi @aki trhadp kesabrn dan kepasrhan @aki,pepath bilang smakin tinggi seseorg mk mkn bnyk cobaan.smg @aki sll dikuatkan dan dipanjangkan umur dmi berbagi pengetahuan krn ini merupakan siar bg umat manusia,mksh @ki wasalam

  16. Budhi

    Ass..Banyak manfaat yg kami dapat dr blog ini,ilmu-ilmu warisan leluhur,dan semuanya gratis.Sangat disayangkan bila blog wongalus dihapus.Kami yg awam akan bertambah dahaga akan ilmu spiritual,yg cuma bs kami dpt kan di blog ini.Saya pribadi berharap blog ini ttp ada agar kami yg haus akan ilmu spiritual ini terpuaskan.Hanya Allah swt yg akan membalas semua kebaikan yg telah wongalus berikan kepada kami- kami yg dahaga akan ilmu spiritual ini.Maju terus blog wongalus.Wass…

  17. pragas8

    Sdra Wong Alus,

    Teruskan…semoga Rahmat Allah sentiasa bersama saudara.tq

  18. Dhenuzy

    kulo nyuwun ampun dihapus Blog meniko kI..Wong Alus ,Ibarat Air Biarkan dia mengalir semestinya,sehingga saya bisa mengambil sedikit hikmah dari aliran air itu untuk menyirami ladang-ladang hati saya yang kering,matur nuwun

  19. gusbonex

    ass.wr.wb saudara @wongalus, sungguh hati saya trenyuh,remuk redam dan menangis campur aduk menjadi satu membaca yg satu ini, saya idem dengan saudara-saudara lain BLOG INI JANGAN DIHAPUS. dan telah datang isyarat kpd saya berbentuk kupu-kupu yg sangat indah hingga detik saya nulis ini.
    (note:mengalir air mata hati saya)

  20. ki farid

    ki jaangan di hapus karena cukup bermanfaat bagi kita semua???
    tentang amalan

  21. Eko Prasodjo

    Sedih senang cuma permainan pikiran dan perasaan saja Ki, dan waktunya tidak abadi, tapi bagi kami yang telah membaca menghayati dan memahami apa yang telah tertulis diblog ini, kami merasakan manfaatnya. entah itu dari Njenengan sendiri, ataupun dari orang lain. blog ini banyak yang membutuhkan Ki, jangan hanya karena anda dipermainkan perasaan, dan pikiran anda meninggalkan kami. Anggap saja bahwa ini sebagai ujian untuk tahapan maqom yang lebih tinggi Ki. Sak apik-apik’e menungso kuwi sing guno kanggo liyane. PRIPUN…………?

  22. izan

    wah ki,jangan dihapus dong blog ini kita2 jadi pada sedih nih kalo sampe dihapus blognya,kan cuman di blog ini aja yang mrmbahas masala2 baik tentang agama maupun ilmu2 gaib secara detail. dalam sehari aja saya bisa sampe 5x berkunjung kesini. mohon jangan dihapus ya ki blognya. SAYA TURUT MENDUKUNG DENGAN ADANYA BLOG INI.

  23. gunturalif

    ojo dihapus kang..

  24. Ki sabdo

    Ki jangan di hapus please. . . . . Ak msih btuh blog ini dan tlong artikel yg sudah di hapus di pampang lagi, makasih.

  25. kepyek jagad

    Assalamu’alaikum..
    Saya harap kita semua tetep bs bersabar dan jgn terpancing emosi,blog kita ini( maaf karena saya jg seolah merasa memilki blog ini )kan terbuka dan tentunya kita jg hrs siap menerima protes dari berbagai pihak.baik itu yg mendukung kita ataupun sebaliknya.itu adalah bagian dari demokrasi.
    dan kita jg harus bisa lebih bijak untuk menghadapinya,kita doakan jg saudara2 kita yg kurang mendukung blog ini selalu di beri rahmat dan semoga bisa membimbing kita agar kita tidak menjadi sesat.
    selama niat kita baik ALLAH pasti memberikan yg terbaik bagi kita.
    Wassalamua’aikum..

  26. gunturalif

    anggp aja tiap kritikn yg datang adlh untk pembelajran diri untk menjadi lbh dewasa dan arif,jujur ada jg artikel yg dimuat buat saya merinding dan bertnya.2 betul ato tidak…tp it sya coba sikapi sbg perbedaan adlh rahmat,dan jngn karena pandngn negatif sbgian orng menyurutkn niat anda kang..apalg mau hpus blog ini..

  27. Santri Pinter

    As,sedikit pencerahan ki,
    Bahwa ilmu itu adanya di hati dan pikiran jadi agar tidak lupa maka tulislaH dan apabila sumberpengharapannya hanya kepada Allah janganlah kawatir.Adanya pro kontra adalh wajar dan setelah itu PASTI ada hikmahnya,kecuali ILMU ITU MENGARAH KEKESATAN DAN MENDUAKAN ALLAH. Dan saya minta kepada ki Alus agar tidak dihapus!!!
    Dan saya minta kepada pengijazah agar diberikan TATA CARA PENGAMALAANYA DAN PENGGUNAANYA SECARA JELAS DAN SUMBER JELAS,JADI GAK SETENGAH-TENGAH.
    “ILMU IKU TINUKU KANTHI NIAT LAN LAKU.SEPIRO GEDHENE ILMU,BAKAL TURU YEN ORA BISO GUNAKAKE KANTHI SAK MAKNANE.
    nuwun!!!

  28. Raden Arya Kelana

    Saya sependapat dengan SANTRI PINTER lebih baik jangan di hapus ki karena blog ini merupakan sumber berbagi ilmu pengetahuan utk menambah wawasan bagi orang yg berkunjung ke blog aki ni, utk ki jgn di hapus blog ini ya ki………….

  29. ibnu sakda

    Salam Ki Wong Alus. Setiap laku kita, pasti akan ada pro dan kotra. Itu biasa karena memang kita hidup didunia yang penuh dengan berbagai macam sifat manusia. Saya kira kembali ke niat awal panjenengan, Insya Allah jika tetap menjaga keihklasan dan hanya berharap ridho Illahi, maka saya dukung agar blog ini tetap jalan. Setidaknya ada pencerahan bagi yang getol dengan ilmu kebatinanan, karena semua ada hukum sebab akibat spt yg panjengan utarakan. Saya kutip pendapat Alm. Gus Dur ” gitu aja kok repot”.. doa saya buat panjengan smg tetap sehat dan selalu dlm perlindungan-NYA. aMIN

  30. ismayana

    maju terus……kita ambil hikmah dari semuanya.simkuring berharap, buka terus blog ini…..go…

  31. ivan

    Ki..jangan menyerah..saya yakin cibiran dan kritikan adalah ujia dari Allah bahwa Ki bisa tetep kekeh ngga dengan tujuan Ki membuat blog..bukankah kalo niat sudah bulat dan tekad sudah mantap..pantang bendera diturunkan..jangan patah semangat Ki..apapun kata orang saya yakin Allah tahu niat baik Ki..semangat Ki..

  32. bayangankatibina

    hahaha…sneng rasanya melihat bnyaknya komentar yg msuk,
    itu brtandakan kalo blog ini mmang slalu dirindukan khadirannya…

    kalo bnyak yg protes khadiran Blog ini krn d anggap sesat, itu brarti sbuah kemajuan karena setidaknya mereka masih sempat “mau” membaca, dan siapa tau nanti Pemahaman mereka tentang KEBENARAN akan terbuka melalui Blog ini…hehehe…

    makasih buat Wong Alus krn sms yg sy krimkan sdah anda balas dgan kiriman AL-FATIHAH…snang rasanya d doakan nich…hihihi…

    sy mewakili kawan2 yg ada disini mengahturkan Hormat sayang buat Ki Wong Alus.

  33. dhe pri

    jangan di hapus Ki, orang2 yang protes itu karena mereka terjangkit penyakit hati…IRI, DENGKI, HASUD, de el el …gak bisa menghargai hasil karya orang lain

  34. kangmas jo

    wilujeng enjing poro sederek
    hanya gara2 segelintir orang yg tak bertanggungjawab dalam mengirimkan artikel tanpa mengindahkan etika jurnalistik
    mbok ya dipikir lagi jangan biarkan niat mulia terkalahkan dengan plagiat yg dilakukan orang yg tak punya etika,biarkan ini jadi cambuk yg membawa BLOG WONG ALUS pada taraf
    yang lebih sempurna lagi kedepannya dan lebih selektif dalam hal upload artikel klo bisa ditelaah dahulu sebelum di posting.

  35. Assalamualaikum wr wb………..

    Salam pamuji rahayu katur ki wong alus dan dulur-dulur yang lain

    *Siapa yang memakimu, maka katakanlah kepadanya: “Jika makianmu benar, maka aku bermohon semoga Allah mengampuniku, dan bila keliru, maka semoga Allah mengampunimu.”

    *Siapa yang mengancammu dengan kebinasaan, maka jawablah ancamannya dengan nasihat dan doa.

    Monggo lanjut mawon ki , jangan di hapus banyak dari dulur -dulur kita yang masih banyak membutuhkan blog ini.

    nuwun

  36. uux

    ki.. .. orang yang menginginkan blog anda dihapus tentu orang yag IRI DAN PLAGIAT ALIAS NYONTEK. jangan urusan omongan mereka. BIAR ANDA TENANG..NOMER YG MEMAKI DAN MENERORMU CANTUMKAN AJA DISINI…BIAR KITA ..TEMAN2MU INI YANG MENJAWAB….

  37. megatruh

    Mengenal kemajemukan (pluralitas) tidak sama dengan menghargai, mengakui, memahami, dan menyakininya sebagai suatu kenyataan bahwa bangsa yang secara geografis terbentang dari Sabang sampai Merauke ini kaya akan beragam suku, budaya, agama, bahasa, warna kulit sampai dengan karakter manusianya. Kemajemukan merupakan realitas obyektif yang tidak dapat dipungkiri oleh bangsa Indonesia, itu fakta yang sama sekali tak bisa terbantahkan, sebuah kenyataan sejarah dari bangsa Indonesia. Dengan demikian, konsepsi Bhinneka Tunggal Ika adalah reprensentasi normatif yang menjadi acuan dalam mengelola kemajemukan sehingga kemajemukan tersebut akan menjadi kekuatan bangsa.
    Kini mulai terjadi kemunduran atas rasa dan semangat kebersamaan yang sudah dibangun selama ini. Intoleransi semakin menebal ditandai dengan meningkatnya rasa benci dan saling curiga diantara sesama anak bangsa. Hegemoni mayoritas atas minoritas semakin kukuh, mengganti kasih sayang, tenggang rasa, dan semangat untuk berbagi.

    Krisis multidimensi yang berkepanjangan juga memberikan kontribusi terhadap semakin melemahnya rasa kepercayaan diri dan kebanggaan sebagai suatu bangsa, dan menguatnya sikap ketergantungan, bahkan lebih jauh telah menyuburkan sikap inferioritas. Menipisnya semangat nasionalisme tersebut juga sebagai akibat dari lemahnya kemampuan bangsa dalam mengelola keragaman (pluralitas) yang menjadi ciri khas obyektif bangsa Indonesia.

    Bagaimana konsep pluralisme dengan segala prakondisinya diterapkan dalam wilayah yang plural?. Pluralisme haruslah tidak diartikan sebagai membuat semua orang sama, juga tidak berkaitan dengan pertanyaan mana yang benar dan baik. Namun, pluralisme yang dimengerti sebagai keterlibatan aktif terhadap kemajemukan adalah sebuah keharusan jika berhadapan dengan kenyataan di negara kita. Dengan demikian, tidak hanya dihadapi dengan menutup diri dan nyaman dengan kelompoknya masing-masing. Sebaliknya membuka diri menjalin relasi dialogis yang egaliter dan partisipatif dengan lainnya. Hanya dengan demikian keberagamaan dapat dipandang sebagai kekayaan bangsa. Dan hanya dengan demikian kemajemukan menjadi relevan dan bermanfaat bagi semua manusia Indonesia.

    Membuka diri merupakan manisfestasi dari kerendahan hati untuk tidak selalu merasa benar, bersedia untuk mendengarkan pendapat orang lain untuk diambil dan diikuti mana yang terbaik. Itu sebabnya pada dasarnya kelapangan dalam menghargai akan memberi makna hidup, karena kita tidak lagi terbelenggu oleh kepentingan-kepentingan yang biasa termuat dalam keberagamaan kita yang menjadikan kita “tertutup”.

    Permasalahannya adalah bagaiman konsep pluralisme tersebut dapat diterjemahkan dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara yang nyata, terutama dalam pengejawantahan pengertian “ketunggal-ikaan” yang tidak mematikan “kebhinekaan” serta mencegah terjadinya satu unsur kebhinekaan yang mendominasi ?.

    Kesediaan menerima kenyataan bahwa dalam masyarakat ada cara hidup, berbudaya, dan berkeyakinan yang berbeda, bersedia untuk hidup, bergaul, dan bekerja sama membangunan negara harus dikedepankan sebagai syarat mutlak agar bangsa Indonesia yang begitu plural dapat bersatu, dan bangsa yang tidak menghargai, mengakui, memahami, dan menyakini kemajemukan adalah bangsa yang akan membunuh dirinya sendiri.

    Salam Nusantara!
    http://www.wacananusantara.org

  38. bayangankatibina

    orang2 yang mengatakan blog ini sesat hnya orang2 yg mo cari sensasi makanya Blognya ki Wong Alus makin Laris aj.
    gk usahlah dengar kata mreka ki, maju truz y ki.
    sukses buat blog wong alus

  39. megatruh

    demi keagunggan budaya nusantara dengan segala hormat blog ini jangan dihapus.tradisi nusantara adalah tradisi yang besar dan agung maka jangan sampai budaya ini tergerus arus moderenisasi.

    budaya kita adalah budaya yang adiluhung maka tidak ada satu orang pun yang dapat membatasi dan melarang kebebasan kita dalam menggali budaya nenek moyang kita luhur ini.kita lahir,besar dan hidup di tanah ini maka sepantasnyalah kita menghormati tanah dan leluhur yang membesarkan kita.

    benar salah hitam putih bukan urusan manusia itu adalah urusan ALLAH YANG MAHA Segalanya dan itu adalah mutlak keputusanNYA.
    jadi tidak ada satupun alasan manusia menghakimi ilmu yang ALLAH berikan lewat alam sebagai medianya.

    maturnuwun ki…. mugi sedulur sedoyo biso nemoni SANGKAN PARAN DUMADI.

    Untuk Kejayaan Bumi Pertiwi INDONESIA

    Wasalam….

  40. Ayhe bocah2

    Jangan di hapus ki!!!!! Jangan………InsyaAllah banyak manfaatnya dari pada madlaratnya. Amin

  41. cakra byuha

    Ass.wr.wb
    Buat kiwongalus,sejujurnya saya pencinta blog ini,maka begitu ada wacana blog ini akan ditutup SAYA TIDAK SETUJU KI….Terus terang bagi saya blog ini tempat untuk bertukar pengalaman/ilmu yang kiranya bermanfaat bagi kehidupan kita.Pro & kontra pasti ada di dunia ini ki,yang penting kita tidak keluar dari nawaitu kita,biarlah Allah SWT yang melihat niat kita ki…
    Buat ki wong alus,salh hormat kagem panjenengan & keluarga…
    Wasalam

  42. pe'em

    ass.wr.wb
    hajr aja tuh yg protes ki wong alus . . .
    wasalam

  43. Punten Aki2 sepuh dan sedulur2,
    Menurut saya keilmuan itu bisa ada dimana saja. Kalo di blog wongalus ada keilmuan yang sama dengan yang lain ya tidak apa2 dan tidak perlu dikritik atau diperdebatkan. Sebagai contoh Alfamart dan Indomart sama2 jual barang dagangan yang sama. Kalau tertarik sama blog tetangga ya monggo tapi jangan memporak-porandakan blog ini yang saya sendiri sudah menjadikannya kitab mujaroba (tiap hari buka red..hehhehe).
    Sudahlah kalo memang tidak suka ya monggo ke tetangga aja jangan dumeh ya….
    Ki Alus jangan dengarkan orang2 yang mencoba ngacak2 blog ini. Jangan diapus ya ki…….

  44. rizal

    assalamu alaikum ki,,, sebelumnya kalau ada salah saya minta maaf ,,, saran saya blog ini jangan di hapus,,, dan blog ini bukan meniru tapi ditiru oleh blog lain,,, tentang asmak sunge raje cirebon aja yg pertama ada di blog ini dan blog lain menyalinnya atau menirunya,,, kita disini sama sama gak tau apa apa dan sama sama belajar,,, menurut saya yg perlu ki wong alus hapus cuman tulisan tentang ilmu sihirnya dan sejenisnya,,, ilmu yg bermanfaat jangan di hapus insya Allah berguana bagi orang lain

  45. jangan dihapus ki, saya merasa terbantu pengetahuan tentang supra dengan adanya blog ini.

  46. rizal

    begini ki saran saya dari sekarang semua identitas ki wong alus rahasiakan saja termasuk no hp,,, atau no telp,,, jujur ki kemarin saya punya pengalaman serupa ki dengan ki wong alus,,, setelah saya memposting tentang hizib nawawi dan beritahu nama asli saya disitu,,, 2 malam saya diserang ada yg mau buat saya gatal gatal,,, setelah posting tentang asmak tongkat nabi musa badan jd panas entah ada yg menyalah gunakan atau gk tau knpa bsa begitu

  47. Alan

    Assalamualaikum wr.wb
    ki,sya mhon blog ini jangan dihapus. Krna blog ini mmbrikan bnyk manfaat untk saya,skli lg sya mhon jangan dihapus yha,ki.
    Wassalamualaikum wr.wb

  48. rizal

    gini ki kalau ki wong alus masih di protes dan diteror lewat telp atau handphone,,, sebarin aja no peneror atau pengkritik itu disini biar kami yg menjawabnya

  49. anggit erbede

    Ass wr wb.
    Dengan segala hormat, mohon blog http://www.wongalus.wordpress.com JANGAN DIHAPUS. Terus terang setiap hari saya selalu mampir disini. Banyak pengetahuan yg saya dapatkan dari blog ini. Saya yakin banyak sedulur nusantara yang tercerahkan dengan adanya blog ini. Dengan kata lain blog ini juga ikut andil dalam mencerdaskan bangsa Nusantara.
    Semoga Nusantara Jaya segera terwujud.
    Wass wr wb.

