PUNCAK 29


SELAIN BERBAGI AMALAN KEILMUAN, BLOG KAMPUS WONG ALUS MENGAJAK PARA SEDULUR UNTUK BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH. KIRIMKAN ARTIKEL ANDA KE EMAIL rdrkwa@gmail.com. BERIKUT INI ARTIKEL KIRIMAN SEDULUR BERJUDUL PUNCAK 29.

Oleh minary citraeleanora
minaryal2@gmail.com

Assalamualaikum wr wb. Pada postingan kali ini saya  pengen mengenal kan salah satu gunung di gugusan gunung di daerah kota kudus-jawa tengah, mungkin nama gunung ini terdengar asing di telinga anda bagi yg luar jawa. Tapi di balik nama  asing gunung ini tersimpan keindahan budaya tanah  jawa yg teramat kental dan  mistik……  gunung ini terkenal dengan sebutan Wukir Rahtawu (puncak 29 ).

Rahtawu sebenarnya adalah nama desa di lereng Gunung Muria masuk Kecamatan Gebog itu, bagi masyarakat Kudus dikenal banyak menyimpan misteri. Sekitar tiga dasa warsa yang lalu (lebih 30 tahun-Red), Rahtawu merupakan sebuah desa yang sangat terisolir. Sebab, belum ada jalan poros desa. Roda empat pun tak bisa menuju ke desa itu, termasuk angkudes. Satu-satunya jalan adalah lewat jalan setapak. Pendatang harus rela berjalan kaki sekitar lima kilometer mulai dari Desa Menawan. Berkat jasa Bupati Marwotosoeko, dengan tekad gugur gunung, jalan menuju desa tersebut sudah dilebarkan, sehingga Rahtawu menjadi seperti sekarang ini.

Meskipun lokasi tidak mudah dicapai, Rahtawu mempunyai daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka melakukan ritual ziarah. Di kawasan Rahtawu banyak menyimpan petilasan (bukan makam-Red) dengan nama-nama tokoh pewayangan leluhur Pandawa. Sebut saja petilasan Eyang Sakri, Lokajaya, Pandu, Palasara, Abiyoso. Selain itu di sana juga ada kawasan yang diberi nama Jonggring Saloka dan Puncak Songolikur.

Petilasan itu banyak menarik minat orang untuk datang berziarah. Di setiap daerah biasanya ada pantangan tertentu. Di Rahtawu juga ada pantangan, yakni warga dilarang nanggap wayang kulit. Meski di sana banyak nama petilasan bernama leluhur Pandawa. Sampai sekarang tidak ada yang berani melanggar. Bila dilanggar, konon yang bersangkutan terkena bencana. Jadi kalau ada warga punya hajat, paling nanggap tayub, karena diperbolehkan.

Kata orang desa sana nama  Rahtawu mempunyai arti getih yang bercecer (bahasa jawa) kalo  indonesianya (darah yang bercecer ) Menurut mitos, Wukir Rahtawu merupakan tempat pertapaan Resi Manumayasa sampai kepada Begawan Abiyoso yang merupakan leluhur Pandawa dan Korawa. Menurut cerita babad dan parwa, konon leluhur raja-raja Jawa merupakan keturunan  dinasti Bharata/para shangyang.

Sebuah misteri yang membingungkan , ( aku aja bingung…..hehehehhe ) banyak sekali tokoh 2 pewayangan yang petilasan nya  masih di rawat oleh penduduk sekitar sampai sekarang bahkan banyak orang – orang dari luar kudus ( jateng ) banyak yg berdatangan untuk menikmati  suasan pegunungan dan  mistik yg ada di gunung tersebut , menurut pengalaman saya tidak  salah kalau orang -orang yang  suka mistik ( terutama yang beraliran kejawen ) banyak yang berdatangan ke gunung Rahtawu karena memang dari lereng gunung sampai puncak gunung itu berjajar banyak sekali petilasan – petilasan dari para tokoh pewayangan yang di sucikan dan di sebut ” eyang ” oleh penduduk sekitar . Berikut ini adalah nama – nama petilasan para tokoh pewayangan yang ada di gunung Wukir Rahtawu : Eyang Sakri (Bathara Sakri), di Desa Rahtawu Eyang Pikulun Narada dan Bathara Guru, di Joggring Saloko, dukuh Semliro, desa Rahtawu. Eyang Abiyasa dan Eyang Palasara, di puncak gunung “Abiyasa”, ada yang menyebut “Sapta Argo”.

