PENYALURAN BANTUAN KE PARA KORBAN BENCANA


Assalamualaikum wr wb
Perubahan lingkungan hidup, politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan lainnya yang begitu cepatnya di sekitar kita memaksa agar kita semakin peka. Kampus Wong Alus (KWA) sebagai wadah informal untuk merangkai persaudaraan antar generasi lintas wilayah di nusantara juga harus terus belajar untuk beradaptasi pada perubahan-perubahan tersebut.

Selain adanya interaksi pembelajaran, yang juga menjadi tujuan KWA adalah langsung memberikan kemanfaatan dan faedah langsung ke masyarakat yang membutuhkan. Jadi KWA selain sebagai tempat belajar sekaligus sebagai tempat menyalurkan kreativitas dan inovasi yang bermanfaat langsung di masyarakat. Kita semua mengharapkan melalui manajemen organisasi yang baik maka diharapkan KWA bisa memberikan nilai tambah yang bisa langsung dirasakan kemanfaatannya untuk masyarakat. Dalam konteks inilah segenap keluarga KWA harus memiliki sifat dan perilaku yang baik berupa sifat amanah, jujur, integritas, dedikasi, kedisiplinan yang berpegang pada etika sopan santun ketimuran. Sehingga kepercayaan masyarakat kepada KWA akan muncul secara otomatis bila kita semua memelihara dan mengembangkan sifat-sifat ini.

Sifat-sifat yang baik bisa dikembangkan bila kita mau dan mampu untuk menghargai hidupnya sebagai anugerah yang tidak ternilai dari Sang Pencipta sehingga kita tergerak untuk  senantiasa mengasah dan memanfaatkan kemampuan yang sudah dimilikinya.

Sedulur keluarga besar KWA yang saya cintai, kini saat bencana alam datang silih berganti menerpa negeri kita sikap mental kita sebisa mungkin kita pasrah, ikhlas, berdoa dan tetap harus berusaha. Sebab tanpa usaha dan doa apalah arti kita sebagai makhluk lemah? Tuhan Maha Pengasih dan Maha Melindungi segala sesuatu sehingga sebelum bencana alam pasti ada peringatan (warning) terlebih dahulu yang nyata dan jelas. Memang tidak mudah membaca bahasa alam namun bukan berarti manusia tidak mampu membaca bahasa alam. Begitu juga dengan pasca bencana, pasti ada hikmah di balik itu.

Jika kita memahami sejak dulu bumi kita sudah banyak terjadi gejala alam seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, tsunami dan lainnya. Banyak makhluk hidup seperti pithecantropus erectus, dinosaurus dll yang akhirnya punah karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan situasi dan kondisi bumi. Maka dengan adanya gempa bumi sekarang ini, kita perlu belajar bagaimana cara survival  yang terbaik dan menghindari bahaya sebisa mungkin. Sebab apa yang biasa disebutkan sebagai bencana alam sebenarnya adalah mekanisme agar terjadi proses penyeimbangan. Namun sayangnya kini keseimbangan alam itu dengan mudahnya dipercepat kerusakannya oleh nafsu ego, materialisme dan pragmatisme serta gaya hidup yang cenderung instan dari para oknum yang tidak bertanggungjawab.

Pada momen terjadinya rentetan bencana kali ini, seluruh civitas academica KWA tergerak bersama-sama untuk memberikan kemanfaatan bagi sesama yang membutuhkan. Muncullah ide untuk membuka kesempatan sedulur yang ingin berbagi dengan ikhlas untuk meringankan penderitaan para korban dengan cara mengumpulkan dana serta barang-barang yang dibutuhkan mereka di pengungsian.

Niat awalnya adalah menyalurkan bantuan ke dua bencana yaitu di Tsunami Mentawai dan di Meletusnya Gunung Merapi. Namun setelah dipertimbangkan berdasarkan besaran dana yang ada, maka diputuskan bantuan disalurkan ke satu tempat saja yaitu untuk korban Merapi. Dana yang terkumpul dicukupkan dalam satu manajemen penyaluran sebanyak Rp 11 juta (Jawa Sewelas: sebelas/ agar kita semua mendapat kawelasan/daya penyasih dan penyayang-NYA), dan beraneka rupa barang yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi. Seperti pakaian dalam, makanan kecil anak-anak, obat-obatan, dan lain sebagainya yang disalurkan secara langsung ke beberapa titik pengungsian oleh tim KWA yang dipimpin langsung oleh Ki Sabda Langit dan Bengawan Candhu CS.

Kami mengucapkan rasa hormat dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: (1). Sedulur yang telah ikhlas memberikan sumbangan untuk korban Merapi yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. (2). Ketua dan Anggota Panitia Penyalur Bantuan untuk Bencana Merapi. (3). Sedulur pembaca Kampus Wong Alus. (3). Semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan pada kesempatan kali ini sehingga acara ini bisa terselenggara dengan sukses.