  50. mulyono

    Apakah Kita Merasa Benar, Sehingga Bisa Mengatakan Salah Ataupun Sesat. Apakah Kita Tidak Merasa Malu Mengatas Namakan Agama. INGAT…..Kebenaran Hanya Milik ALLAH SWT
    Untuk Ki WongAlus……Saya Harap Teruskan. INSYAALLAH ALLAH Bersama Kita. AMIN

  51. Ben Syam

    Assalamual’aikum Wr Wb,

    Ki Alus yang saya hormati, rasanya tidak jujur kalau saya tidak ikut urun rembug untuk menjawab pertanyaan yang Aki sampaikan pada kalimat terakhir di posting-an ini. Semua yang sedulur-sedulur nyatakan di “comment” ini memang benar, kami semua sangat membutuhkan adanya blog “Kampus Wongalus” ini karena kehadirannya memberikan ciri dan identitas yang berbeda bahkan bagi pengunjung yang arif dan bijak dapat mendorong menambah laku spiritual nya. Banyak laku dan amalan yang telah di “share” oleh Ki Alus dan para sesepuh yang mencintai blog ini, menandakan blog ini sangat diminati bahkan sudah menjadi semacam wadah bagi para sesepuh dan arif untuk dapat beramal dan menularkan ke “wasis”annya pada khalayak yang membutuhkan bantuan spiritual dengan pengijasahan yang ikhlas karena hanya mengharapkan ridhlo Allah SWT, mungkin tanpa Aki dan sesepuh sadari banyak sedulur yang telah menjadi lebih baik dalam mengenal Allah SWT dan kuasa ghaibNya yang insyaallah menambah ke imanannya. Sudah menjadi kehendak Sang Pencipta jagad raya ini bahwa semua yang di bumi ini di buat berpasang-pasangan diantaranya ada pro dan ada kontra karena sebagai media kontrol sifat makhluk Allah terutama manusia yang bersifat ingin selalu menguasai, tamak dan rakus dan hanya sedikit manusia yang arif dan bijak. Banyak kawruh dan laku yang telah di beber kan di blog ini, tapi tidak ada manusia yang paling mumpuni sekali pun seperti yang Ki Alus akui yang mampu menguasai semua keilmuan yang ada di sini, karena manusia hanyalah makhluk yang serba terbatas kemampuannya, karena itulah blog ini dipakai sebagai ajang tukar pengalaman spiritual, dan bagi sedulur yang berkeinginan belajar itu hak pribadinya karena memang sudah di paparkan adapun baik atau buruk pengamalan nya di bebrayan itu akan berimbas pada diri pribadi masing-masing, di samping itu seperti yang dikatakan para “winasis” bahwa ‘ngelmu” tidaklah seperti kata pepatah bila makan cabe akan langsung terasa pedas nya di mulut, tapi “ngelmu” harus istiqomah karena Allah Yang Maha Tahu sudah saatnya kah ilmu itu diberikan pada hambaNya.
    Ki Alus bukan maksud saya menggurui siapa pun, tapi komentar ini hanya sebagai wujud emphaty saya pribadi terhadap blog “Kampus Wongalus” yang aki pandegani ini, jadi kesimpulan saya blog ini masih banyak berguna dan manfaatnya bagi orang lain dan tidak layak untuk di hapus ya Ki.
    Mohon maaf ya Ki bila ada kata-kata yang tidak berkenan, semoga Aki senantiasa di lindungi Allah SWT dari segala mara bahaya. Amin.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb.

  52. anggi abriko

    jagan.dihapus saya mohon karena atas kehadiran blog ini saya bayak mendapatkan hal2 baru

  53. ust.ahmad yunus

    KAJI DIRIMU LEBIH DALAM
    TEBARKAN KASIH SAYANG
    SEJATI KAN KAU DAPATKAN

  54. ASAALAMUALAIKUM…

    ALFATIKAH SENT KI ALUS

    MOHON AMAT SANGAT BLOG YANG SANGAT BERGUNA UNTUK GENERASI NUSANTARA INI ” JANGAN DI HAPUS” . PERJALANAN BLOG INI AMAT SANGAT LUAR BIASA DENGAN ALASAN KEYAKINAN SAYA PRIBADI BLOG INI MAMPU MEMBUAT SAYA AKAN MENEMUKAN APA YANG SAYA CARI. BAGI YANG HAUS AKAN PERJALANAN HIDUP UNTUK MENYIAPKAN HIDUP KEMBALI TENTUNYA AKAN SANGAT KEHAUSAN DAN MUNGKIN KEBINGUNGAN JIKA BLOG INI DI HAPUS. BLOG INI MERUPAKAN REFRENSI YANG AMAT SANGAT BERGUNA.

    SEKALI LAGI MOHON JANGAN D HAPUS KI…….PLEASE…….!
    KARENA SESAT TIDAK YANG BERHAK MEM VONIS ADALAH TUHAN PENCIPTA ALAM SEMESTA. ALLOHUAKBAR.

    MOHON MAAF DAN MATUR SEMBAH NUWUN.
    TERUSLAH BERKARYA KI……….

  55. lunatic070

    menurut saya blog ini jangan dihapus, isinya banyak yg berguna.
    Tulisan2 di blog ini juga banyak yg menggelitik pikiran tentang hakikat kemanusiaan yg sebenarnya. Tidak hanya amalan yg berguna saya dapatkan disini tapi juga pikiran2 mencerahkan tentang hakikat ilmu dan kemanusiaan.
    Menurut saya pribadi blog ini jangan dihapus ya

  56. Frans

    Yang jelas semenjak pada ribut “pamer ilmu” kek.. “polling ilmu” kek .. “kirim sms/telepun” kek… apalagi enggak jawab komentar para pembaca, dari situlah rasa sayang & demen sama bapak (yg entah siapa nama Anda) berubah menjadi rasa benci & dendam, seolah2 Anda sbg pengasuh blog ini susah skali “dijangkau”.

    Dan, soal artikel/ilmu/ajian kiriman pembaca sebaiknya enggak usah ditampilkan saja, pak. Soalnya sebagian ilmu/ajian yg dikirim para pembaca bisa ditemukan di buku2 picisan yg banyak dijual di pasar loak. Lebih baik bapak meng-upload artikel/ilmu/ajian yg pernah dipraktekkan ato minimal berbagi pengalaman nyata bukan sekedar mantra/rapalan yg enggak jelas asal usulnya.

    Dihapus ato tidak?
    Saya hanya bisa komentar .. MENGHAPUS BLOG = ORANG FRUSTASI !!

    Lebih baek bapak istirahat beberapa hari & vakum dulu dari dunia internet. O ya, jgn lupa ganti nomor HP, pak (biyar gak ada lg sms nakal). Ntar kalo dah agak tenang, barulah upload artikel2 segar lagi, ok pak… suwun. ^ ^

  57. bimashakti

    wah jangan dihaps ki , saya sangat senang dengan blog ini

  58. sawari

    Ass, wr. wb,

    Memang sangat Ironis Ki…dikala Kita akan berbuat suatu kebenaran pasti ada aja Rintangan nya . dalam hal saya sebagai orang awam, yang masih sangat miskin Ilmu. mengharap kepada Ki wong alus dan pengelola Blog ini untuk meneruskan dan tetap membuka Blog ini sesuai dengan cita-cita awal ki wong alus di kala akan membuat BLog ini, mengingat menuntut ilmu wajib hukum nya bagi umat muslim. sekiranya ini pendapat yg dapat saya sampaikan KI….semoga bisa jadi bahan pertimbangan.

    wassalam

    sawari

  59. achykus

    ass .ki wongalus .jgn dihapus blog ini .

    wassalam

  60. ki ageng takeran

    Aswb, blog yang sangat menginspirasi banyak orang….selayaknya dimanfaatnya banyak orang….wass

  61. Samiaji

    Salam kagem wong Alus,,,,,,

    Adanya blog ini sangat berguna untuk membuka tabir yang selama ini selalu ditutupi.

    Setiap produk tentu ada gunanya dan kadarnya sejauh mana orang memerlukannya. Mbok ya yang gak merasa membutuhkan produk2 disini biar nyingkir saja. Kalau ngukur benar salah hanya dari satu sisi,, ya gak bakal ketemu,,,

    Gitu saja wong Alus,,, bahwa apa yang terpapar disini bisa merugikan salah satu fihak,, syah2 saja, tapi kalau apa yang ada disini bisa memberi kebaikan kepada beberapa laen pihak khan itu lebih baik.

    Maju terus Wong Alus,,,,,

  62. Kritik merupakan sebuah kasih sayang
    pengiriman energi merupakan sebuah perhatian
    jadi berbahagialah karena ada yang menyayangi wong alus

    tinggal di saring aja kiriman yang masuk
    kalau perlu, orang tersebut yang mempublish sendiri kirimannya, toh di wordpress ada fitur banyak user untuk posting

  63. Agenda

    tujuan kearah kebaikan tidak selalu lancar dan mudah seperti kita mengendarai mobil di dalam Toll dan itu adalah hal yg sangat wajar kalo ada orang yg sirik or mengirim energi negatif. kalo menurut saya pribadi dengan adanya blog ini seseorang bisa menguasai sebuah ajaran or pengetahuan tanpa harus mengeluarkan uang dimana blog lain MENJUAL pengetahuan dengan harga yg sangat malah dengan hasil yg mungkin/belum tentu terbukti. WONG ALUS menurut saya dilanjutkan saja. terutama bagi para sesepuh yg ingin ikutan berbagi ILMU (terutama yg GRATIS) via Blog ini sehingga Blog ini jadi semakin di minati pembaca dan kebaikan WONG ALUS beserta sesepuh mendapatkan kebaikan di mata Allah SWT. Amiiinnn

  64. kumaidi

    Maju terus pantang mundur Ki ! biasanya orang yang protes itu iri,dan iri itu tanda tak mampu dan dia menginginkan pengetahuan itu diperjual belikan.

  65. dodhi

    Asslmkm ki.Klo menurut saya lebih baik blog ini jangan dihapus Ki.Slnya blog ini banyak memberikan wacana baru bagi kita tentang budaya leluhur yang adi luhung.Jadi tetap maju terus Ki

  66. Bayu pamungkas

    Jangan terpancing kritikan dan teror ki, ibarat pohon semakin besar semakin besar pula angin yg menerjang. Kalau ki alus bisa sabar insyaALLAH ada jalan keluarnya . Orang yg mengkritik itu mungkin orang yg lagi stres atau gila. Sabar aja ki. BECIK KETITIK OLO KETORO

  67. joni

    banyak yg terbantu pencapaian spritual nya melalui blog ini…
    saya sangat menunggu postingan ki alus…
    semoga makin banyak orang yg terbantu oleh kehadiran blog ini…
    salam persaudaraan langgeng selalu buat Ki alus,para sepuh pengasuh n pencinta blog ini !!

  68. saraswati

    HAPUS AJA KI
    apalagi manusia seperti jaman sekarang ini sudah banyak terombang ambing oleh keadaan maupun kebutuhan jadi saya setuju kalu aki MENGHAPUS SAJA pikiran” manusia yang sudah menilai seseorang cuma dari tulisannya saja tapi tanpa memahami hakekat sebenarnya
    jadi tlg HAPUS SAJA pikiran terhadap orang”yang tidak setuju dengan tulisan aki kan buuuanyaakkkk yang setuju dengan aki termasuk saya lho
    hiiiiii……hiiiiii……….wassalam ki

  69. K Hadi

    Asslm’kum
    bolen urun pendapat ya Mas,
    Memulai itu sudah susah, apalagi merawat – pasti lebih susah lagi. Saya yakin sampeyan mampu merawat apa yang sudah sampeyan mulai dengan baik dan niatan baik, karena yang pernah diajarkan para guru bahwa Gusti pasti tidak akan membebani hambaNya diluar batas kemampuan.
    lanjuuuuuutt. itu aja
    Wassalam

  70. dyah

    Ass wr wb.
    SELURUH DEWAN PENGASUH KAMPUNG WONG ALUS saya minta tolong jangan dihapus BLOG INI krn sejak baca blog ini saya merasa telah menemukan KELUARGA,ORANG TUA,SAUDARA,GURU,TEMAN DAN SAHABAT BLOG INI SANGAT MEMBANTU SAYA DALAM MENGERTI HIDUP SAYA BANYAK BELAJAR DARI BLOG INI ,JANGAN HIRAUKAN ORANG2 YG IRI PADA BLOG INI KARNA IRI TANDA TAK MAMPU.MAJU TERUS PANTANG MUNDUR KI ALUS SANGAT BANYAK YG MENDUKUNG PANJENENGAN KI.

  71. mamat

    Ass.wr.wb . . .
    Kepada seluruh jajaran kampus wong alus beserta pihak yang terkait, JANGAN PEDULIKAN omongan orang2 yg sirik dengki, biarpun anjing menggonggong kampus wong alus TETAP LANJUTKAN . . .
    Lanjutkan terus ki . . .
    wassalam

  72. yuhandri pane,ss

    Salam….!!!! maaf ki alus sy harap blog ini jng dihapus, karna bnyak yang uda merasakan manfaat yng diambil dari blog ini, nah masalah yang mana mau diambil itu terserah pribadi masing masing dong, sebenarnya tidak ada ilmu putih dan ilmu hitam, yang jelas ilmu itu tergantung orang yng bawaknya, kalo dia punya ilmu putih tapi di buat untuk nyantet orang ayooooo gimana, sebagai contoh: didlam Alquran ada surat at talaq kalo ayat itu ditulis di kertas lau dihapus dengan air lalu di siramkan ke tempat usaha seseorang dipastikan orang tersebut bangkrut. nah ini yang harus disebut sesat, jadi ki alus jng takut ajal itu di tangan Allah, nabi sendiri gak bisa jamin nyawa seseorang apalagi orang yang iri,dengki. maju terus ki pantang mundur KAMI DOA KAN AGAR KI ALUS BESERTA STAF KAMPUS WONG ALUS SELAMT SEJAHTERA AMIN AMIN AMIN

  73. Ass…,Ki tlg jgn d hpus blog ini.krn bny ilmu2 pelet yg gratis dsni yg sdh kusalin n kupelajari.dan hasilx memuaskan.krn uangku sdh hbs berjuta juta to bli ilmu2 pelet yg hrgx selangit,tp nihil hasilx d majalah misteri n liberty.
    skrg sy dah ga pny uang lg,mknx sy cri ilmu2 pelet yg gratis disni,dan ternyata bny kutemukan d blog ini.
    sy pecinta blog ini ki,salam dri sy ki….
    sekali lg jgn d hpus ya ki,wassalam…????

  74. sawari

    Ass wr wb

    Kini sudah jelas dengan nyata Ki, Semakin banyak dukungan kepada Blog ini untuk tetap di buka dan diteruskan, berarti masih banyak orang yg membutuhkan Blog ini sebagai sarana dan sumber informasi yang jelas dan dapat di percaya, untuk itu saya mengharap kepada Ki wong alus dan pengelola Blog ini untuk segera dapat membuka kembali sebagai mana biasa yang yang KI wong alus serta pengelola blog lakukan.
    matur nuwun

    wassalamualaikum

  75. Wissanggeni

    Kulonuwun…………

    Kagem wong alus…..website meniko ampun disirnakne…
    kanggo wong jowo,,,website niki sae,,,kagem nglestariake,,budaya jawa,,,>>>nyuwun lepatipun..boso jowone ra karuan…..suwun…

  76. Boediawan

    Assallamu’alaikum wr.wb.
    MOHON JANGAN DIHAPUS,sebab blog ini begitu banyak memberikan manfa’at kepada sebagian orang (termasuk saya) sebab blog ini bagi saya ibarat kampus UT (universitas terbuka) hampir setiap hari/saat saya kuliah disini,biarlah pepatah mengatakan ” anjing menggonggong kafilah berlari eh..! Ma’af, Berlalu ” dan kepada rektor,purek,dosen2 universite wongalus kalau boleh saya usul (cuma usul lho!) bagaimana kalau blog ini tidak dishere vulgar (untuk mengindari orang-orang yang hanya ” selayang pandang ” dan akhirnya hanya bisa mengujat,mencaci,dsb seakan-akan kebenaran hanya milik dia! (Na’udzubillah),usul saya selanjutnya,jadikan saja blog ini suatu forum (di passwordkan) untuk bisa mengakses blog ini/hanya member,saya rasa mamfa’atnya lebih besar disamping untuk mengindari orang-orang miring seperti itu juga jadi terfokus,dan kedepan bisa kedepankan jadi ajang silaturohim,berbagi pengalaman dsb,itulah usul saya,selebihnya terserah pinisepuh wongalus sedoyo (mungkin usul ini bisa dipollingkan? He…he..).terimakasih,wassallamu’alaikum,wr.wb.

  77. nano sensei

    gak usah bu rani, terus berkaryalah niatnya demi misi keselamatan untuk umat manusia itu yang membuat kita termotivasi agar konsisten dalam hidup. He…he….memang orang yang nyuruh mandeg itu usil ( sifat iri dengki dan sakit hati kalee….) saya juga baca blog burani. tapi yang baca blog ini harus wisdom. seperti hermawan kerta jaya ” bagaimana dengan pendapat anda”……………………..

  78. tri

    Yang penting “NIAT” KI Wong Alus… ,klo niat kita baik ,jangan pernah mundur atas orang -orang yg kontra dgn kita.
    Bisa jadi mereka itu mencari keuntungan dengan memperdagangkan keilmuan yg ada ( komersil ) ,hingga merasa sakit hati atas blog yg KI buat ini secara ikhlas, mereka tidak sadar bahwa ada banyak org yg butuh akan tetapi tdk sanggup memahar / membeli keilmuan tsb…., ya mungkin seperti saya ini ..heheheh.

    maju terus KI ,yg penting NIAT , YME pasti tahu dan maha mengetahui.

  79. Hascaryo

    Sugeng Siang Ki ,

    Monggo dipun lajengaken medar-sabdo Ki.
    Kawulo pitados satunggal + satunggal inggih tetep satunggal.
    Maturnuwun

  80. Maju terus pantang mundur ki….Anjing menggongong kafilah berlalu…Syirik tanda tak mampu …he..he..

  81. Org yang protes itu hanya org yg iri,mreka tdk punya hak untuk melarang memangnya blog ini milik mreka….
    mohon jangan di hapus ki

  82. Alam Kobar

    Assallammualaikum wbt…
    saya dari Sabah, Malaysia. Saya sering melawat laman ini untuk mencari ilmu yang sangat ingin dipelajari dari kecil dahulu. Kebetulan saya juga mempelajari seni silat yang berasal dari Demak iaitu warisan kanjeng Sunan Kalijogo.
    Amat merobek hati jika laman blog ini dihapuskan kerana saya di Malaysia kurang pengetahuan tentang keilmuan yang aneh lagi pelik tapi amat seronok dipelajari.
    Usah dengar omong orang yang cetek ilmunya. Seperti kami di Malaysia, gerakan wahabiah ini banyak merosakkan Islam di sini hingga adat dan budaya kami juga telah rosak. Kenapa saya mencopkan gerakan wahabiah ini yang ingin merosakkan laman blog ini? Ini kerana gerakan mereka yang sesat itu telah lama dikesan dan bergerak lancar menghapuskan apa sahaja sama ada budaya, kepercayaan malah Islam itu sendiri.
    Ki Wong Alus..teruskan aja blog ini. Kami sentiasa menyokong anda 🙂

  83. ki alus kalau boleh berkomen rasanya blok ini tidak menyimpang dari isi alam yaitu ada guru ada murid. kalau mau dihapus mungkin cara pandang yang menghapus itu melihatnya dari bawah.silakan dipetani sendiri maknanya. salam ugi maturnuwon kangge ki alus engkang sampun maringi petunjuk dateng kulo

  84. wong djowo

    Salam hormat dalem ingkang ki wongalus dan sedulur sedoyo. Menanggapi hal ini dengan tegas saya “MENOLAK PENGHAPUSAN BLOG” bagaimanapun blog ini telah menyumbangkan sumbangsih yang besar sekali bagi kita yang memperdalam ajaran leluhur yang kaya.