Eyang Manik Manumayasa, Eyang Puntadewa, Eyang Nakula Sadewa di lereng gunung “Songolikur”, di puncaknya tempat pertapaan Eyang Sang Hyang Wenang (Wening) dan sedikit ke bawah pertapaan Eyang Ismaya. Eyang Sakutrem (Satrukem) di sendang di kaki gunung “Sangalikur” sebelah timur. Eyang Lokajaya (Guru Spiritual Kejawen Sunan Kalijaga, menurut dongeng Lokajaya  nama samaran Sunan Kalijaga (sebelum bertaubat), di Rahtawu. Eyang Mada (Gajah Mada) dan Eyang (Romo) Suprapto, berupa makam di dusun Semliro. Memang didaerah rahtawu  peradaban Hindu, budha tidak tampak jelas karena tidak di temukan candi / arca yang sebagai mana di temukan di daerah lain yang mempunyai peradaban hindu / budha , yang ada hanyalah petilasan 2 batu datar yang menurut penduduk sekitar merupakan bekas tempat bersemedinya para ” suci “.

Ada satu lagi yang aneh dari  kebudayaan warga sekitar, meskipun semua petilasan yang ada di Wukir Rahtawu identik  dengan para tokoh Pewayangan ( Mahabarata – Hindu ) tapi di sana sangat di tabukan untuk mengadakan pagelaran wayang. Konon cerita para penduduk setempat, pernah ada yang melanggar larangan tersebut, maka datang bencana angin ribut yang menghancurkan rumah dan  dukuh yang mengadakan pagelaran wayang tersebut. Menurut saya pribadi sesungguhnya gunung rahtawu dlm kajian mistik adalah netral dalam artian ,Hitam dan Putih tergantung manusianya. Kalau mau wisata mistik ke rahtawu pasti ketemu macam2 dukun/orang pintar dr mana saja datang saja dan nginap dr yg saya tahu dukun2 yg kejawen di daerahku gak lepas dr rahtawu. Saya yakin ada para bolowongalus yg sudah pernah ke rahtawu…… Wassalam. @@@

About these ads
Categories: PUNCAK 29 | 158 Komentar

Post navigation

158 thoughts on “PUNCAK 29

  1. C4hBuT4

    1

  2. C4hBuT4

    2

  3. C4hBuT4

    3

  4. C4hBuT4

    Salam

  5. Rahman A'R

    Sekawan

  6. Laskar Permadani

    Puncak 7,8,9

  7. aria dwi pangga

    Absen siang.weh daerah saya masuk di KWA TERCINTA

  8. OJIBUAKU

    ngintip bentar ah…….. salam sdulur smua……..

  9. OJIBUAKU

    saya dah pernah skali naik di sana…

  10. C4hBuT4

    @oijibaku ..mungkin disana banyak benda pusaka peninggalan leluhur kali ya…?

  11. Oray

    Hadir

  12. M..A..M

    mantab…

  13. wong lamo

    ngintip dari puncak 29……..

  14. aiebie

    mendengarkan

  15. liputane mas ahmadrock … hadir3x …

  16. Laskar Permadani

    Kpn2 kalo ke jawa ,moga2 ada sedulur yg suka naek gunung,.jd bs ada tmn lan iso bljr xi xi xi

  17. KOK GA MASUK KOMEN SAYA YAA…..
    APAKAH YG INI MASUK

  18. Palui

    Assalamualaikum Pengelola Blog KWA

    kalo boleh usul : bagaimana kalau POSTING BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH di sediakan thread tersendiri seperti Bar yang di atas seperti HOME, ALBUM KWA, PENGOBATAN

    Wassalam

  19. daneeys

    absen dulu

  20. bisa di anggap tempatnya para dukun ,bisa putih jg bisa hitam.dulu saat lia aminudin bilang di rasuki malaikat jibril dia di tantang seorang spiritual kejawen untuk membuktikan apa benar malaikat jibril tgl 1 suro di puncak 29 .lia aminudin gak berani..