Kami berharap, semoga kegiatan ini bisa dilanjutkan lagi di masa-masa yang akan datang dan kegiatan ini semakin meneguhkan niat dan tekad kita keluarga besar KWA untuk memberikan yang terbaik untuk agama, keyakinan, bangsa, negara dan masyarakat. Kegiatan ini adalah wahana membangun kembali kesadaran akal dan kesadaran ruhani kita.  Termasuk memperbaiki pola perilaku yang menyimpang dari koridor harmonisasi dan sinergi dengan alam semesta. Harmonisasi dan sinergi antara manusia dengan alam semesta akan menentukan kemampuan seseorang dalam membaca bahasa alam atau memahami kehendak Tuhan.

Sedulur keluarga besar KWA yang saya muliakan, demikian apa yang bisa kami sampaikan dengan mengucapkan “ALHAMDULILLAHIROBBIL ALAMIN ” acara penyaluran bantuan untuk para korban bencana ini secara resmi ditutup. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

WONG ALUS

Categories: KWA PEDULI SESAMA

Navigasi pos

25 thoughts on “PENYALURAN BANTUAN KE PARA KORBAN BENCANA

  1. Kidang7117

    absen siang….

  2. raONO

    HMMMM…..SUKSES…

  3. cantrik151

    Waaau no 1

  4. Kidang7117

    alhamdulillah….semoga bantuan yang kita berikan bermanfaat…dan menjadi salah satu amal kebaikan untuk kita bersama…..

  5. ---- ta kwa ----

    sssiiipppppp…..

    obelixxxxx

  6. Kidang7117

    maaf om cantrik…saya dului…salam hormat dan salam kenal dari saya…

  7. cantrik151

    wele-wele ra sido no 1 ne.
    @mas kidang 7117
    @mas ra ono
    Mat siang lam knal ja.

  8. ---- ta KWA ----

    SELAMAT SIANG ….sedulur…

    @cantrik151, pa kabar….smg baik…
    @Kidang7117, oleh2 nya mana?

    salam ..salam..

  9. cantrik151

    ra popo mas kidang 7117, lah wong kulo ngangge hp eror je. hehehe

  10. 10 besar mudah2an segala amal sedulur2 diterima oleh alloh swt dan mendapatkan balasan serta ridho dari NYA amin 3x

  11. Wagiman wara wiri

    Mantaff

  12. Laskar_lung gading

    Absen siang..
    Salam takdzim kagem kangmas2 q
    @cantrik 151
    @kidang7 117
    @takwa

  13. Prabowo

    alhamdulillah…selamat siang semuanya…slm hormat saya kpd:
    @ki wong alus
    @ki sabdo langit
    @ki satria mataram/@kidang.(cmn nebak, bener g y..he..he)
    @ki BC
    @kang mz wawan
    @kang mz akik
    @kang mz azizi n setya
    @kang mz agus
    @kang mz andra
    @semua para sesepuh n warga KWA…
    Smga kita semua slalu mndptkn rahmat,berkah n ridhoNYA..amin..

  14. Kidang7117

    mas prabowo….selamat siang…kita nunggu mas andra/ki bagong…monggo kita mojok bersama aja dulu

  15. iroel

    Alhamdullillah …..akhir nya sukses juga….amin….

  16. Kidang7117

    selamat siang juga untuk ki laskar lung gading..monggo dilanjut

  17. @all : Assalamu’alaikum.wr.wb… Selamat siang..
    “Alhamdulillah.. Semoga tiada yang tersia-siakan pada setiap detik yang kita jalani sehingga segala sesuatunya adalah yag terbaik dari-NYA untuk kita dan untuk semua yang berada disekitar kita… amien”

    S3!!!
    (salam sukses selalu)

  18. star night

    LANJUTKAN ….KI WONG ALUS AND REKAN////////////////////

  19. Nawiazky

    Alhamdulillah
    amanah telah ditunaikan semoga berkah bagi semua…
    amiin
    Salut kepada Relawan KWA barakllahu fikum
    wassalam

  20. awam

    absen ………. smga amal ibadhah kita di terima. amin….
    maaf ki mau ikut saran, gmn kalo kwa diadakan kas/ gmn, kalo swaktu2 saudara2 kita ada yg kena musibah tinggal gunakan dana tersebut.

  21. jayengS

    ki bagong teseh sare mas. SM

  22. Kidang7117

    om jayengS….piye cah siji kuwi…..awan awan koq mung sare wae….

  23. Absen… sore…

  24. maspri131

    absen ba’da maghrib, selamat malam…………? semoga KWA sebagai wadah informal menjalin persaudaraan yang dilandasi olehh rasa cinta kasih tidak sebatas lintas wilayah nusantara, tetapi lintas antar negara, bahkan lintas dunia yang lain, selamat malam!

  25. kidang7117

    maspri131….amin…amin…amin…