    Bilamana ada pihak yang tidak setuju hendaklah tidak memperdebatkan silahkan saja meninggalkan Blog. Toh memang tidak mengganggu siapa2 lantas adakah “HAK APA” bagi yang tidak suka akan blog ini mengganggu ataukah mereka merasa dirugikan ??? Lalu siapakah yang berhak memutuskan benar & salah apakah itu HAK MANUSIA ??? Sama sekali bukan HAK mereka untuk menilai benar, salah, baik atau buruk semua ada di kewenangan GUSTI MURBENG DUMADI DADI sang penguasa alam Gusti Allah SWT.

    Maap Ki agak emosi bagi mereka yang menghujat atau bahkan melecehkan.
    Untuk KI wongalus saya dukung 1000% teruskan Blog yang manfaat ini. Bagi mereka yang tidak suka silahkan untuk menutup internet dan tidak mengaksesnya selesai toh. Tidak ada paksaan didalam mempelajari atau menguri-uri budaya leluhur kita yang luhur.

  85. HAPUS SAJA BLOG SESAT INI!!!!!!!!!!!!! ………sebagai gantinya bikin yg self hosting http://www.wongalus.com :mrgreen: dan kalo saya boleh usul ki, mbok tidak hanya keilmuan yg berasal dari kultur jawa atau arab saja tapi juga seluruh nusantara biar komplit…..o iya ditunggu lho tulisan2 ttg hakekat dan filsafatnya, keknya dah lama kita tidak berdiskusi :mrgreen:

  86. ahmad murtadlo

    jangan dihapus ki………biarkan bermanfaat bagi yang membutuhkan pencerahan seperti saya. yang tidak butuh ya…..biarkan saja.

  87. ahmad murtadlo

    jangan terlena ketika disanjung. dan juga jangan menyerah ketika dibenci. yang ikhlas ki……. dungo dinungo, sepuro sinepuro. salam

  88. yudi

    jangan dihapus ki, blog wong alus lahir karena sejarah dan tidak akan hilang dari sejarah. Di tengah-tengah kehidupan anak2 bangsa yang saat ini terhimpit oleh berbagai beban ekonomi kehadiran blog wong alus ibarat setetes air di padang pasir yang gersang, disaat seluruh sendi-sendi dan aspek-aspek kehidupan termasuk didalamnya adalah ilmu dan ngelmu yang selalu diukur oleh nominal mata uang, yang susah di jangkau oleh mereka yang papa…..maka kehadiran blog wong alus adalah sarana mediasi yang tepat bagi anak2 bangsa yang ingin mendalami karunia dan barokah sang khalik. Mewakili anak2 bangsa yang papa kami ucapkan ribuan terima kasih dan tetap dirgahayu kontinuitas blog wong alus ini. Maju terus demi rakyat dan agama.

  89. Bambang

    MELAWAN ARUS

    Ketika semua jadi komoditas termasuk ilmu metafisis lha Wong Alus koq malah menggratiskan, tentu saja para pemilik blog yang jualan kebakaran jenggot lha otomatis income-nya kan berkurang. Apalagi mereka kan menempatkan diri dimaqom yang luhur lah tibah-tibah ditelanjangi dan didesakralisasi tentu akan mengerahkan segala upaya untuk menjatuhkan Kampus Wong Alus. Coba dikampus sebelah berapa puluh/ratus juta mahar yang harus kita setor untuk mendapatkan matrikulasi ilmu-ilmu yang konon langka dan perlu riyadoh berpuluh tahun. Ya ujung-ujungnya takut periuknya nggak ngebul dan pamornya jatuh dengan dalih plagiatlah syiriklah.

    Memang segalah sesuatu pasti punya dua sisi. Manfaat dan madhorot. Kaya listrik saja manfaatnya besar tapi jika lengah kesetrum, konsleting bisa fatal. Tentu para sesepuh saya harap bimbingannya agar bermula dari ilmu kanoman berlanjut ke ilmu kasepuhan. Tetap bergantung Pada Alloh sehingga apa yang dikhawatirkan dalam surat jin ayat 6 tidak terjadi.

    Go ahead Wong Alus

  90. selor

    Salam hormat buat Ki Wong Alus..

    Saya hampir tiap hari membuka blog ini dan saya merasakan manfaatnya dengan mendapatkan wawasan-wawasan baru yang selama ini tidak saya peroleh baik dari dunia maya atau dunia nyata.

    Filsafat dan hakikat kehidupan yang ada di blog ini sangat membantu saya dalam menyikapi kenyataan hidup yang saya hadapi.

    Saya menyadari bagaimana repotnya Ki Wong Alus merawat dan memelihara blog ini. Tapi saya yakin bahwa Ki Wong Alus mampu untuk melakukannya.

    Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya buat Ki Wong Alus atas apa yang sudah saya peroleh manfaat dari blog ini. Saya masih berharap memperoleh manfaat yang lebih dengan membuka postingan lama dan berharap dari postingan baru.

    Sekali lagi, terimakasih atas terpeliharanya blog ini.

    Salam hormat dari saya,

    Selor

  91. beni

    saya rasa jgn di hapus karena ilmu” yg ada sngt penting….
    di sini saya menemukan berbagai pemecah mslh saya,
    tolong jgn di hapus…….

  92. SRS

    Ass, Wr. Wb.

    PENTING !
    HARAP DIBACA !

    Yang perlu dihapus adalah sifat iri, dengki, merasa paling benar, dan segala bentuk penyakit hati orang-orang yang tidak puas.
    Bukan BLOG INI.
    Maju terus Wongalus.
    Sejatinya, bila kita tidak ada niat buruk dalam membagi sebuah pengetahuan atau ketidaktahuan, maka bukanlah salah kita jika pengetahuan dan ketidaktahuan tersebut disalahgunakan atau disalahartikan.
    Terus terang, bagi para pengunjung blog ini yang budiman, sudah sepatutnya kita menjaga agar blog yang kita cintai ini tidak menjadi sebuah blog murahan dimana kita dapat seenaknya bertanya dan meminta-minta agar dimurahkan rezeki, dimudahkan urusan, atau diberi suatu keilmuan seperti blog-blog atau forum-forum lainnya.
    Jadikanlah blog ini sebagai suatu wadah kita menimba ilmu dengan segala kekurangan dan kelebihan kita maupun dengan semua pengetahuan dan ketidaktahuan kita.
    jikalau isi blog ini tidak dapat memuaskan hati dan perasaan kita, kembalilah kepada Yang Maha Besar, Yang Maha Kuasa, Yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu Yang Gaib, Sang Maha pencipta.
    KepadaNya-lah tempat kita meminta-minta. KepadaNya-lah kita bertanya-tanya. Dan kepadaNya-lah kita mengembalikan semua urusan sesuai dengan Qada dan Qadar yang telah ditentukannya.
    Hendaknya kita ikhlas jika suatu hajat tidak tercapai. Niscaya Insya Allah Sang Maha Penyayang akan memberikan kita sesuatu yang lain untuk kita dapatkan.
    Bagi yang telah merasakan manfaat dari Blog ini, hendaklah bersyukur kepada Sang Maha Pengasih.
    Bagi yang belum, teruslah berusaha dengan niat baik dan ikhlas.
    Teruslah berbagi Wongalus.

    Illa khususon Si Fulan yang tidak kuketahui namanya, Wongalus,
    Al-Fatihah.
    Amin Allah Semesta Alam.

    Was, WR. WB

  93. Assalammualaikum Wr.Wb.

    Saudaraku Ki Wong Alus…yang banyak sabar ya..
    Perjuangan ke depan masih sangat panjang dan melelahkan.
    Aku mendukung blog ini tetap eksis, tentu dengan beberapa batasan yg bisa diatur agar asas manfaat yang diharapkan lebih menonjol, misalnya dengan melakukan proses validasi terhadap komentar yang masuk, jangan terlalu bebas untuk saling menghujat.

    Selamat berjuang terus…

  94. win

    ki,,tolong di renungi kata2 saya,,misal anda mengucapkan salam di depan orang banyak,,pastilah salam anda di jawab banyak orang,,padahal anda ber ucap satu kali,,betapa besar pahala yg anda terima???begitu juga blog ini,,sekali upload,,ilmu anda akan di amalkan banyak orang,,,betapa besar jasa anda yg tanpa pamrih ini,,jangan pernah punya niat hapus blog ini,,,dan ijinkan saya copy seluruh isi blog ini,,klo boleh nitip kata,,ber agama itu akan lebih baik bila ber spiritual,,kira kira begitu….

  95. gabung lewat email

  96. ratu wahdat

    Siapa zaman sekarang ini yang betul2 bisa menjamin dirinya dg segala amalan nya masuk surga?apakah sudah pernah ber jumpa dg hakikat yg sebenarnya?hanya ALLAH yg bisa memvonis sesat. manusia kan punya filter dalam mempelajari sesuatu.sekedar menambah wawasan alangkah baiknya blog ini tetap exist

  97. joe

    pihatur… kang mas wongalus, merenung cukup lama ketika saya membaca ini, pikiran saya berkata jangan hapus blog ini, tapi hati saya berkata, hapus saja… blog ini, dan setelah merenung lagi sesaat, hasilnya JANGAN DI HAPUS Ki, blog ini merupakan salah satu sarana pemersatu yang sangat efektif bagi yang selama ini masih berserakan… (ilmu, cahaya dan kekuatan). di lanjut saja Ki, Salam.

  98. http://hidayatulijazah.blogspot.com(pengasuh Gus widodo).laaaillahaillaah muhammadarrasululloh, allahuakbar.dengan menyebut kebesaran allah mohon blog ini JANGAN DIHAPUS,JANGAN DIHAPUS, JANGAN DIHAPUS. blog ini adalah blog yang bermanfaat untuk merubah jiwa manusia menuju MANUNGGALING KAWULA GUSTI, ngerti ing sejatine manungso. blog ini penuh khasanah spiritual yang merupakan dakwah menuju MANUSIA SEJATI.biarkan orang berkata sesat. mereka belum tahu HAKEKAT MANUSIA SEJATINING GUSTI.mereka hanya memperturutkan hawa nafsu.
    ALLOHUAKBAR….ALLAHUAKBAR…..ALLAHUAKBAR.

  99. Ki Lang-Lang Buana

    Janganlah Dihapus Karena Blog Ini Sangat Berguna Dan Membantu…………

  100. Ki Lang-Lang Buana Ksatria Tunggal sejati

    Janganlah Dihapus Karena Blog Ini Sangat Berguna Dan Membantu…………

  101. asep

    klo menurut saya sih sebaiknya postingan di blog ini di filter sama aki dari yang mendekati syirik dan semacamnya untuk tidak ditampilkan dan aki ndak perlu menghapus blog ini.
    dan menurut saya isi blog ini sudah campur aduk ….saya kuatir bagi orang2 awam tidak dapat memilah mana yang bermanfaat dan mana yang madarat.

  102. asep

    o y satu lagi kenapa blog ini ada gambar sederetan cewe ….. (headernya)
    mohon di fitrahkan blog ini…..

  103. Frans

    Iya ya kok ada sederetan cewe2 SPG… wkkk!!
    Lumayan seger juga.. ^ ^

  104. ali semarang

    Assalamu’alaikum WR WB

    Semoga Allah AzzaWajalla melindungi Ki Wong Alus dan Ki Kusuma dewa. Mohon Panjenengan jangan berputus asa dalam menularkan ilmu kepada al Ikhwan semua, tentu saja banyak yang tidak suka karena panjenengan memberikan khasanah ilmu bebas biaya. sedang mereka (ada beberapa yg saya datangi) mematok harga mahar yang mahal untuk tiap ilmu yg di ajarkan ( ijazahkan ).
    padahal akan hilang jika tidak segera di turunkan. saya akan setia bermuajahah ke kampus wong alus.
    walaupun saya saya harus menelpon untuk minta ijin nglakoni. dan selama ini baru satu ilmu yang saya lakoni, atas seizin panjenengan via telpon.
    mohon maaf jika saya belum bisa silaturahim secara langsung.

  105. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Kepada Yang Sangat saya Hormati… “KI WONG ALUS”..
    Bagi saya Blog ini sangat bermanfaat sekali, baik sebagai wacana maupun sebagai ajang TUKAR KAWRUH tentang hal – hal metafisika.
    Dan hanya blog KI WONG ALUS ini yang saya nilai benar-benar IKLASH TANPA PAMRIH untuk berbagi berbagai ILMU.
    Sebagai contoh, saya pernah tanya tentang amalan ASR….., Masya Alloh…???
    Dia Minta transferan duwit yang bagi aku nilainya sangat banyak…!!!!
    Menurut aku, Tak Perlu KI WONG ALUS memperhatikan KRITIK mereka-mereka yang sebenarnya ketakutan karena segala ILMU dibabar disini secara GRATISSSSS.., dengan kata lain mereka-mereka PARA PENJUAL ILMU tersebut amat sangat ketakutan dengan BLOG ini yang serba GRATISSS….

    Saya Mohon dengan Sangat KI….TOLONG JANGAN HAPUS BLOG INI….,
    Kalau saya amati Banyak sekali penggemar Blog ini yang amat sangat kecewa bila nantinya jadi dihapus…

    HIDUP KI WONG ALUS…!!!!
    SEMOGA ALLOH SWT SENANTIASA MEMBERI BERKAH PANJENENGAN….!!!!
    MATUR NUWUN
    WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

  106. sang pencari

    Salam sih rahayu…..
    Blog ini jangan pernah dihapus, karena hanya blog inilah satu-satunya yang mengajarkan amalan-amalan dan doa-doa tanpa pamrih rupiah. Sekarang banyak sekali orang-orang yang memiliki ilmu tetapi masih berharap pamrih dari ilmunya tersebut. mereka menjual doa,padahal doa itu adalah milikNya, setiap orang berhak mengetahuinya….
    Maafkan bila kata-kata saya ada yang salah,semata-mata karena kebodohan saya yang masih dangkal pengetahuannya.
    Salam sih katresnan……

  107. nataurip

    Ki, kenapa harus dihapus, blog ini merupakan gudang penetahuan bagi saya. Saya belajar banyak dari blog ini. Saya lagi belajar menata hidup saya kembali. Sahadat Serba Guna yang dikirim oleh KI Cagak Alam sampai sekarang saya amalkan.

  108. Gaguguk

    BUAT KI WONGALUS

    MOHON JANGAN DIHAPUS….BLOG INI TAK TERNILAI HARGANNYA….

    SALAM SEJAHTERA BUAT SAUDARA2KU SEMUA…..

    BUAT KI WONG ALUS MASIH DITUNGGU ARTIKEL2 NYA….

  109. soe

    assalamu’alaikum wr.wb. . .
    menurut saya :
    blog ini gak usah di hapus karena sangat bermanfaat bagi saya pribadi. .
    dapat menambah wawaan tentang ilmu” kebatinan. . .

    maka dari itu saya mohon kepada ki wong alus untuk tidak menghapus blog ini. . .

    adapun orang yang tidak suka terhadap blog ini sebaiknya gak usah menbukanya. . .

    kesuwun. . .
    wassalam. . .

  110. sugo

    perlu di hapus atau tidak ? jawabnya di anda sendiri. tiap orang punya pemikiran kebenaran menurut fersi mereka sendiri. begitupula dengan anda. apapun yang kita lakukan akan ada benturan pro dan kontra. maksud saya begini semua jawaban ada di anda. ketika awal anda mendaftarkan blog ini anda tentu sudah memiliki misi dan tujuan. sekarang blog ini telah banyak di kunjungi orang. dan demikian pula masalahnya. sehingga perlu dipertimbangkan lagi apakah ini sesuai dengan misi anda. dan tujuan anda. klo tidak silahkan terus. klo melenceng ya di perbaiki. harapan saya jangan ditutup. tapi diperbaiki yang kurang apakah sesuai dengan tujuan kebenaran.aki

  111. saya…dukung terus saja jangan hiraukan orang.

  112. maaf….saya perkenalkan dirisaya,saya sangat mendukung.dan saya
    berharap dapat kenal dekat dengan WONG ALUS,seperti saya kenal dengan KI SABDA LANGIT.saya sangat senang di negeri kita masih ada
    orang yg peduli dengan pemahaman-pemahaman kebijaksanaan lokal
    dimana indonesia 3juta tahun yg lalu sangat terkenal baik kekayaan alamnya maupun ilmu-ilmu spiritualnya,mari kita sama sama gali temukan ilmunya.jangan biarkan terkubur hanya kata SESAT,apaitu sesat yg di katakan sesat kalau orang itu tidak tau apa yg disembah,sy bukan mau mengkritik satu agama tapi karena di indonesia mayoritas org beragama ISLAM org islam sendiri banyak yg tidak tau tuhannya jadi banyak orang yg tidak tau yg di sembah apakah ini tidak SESAT.

  113. Panembahan Senopati

    Salam Kenal sebelumnya
    Kebanyakan dari pemilik ilmu di negeri ini memang terkadang merasa tidak ikhlas ketika ilmu nya bocor… seperti warung makan yang ketauan dapurnya mereka malu.

    Saya ikut perguruan disana sini adanya hanya klaim dan klaim kebenaran ilmu, setelah saya pelajari memang motifnya kembali ke ekonomi karena ilmu mereka tidak bisa di jual lagi…

    Saya salut dengan blog ini karena dipaparkan semua ilmu blak-blakan masalah terbukti atau tidak itu tergantung pribadi masing-masing karena inti ilmu adalah niat, meskipun dengan mantera panjang lebar tapi selama ini yang saya rasakan justru dengan kata-kata sugesti singkat seperti “Allah” (pengalaman saya) malahan lebih terasa dan mudah.. memang terkadang laku yang rumit perlu untuk membuat lebih yakin

    Alangkah baiknya di tambahkan keterangan “di sadur dari”, “dikirim oleh” dsb sehingga para komplainer 🙂 (gak tau bahasa kerennya) tidak komplain ke admin

    Jika web ini dijual oleh admin wah luar biasa…. bisa PULUHAN JUTA bahkan MILYAR harganya.. Semoga anda menjadi orang yang mendapat berkah dari Gusti Allah karena tidak semata-mata komersil

    salam sejahtera.. wassalam

  114. bagus satrio

    saya nggak bisa komen yang panjang2 sepertipara sedulur semua postingkan…. cuman saya hanya bisa ngasih semangat “rawe rawe rantas malang malang putung”

  115. Woi ..Jangan di apus om hehe

    memang ada bbrp point yg harus diperhatikan dalam beramal yaitu niat dan tatacara. saya yakin niat mas sangat baik dan tata cara beramalnya juga sudah benar. biarlah “komentar” Alloh SWT yang kita perhatiin betul betul, dan anggaplah komentar kita2 sebagai “tuker pikiran dan perasaan”. yg bener ambil dan doain, yg salah kita benerin dan kita jadikin pelajaran.

    energi negatif jangan sampai membuat negatif diri kita kang …yakin aja Alloh SWT bakal melindungi akang, juga doa2 semua hadirin menyertai pula

    yg jadi persoalan kan audiens nya, dan itu diluar jangkauan dan kemampuan akang. ..ada yg dateng kesini, pengen tau doang, ada yang emang butuh, ada yang udah merasa pinter dan tau, macem macem lah..

    ilmu ga ada yang sesat …KITA NYA YANG SESAT ..

    saran saya, ada baiknya untuk memilah dan memilih kontibutor dan artikelnya. atau yg sederhana, tolong bikin halaman “disclaimer” , yg berisi petunjuk singkat mengenai tips bagaimana menyikapi artikel yg termaktub di website ini. jangan sampai orang lain sesat karena salah atau kurang bijak menyikapinya …

    maju terus kang Wongalus, bismillahirrohmanirrohim..