  21. gunung…gunung..gunung….

    (*) (*)

  22. khozin A

    nderek nyimak mawon…

  23. kangdin

    nyimak…
    @all sedulurku: assalamu’alaikum

  24. Cah gunTEN

    Bener puncak 29 atau pecak 29 sih ?Monggo di babar,lanjut……….

  25. @ mbah arwani : kok simbol neng ngisor komenmu kuwi menyiratkan sesuatu to? qiqiqi…
    @ mbah khozin, mbah angker, mbah palui, mbahkangdin, mbah LP, kang sugeng ……SEMANGAT SIANGGGG

  26. Aria dwi pangga

    pecak 29 bahasa daerah setempat .
    Puncak 29 bahasa umum yang biasa di gunakan sehari hari orang dalam menyebut wisata gunung rahtawu.

  27. ceritanya asyik banget

  28. Cah gunTEN

    @ki aria dwi pangga,Klo pecak 29 ceritane gimana ki?Tanya melulu ki,dasare cah gunten bodo ki,mboten ngeles lho ki?Suwon

  29. Sakiran wildan

    Bromo

  30. Sakiran wildan

    Arjuno

  31. Sakiran wildan

    Kelud

  32. Sakiran wildan

    Gede

  33. Sakiran wildan

    Tidar

  34. Sakiran wildan

    Agung

  35. Sakiran wildan

    Galunggung

  36. Sakiran wildan

    Krakatau

  37. amat menarik artikelan harus nya waktnya ada artikel seperti ini jangn ilmu mulu,takt pda muntah ilmu he,he

  38. laskar lembu suro

    aslkm..nyimak cerita mas

  39. Ilmi crb

    Assalamu a’laikum.

  40. Sakiran wildan

    Sirimau

  41. Sakiran wildan

    Merapi

  42. De santos kds

    Assalamu’alakum… sesepuh KWA dan sedulur semua…..hehehehehehe puncak 29 nyampe juga diKWA…aq yg org kudus aja lom pernah naik kesana…hehehe….takut ketinggian dan juga takut kedinginan….silahkan yg mau kepuncak 29,katanya sih banyak benda2 bertuah gitu,kalau anda beruntung…!?hehehehehe…..

  43. jibrut

    kalo dijawa barat ada puncak 69 dari daerah nagrak smp puncak pass ciri2 byk yg nawarin villa.. pantangannya jgn sampai ketahuan petugas

  44. kalau itu byk awewe nya asal kuat byr..di puncak masih ingat saat hujan deras,kabut turun,istirahat di masjidnya malam malam.

  45. mas sakiran gak sadar komentarnya ganggu suasana dan kenyamanan orang banyak..saya doakan tambah selamat.

  46. “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    Assalamu’ alaikum Wr. Wb.
    Salam pamuji rahayu katur dulur-dulur semuanya
    Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, yang maha mengetahui seluruh rahasia tersembunyi dan dimana hati mukminin bergetar tatkala mendengar asma-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah pada penghulu sekalian Rasul, penyempurna risalah Ilahi beserta keluarganya.

    Saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dulur-dulur aktivis Kampus Wong Alus di seluruh nusantara dalam kontribusinya pada syiar Islam di bidangnya masing-masing. Dan saya menghaturkan terima kepada para pini sesepuh atas wejangannya yang bermanfaat dalam menuju kehadirat Ilahy.

    MONGGO DIPUN LANJUT

  47. aslmlkm semuanya br tau klo di kudus ada gunung rahtawu xi..xi..xi mklm ratau metu /merantao dadi kupeng,di daerah sy gunung tugel tptnya batang jw tengah,bnyk crt mistiknya

  48. @ARYA TUNGGARA: Salam pamuji rahayu katur panjenengan

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    tak lupa Salam pamuji rahayu katur wabil khusus para pini sepuh ugi poro dulur semuanya dan khususon @minary citraeleanora

    Nderek Nyimak mawon enggih

  49. @Ki Ageng JJ: selamat datang Ki Ageng

    maaf saya copy paste Ki….