  116. bingungnya lelaku

    jangan dihapus euy.
    biar tau..kalo org ngamalin semua yang diatas….suer…. gak akan keluar-luar seharian atau seumur hdup…berarti….ada bnang merah diantara semuanya….
    yakni…yakin pada tuhan…….
    semua yg diatas hanyalah metode sseorangggggg…
    sory nulisnya gi mimpi…..jangan dianggap

  117. snakepite79

    Salam Ki wongalus..

    Keilmuan yang ada di nusantara ini sebenarnya tidak akan pernah bisa dihapus, blog ini hanya sebuah media yang menceritakan dan menyajikan informasi tentang nya… jadi dihapus atau tidaknya media ini tidak akan mengubah esensi nya (bahwa ilmu itu exist), lagipula didalam blog ini tidak ada keharusan bagi pembacanya utk mengamalkan seluruh informasi yang dituangkan didalamnya, dan tidak pernah ada sebuah ikatan yang menyimpang dari norma-norma agama dan sosial antara pembaca dan pembuat media ini.
    selama nilai-nilai itu hidup di media ini… HARAP JANGAN DIHAPUS…

  118. Jaka Tunggal

    Assalamualaiakum ki,
    Saya mohon jangan hapuskan blog ini. Kerna ramai lagi yg mencari dan untuk memahami rahsia2 yg mereka tidak ketahui. Sedulur semua boleh berkongsi amalan yg mereka miliki sekiranya mereka ikhlas dan diizinkan untuk membentangkannya……………hidup Wongalus

  119. tengku ahmad

    Assalamualaikum ki. saya mohon ki jgn hapuskan blog ini. d blok inilah tempat kita berbagi pendapat, maklumat, dsb nya.

  120. KOLOR BEDAH

    wah klo di hapus ntar aku meguru kemana..
    bisa di bilang v aku ndak ngerti ttg kejawen dan kepengen tau lebih dalam ttg kejawen, mewskipun aku adalah orang jawa tulen,ya emang banyak sekali generasi muda yang sudah melupakan budaya jawa ya seperti saya ini .,,, hehe..
    last
    MOHON JANGAN DI HAPUS BLOG INI ..
    AKU MASIH INGIN NGAJI DENGAN KI WONG ALUS….
    YA MESKIPUN ADA SEDIKIT HAL YANG KURANG BERKENAN DI HATI,TAPI SAYA PRIBADI NGG’ ADA MASALAH TUH … WASSALAM

  121. Bengawan Candhu

    asswrwb
    sy mendukung blog ini u/trs dpertahankn. toh dsamping ini tmpt ajang silaturahmi tmpt ini mrpkn ajang ngangsu kawruh,tukar ilmu,share pengalaman. bhkn hal luar biasa…bs mjd sarana menyatukn semangat jihad di gaza.
    ki wong alus….
    jgn prnh merasa u/mundur ki,serangan negatif itu bs brarti pertanda bhw ki wong alus&tmn2 smua sdh mndpt tmpt dhati kt smua. cuma cara pnyambutan&ekspresi mrk brbeda2. mhn ttp brbesar hati ki,smua org bth wkt u/bs slg memahami&slg mnerima. aplg blog ini kan trmsk blog yg brbeda dbanding blok2lain,yg cenderung ke arah non komersil,dgn muatan ilmu yg fantastis,yg mgkn bagi org awam spt wkt bcr’tdk napak dtanah’. tp itulah ilmu ghaib&jg ilmu2 tgkt tgg,sulit djangkau o/mata,telinga,bhkn fikiran org awam.
    smkn tgg layar,smkn kuat jg terpaannya.
    tdk mdh mjd org baik ki wong alus,mjd org jahat jg lbh ssh lg. sama2 ssh lbh baek mjd org baek,mbawa manfaat&brguna bg org lain.
    salam….

  122. Salam sejatera bagi seluruh makhluk…
    Ki…sekedar gendu2 roso…sesuatu yang mungkin sekarang sudah mulai berkurang..
    Terus terang…mungkin yg namanya tahapan spiritual seseorang sering diidentikkan dengan “kesaktian”…maaf agak naif saya yg bodo membhs ini..cuma karena sisi itulah kadang wacana seperti ini dianggap “syirik”..

    Kalau boleh saya berikan “analisis” setelah sy mempelajari sedikit dari bidang ilmu seperti fisika,mat,elektronika,komputer,filsafat,kejawen,syariat dll sejujurnya saya ingin mencari benang merah diantara semuanya…cuma hasilnya yang baru saya temui skrng adlah mereka terkotak-kotak pada keilmuwan masing-masing (seperti ksatria terkurung dalam stupa diatas candi borobudur…) Kalau tdk salah P Damar pernah bercermah spt itu..

    Melalui blog ini sy mencoba menenun kembali benang-benang keilmuan yang berserak itu menjadi satu kesatuan yang membentuk kesadaran pribadi saya…

    Mungkin banyak penanya yang penasaran tentang segala sesuatu…seperti saya yang bertanya pada orang-orang yang sy anggap tahu….dan sebagian BESAR tidak memberi jawaban…namun saya berbaik sangka…bahkan saya berpikir mungkin sy harus menemukan sendiri jawabannya…Juga pada sebagian orang yang sangat berhati-hati selalu memilih untuk DIAM…nah apakah ini msalahnya? Dan memang kodrat setiap orang punya rasa Ingin Tahu…Tapi saya sadar kadang pengetahuan datang setelah sekian tahun kita belajar…setelah bertambah umur…makna yang kita pahami bisa berubah…

    Saya harap semua postingan yang ada disini karena sudah diijazahkan melalui model OPEN SOURCE meminjam istilah operating system (GNU) untuk TIDAK DIHAPUS…tantangan dianggap Syirik adlah wajar…seperti orang dalam beribadah…pemacu dan pemicu utamanya adlah PAHALA, namun setelah naik kelas bukan pahala lagi yang dicari…

    Terakhir…saya pernah berteman baik dengan orang Banten, Bali, Aceh, Dayak dan kenal barbagai aliran agama…termasuk berkonsultasi pada mereka…saya bersyukur bisa mendengar pendapat mereka tentang kasunyatan ini dari berbagai sudut pandang…

    Sempurna itu mungkin seperti BOLA…harus berputar jika kita ingin tahu sisi yang laiinnya…kecuali BOLA KACA…mungkin agak lebih mudah memahaminya..

    Mohon maaf KI…panjang lebar..semoga dari yang bodoh ini bisa ada manfaatnya..dan mohon JANGAN DIHAPUS….

  123. bengawan.candhu

    pro : frans only frans….
    frans…anda sptnya krg suka bbrp hal :
    1. anda tdk suka ada org brjihad.
    anda blg,lbh baik yg mo jihad mengurusi pengemis,gelandangan,why?
    knp anda bebankn kpd kt kaum muslimin yg mo brkt brjihad,selain kt yg brkt jihad,ada kok dr kt yg gak brkt jihad,trmsk anda frans. tdk layak smua prmasalhan dbebankn ke kami. kami msg2 pnya tgg jwb thdp apa yg kami lakukn,skala prioritas frans. aplg jihad mrpkn panggilan jiwa. jihad buat kami bela negara,bela agama. pembelaan&pengawalan umat adlh tgg jwb stp muslim. krn stp muslim adlh saudara.
    2. drpd anda mengkritik yg anda sndr tdk paham&sdh brcampur sentimen,ego cb anda kritik,kritisi para koruptor u/menyalurkn uang&dananya kpd para tunawisma. klo prl perjuangkn bagi koruptor diatas50jt dhukum mati. ini sy dukung frans.
    2. anda klo masuk ke blog ini u/debat mlecehkan sbtlnya “slh kamar” frans. msk sj ke debat agama xxx vs agama xxx nnt dsitu bs kt puasin bhkn tdk puaspun jg tetep oke. smp u bs trm,ato bhkn u tdk trm sama skl,kt jg oke.
    3. tak ksh gambaran buat frans….knp israel itu penjajah,biadab,iblis HAM…..djaman nabi musa as/isa as,bgs israel itu di ajak/diperintah msk ke negeri yg dsebut negeri “perjanjian” (palestina). tp mrk tdk mau dgn alasan2 yg mrk buat. kejadian penolakan kejadiannya sebelum masehi frans. nah ratusan ato bhkn ribuan tahun kmdn tau2 mrk dtg u/mnt negeri “perjanjian”tsbt(palestina) dgn cara licik,mulai dr diplomasi,pemaksaan,kekerasan,arogan,teror bhkn perang.
    perang itu slain bunuh bunuh bunuh sbgmn frans ketahui dsitu pasti ada siksaan yg tdk cuma spt dtusuk jarum suntik 10 detik trs sls. tp ada yg brhari,brbulan,brtahun dsiksa,dhina,dlecehkn,dperkosa.
    sekarang frans msl gini…..negeri perjanjian itu adlh “kampung u”(kampung frans club/KFC),dmn dkmpg itu tinggal&hidup dgn damai&indah slm beratus2 tahun bhkn ribuan tahun anak cucu keturunan bangsa “frans indah”(palestina),sdh pnya tnh,rmh,usaha lgkp dgn sertifikat jg pekerjaan. kmdn tau2 ada bangsa yg bernama “frans kanibal” dtg&mengaku2 bhw tnh “Kampung Frans Club/KFC”adlh tnh “perjanjian”ayah,ibu,adik,kakak u,saudara2 u,nenek&kakek u. msl di Kampung Frans Club/KFC itu u mlihat ddepan mata u sndr melihat ayah&ibu kamu dsiksa smp brdarah2 bhkn pingsan2,melihat kakak u di pukul popor bedil,kmdn diinjak2,melihat adik u dberondong senapan hanya krn berteriak2 ketakutan. melihat nenek&kakek u yg sdh tua dtendang2 bgmn?pdhl dsitu u mgkn pnya anak istri jg. tau2 anak istrimu jg hlg&tdk jelas kbr beritanya krn dculik&dbawa frans kanibal. cb bayangin frans….ribuan tahun kmdn bgs kanibal itu baru dtg,mengaku2 bhw ini tanah perjanjian,stlh ribuan tahun frans???cb msl palestina itu kmpg u&yg tjd pd klrg di palestina tjd pd diri u&klrg u,how?
    4. ini maaf,mhn di maaf bangeett ya frans….msl ini msl lo…umpama di vatikan itu tjd spt di palestiana kejadiannya bgmn reaksi u?msl bgs israel mperlakukan vatikan spt palestina dgn masjid al aqsha nya?reaksi u?apa yg kamu lakukan saat ini?apkh ttp memprioritaskn mengurusi gelandangan pengemis?enggak toh?u pst memakai skala prioritas.
    5.buat para sesepuh jg para mujahid jgn trpancing dgn propaganda dr frans. tng sj,jgn smp merusak suasana&persaudaraan di blog ini.
    salam….

  124. bengawan.candhu

    asswrwb
    ki wong alus,ini skedar usul sj…
    biar tdk tjd slh faham&slh persepsi. mgkn u/ilmu sebangsa voodoo,santet sbaiknya dkasih password sj. jd biar tdk bs dbuka scr sembarangan. jd hanya org2 trtentu sj yg bs access. klo dr ilmu2 putih dbabar sj tdk apa2. laen org laen pendapat jg fikiran. mmg bnr,hdp adlh pilihan…tp lbh baik diarahkn u/kebaikn. slagi org msh bs diarahkn u/mpelajari ilmu putih&haq,why not?sdg mgkn ilmu santet,teluh,voodoo di jadikn aset sj ki,u/pengetahuan sj. mhn maaf klo lancang.
    salam….

  125. @begawan.candhu: terima kasih atas usulannya mempassword amalan-amalan ilmu sihir dan kami telah tindaklanjuti dengan mempasswordnya. salam asah asih dan asuh.

  126. Si Pendekar bodoh

    Aslm Wr. Wb.
    Ki saya harap blog ini jangan di hapus, Insya Allah blog ini besar manfaatnya. Saya yang bodoh ini banyak menimba pengetahuan dari sini. tetap bertahan Ki…saya mendukung Aki atau siapapun anda…

  127. jedrol

    اﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻛﻡ ﻮﺮﺤﻤﺔ ﺍﷲ ﻮﺑﺮﯖﺂ ﺘﺔ
    salam kenal ki…, menurut saya yg bodoh jangan di hapus.apa yang ada di blog ini saya yakin banyak manfaatnya. biarlah orang lain mengkritik atau menghujat ,aki ndak usah terlalu pedulikan kaya pepatah anjing menggonggong kafilah tetap berlalu. dan saya usul ki…. demi kesempurnaan blog ini, semua rapalan yg di nukilkan dr ayat Al Qur’an mohon dilengkapi dengan huruf arabnya jangan hanya latin /Indonesianya aja.., supaya membacanya sesuai dengan makhraj hurufnya Gitu aja ki…. mohon maaf bila ada kata yg kurang tertata.
    ﻮﻠﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﯖﻡ ﻮﺮﺤﻤﺔ ﺁﷲ ﻮﺑﺮﯖﺁ ﺘﺔ

  128. bengawan.candhu

    asswrwb…
    trmksh atas tanggapannya ki. sy ingin share jg blog ini suatu saat mjd blog yg elit. ddunia nyata kan ada kampus u.i univ indonesia jg u.g.m univ gajah mada. siapa tau ddunia maya suatu saat bs mjd kampus elitnya bagi kt pgemar dunia metaphisic. cuma formatnya bgmn trs trg sy blm dpt gambaran yg tepat. tp mgkn ya ki wong alus & ki arya kusuma dewa,msl dimulai dgn scr brkala diadakn pengobatan jarak jauh scr gratis/seikhlasnya bgmn ki?3 ato6 bln skl. ya tdk hrs smua dlayani,mgkn stp 1 kali pengobatan dbatasi pesertanya brp org. gt ki. ato mgkn jg pngisian massal ki. jg jmlh pesertanya dbatasi. biar dewan di blog ini tdk trll kerepotan. sy jg bs mbayangin ki,smua ingin dbls,smua ingin dperhatikn. sdg kt jg sibuk so pstnya jg pnya kepentingan hdp bhkn u/klrg kt. jg ki…jgn prnh brkecil hati ki,org bs ngurus blog gede gini bkn org yg sembarangan pstnya. mental&fikirannya hrs kuat,jg pstnya loncat ksono ksini,ngurusi makalah,materi,ijazah atopun coment.
    ki,mhn drenungkan usulan tsbt. biar dr thn ke tahun ada yg baru&biar bs lbh brkembang& tujuan sosialnya lbh bsr lg. jazakumullahi khairan katsira…
    salam….

  129. ki mursyid syubakir

    ngapain di hapus, blog ini sperti harta karun yang berharga karena ilmu pengetahuan adalah harta yang paling berharga

  130. Nasrudin

    Salam Hormat, mohon sangat supaya jangan dihapuskan Bolg ini, banyak perkara yg boleh diambil menafaat dari nya, sebagai menambah pengtahuan dan diskusi Ilmu, terima kasih

  131. Bisma

    Assalamu’alaiukum, Wr, Wb,…

    Salam hormat saya haturkan pada pengasuh dan semua kontributor blog ini. Sungguh saya terkejut begitu menemukan blog ini. Saya adalah seorang pecinta khazanah ilmu metafisika yang masih awam adan perlu banyak belajar. Blog ini sungguh bermanfaat buat saya. Sayang rasanya jika ilmu-ilmu tersebut tersimpan begitu saja tanpa disebarluaskan. Jika ada yang mengkritik & tidak suka, itu wajar saja dalam kehidupan. Manusia berhak memiliha jalur hidupnya masing-masing selama tidak bertentangan dengan norma agama dan negara.

    Tetap maju Ki wongalus, saya dukung niat mulia anda melestarikan ilmu warisan leluhur bangsa kita. Semoga kita semua dlam lindungan Allah SWT,.. AMINNN,..

  132. ali baba

    blog ini jangan dihapus
    karena blog ini bisa membuat yg lemah menjadi kuat
    suatu saat aka ada pah lawan yg bisa mengubah dunia
    maka sebelumsaat itu datang
    tugas kita untuk membimmbing dia menjadi sangat hebat dan berbudi luhur

  133. ramadhan

    Bahkan Blog ini bisa membantu mendekatkan diri kepada Allah.
    Karena banyak berisi wejangan ke tauhidan selain ttg keilmuan lainnya. Lanjutkan…semoga Allah meridhoi.amin..

  134. rama muda

    wah jangan dihapus ya…….soalnya banyak sesuatu yg bisa menjadikan bahan pertimbangan dalam hidup….bahkan dari blog ini..saya bisa lebih tahu kehidupan,,gaib dan nyata…..klo saya bilang,,,artikel di blog ini bisa menjadi “sangu”……terima kasih dan salam kenal dr saya ank sby

  135. Sofwa

    Di sini saya hanya sebagai pembaca, dan pemerhati saja. Tapi klo tiba2 ada berita di hapusnya blog ini…??? WEEEE AKU NDAK RELAA…..

  136. KASANGKASANG

    As Wr Wb….

    SEYOGYANYA, APAPUN KOMENTAR2 YANG BERNADA BERTENTANGAN DENGAN ADANYA BLOG INI, MOHON JANGAN DI-HIRAUKAN–, SIAPAPUN HARUS BELAJAR MENERIMA PERBEDAAN, LEGO HATI DENGAN BERBEDA, JANGAN KERDIL, MEMBONSAI ORANG, SINGKAT KATA ……………MOHON JANGAN DIHAPUS BLOG INI……………..SEKALI LAGI BLOG INI ADALAH WACANA BUDAYA YANG HAMPIR PUNAH KARENA ZAMAN. JADI KITA SEMUA MESTI MENJAGA AGAR WACANA INI, DI BLOG INI TERPELIHARA, BLOG BUDAYA INI, BERCIRI KHAS, TOLONG SALING MENGHORMATI, JADI BLOG INI JANGAN DIHAPUS, INI PENDAPAT SAYA, MUDAH2AN PARA SEDULUR2 SEPENDAPAT SEMUA…

    WASALAM,

    KASANGKASANG

  137. Joeprix

    Assalamu’alaikum….
    Salam Hormat dan Kenal dari saya Ki Wong Alus..
    sekiranya Pjnengan tidak perlu hapus blog ini, karena seluruh artikel dlm blog ini masih dibutuhkan oleh banyak orang.. jangan pedulikan bisikan-bisikan setan yang berusaha menggagalkan dan merusak ibadah panjenengan..
    wassalam…

  138. Mamih

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    JANGAN PERNAH ADA NIAT UNTUK MENGHAPUS BLOG INI KI…
    Terima Kasih..
    Salam buat sedulur kabeh…
    Wassalam

  139. emy jawa mlaysia

    stap akn sesuatu yg apabila brsamaya pyai kbaikn pasti ada saja yg mau mghncurkn dan smemegya kjahatan sntiasa memusuhi kbaikan mti2 yan smpai akhirya…
    ayuh sdulur2 smua perjuangn blum selesai dan wajib dtruskn..

  140. Budak Kuningan Jawa Barat

    Punteun,
    Kuring mah tos nganilei, etamah jalmi nu sirik wae nu hoyong ngahapus ieu blog, tuh tingali urang barat mah majeung dina perkara metafisik da sagala sasuatuna ilmu metafisika tiasa janteun ilmu modern sajajar ilmu umum nu lianna, Ki Wong Alus, abdi ngadukung aki, ieu blog ulah dihapus, du’a ti abdi mugi Bro Wong Alus mulus rahayu berkah salamet ku Gusti Allah SWT

  141. Hendri

    Nandur pari yo tukule pari,nandur ala bakal nerimo resikone,kita yang mengerti cukup mengingatkan dan mendoakan agar saudara2 kita tidak salah jalan,cukup instropeksi diri semoga bagi yg berniat baik akan membawa manfaat bagi lainnya.

  142. ZULFAZLI

    Assalamu “alaikum @ki…

    Maaf ki, saya dari Aceh, asli orang Aceh, tolong jangan di dengarkan kata orang-orang yang menginginkankan blog ini ditutup ki, saya juga merasakan manfaatnya dengan membaca Blog ini, biasanya orang itu ingin cespleng sperti nelan permen ki, langsung enak, ilmunya langsung jadi sabar aki, orang sabar disyangi Allah.

  143. @Ki Adim

    Assalam wr.wb

    kulo namung donga`aken mugi2 blog niki mbeto manfaat fiddunya wal akhiroh amin. alfaaaatikha………………………. ila akhir.
    Wassalam wr wb.

  144. sehan

    Gak perlu dihapus Mas..

    Alasannya Simple aja..karena dlm isi blog ini yg saya tau,,tidak ada unsur kriminalitas,,

    Kecuali ada posting atau uploud tentang “Cara paling efektif potong leher manusia pake Clurit”..

    Nah..kayak yang gitu harus dihapus kali ya???.Tx U

  145. v-ta

    Assalamualaikum
    jujur aku paling rajin masuk ke blog ini walau aku cewex, karena dari blog ini aku banyak beljar tentang amalan2 dalam islam.
    da aku akui juga ada beberapa isi blog ini yang ssedikit berbauh mistis,
    saran saya, blog ini ga perlu di hapus, tapi di koreksi aja isinya yang mana bisa merusak aqidah harus di saring bila perlu ga perlu di posting
    pembaca bisa memilih to ki yang baik dan buruk, yang pasti tetap semgangat untuk mengasuh blog ini
    semoga Allah membalas kebaikan ki wong alus, ingat ki Allah la yang maha tahu atas segala sesuatu ini
    yang pasti satu hal, kamu para sedulur yang ada di sini tetap semangat untuk mendukung tetap adanya blog ini

    salam ukuhawa

  146. @Ki Adim

    Assalam
    @ Bu Nyai Vita sugeng rawuh sugeng siang… sugeng pinanggihan
    mugi2 barokah amin..
    niki leres Bu Nyai Vita Krisnawati… sepuntene
    totokromo kirang awes
    wassalam

  147. akhmad

    Mohon maaf Ki Alus, sy dr Kaltim…”BLOG INI TIDAK BOLEH DIHAPUS..TITIK!!” Yg sirik, Iri, Dengki..silahkan pergi..ga’ usah pamit..
    Dg blog ini Insya Allah akan lebih meningkatkan iman kita kepada Allah ttg hal yg gaib..sy sendiri senang dg yg gaib2 walaupun ga’ pernah bisa alias gagal terus..he.he..kadang2 takut sih..he.he..
    Sy akan sgt senang klo Ki Alus mau jd guru saya..(lho..?) he.he
    ” HIDUP KAMPUS WONG ALUS..TITIK..!! “

  148. Singo luedro

    Ass.wb smg ki wong alus sll di anugerahi kesa baran.kalo menurut sy blog ini gk prlu di hps ki.jngn krn nila se titik rusak susu sebelanga. Mj trs ki.singo luedro ndereaken

  149. Ass,setidaknya blog ini bisa menambah wawasan pengetahuan bagi seseorang walaupun semua ilmu ataupun amalan yg ada di blog ini tidak semua bisa dipraktekkan sebaiknya blog ini tidak perlu dihapuskan. menurut saya yg bodoh ini sebaiknya bagi yg mengirim artikel jangan mencontoh/meniru dari blog tetangga yg sudah ada.

  150. Jangan dihapus ki! mereka yang menghina dan mencela blog ini hanya iri dan orang frustasti aja. ini satu-satunya blog yang ikhlas memberikan ajaran dan amalan tentang konsep kepasrahan dan kesyukuran dalam hidup ini dalam rangka menuju kepada Ridho ALLAH SWT.. Jangan hiraukan segala suara miring yang menyerang anda ki, tetap maju terus! ALLAH SWT yang maha tahu akan niat baik ki wongalus dengan membuat blog ini. Pokoknya jangan takut ki! Kami selalu mendukung ki.

  151. ariesprahara

    ….ibarat kyai pergi ke sunan kuning, ketahuan santrinya…yang disalahkan sunan kuningnya kenapa menggoda sang kyai…begitulah benak orang yang pengen blog ini dihapus

  152. Izzuan

    Assalamualaikum….Mengapa harus kita melayan org2 yang begitu.Orang2 spt itu tiada hak untuk mengganggu hak org lain. Harap jgn dilayan omelan org2 yg begitu.Sesat atau tidak bukan urusan kita.Kalau tak suka silakan beredar dari blog ini.Banyak lg blog yg mereka boleh layari.Masih banyak lg org yg memerlukan ilmu dr KWA ini.DGN SEGALA RENDAH DIRI SAYA ‘POHON’ JANGAN DITUTUP BLOG INI…. Biarkan saja mereka dengan pendapat mereka.Telah terbukti dari dulu lg org kita penuh dgn hasad dengki dan iri hati.Semoga Ki tabah dalam menangani org2 yg spt mereka2 itu.

  153. Hendy "Mihawk"

    Mantapkan hati, kuatkan niat, mari kita ikuti pepatah :
    “anjing menggonggong,
    kafilah berlalu.”
    Hidup Kampus Wong Alus
    ttd :
    mahasiswa KWA

  154. masdi ( gembala kecil yg ingin belajar)

    Assalamualaikum…
    tidak usah di hapus. dan semoga bisa bermanfaat….

  155. Maheja Jenar

    Assalamu’alaikum wr.wb………..
    Ngasto’aken dawuh ki…..sing sabar yo…..luwih apik,,,biasalah dlm hablumminannas ada saja goncangannya,,,,Lanjutkan Ki,,,Insya Allah Saya mendukung,,,,,,,,,,,
    Wassalam…………..Tebu Ireng.

  156. Patah-Tulang Multytherapist

    Assalamu’alaikum wr.wb………..
    Lanjutkan Ki,,,Insya Allah Saya mendukung,,,,,,,,,,,Smoga Bermanfaat
    Wassalam…………..BANTEN.

  157. ass…..kalau saya ikut ajah….semua baik yg nyuruh dihapus mungkin benar takut menyesatkan asal mengambil amalan yg ada di blog wongalus,padahal bukan maqomnya,yg nyuruh terus menganggap tuntunan yg bagus/baik, semua pada pendapat masing2….sebenarnya ada tiga poin yg harus ditempuh bagi pejalan spiritual,1.buku/catatan sebagai titian,2.guru tempat bertanya,3.alam tempat mengaca,ketiga semuanya ada di dalam diri manusisa itu sendiri[KESADARAN SEJATI],semua tidak perlu diperdebatkan….mari kita pada rukun…amin.

  158. Scepticist

    mengapa kok bingung? Semua amalan tergantung dari niat. Tuhan sekalian alamlah yang mengerti tentang niat kita. Hanya Tuhanlah yang meletakkan kebenaran sejati dan kita hanya bisa mengetahuinya dari yang tersirat dan isyarat-isyarat alam ini. Jadi gak usah bingung dan menipu diri sendiri.

  159. Ahmad

    jika allah berkhendak kepada umatnya..
    apa yang tidak mungkin menjadi mungkin,,
    tetap berkarya…

  160. cah lugu luru ngilmu

    salam kagem sesepuh blog K.W.A……
    terus terang sy baru kenal blog ini sebulan yg lalu,buat sy blog ini bermanfaat banyak buat diri sy ,mengajarkan semua yg tidak aku ketahui,jadi paham.tempat menimba ilmu, tolong kepada empunya blog jangan di hapus blog ini. umpatan ,kritika, cibiran adalah obat hati….sanjungan,pujian adalah racun hati.

  161. Gembel Gerbang Kampus

    kalo dihapus..saya tidur dimana…..???????

  162. cek berita

    saya punya kejadian aneh dngan blog ini,pas saya komentar di posting sebuah amalan..habis itu saya mengalami sakit perut selama kurang lebih seminggu…sangat menyenangkan rasa nya..di kerjaain ama orang orang sakti…buat ki alus mohon jangan di hapus blog ini,blog ini sangat bermanfaat bg saya..di blog ini lah saya mendapatkan amalan2 yg baik buat menjalani aktivitas keseharian saya.dan blog ini saya anggap seperti guru yg penuh dngan ke ikhlasan..semoga orang2 yg berbuat jahat terhadap ki alus,mendapatkan kebahagian di alam yang mereka impikan…heheheheee.. tq.

  163. Puntadewa

    Salam sjahtera,
    sy mengikuti blog ini terus dari awal,TAPI ga pernah coment,baru koment stelah tau mau dihapus,menurutku,ga usah dihapus mas…smua yg dipaparkan diblog ini,diatas disebutkan tman2,dah betul skali,,kalo yang mau usil dengan panjenengan,,sirik dia mas…maturnuwun.wilujeng rahayu.

  164. Hanafi

    LANJUT KI…SALAM

  165. Suhartoyo

    Assalammu alaikum wr.wb. Ki Alus… Kalau kita mengikuti kebanyakan manusia di dunia ini, nisacaya kita akan tersesat. Mereka tidak mengerti, malinkan hanya menduga-duga, padahal dugaan itu tidak akan membawa mereka kepada kebenaran. Akhir-akhir ini semakin banyak saudara-saudara kita yang sangat khawatir dengan paham universalitas, bahkan mereka dengan lantang menyebut kafir, syirik, dll. Meraka mengklaim dirinya sebagai ahli syurga padahal baru sebatas imajinasi belaka. Ki Alus dkk menurut saya sudah berada di jalur yang benar karena KWA merupakan wadah kebhinekaan, menuju realitas tauhid. Apa yang disajikan dalam KWA ini sudah sesuai dengan budaya Nusantara yang lebih menghargai keberagaman / pluralistik. Jadi. mengapa kita harus risau dengan pendapat orang lain, jalan terus Ki “Anjing menggonggong, kafilah berlalu” salam.

  166. arif

    salm bravo blog wong alus
    jangan hiraukan kata mereka ki toh di blog ini sudah banyak yg merasakan manfaat ny, mereka hanya orang picik dan lemah otak yang bisany hanya mengkritik tanpa intropeksi toh blm tentu mereka lbh alus dr blog wong alus ki, jd menurut sy…..
    LANJUTTTT… KAN Ki

  167. DRAJAT "SORONG"

    Mohon blog ini jangan dihapus. Justru materinta harus “dilengkapi” ditingkatkan dan ditambah lagi. Urusan gaib ditujukan untuk manusia yang benar-benar mempunyai tekad, niat dan harapan. Maju terus. Ok, Kampus Wong Alus.

  168. Saif-ul-Haq

    Saya dari Malaysia.
    Harap jangan dihapus. Banyak persoalan akan alam ghaib terbuka disini. Banyak panduan boleh dipelajari dan banyak batasan boleh diambil ingat.
    Teruskanlah blog ini agar ilmu Allah swt berkembang.

  169. ita

    Assalamualaikum ki,
    Saya juga dari Malaysia, tolong jangan di hapus blog ini, banyak ilmu yang boleh dipelajari dari blog ini yang berunsurkan Al-Quran, hampir setiap hari saya membuka blog ini dan mencari ilmu-ilmu baru untuk didalami, saya juga berkesempatan untuk berhubung terus dengan kiyai-kiyai yang mahir dalam bidang ilmu ini. Terima kasih ki .

  170. wahyu imam mariq

    jangan ki saya dan saudara semua masih banyak yang membutuhkan blok ini karna di sini rasa persaudaraan dan siturahminya kuat serta sangat bermanfaat terima kasih

  171. wong awam

    di hapus maupun gak di hapus podowae
    q trimo numpang absen rek
    prikitiwwwww

  172. Goem

    Lanjutkan Ki .. . Salam !

  173. Bregud

    Tak selamanye jalan ni mulus…………lanjutken, klo ade nyang ngirim energy negatif……..jangan diterime Ki…. klo ayam panggang..boleh dah.
    Tapi klo bikin rmh sebaiknye ade dindingnye…Ki,biar ga msk angin. heee.heeeee.heeeeee…….ORA PERLU DIHAPUS…..bila perlu…pertajam !

  174. adem ayem

    assalamualaikum ki…..blog ini jgn dihapus…..siapa yg membuka dan membaca blog KWA pasti punya minat dan ketertarikan pd blog ini ki….terima kasih. Wassalam……..

  175. Bayu

    assalamualaikum ki….Blog ini sangat berguna bagi saya …….terima kasih….Wassalam

  176. Deddy Ferdiansyah

    ……………Asswrwb ki kasepuhan dan sedulur kampus wong alus…………MAJU TERUS PANTANG MUNDUR…………. sekiranya demi memperbaiki citra kwa ini alangkah baiknya ada yg stay meng posting lg koment2 yg masuk, sekiranya tdk pantas di sebar,.. hapuskan……………….!!…kira2 bgt ki sanes ngawartosan bulu tuur pami ceuk murangkalih mah, tp urang silih elingan…….. dgn tanpa mengurangi takjub saya ke semua…..saya idem dgn yg sudah2 ki…..JANGAN DI HAPUS BLOG INI…..!!!!!!!!!!!wassalam..

  177. Ginanjar padaringan

    om …….. jangan d hapus ya……….,,,, biarin aja mereka ngirimin energi negatif atau sms hujatan saya merasa terbatu sekali dengan adanya blog ini pengetahuan saya bertambah bukankah kita harus saling mengasihi menyayangi tuch yg ngirim sms atau energi negatif biar diganjar ma allah aja om……… pasrahkan aja sama allah biar dia rasa hukuman dari Allah karena menganiyaya mahkluknya

  178. m.noor LATIEF

    Gan,, anda itu salah kaprah dalam membuat situs website janganlah anda campur baurkan agama anda dengan kebudayaan yang perlu anda ketahui kejawen itu adalah ilmu ghoib/syaiton apa lagi anda sebarkan ilmu kejawen di dunia maya, anda itu seperti kurang kerjaan menyebarkan ilmu kejawen melalui dunia maya… Agama anda kan islam kitab suci anda kan al quran !!!! jadi sebaiknya anda mengamalkan kitab suci al quran bukan mengamalkan ilmu kejawen,, ilmu kejawen merekrut anda untuk menjadi budak iblis,, ALLOH BERFIRMAN : SESUNGGUHNYA IBLIS ITU MUSUH YANG NYATA BAGIMU… bacalah ayat suci al quran tuk jadi pedoman hidupmu,, apa bila seseorang membaca ayat suci al quran maka allah akan menambah rizkinya,, jadi saya harap anda menutup website…jangan anda sesatkan saudara2 anda..makasih

  179. m.noor LATIEF

    Anda jangan bangga memiliki ilmu kejawen,seharusnya anda bangga dengan kitab suci al quran,,takutlah anda dengan kebesaran allah…janganlah anda menjerumuskan saudara2 kita, hingga anda menyebarkan ilmu kejawen melalui dunia maya. jadi saudara2 kita pada ikut-ikutan akan kejawen,, jadi anda yg berhak menilai dan pikir matang2 apakah selama ini anda berbuat benar atau salah?kalo memang anda salah segera anda hapus website ini….

  180. Bona

    mboten usah kang,

    kersane mawon ingkang mboten remen nggeh kersane ngalih..

    mboten nate njawil kok dijawil 🙂

  181. mberok

    JANGAN DIHAPUS.

    Biasa saja mas, selalu ada pro dan kontra.

    Yang penting panjenengan tidak mbakar gereja, tidak nggebugi ahmadiyah, ora mbledoske bom neng negorone dewe malah mateni sedulure dewe.

    Mboten nopo njenengan dicap bersekutu karo iblis, wes ketok kok sopo sing anak buahe iblis. Mateni wong, gawe rusuh, gawe kisruh, ngancem – ngancem, ngrampok nggo dana bom jihad njur dibledoske mateni sedulure dewe kuwi opo dudu anak buahe iblis?

    Suwun mas, senajan kulo nembe sediluk ketemu web wong alus, ning wes entuk okeh pencerahan.

  182. Ust.Abdulloh mukhir

    APakah blog ini perlu di hapus? ya perlu,karena saya pikir blog ini tergolong blog menyimpang dari ajaran agama, janganlah kalian sesatkan saudara2 kita? dengan cara saudara menyebarkan ilmu kejawen melalui dunia maya… seharusnya saudara sadar kitab suci saudara adalah AL QURAN bukan kejawen…saudara semestinya mengamalkan ayat Suci AL QURAN bukan mengamalkan kejawen… dunia sekarang masih percaya dengan namanya kejawen? kalo saudara percaya akan kejawen itu musyrik….jadi benar yg di katakan saudara M.NOOR LATIEF itu?saudara perlu ketahui,sudah banyak terjadi bencana bumi yg menimpa bangsa ini, salah satunya kita masih percaya akan hal mistik? jadi alloh melaknat kita? kalo kita percaya sama alloh bangsa ini tidak akan tertimpa musibah dan bencana,jadi hapus saja blog saudara ini…… wassalam….

  183. om wawan eeeees

    @ Ust.Abdulloh mukhir, salam salim ki.
    bisa minta no telp nya ki, no saya 085729994755
    mungkin kita bisa diskusi ttg banyak hal.
    makasih

  184. bonar

    waduuuuh kiii….sebaik nya jangan di hapus blok ini….hampir setiap aku on cmptr ku slalu mampir di blok ini walau saya blm jadi siswa di KWA saya banyak dapat siraman rohani…apalagi bagi saya yg sedang mengais rejeki di rantau negri orang yg gak pernah bisa sowan ke orng2 alim utk pencerahan dalam meniti kehidupan ini…..hanya dg mampir di blok ini saya bisa mendapat kan kesegaran btn…..yg setiap hari hanya di kejar dg uang uang dan uang……maju terus KWA ….. WASALAM

  185. heru 1966

    baik pro dan kontra maupun sisi positif dan negatif akan selalu ada. menurut sy blog ini JANGAN dihapus,krn justru di wahana blog ini kita bisa bersama2 belajar untuk mengenal lebih dalam mengenai mana yang memberi manfaat serta mana yang mudharat,dan yang terpenting disini kita bisa menambah persaudaraan antara satu dengan yang lainnya. mengenai keilmuan yang terdpt didlm blog ini ambil saja yang bermanfaat dan tinggalkan yang dirasakan kurang manfaatnya,manusia dikaruniai akal dan budi untuk bisa memilah2 mana yang sekiranya baik dan mana yang buruk. lanjutkan terus perjuangan KWA! semoga semakin maju dan sukses.