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    saya tunggu kelanjutan artikelnya ki…. aus nich….tetang hasanah Islam. biar Adem ki….

  50. Bgd Raja Emas

    Ikutan nyimak …rang baru salam kenal bagi saudara semuanya . Ceritanya mantap pengen juga naik ke Puncak 29, trima kasih atas infonya.

  51. Bajul Kesupen

    Info-info yang diberikan oleh sedulur2 kita tanggapi secara positif aj bahwa tempat-tempat itu adalah aset budaya bangsa yang mesti kita lestarikan

  52. Laskar Permadani

    Semangat ‘ASAR..

  53. putro segoro

    kulonuwun, mau ikutan nyimak dan absen siang

  54. Absen sore….

  55. Satriademakbintoro

    La iya, barusan saya dari sana, medannya memang sangat menantang sekali, bagi yang suka berpetualang di alam bebas, Rahtawu bagus untuk dicoba, bagi yang suka perpetualang dalam dunia mistis.. Rahtawu juga seabrek2 tempatnya, tapi hati2, disamping persiapan fisik juga persiapin mental juga, dari Petilasan Eyang Modo masih 4 jam perjalanan jalan kaki untuk sampai di Puncak Eyang Wenang…

  56. @Satriademakbintoro: salam rahayu mas….Satriademakbintoro

    Jenengan ganti nama to mas….

    Wah ….sekarang sudah jadi Kesatria Demak…

    Mantab…

  57. Satriademakbintoro

    @Ki Ageng JJ
    Waalaikumsalam Wr Wb, Hehehehe.. ia Ki, biar teringat akan Saudara2 di sana kampung sana.. jieh hehhehe..

  58. abuwawas

    sakiran lagi CAPER

  59. Laskar cinta

    @bgd raja mas,ceritanya skrg murid baru neh om? :D

  60. Laskar_lung gading

    Nderek nyimak om…. Monggo di lanjut…

  61. oh iya sekalian hrs ziarah ke sunan muria cuma harus muter..capek deh.. Ada 2 mistis khowas 1 islam dan 1 kejawen.

  62. MBAH ARWANI PALING SENSITIF NEK KRUNGU ONO GUNUNG HWEHEHEHEHEH

  63. ada 2 khowas kejawen puncak 29 dan islam makam sunan muria.kalo sampai puncak kalo ketemu ayam jgn di tangkap..lo..kalau gak salah itu peliharaan begawan abiyoso.makanya dulu proyek pltn nuklir di muria di tentang habis2an oleh warga.bahkan gusdur dan mbah liem solo. bahkan gusdur nantang si muridnya (sby)kalau tetap kekeh muria ada pltn beliau akan pindah ke muria/rahtawu begitu pula mbah liem.

  64. suwanto

    mas sakiran wildan@ babar gunung TIDAR dong.. dimana lokasi pastinya dan ada sejara apa aja disitu.. maklum blum sempt nyampe sana.. dan buat sesepuh jg yg tau..

  65. @mas suwanto salam kenal..tidar makam syeh subakir ,ularnya sebesar pohom kelapa.

  66. Salam buat semua sedulur KWA,Berikut sy ingin mengijazahkan ASMA SAFIR ADAM A.S dari Kitab Syamsul Ma’Arif Al-Qubro,Zuj 11 hal 250,karya SYEIKH AL-IMAM AHMAD IBNI ALI Al-Buuny.

    ILMU ASMA SAFIR ADAM ini mempunyai paedah ilmu yg sangat langka,diantaranya:

    1.Terbang diudara dari satu tempat ketempat lain.

    2.Untuk menghalangi pandangan manusia

    3.Memanggil/Menampakkan wujud Rijjalul Ghoib

    4.Pergi kemekah dengan bantuan Khodam Ilmu

    5.Agar dapat mempelajari Ilmu dengan cepat
    6.Pengobatan
    7.Membuka Lawang Ghoib,Dsb.