  186. Luthfi

    Renungkanlah saudara-saudaraku, “bahwa apa yang menurut kita buruk belum tentu buruk di mata Allah Swt, dan apa yang menurut kita baik belum tentu baik di mata Allah Swt.”
    Untuk itu berkomentarlah dengan wajar, bijaksana, sopan dan ber-etika. Tidak perlu berprasangka buruk, menghujat atau menghina secara berlebihan. Sadarilah bahwa Allah Swt tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Hargai dan junjung tinggi semangat dalam memperkuat ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah di blog tercinta ini. Dan ingatlah akan firman-NYA didalam Al Qur’anul Karim :

    “Yaa ayyuhal ladziina aamanuu laa yaskhor qoumum min qoumin ‘asaa ay yakuunuu khoirom minhum wa laa nisaa’um min nisaa’in ‘asaa ay yakunna khoirom minhun, wa laa talmizuu anfusakum wa laa tanaabazuu bil alqoob, bi’sa lismul fusuuqu ba’dal iimaan, wa mal lam yatub fa ulaa’ika humuzh zhoolimuun. Yaa ayyuhal ladziina aamanujtanibuu katsiirom minazh zhon, inna ba’dazh zhonni ismuw wa laa tajassasuu wa laa yaghtab ba’dukum ba’daa, a yuhibbu ahadukum ay yakula lahma akhiihi maitan fa karihtumuuh, wattaqullooh, innallooha tawwaabur rohiim.”

    Menurutku blog ini sama sekali tidak perlu dihapus. Aku mendukung penuh keberadaan blog kwa ini. Biarkanlah blog ini mengalir seperti air, karena ternyata banyak sekali saudara-saudara kita yang bisa mengambil manfaat, berkah, hikmah serta i’tibar dari blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika Allah Swt memang berkehendak blog ini tetap ada, maka siapapun juga tidak akan sanggup menghapusnya. Namun jika Allah Swt menghendaki blog ini terhapus, maka Allah Swt akan menghapus dengan cara-Nya sendiri dan menggantinya dengan yang lebih baik.
    Akhirul kalam, mohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam jika aku ada salah/khilaf. Aku do’a kan agar para sesepuh/sedulur di blog kwa bisa semakin ikhlas, bijaksana dan matang dalam memberi manfaat demi manfaat kepada siapapun juga yang membutuhkan. Amiin, barokallohu fiikum.

    ~WASSALAM~

  187. erick

    KWA MO DIHAPUS??? NO WAY MAN…!!! COME ON, WAKE UP!!! JUST BE YOURSELF AND DO YOUR BEST…….MAJU TERUS PANTANG MUNDUR BUAT KWA YANG TOP MARKOTOP…………..

  188. Tania

    Ilmu kejawen itu ilmu ghoib sebaiknya di jauhi jangan di dekatin,kalo kita dekatin kejawen itu musyrik,kitab suci kita adalah al quran lebih baik kita mengamalkan al quran dari pada kejawen…jadi hapus saja blog ini

  189. kid

    Blog Kwa sangat bagus dan bermutu……….

  190. kid

    Blog Kwa tak perlu dihapus, justru harus dilanjutkan visi misinya…………..

  191. kid

    Barakallah, salam sejahtera kpd poro sesepuh lan sedulur Kwa sedoyo……….

  192. Eva mauliva

    Hapus saja blog ini…blog ini bukan mengajarkan keagamaan tetapi mengajarkan kesesatan…anda salah jalan bung?

  193. bagi anda yg ingin blog ini di hapus….saya ada pertanyaan…..apakah anda di rugikan dg adanya kwa ini…..?
    trus saya bertanya lagi………anda apa pernah tau di surabaya ada lokalisasi terbesar di indonesia yg namanya DOLLY….apa DOLLY hrs ditutup? jelas dimata agama ya hrs ditutup……tp apakah sekarang dolly ditutup…?selama masih bnayak peminat…..dolly tdk akan ditutup…..
    sama halnya dg KWA……selama masih banyak yg minat…..gak akan pernah DITUTUP

  194. juli4nto

    KWA ni blog yang mantap surantap
    sukses selamanya KWA…maju terus pantang mundur!

  195. Eva mauliva

    Gatoloco @ dasar manusia bodoh sampean….kebudayaan leluhur dengan kebudayaan islam tidak blh di satukan,,,,hapus saja blog ini…

  196. arcih 356

    Salam peseduluran,salam kenal…
    Kpd yth kampus wong alus / kwa..
    saya harap blog ini jgn ditutup…
    karna blog ini sgt byk manfaatnya buat sedulur2 kt….
    banyak org yg di luar sana yg ga suka dgn blog ini,,namun byk org yg
    di luar sana dgn amalan2 yg terdapat di kwa ini….
    biarlah anjing mengonggong khafilah berlalu,jd intinya jgn dengarkan org yg berkomentar yg ga jelas dgn blog ini…kwa : tetep lestarikan budaya leluhur kita…
    jgn sampai budaya leluhur kita di klaim oleh bangsa lain termasuk kejawen…

  197. imam

    Ass.dengan segala hormat sy mohon blog ini jngan di hapus KI.Blog ini tdk merugikan orng.malah menguntungkan orang banyak.dan sya salah satu pecinta blog ini.MAJU TERUS DAN SUKSES SELALU.Smoga kita smua ada dilindungi oleh ALLAH SWT.amin amin amin…SALAM UNTUK SESEPUH BLOG INI.

  198. Nang Cubluk

    Assalamu’alaikum wrwb,
    Beharap Keridhaan -Nya Semata
    Smoga KWA tetap Ada Ki…

  199. Sapto Margono Suwito

    Assalamualaikum wr.Wb
    “Lain lubuk lain ikannya Lain orang lain akalnya” demikian yang terjadi di Seantero Belahan Dunia ini dan yang ada pasti orang senang dan ada orang tidak senang, ada orang suka dn dan orang tidak suka namun semua itu harus diuji dan dengan satu ketetapan, “Kebenaran” apa gunanya hanya “No Action Told Only” dn banyak orang jaman edan ini nggak mengerti apalagi paham namun seakan-akan mereka mengerti dan Sangat Paham, namun setelah dilihat dari ke”afalannya” atau prilakunya atau kelakuannya ternyata “nol Putul” antara omongan dan sareat/keluakuan selisih 360 derajat, dan memang dalam Alquran-pun telah di catat bahwa: “Kemudian sebagian dari kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain” sesungguhnya musuh yang nyata bagi manusia bukanlah hewan, binatang, penyakit namun sesungguhnya musuh manusia yang paling berbahaya dan nyata adalah “manusia itu sendiri” dan akhir jaman ini sudah mulai terlihat siapa mereka-mereka itu. mana golongan yang menjadi penentang ayat-ayat kami. dan saya melihat bahwa semua amalan yang ada di KWA ini ASLI dari Para leluhur Or Nenek Moyang Kita Inonesia Bukan Jiplakan, Bukan Saduran, temasuk Ajian Prabu Siliwangi, Sunan Kalijaga dan memang banyak dari mereka yang mencoba memporakporandakan Leluhur. Mereka itu adalah Golongan Kiri. Maju Terus KWA Dal akhirulkalam “Anjing menggonggong Kafilah Berlalu”
    Wassalam

  200. Salaam utk semuanya. Pelan-pelan dong Pak de, mbak2. Tlg dong jgn dikit2 musyrik2, apakah
    Pemahaman kita pasti sama dg yg dikersakke Kanjeng Nabi ??? Kl dikit2 musyrik, ya klo yg divonis musyrik menurut Tuhan iya, kl tdk ? Wah…bs berbalik. Da’wah sa’at ini sdh bnyk yg muslim lbh mudah, kl zmn dulu( wali 9) msl dg cara smpean2 wah… Blm tntu dpt org, “bonyok” pasti. Yo…dulur2 bareng2 sinahu sing uuuakeh trutama “Akhlake Kanjeng Nabi” bnyk yg blm saya tahu je…
    *Salam Ki Alus dan semuanya.

  201. Aki Maung

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Wah…., ilmu aki banyak manfaatnya dibading dg orang yg munafik, mohon jangan di hapus blognya Ki, maju terus……….!!!!
    salam buat sadulur semuanya.
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

  202. agungsedayu

    Assalamualaikum…Salam ukhuwah sedulur semua,..mnrt sya yg pribadi yg awam ini, isi blog ini kmplit plit plit.dengan membaca materi di blog ini dari awal arsip 2009, secara halus dan perlahan,kita di arahkan ke jalan yang islami,pembaca bisa membandingkan materi 1 dan lanya.dan bisa mengambil yg baik dan benar,mungkin begitulah cara ki alus meng islamkan orang islam….maaf ya ki Alus klo saya lancang dan sok tau….lestarikan blog ini.wassalam…

  203. loloy

    Assalamu’alaikum…
    Buat Blog KWA maju terus pantang mundur…walaupun sy mahasiswa baru di blog ini tapi rasanya sy sdh spt sdh lama mengenal blog ini…Masalah Ilmu itu SESAT atau TIDAKnya kembali lg dari pribadi setiap orang…Innaa A’malu Binniyaat…Sesungguhnya melakukan segala sesuatu itu dari NIAT…jgn kan ilmu aliran SESAT…ilmu aliran PUTIH pun kalau digunakan secara tidak baik/niat yg tdk benar hasilnya pun sama seperti melakonin ILMU SESAT…mohon maaf apabila ada kata2 yg kurang baik… kalau ada kata2 yg salah,,,kesalahan itu berasal dari diri sy pribadi…dan kalau ada kata2 yg benar,,,maka kebenaran itupun hanya DATANG/MILIK ALLAH SWT semata…Blog ini Insya ALLAH bisa membawakan kebaikan buat yg membutuhkan…Maju terus KWA…Kami disini siap membela KWA…Salam 100% Persaudaraan
    Wassalamu’alaikum…

  204. Bolang

    masing-masing orang, masing-masing jalan hidup …

    dalam bahasa saya : gw ya gw, lo ya lo …

    dari saya : jalanin aja yang bener apa yang menurut pengasuh blog ini bener.

    seraya senantiasa meminta rahmat, ridho dan hidayah dari gusti allah azza wajaala dan mendengar kebaikan dan kebajikan dari orang lain.

    sama- sama belajar menuju lebih baik, bertahap … al-qur’an aja diturunin satu persatu, gak sekaligus dalam bentuk buku yang udah jadi.

    mainstream blog ini khan cuma untuk sharing, itu aja. dan itu sangat bagus menurut saya

    mengambil tolak ukur pada parno-parno emperan yang demennya jualan ilmu.
    ( ilmu kok dijual, diamalin boss )
    alesannya : gw nuntut ni ilmu juga pake duit, modal, waktu, pengorbanan
    Jawab : siapa suruh lo begitu ? lo begitu khan atas kemauan dan pilihan lo sendiri. sekarang nuntutnya ke gw. hahahaha … ( ciri-ciri salah satu penyebab tidak sempurnanya keilmuan haqqul = tidak ikhlas. )

    mau kaya ? kerja … mau bahagia ? belajar bersyukur … mau sakti ? jangan bermimpi berlebihan.

    lanjut, boss Pengasuh !

    btw salam kenal semuanya.

  205. Pak King

    100% coment menyatakan bahwa BLOG KWA jangan dihapus
    maka dengan ini kasus selesai

  206. Blog ini sangat bermanfaat ki, jadi jangan di hapus……..

  207. Alkisah
    Luqmanulhakim dan seorang anak beliau (usia sd) dan keledai tunggangan
    masuk ke pasar berjalan kaki..dia tuntun keledai itu sementara anaknya menunggangi keledai
    *orang2(manusia) mulai melirik dan mebicarakan..
    hmm dasar kurang ajar betul anak itu..tidak hormat pada ayahnya enak2 duduk di atas keledai.
    lukman mendengar.. esok nya..
    lukman pergi ke pasar lagi dgn menunggang keledai dan anaknya berjalan kaki disampingnya
    *orang2(manusia) mulai melirik dan mebicarakan..
    hmm dasar ayah yg tidak sayang sama anak..kasian anaknya berjalan smtr ayahnya enak2 duduk di atas keledai
    lukman mendengar.. esok nya..
    lukman pergi ke pasar lagi dgn anaknya dan sama2 berjalan kaki sembari menuntun keledainya
    orang2(manusia) mulai melirik dan mebicarakan lg ..
    hmm dasar b*d*h betul bapak dan anak itu..punya keledai kok gag ditunggangi

    itulah pemirsza..namanya manusia…memandang melihat apapun salah (ga ada yang betul) dr sudut pandang manusia..

    janganlah jd manusia..jadilah manusia yang luar biasa..
    bukan..salah
    jangan jadi manusia
    jadilah wali Allah
    jangan nggak sanggup mengko sampeyan (tirakate berrrrrhath)
    Jadilah .. .. .. .. ..
    maka terjadilah
    blog ini

    Salam Takdzim buat Ki Wong Alus.
    a.k.a (alias dalam boso enggres)
    Habib Muhammad Wildan
    alfatehah sent

  208. sukabumi

    assalamua’laikum..
    teruskan usaha tuan..asal saja jalan yang tidak menyimpang dari syariat serta tauhid yang benar…
    semoga usaha tuan diperkenan Allah…amin3 ya Rabbal’alamin.

  209. Hmm…. kiranya KI jangan dihapus ini untuk melestarikan ilmu yang hampir hilang ditelan masa zaman batil…

    @KI kita pernah ketemu di alam astral…. mudah-mudahan nanti ketemu lagi.. biar saya bisa bicara… 🙂

  210. uwa semar semur

    Setelah uwa tafakur sambil ngaduk2 bajigur dan kupas2 pisang rebus, heuheuheu, ternyata eh ternyata blog ini TIDAK PERLU DIHAPUS.

    Uwa mah cuma bisa berdoa :
    1. Mudah2an blog ini bermanfaat buat semuanya, yg tidak merasakan manfaatnya mudah2an dapat melihat bahwa ini bermanfaat untuk orang lain, yg merasakan madhorotnya mudah2an bisa memperbaikinya. Amiiin
    2. Mudah2an kemudahan mendapatkan ilmu tidak mengurangi penghargaan dan penghormatan terhadap ilmu dan pengijazahnya sehingga mengurangi keberkahannya, Amiin.
    3. Mudah2an Ki Wong Alus dan rekan2 sbg penggagas blog silaturahmi ini diberi kesehatan dan kekutan oleh Alloh SWT, Amiiin.

    Terakhir, Mudah2an dagangan bajigur pisang rebus uwa laris manis…kok ga ada yg amiin sih?
    Halah santri sama sesepuh di KWA ko ngutang melulu sih. Qobiltu2 kirain ijazah ilmu…
    Qobiltu ngutangnya Ki ki semua heuheuheu

  211. Blog ini sangat bagus sekali, sayang kalo harus di hapus. Saya sangat sangat sangat tidak setuju kalo blog ini harus di hapus.

  212. menurut saya blog ini jangan dihapus, isinya banyak yg berguna. sy mendukungnya dgn segenap jiwa raga saya mungkin banyak saudara kita yang tidak punya biaya guna menuntaskan permasalan dgn adanya blog ini saudara kita tersebut bisa memilih solusi yang tepat. kita semua tahu orang-orang yang memaharkan ilmu yang terkadang selangit buat orang yg tdk punya tentu akan merasa kecewa. maju terus pantang mundur..hidup ini merdeka tetapi tetap dgn pilihan yang diredhoi ALAAH SWT. utk saudara KWA semua tetap dukung persaudaran/silaturahmi ini walau hanya jarak jauh.trim kash maaf smuanya kalau ada kata yang tidak berkenan semuanya. salam hormat buat sesepuh KWA.trima ksh byk

  213. Assalamualaikum wr.Wb
    orang yg menginginkan menghapus blog ini mereka itu merasa tersaingi dgn akitvitas mereka dgn dalih bebagai macam utk mengecilkan hati kampus KWA ini. maju terus ALLAHU AKBAR 3 X. trims ksh

  214. Assalamu’alaikum…
    salam takdzim untuk semuanya.

    menurut saya, blog ini tidak perlu dihapus karena menuntut ilmu hukumnya wajib. dan blog ini sudah bagus, dapat membedakan antara yang benar dan sesat. semoga dengan izin Allah SWT. blog ini akan terus berjalan. Allahu Akbar 3x.

    wasalamu’alaikum…

  215. Tukang sate

    Cuma dukun2/paranormal yg mengkomersilkan ilmu nya dan wahabi lah yg menginginkan blog ini di hapus,,,,,MAJU TERUS KWA,PANTANG MUNDUR….!

  216. wali katum

    jangan dihapus k!!!!!!!!!!

  217. Dajal Coli

    Ki wong alus….biasanya yg main model yg dulur paparkan ya orang2 Forum Supranatural sebelah….wekekekekeke merasa tersaingi mungkin….

    untuk yang tdk senang kalo bisa dibina saja ya kalo tidak bisa dibinasakan jg gpp.

    Rahayu

  218. harianto

    ojo di HAPUSSS.
    titik,

  219. Mahendrawijaya

    Assalaamu’alaikum Ki Wongalus

    Izinkan saya bertemu panjenengan

    Masih banyak yang butuh panjenengan termasuk dalah satunya saya ini

    Wassalaamu’alaikum

  220. Jangan dihapus ki, saya sangat membutuhkan amalan2 yang ada di blog ini !!

  221. Yasser

    –WAMA UTITUM MINAL ILMI ILLA QALILA…
    –WALLAHU SAMI’UN ALIM
    –SEBAIK-BAIK ORANG YANG BERILMU ADALAH MENGAJARKAN ILMUNYA..

    إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
    “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

    Jangan dihapus! Lanjutkan KI!,,,…!!! INNALLAHA MA’A SABIRIN ” Sesungguhnya Allah bersama org2 sabar”

    Semoga ALLAH SWT Merahmati….

  222. Asir Arafat / Yasser

    Assalamu Alaikum…Wr,Wb..
    –WAMA UTITUM MINAL ILMI ILLA QALILA…
    –WALLAHU SAMI’UN ALIM
    –SEBAIK-BAIK ORANG YANG BERILMU ADALAH MENGAJARKAN ILMUNYA..

    إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
    “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

    Jangan dihapus! Lanjutkan KI!,,,…!!! INNALLAHA MA’A SABIRIN ” Sesungguhnya Allah bersama org2 sabar”

    Semoga ALLAH SWT Merahmati….
    Wassalam..

  223. wiji cilik

    jangaaaaaaaaaaaaan,….. di hapuuuuuuuuuuusssss..

  224. bopri

    kita bikin semua dukun bangkrut….jangan di apus blog ini…

  225. imam 35

    Kalau Aku berkehendak menghapus maka akan terhapus

  226. bawor

    jangan dihapus kalau perlu tambah lagi sedang blog laen pelit mesti bayar

  227. nirmayanto

    menurutku ini blog yang bagus jadi teruskan aja ki….. yang kritik itu blm tau apa2 seperti saya….. bia

  228. maharani padusi

    ini blog paling bagus yg selalu sy sempatkan membaca,jadi mas biarin aja mrk negatif jadi mohon jangan d hapus kasian mrk yg butuh pencerahan dan haus akan ilmu..smoga allah swt selalu memberi mas umur panjang dan kesehatan utk selalu mengasuh blog ini salam dr sebrang lautan 🙂

  229. Yakin seyakin2 nya.
    Blog Ini bakalan Abadi di Internet..

  230. cah ndeso

    blog ini penuh dengan ilmu laku batin leluhur jawa. yang berguna untuk dimengerti kita selaku cucunya. yg ga suka ga usah diamalkan, baca aja. titik. upload terus ki…………… sedulor lereng merapi mendukungmu.

  231. Iwan krisdiyanto

    Assalamualaikum wr. wb.
    Aq mohon blog ini jngn di hapus.Coz artikel2x sngt bermanfaat untuk kehidupan sehari2.
    Wassalamualaikum

  232. pencari Tuhan

    @rely: kmu mengaku tau sunah nabi apa buktinya,emg prnah ktmu nabi??? Jgn2 pemahamany aj yg dangkal tpi ngaku2 dalem.klo syariat dah bnyk ustad2 d tv yg mmbahasny.Klo ga paham tntang sesuatu,belajar open minded.ilmu Tuhan Maha Luas,bersihkan hatimu dr buruk sangka,iri,dengki,hasud.klo gak paham dan gak mau belajar jgn buka blog ini. Msh bnyk blog lain.
    Utk kampus wong alus,maju terus pantang mundur.rawe2rantas malang2 putung.
    Salam
    GodSeeker

  233. balakaciprut

    Maju terus KWA…hargai perbedaan kalau orang yang bilang sesat itu kan menurut pemahaman dia saja, Ilmu itu Suci dan hakekatnya dari ALLAH SWT , Doa Amalan hanya sarana wasilah dalam bermunajat kepada ALLAH juga senjatanya orang Muslim Mu’min

  234. hardi

    simbah……….nunut ngiyup mawon nggih, lha taksih jawah………….bledeke menter-menter………kados ontran-ontran mawon teng blog…….je……

  235. ASSALAMU ALAIKUM
    MAAF SAYA BARU KEMARIN MENEMUKAN BLOG INI. SUNGGUH SAYA KAGET,BANGGA DAN TAKJUB MELIHAT ISI BLOG INI, SANGAT BAGUS SEKALI.ADA UNSUR PENDIDIKAN DAN SEJARAH JUGA. TERUS JAYALAH KWA……DAN SAYA INGIN MENJADI ANGGOTA KWA SAAT INI JUGA…! NAMUN BAGAIMANA CRA NYA…? MOHON INFONYA
    WASSALAMU ALAIKUM WR.WB

  236. ki dengan kerendahan hati mohon jgn di hapus blog ini…………. saya yg bodoh ini masih ingin menimbah ilmu dari blog iini dan dari sesepuh dan sedulur yg ada di sini ki.

  237. Saya berharap blog ini tetap di teruskan,,karena banyak pelajaran yang di petik dari blog ini,termasuk belajar spiritual/ngelmu secara on line dan mempererat perseduluran ..mudah-mudahan Blog ini menampung ilmu yang bermanfaat dan bukan sesat,saya bersyukur bisa ketemu kwa ini,,salam ki..wassalam

  238. assalamu’alaikum semua yang membacanya … my advice : jangan sampai di tutup blog ini karena blog ini adalah media atau perantara untuk mencari ilmu} .. karena allah menyuruh manusia untuk mencari ilmu dan allah juga memberi jalan yang sangat lebar terhadap orang yang mencari ilmu . manusia yang memberi ilmu terhadap orang lain pasi ada balasanya dan orang yang menutup jalan orang yang mencari ilmu pasti juga ada balasanya . jadi janganlah menutup jalan orang yang mencari ilmu. titik wassalam

  239. Ass Wr Wb!
    Buat mbah aki sepuh KWAmuanya!
    KWAlau pun ditutup!
    KWAmoga ada FPKWA
    Hahay! monggo KWAmua nya, KWAlam KWAduluran ti simkuring nu ganteng tea, nu kasep tea, nu bageur tea!

  240. markus

    Hati-hati dalam penataan diri menuntut ilmu…….
    Blog ini perlu juga DIHAPUS…, menurut saya belajarlah langsung kepada empunya….jangan langsung membuat keputusan bahwa dengan belajar tanpa tuntunan guru langsung akan mendapatkan manfaat….
    Maaf KI WONG ALUS…, sepertinya sudah banyak yang belajar menuntut ilmu dari blog ini dan hasilnya seolah-olah tidak sadar siapa mereka sebenarnya…, mereka membuyarkan tugas utamanya…, mereka berpikir sudah mumpuni dengan memiliki ilmu yang dipelajari dalam blog ini…
    Mereka langsung mengikrarkan diri menjadi hamba ilmu-ilmu dari blog ini.

  241. de_alone

    maju trs KWA,

  242. suruh kesini orangnya, biar saya penggal kepalanya

  243. bila blog ini dihapus,…..kemana lagi saya akan mencari info ilmu2 kedigjayaan? mohon dgn sangat…..JANGAN DIHAPUS….INI ADALAH AMAL JARIYAH , UNTUK BERBAGI KAWERUH

  244. markus

    BLOG INI HARUS DIHAPUS……!!!!!!!!!!!!!!
    Demi kepentingan umum yang sudah ngawur cara menggunakan logikanya….
    Mau Sakti, Mau Digjaya.., Mau Kuat….
    Mana ada yang bener-bener nyata…., semua palsu………
    mendingan kita banyak-banyak :
    – perbanya membaca Al-qur’an
    – mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW
    – banyak Shodaqoh
    – menyantuni anak Yatim Piatu
    – Sholat malam
    – Puasa Senin Kamis

    BARU…..kita mendapatkan Rahmat dari Allah…..dan Selamat Dunia Akhirat. ,

  245. ini blog keren nan asyik..

  246. rachman supardi

    waaahhh koyo politik ae…..wis ben wae ….

  247. nyuwun sewu mas, ampun di hapus, lha kulo nggih seneng baca terus saya copy saya kirim ke fb, dengan memberi sumber/link terkait. jadi kalau di fesbuk kan enak mas bisa dibaca melaui hape. termasuk blognya mas kumitir saya juga sering copas tapi dengan tidak menghilangkan nara sumber ini halaman fesbuk saya ( CINTA GEBES ) maturnuwun sanget mas.

  248. ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB…BERDASARKAN PEMBUKTIAN2 ALAM SEMESTA, SBG PEMBUKTIAN TERHADAP AL’QURAN SEBAGAI KETERANGAN (ILMU) MAKA PENGETAHUAN MERUPAKAN PRODUK ILMU. YG SENANTIASA BERPROSES MENURUT RUANG & WAKTUNYA SBG MANIFESTASI PENELITIAN2 THD PEMBUKTIAN DALAM LOGOS BESAR MAUPUN LOGOS KECIL. MAKA DENGAN DEMIKIAN, PERMASALAHAN HIDUP & KEHIDUPAN MERUPAKAN SUATU AKAR POKOK PERSOALAN GERAK BUDAYA YG MEMPUNYAI KONSEKWENSI & MANIFESTASI DLM RUANG GERAKNYA, BAIK YG NYATA MAUPUN YG GHAIB. MELIHAT DARI PERTANYAAN ANDA, MENURUT AL FAKIER BLOG INI TIDAK PERLU DIHAPUS..!, HANYA KEDUDUKAN DAN TUGASNYA YG HARUS DIBEDAKAN, UNTUK DAPAT MELETAKAN POKOK2 PERSOALAN DALAM MENAMBAH PERBENDAHARAAN PENGETAHUAN DZOHIR DAN BATHIN. SEHINGGA KITA TIDAK KHAWATIR MEMBAURNYA “URAIAN KEDUDUKAN DAN TUGAS”. KRN SELAMA INI HASIL SURVEY AL FAKIER & TEMAN2, TERNYATA MANUSIA SDH MELUPAKAN “DIRINYA SENDIRI”, SEHINGGA TDK MENYADARI BHW “JASAD INI TANPA RUH……HANYA SEONGGOK DAGING YG BUSUK..!”, MAKA ILMU OLAH RASA DARI SEGALA KEHALUSAN YG ADA PADA DIRI SETIAP MANUSIA, SANGAT DITEKANKAN KEPADA KEBERADAAN ‘RUH’ PADA ‘JASAD’. BUKANKAH SUARA JASAD YG DIUCAPKAN OLEH JASAD, SESUNGGUHNYA ADALAH SUARA ‘RUH’ YANG MERUPAKAN PERCIKAN API SUCI YANG ABADI?..MINNALLAHI ILLALLAHI….JADI MENURUT AL FAKIER..JANGANLAH DIHAPUS BLOG INI….MARI JERNIHKAN SESUAI TUGAS DAN KEDUDUKANNYA MASING2. AFWAN YA AKHI..AL FAKIER SANGAT TAKHZIM….DENGAN AJARAN2 MIN DZURIYYATIR RASUL..WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

  249. KHUSUS UNTUK SAUDARA MARKUS YG SAYA HORMATI, SY TIDAK MEMIHAK SIAPAPUN…TETAPI JAWABAN ANDA KURANG RELEVAN DAN URAIAN ANDA TIDAK SESUAI DENGAN JUDUL..BHW MENURUT AL FAKIER MEMBACA AL’QURAN, SHOLAT, SHODAQOH..MERUPAKAN MANIFESTASI IMAN MENURUT AJARAN. KITA SEBAGAI UMMAT ISLAM TENTUNYA DENGAN AL’QURAN & SUNNAH RASUL, YG DIDALAMNYA TDP ANJURAN BERIMAN KEPADA HAL2 YG BERSIFAT GHAIB, JD MENURUT AL FAKIER HIDUP ITU ADALAH FAKTUAL-INTELEKTUAL- SPIRITUAL-RELIGIUS…BUKAN SEKEDAR LOGIKA..LHO. WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB … (WONG CILIK DARI KELUARGA WONG HALUS)….

  250. steff_2007

    Sungguh sangat disayangkan kalo blog ini dihapus, sebaiknya dipertahankan aja euuyy…………maju & berkarya terus Ki… Salam kenal: Steff

  251. Tri wahyono

    Maju teruuuus…..

  252. Ahmad Mukti Orang Sukomangu - Mojosari - Mojokerto (Mojopahit)

    TIDAK ADA YANG PERLU DIHAPUS!!!
    LANJUTKAN UNTUK BER AMAL ILMU..

    SEMBAH NUWUN.

  253. heriyanto

    enggak perlu di hapus ….lanjut mengamalkan ilmu,dan, budaya leluhur kita……….ini blog yang sangat bagus,,,tidak mencari materi……

  254. insan penuh dosa

    assalamualaikum..
    jika aku di tanya blok ini perlu di hapus atau tidak,maka jawabanku TIDAK. dengan dengan adanya blok ini,saya bisa sadar bahwa saya hidup di dunia hanya mencari bekal untuk di akhirat nanti.dengan adanya blok ini saya bisa belajar agama.dengan adanya blok ini saya bsa tau bahwa di dunia ini masih banyak pendekar pilih tanding yang bisa di andalkan untuk membela agama & negara. saya sangat berterimakasih untuk smuanya. (nyampe netes ni air mata..hehe)

  255. hariz

    Ki jangan di hapus klo bisa ditambah lagi doa’a nya yang lebih exstrim lagi, lanjutkannnn!!!!
    banyakin pelet yg lebih ampuh lagi Ki

  256. KUNTI

    Ki saya setuju hapusssss aja orang yg kontra dengan blog wongalus ini, orang tak berilmu adalah orang yang tidak mau membaca,, hihkihkhkkkhkhkkhkihkkkkkk

  257. sebaiknya di hapus saja, karena blog yg anda buat ini ngawur, asal2an, hanya menguras tenaga dan membuang waktu secara percuma bila di pelajari/dilakoni, saya memang bukan orang pintar tapi saya juga tidak terlalu bodoh. Setelah saya membaca isi blog ini ,saya merasa blog ini di tulis secara asal2an,
    “Ojo Waton Ngomong, Ning Yen Ngomong Sing Gawe Waton”
    yang artinya jangan hanya
    sekedar bicara, namun apabila bicara harus
    bisa dibuktikan.

  258. budi aji

    mau dihapus kaga dihapus.kiwongalus tentu paling bertanggung jawab dunia ma akherat.karna yg buat blog ma ngijinin ma ngaminin orang2 tuk pada ngisi ma ngelmu gretongan. tentunye enak jadi santapan kaya ane pemula.tapi pertanggungjawaban kiwongalus yg buat blog nantinye kasian kalao tiba2 didatengin keluarga dr orang ngelmu sampe stres ato kaga dapet ngelmunya.kalao kata ane yg awam sih.meniding dihapus ja kiwong.buat baru saja ma kretaria pengisi elmunya di saring dulu ki.ane waktu dijakarta ikut baksos ngerasa risih ma kelakuan para senior kwa .katanye sih pake ilmu ghoib ngegurah mata.kaga taunye pake bahan kimia biar pedih.
    hancur ki wong kwa ni.padahalal ane yakin kiwong tulus mulia ngebuat blog gretongan ni.
    salam budi bogor

  259. Firman

    Ass. Ki ya biarin aja ngga usah di fikir, hanya saja banyak ilmu yang hebat jadi bahan cemoohan nafsu contohnya hizib al bahar. Sebenernya itu ilmu seperti raden gatot kaca versi islam, dimana brajamusti,brajadenta dan kutang antakusuma jadi satu. Kalo ngga salah guru saya bilang khadamnya ada 4. Beneran bisa terbang (di angkat khadamnya) bisa menjadi pandai besi tampa api,dan mempunyai tenaga 41orang dan masih banyak lagi. Hanya saja jadinya lama 2 tahun tahap pertama tahap yang kedua se jadinya. Makanya saya agak malas untuk menunggu. Mengenai blog ini saya harap jangan di tutup memang ada yang keliru seperti asma jaljalut hanya saja tolong semuanya di arsipkan secara nyata bukan elektronik saja, juga kalo bisa semua asma di tulis arabnya dan semua ajian di tulis huruf jawinya. Banyak yang ngga pas makhrajnya kalo yang asma. Juga guru gurunya di tulis soalnya biasanya ijazah asma harus ngasih hadiah al fatihah sama guru gurunya juga ajian ajian kalo bisa di tulis juga. Agar lebih cepet jadinya soalnya orang yang buat pasti tahu orang yang mengamalkan ilmunya sehingga meridhai. Wassalam

  260. salim poro sepuh,
    ojo di hapus blog kwa wong alus
    biarkan bebas merdeka amalan2 & pengijazahan secara gratisss , , ,
    jangan sampe ilmu asli nusantara ini punah, oleh waktu , , ,
    suwun

  261. salam KI sy zul dari kuantan malaysia….. biar seluruh dunia mengatakan kita sesat………kita tahu apa yg kita lihat, rasa,,,,melihat kebesaran ilahi…., menumbusi..alam2,,,,MOHON JANGAN DI TUTUP ianya menjadi rujukan & pedoman……kerana nilainya tidak boleh di beli dgn dunia…. mereka yg mengatakan sesat hanya pandai berkata2… & meihat dari sudut ilmu n zahir sahaja walllahualam…
    Sejahtera atas kamu , KI dan keturunannya dan seluruh alam hendaknya…

  262. Jangan. Malah untuk pengetahuan.

  263. kenza

    sebuah kemuliaan ketika kita bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan ikhlas dan bijaksana. dalam blog ini banyak artikel dan pendapat yang dimuat. itu adalah suatu khasanah keilmuan yang istimewa. pemahaman dan kedewasaan berfikir para pembaca akan diasah untuk bisa menilai mana yang cocok dan pas dan mana yang bisa diterima dan tidak oleh pikiran dan hati pembaca itu sendiri. saya yakin blog ini banyak manfaatnya. blog ini menambah pengetahuan dan kearifan hati dan fikiran pembacanya. menghapus blog ini adalah sebuah tindakan pengurangan khasanah pengetahuan, maka dari itu terus exist WONGALUS… biarkan blog ini tetap ada sepanjang masa… peace…

  264. Zuro Marco Pasco

    aku mohon ,sama ki wong alus….

    tolong jangan di hapus,,terimakasih.

  265. teddy parpunguan naibaho

    Salam Hormat kepada saudara ku, KI wong alus

    Sebagai sesama manusia ciptaan Tuhan yang maha esa kita harus bisa menyaring dan MELAKUKAN yang baik, dan TIDAK melakukan yang tak baik.

    saya pendatang baru di blog ini dan baru ini mengenal blog ini, kira nya saya di izin kan berkomentar. menurut cara pandang saya: manusia di beri akal pikiran supaya dapat membedakan yang BAIK dan yang TIDAK bak. TUHAN sangat menyayangi umat nya yang yang mengutamakan PERBUATAN BAIK, apalagi perbuatan baik yang tulus( tanpa unsur mengharapkan imbalan). blog ini harus nya jangan di hapus supaya manusia dapat mengambil hikmah dan putusan….. klu memang dasar nya si manusia nya orang baik, dimana pun berada pasti orang baik, dan sebalik nya dengan orang jahat., jika ada saran saya yg tidak baik, mohon maaf kan saya. teddy parpunguan naibaho

  266. Peros Sarma Bin Syailendra

    ASSALAMU’ALAIKUM USTADZ. MESKI YANG LAIN MEMNAGGIL AKI TAPI SAYA AKAN MEMNGGIL MAS ARYA DENGAN SEBUTAN USTADZ KARENA SUDAH JELAS BAGI SIAPAPUN BAHWA YANG BERHAK MENGIJASAHKAN ILMU APAPUN KEPADA SIAPAPUN ITU HANYALAH SEORANG GURU YANG MENGERTI DAN TAHU ILMU APA YANG TELAH DIIJASAHKANNYA TERLEPAS DARIMANAPUN ASAL USTADZ. SAYA SALAH SEORANG YANG AWAM DALAM DUNIA GHAIB KARENA SAYA DIBESARKAN DI ALAM ARTINYA SAYA BESAR BUKAN DITANGAN ORANG TUA SAYA. DARI SMP HINGGA KERJA SAYA MERANTAU DIDUNIA DAN BANYAK BELAJAR ILMU YANG MENGARAH PADA KETAUHIDAN DAN SELALU MENERIMA APAPUN YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH SEBAGAI BERKAH.DALAM RANTAUAN SAYA TELAH BANYAK GURU YANG SAYA DATANGI DAN MEMPELAJARI ILMUNYA DARI ILMU SYARE’AT SAMPAI ILMU HAKIKAT MESKIPUN ILMU-ILMU ITU TIDAK BISA SAYA KUASAI SEMUANYA. GURU SAYA TERDIRI DARI YANG LEMBUT SAMPAI YANG KERAS DALAM MELIHAT SUATU ALIRAN KEAGAMAAN. SAYA JUGA SUDAH BANYAK MENGALAMI PERDEBATAN TENTANG SUATU KHAZANAH ILMU DENGAN BERBAGAI KARAKTER ORANG. HARI INI TANGGAL 18 JULI 2013 PERTAMA KALINYA MELIHAT DAN MENGANALISA APA – APA YANG ADA DI BLOG INI, SAYA MEMBACA ISI BLOK INI BUKAN DENGAN KETIDAK MENGERTIAN SAYA ATAUPUN DENGAN RASA SOK TAHU SAYA, SAYA MEMBACA ISI BLOG INI SEBAGAI PETUNJUK DARI ALLAH KARENA BAGI KITA SEMUA YANG MENGERTI TERKHUSUSNYA BUAT SAYA BLOG INI ADALAH BLOG YANG MAMPU MENJAWAB APA YANG TAK TERJAWAB ATAU APA YANG SELAMA INI MENJADI RAHASIA, SAYA MERASA BERSYUKUR ATAS APA YANG TELAH SAYA LIHAT, SAYA BUKAN LIHAT AMALAN ATAU ILMUNYA NAMUN SAYA MELIHAT SISI LAIN YAITU DENGAN APA YANG ADA DI BLOG INI BISA MEMBUAT KITA LEBIH DEKAT KEPADA ALLAH, SEBAGAI MANUSIA SAYA KIRA KITA TELAH DIBERIKAN AKAL DAN PIKIRAN OLEH ALLAH YANG DIGUNAKAN UNTUK MENTELAAH, MENCERNA ATAU MEMFILTER SEGALA SESUATUNYA BERDASARKAN PENGETAHUAN YANG KITA MILIKI SECARA GLOBAL BUKAN PENGETAHUAN YANG ALA KADARNYA. DULUNYA SAYA JUGA SANGAT JAUH DENGAN YANG NAMANYA ISIM, ASMA, AZIMAH DAN LAIN-LAINYA, NAMUN ALHAMDULILLAH BATHIN SAYA TERBUKA SETELAH TANPA SADAR SAYA MEMAHAMI APA ARTI SEMUA ITU SEHINGGA SAYA TIDAK BERANI LAGI MENGHUJAT ATAU MENGHINA APA YANG DIMILIKI OLEH ORANG LAIN KARENA SETIAP KELEBIHAN YANG DIMILIKI OLEH SIAPAPUN ITU PASTI MERUPAKAN KARUNIA ILLAHI UNTUK KEPENTINGAN UMAT. OLEH KARENA ITULAH ALLAH MEMBERIKAN ILMU YANG BERBEDA PADA SETIAP ORANG DALAM SUDUT PANDANG YANG BERBEDA. ADA MANUSIA YANG MEMPUNYAI ILMU TAUHID, ADA JUGA YANG MENGUASAI ILMU FIQIH, ADA JUGA YANG MENGUASAI ILMU TASAUF DAN MASIH BANYAK LAGI. ILMU ILMU ITU BILA DISATUKAN TAK AKAN PERNAH KETEMU DIKARENAKAN BERBEDANYA PANDANGAN, KENAPA ITU BISA TERJADI ??? SATU JAWABANNYA KARENA MEREKA MENGGAP ILMU MEREKALAH YANG PALING BENAR. UNTUK ITU MENURUT SAYA PRIBADI TAK PERLU USTADZ MENUTUP BLOG INI DAN YANG MENGATAKAN BLOG INI SESAT SAYA DOAKAN SEMOGA BATHINNYA DIBUKAKAN OLEH ALLAH TENTANG HAL KEGHAIBAN. SEPERTI HALNYA TENTANG BUKU KARANGAN SYEIKH AHMAD AL BUNI YANG BERJUDUL SYAMSUL MA’ARIF AL KUBRO BEGITU BANYAK YANG MENGHUJAT DAN MENGATAKAN BAHWA KITAB ITU SESAT TAPI BUKTINYA KITAB ITU BANYAK MEMBANTU UMAT YANG SEDANG DALAM KESUSAHAN TANPA MELEPASKAN BAHWA SEMUANYA DARI ALLAH. HIDUP ADALAH SUATU SYAREAT DALAM MENUJU HIDUP YANG SEBENARNYA TANPA SYAREAT HIDUP TAK AKAN BERGUNA KARENA ALLAH TELAH SEMPURNAKAN MANUSIA DENGAN AKAL.UNTK ITU USTADZ JANGAN PERNAH USTADZ MERASA BAHWA BLOG INI SESAT YANG TERPENTING USTADZ BERTUJUAN MEMBANTU UMAT. SAYA BALIK BERTANYA USTADZ ORANG – ORANG YANG MENGATAN BLOG INI SESAT APAKAH MEREKA BERLATAR BELAKANG SUPRANATURAL ATAU ??? ATAU MEREKA HANYA ISENG ??? JADI USTADZ TETAP PADA PERSATUAN DAN JANGAN MUDAH DIGOYAHKAN SIAPAPUN BUKANKAH SEMAKIN TINGGI POHON ITU MENJULANG AKAN SEMAKIN BANYAK ANGIN YANG AKAN MEROBOHKANNYA. MAAF USTADZ KALO SAYA MENCOBA MENGUPAS SEDIKIT HAL YANG SAYA TAHU KARENA SAYA SEDIH MELIHAT USTADZ YANG DIKATAKAN SESAT DAN MENYESATKAN KARENA MEMBUKA BLOG INI, BIARLAH ALLAH YANG AKAN MENJAWAB SEGALA HUJATAN MEREKA KARENA SEPERTI DOA QUNUT SUBUH BERAPA BANYAK YANG MENGATAK ITU SESAT NAMUN HINGGA KINI TETAP LANGGENG DIPAKAI ORANG BUKANKAH TIDAK ADA KESESATAN YANG ABADI ??? KARENA ALLAH TIDAK AKAN MEMBIARKAN ISLAM DIRUSAK OLEH MANUSIA YANG BERSIFAT PENDUSTA SERTA MERASA BENAR SENDIRI…….. SEKALI LAGI SAYA MINTA MAAF USTADZ ATAS KELANCANGAN SAYA INI……. SEMOGA USTADZ TETAP DALAM KEYAKINAN USTADZ BAHWA BLOG INI TIDAK SESAT DAN MENYESATKAN…AMIIIN…..AMIIIN….YA ROBBAL’ALAMIN

  267. dedy widayato

    Meski saya baru baca dan baru tahu keberadaan blog ini, saya rasa sangat membantu untuk sharing pengetahuan. Jadi saya sangat setuju kalo blog ini tetap ada.

  268. orng yg mngkritik itu hrs tau jls apa isi blog ini. klw ga tau jngn sok mngkritik. itu tanda” orng yg bodoh. jngan di hapus bos ini kan budaya qta.

  269. Assalamu’alaikum war…wab…

    Blog ini gak usah di hapus kawan, biarlah orang lain mau bilang sesat atau sesa’at, karena yang sesat itu bukan blog-nya melainkan hati dan fikiran orang-orang yang pemahaman keilmuannya belum sampai kesana, karena pemahaman dan pengamalan do’a-do’a yang ada di blog ini, ibarat sekolah ada yang masih tingkat PAUD TK SD SMP SMA S1 S2 S3 dst, kalau yang mengkritik tsb tidak percaya dengan ilmu Hikmah berarti mereka tidak percaya adanya Ma’unah Karomah para Auliya’illah dan mu’jizat para Mursalin, Dulur,. tetep aja ramaikan blog ini, karena blog ini satu-satunya wadah untuk Sillatur-Rohim, saling silang, tukar pengalaman dan menambah ukhuwwah tali persaudara’an, mari berbagi saling asa saling asih dan saling asuh. semoga ilmu yang di dapat bermanfa’at.

    Wassalamu’alaikum…war…wab

  270. ki jaangan di hapus karena cukup bermanfaat bagi kita semua???
    tentang amalan
    sangat bermanfaat untuk saya belajar

    tolong jangan dihapus

  271. lanjut terus ki……blog ini akan menjadi blog nonor wahid di dunia, kenapa begitu ? karena pembelajaran dan pengajaran lillahi ta’ala, membahas dan menampilkan ayat2 Qur’anniyah dan ayat2 kauniyyah, ilmu pengetahuan yang sangat di cari oleh seluruh makhluk alam semesta, bukan kita saja..apalagi keadaan dunia dan manusia pada saat ini, jelas KWA sangat dibutuhkan….saya tidak bisa membayangkan, bagaimana KWA ke-depan, yang jelas akan menjadi kiblat sedunia dalam hal ilmu hikmah (ilmu Allah) ini tantangan super jet untuk Ki Alus dan santri2nya. saya mohon… harus ada pengkaderan yang serius untuk mempersiapkan pengurus yang mempunyai wawasan 6 penjuru mata elemen alam semesta agar KWA tetap ekxsis, tegar dan bermanfaat untuk seluruh makhluk Allah.
    maaf ki… kalo saya ngelantur…., tapi itu akan menjadi kenyataan…. Amiin.

  272. lolita

    Membaca blog ini membuat sy lbh menyadari betapa Maha Besarnya dan Maha Dasyatnya Allah. Sy sepakat dgn komentar tmn2 disini. Blog yg sgt berharga ini jgn pernah dihapus. Semoga Allah Melimpahkan segala bentuk karunia kepada pemilik n pengurus blog ini. Amin.

  273. azwar anas

    assalamualaikum ustadz
    menurut saya ngak usah di dengerkan orang yang bilang blog in sesat, asal kita punya tujuan yang baik dan ngak melanggar qur’an,hadist. sesat itu orang yang menyembunyikan kebenaran, menghalagi orang untuk berbuat baik dan merasa dirinya paling benar padahal hanya ALLAH yang Maha Benar.

  274. Nasir

    Assalamualakum,slam sejahtera buat kita semua.Menrut sya yg perlu byak beljar, memang blog ini perlu dikembangkan lg…Misal utk amalan yg menggunakan bahasa arab,tolong gunakan hurf arab,karena bila ejaan diindonesiakan ,setiap org pasti pengucapannya berbda dan nantinya artnya pun jd beda.Dihapus ato tidak blog ini ,semua kembali pd pembaca.Bisa memanfaatkan informasi ato tidak.Ibarat senjata ,dia akan berguna bila di tgn org yg tepat dan membawa bencna bl di tgn org yg slah,bukan senjtanya yg kudu dimusnahkan.Kata org pintar The Right Man Behind The Gun.Mungkin itulah setitk tulisan sya.Trims.Wassalam

  275. VENJUS

    LANJUTKAN AJA BLOG INI, TERGANTUNG DIRI SENDIRI AJA YG MENCERNA KAIDAH MAKSUD DAN TUJUAN TANPA MERUGIKAN ATAU MENYALAHGUNAKAN ILMU DARI ALLAH

  276. TERUSKAN SAJA BLOG INI, TERGANTUNG DIRI SENDIRI AJA YG MENCERNA KAIDAH MAKSUD DAN TUJUAN TANPA MERUGIKAN ATAU MENYALAHGUNAKAN ILMU DARI ALLAH

  277. satriaasmara212

    Assalammualaikum..rahayu,,he he he
    Alangkah bijak kalo kita bs mendengar dr sudut yg mungkin selama ini samar terdengar..alangkah indah kalo kita bs memahmi yg terjadi bukan menghakimi yg dijalani..betapa elok kalo kita lbh hati -hati dan tak terjebak mjd seorang hakim yg membenarkan dan menyalahkan sesuatu kita belum tentu yakin apkah yg kita salahkan memang benar2 salah ato yg kita benarkan itu memang benar2 benar…blog ini adlh salah satu bentuk ilmu pengetahuan dan alangkah bijak kalo hny Gusti Alloh yg bs membenarkan dan menyalahkannya kr hanya Alloh yg benar2 tau mana yg salah mana yg benar..yg terpenting kita berniat berbuat baik kepada semua manusia..apapun yg akan dihadapi setelahnya adlah pepesten gusti yg hrs dihadapi dgn ikhlas dan mencari makna dibaliknya..biarlah blog ini mewakili ketidaak tahuan krn segalanya memang berawal dr itu,,dan biarlah takdir Gusti Alloh yg akn menentukan akhir dr segalanya…he he..rahayu
    wassalammualaikum…..

  278. apispontian

    Asalamualaikum, sebagai ki atau guru, lebih arif membuat keputusan, kami semua nie pembaca n pencari ilmu2 terutama ilmu allah,, baiknya ki istiharah saja. Moga allah bagi petunjuk. Kalau benar ianya menyesatkan Allah to adil. Akan dapat petunjuk. Jika ilmu nie banyak kebaikan untuk umat islam mesti bertahan sampai ke anak cucu ki. Saya minta maaf jika tersinggung perasaan ki atau pembaca lain. InsyaAllah kebenaran to pasti akan datang…

  279. agis taufik

    blog KWA jangan pernah di hapus ki. blog ini menurut saya sangat2 bermanfaat. inilah blog pemersatu budaya warisan guru2 mulia. pembangun silaturrahmi, penambah wawasan khazanah keilmuan.
    tempat saling berbagi
    untuk yang membutuhkan.
    & kebenaran semuanya hanya milik allah.
    wallahu a’lam bishowabb

  280. Assalmualaikum WRB; Kehadapn Ki Wongalus mohon blog ini usah ditutup. Banyak boleh di menfaatkan ilmunya. Yang sesat itu kerna belum datangnya pertolongan/di biarkan oleh ALLAH. Bagi SAYA yg baru following mungkin juga memahami apa yg baik buat DIRI SAYA yg memang BODOH. Insya’allah moga ALLAH pemberi petunjuk pada Hambanya. BERHARAP Ki wongalus terus bersabar dan terus menulis apa jua yg diilhamkam ALLAH SWT. mohon ampun maaf pada seluroh keluarga WONGALUS, dari saya Newfollower(fandi).
    Mohon izin utk di ikyti terus bloknnya. Wassalam.

  281. Ass wr wb . Maaf KI ? lanjut aja blog ini ? jangan dengarkan orang2 yang sok suci ? Apalagi meng Ibliskan ilmu Kejawen ? apakah mereka memang malihat Iblisnya ? mereka gak Sadar bahwa Islam yang mereka imani sekarang adalah perjuangan WALI SANGA yang nota Bene Berbekal kesaktian dan Kharomah dari Alloh Via Al,qur,an dan Hadist . Okey lanjut Ki ? saya dukung ?

  282. abi3179

    assalamu”alaikum boss wong alus jangan dihapus jagonya
    kalau ada yang protes saya siap MEMBENTENGINYA KI DEMANG
    PAMUNGKAS. BAIK BURUKNYA OLMU TERGANTUNG PRIBADI YANG PUNYA, hanya ALLAH YANG TAHU. YANG PROTES APA SUDAH PUNYA PENGAALAN SPIRITUAL NAIK KE LANGGIT. TINGKAT BERAPA DIA SAMPAI ?? SEKALI LAGI BLOG JANGAN DIHAPUS….

  283. virien

    ga usah dipikir, seng ra seneng yo ben……….blog pertahankan, gawe wadah nguri2 budoyo nuswantoro…..

  284. Bersyukur saya lahir dibumi BHINEKA TUNGGAL IKA , penuh damai ,rakyat saling menghargai , budaya nya bermacam macam dan tinggi sekali , kesenian bertebar dimana mana , bumi nya makmur sekali ………….dan leluhur saya tidak pernah mengajari ajaran fitnah yang bersumber dari aliran wahabi yang dari abad kelima ditanah arab , yang doyan memfitnah……..

    ………………..KAMU SESAT
    ………………..KAMU MUSYRIK
    ………………..KAMU BID’AH
    ………………..KAMU KAFIR
    ………………..KAMU DUKUN
    …………………………………………….alangkah indahnya ajaran leluhur saya
    …………………………………………… alangkah sejuk dan damainya ajaran nenek moyang saya
    …………………………………………… Hayo Amemayu Hayuning Bawono

  285. bowo

    Dihapus apa tidak itu Kersaning Njenengan Ki… knapa urus pendapat org lain… kalo utk saya … dihapus monggo… dilanjut nggih monggo …. (0)

  286. wong pinggiran

    Den bei wong alus, kanggone nyong sih blok kiye ora perlu di busek, nek dibusek para sutresnane den bei pada kecewa. sebab durung ana wadah bab kawigaten babagan ilmu tuwa sing ana ing nuswantoro kejaba bloge den bei. nanging nyonge kecewa karo kiyai rogo runting, nangopo mesti nyebutna sawijining aliran. blok kiye olih diwaca sapa bae, kabeh aliran bisa maca. sing maca pada duwe atinurani bisa pilah lan bisa pilih.

  287. Hendra Agnes

    Nama Lengkap : Hendra Agnes
    Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 28 Agustus 1984
    Usia : 33 Tahun
    Agama : Islam
    Nama Ayah Kandung : Bapak Mochammad Djainuri
    Agama : Islam
    Nama Ibu Kandung : Ibu Yunani
    Agama : Islam
    Alamat Lengkap : Jalan Joyoboyo, Loceret Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur – Indonesia ( 64471 )
    ———————————————————-
    A’uudzubillaahi minasy-Syaithoonir-Rojiim. Bismillaahir-Rohhmaanir-Rohhiim. WA’ALAIKUMUS-SALAAMU wa rohhmatulloohi wa barokaatuHu. Salam ta’dziim, salam silaturrohmi. Semoga salam dan rahmat dan hidayah dan kesehatan ( termasuk panjang usia ) serta kekuatan dari Allooh SWT selalu terlimpahkan kepada Para Guru dari Bapak Ustaadz Muhammad Wildan beserta kepada Bapak Ustaadz Muhammad Wildan beserta kedua Orang Tua Bapak Ustaadz Muhammad Wildan serta kepada para keluarga Bapak Ustaadz Muhammad Wildan juga. Aamiin Alloohumma Aamiin. Demi ALLOOH SWT, bahwa blog KWA ini TIDAK perlu dihapus !! Sebab ini sebagai sarana media dakwah melalui ILMU HIKMAH milik Ki Wong Alus ( Kampus Wong Alus ) supaya para sedulur yang berada di dalam blog ini bisa mengenal ALLOOH SWT beserta kebesaran-Nya dengan penuh bijaksana dan ikhlas LiLLaahi Ta’aaLaa dan supaya untuk sarana menyambung rantai silaturrohmi sesama umat ISLAM dan MEMPERKUAT rantai keislaman demi untuk membangun kebijaksanaan, kejujuran, keadilan, kebaikan, serta kebenaran jiwa umat Islam.
    Sebab saya teringat mengenai kata pitutur ( nasehat ) dari Al-Habib Umar bin Muhammad ibn As-Saalim ibn Al-Haafidz ibn Abi Bakrin : “SANAD = bagaikan RANTAI”.
    Semoga kita semua selalu di dalam lindungan ALLOOH SWT. Aamiin Alloohumma Aamiin. BibarokatiL-Faatihah.

Tinggalkan komentar