    Berikut Azimahnya:

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    ALLAHUMMA INNI AS ALUKU YA MAN BIYADIKA YANB’UU HAYATA KULLI SAYIN AS ALUKA BI NAFAHATI ASRORI ANWARI ASMAIKA WA NURI BAHAI ISROQI ANWARI A’RSYIKA WA BIMA AWDA’TAHU FIL LAUHIL MAHFUDZI INDAKA MIN ASRORI ASMAIKA WA BIMA ALHAMTAHU WA ALLAMTU LI ADAMA ABIL BASYAR WA QULTA FI KALAMIKAL ANWARIL LADZI ANJALTAHU A’LA HABIBIKAL MUTOHHAR WA ALLAMAL ADAMAL ASMA’A KULLAHA WA AS ALUKA BI JALALIKA WA JAMALI KAMALI BAHAI NURI WAJHIKAL AKROMIL A’DHIMIL ANWARIL AQDASI WA BIMA AWDA ‘TAHU MIN ANWARI ASRORIKA WA ANWARIKA FI QOLBIS SYAMSI WAL QOMARI WA BIHAQQI HADZIHIL ASMAIL JALILATI HU HU HU YAHIN YAHIN YAHIN ROBBANA ALAIKATAWAKKALNA WA ILAIKA ANABNA WA ILAIKAL MASIR ROBBANA LA TUZIQ QULUBANA BA’DA IDZ HADAYTANA WAHAB LANA MIN LADUNKA ROHMATAN INNAKA ANTAL WAHHAB WALA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAHIL A’LIYYIL ADHMI.

  67. Salam kenal untuk semua sedulur KWA.

  68. Laskar cinta

    Watching from middle of nowhere

  69. m khozin

    absen2…
    masih ada kursi yg kosong ga.?…

  70. semangat sore … mandi dulu …

  71. m khozin

    kang sugeng
    sy jg ah,mau ikut mandi dl..
    laskar c
    bhs apa an tu..?

  72. Laskar cinta

    @khozin A,g tau mbah,cma asal nulis aja :D

  73. Wagiman Wara Wiri

    Asmaknya bgz tu om,sinengker yaa…apa iya ya!

  74. @logistik dan mistik tata lakunya gmna ki,aq biar bs trbang capek jln trs

  75. Laskar cinta

    @WWW,wah om,dr mn aja om :D

  76. m khozin

    sapa yg punya KM.?
    sy mau ikut terbang..
    -laskar c
    asal ko.bs rapi begicu..he3

  77. Wagiman Wara Wiri

    Tengok2 aja…nungguin email gx da yg dblz@LC… tu om baginda ,ane mau Emailnya Donk

  78. Laskar cinta

    @WWW,nopenya om yg aktif yg mana om?
    @khozin A,iya y mbah,kok bsa rapi gtu y ? Heran neh :D

  79. Wagiman Wara Wiri

    XL …coz lg keliling kampuz

  80. Laskar cinta

    @WWW,ntar malam y om, saya lg pke kartu…. Neh,no om ada d kartu yg satunya lgi :D

  81. Sakiran wildan

    Tangkuban perahu

  82. Sakiran wildan

    Fuji

  83. Sakiran wildan

    Himalaya

  84. Sakiran wildan

    Kilimanjaro

  85. Sakiran wildan

    Jayawijaya

  86. Sakiran wildan

    Kalimutu

  87. mas @logistik dan mistik tata lakunya gmna mas,aq biar bs trbang capek jln trs

  88. Sakiran wildan

    Ciremai

  89. Sakiran wildan

    Toples

  90. Sakiran wildan

    Galon

  91. Sakiran wildan

    Termos

  92. Sakiran wildan

    Ceret

  93. Sakiran wildan

    Kendi

  94. Sakiran wildan

    Cangkir

  95. Sakiran wildan

    Lepek

  96. Sakiran wildan

    Sedotan

  97. Sakiran wildan

    Tusuk gigi

  98. aiebie

    geser dikit dund,,,,

  99. Wagiman Wara Wiri

    GUNUNG
    LAUT
    API
    ANGIN
    HAWA…

  100. Laskar cinta

    Pada kmn y?

  101. Laskar cinta

    IKUTAN AH,
    AIR
    ANGIN
    API
    TANAH
    RUANG :D :D :D

  102. ikut nyimak..

  103. Pakdhe Gempo

    Sugeng dalu semuanya…maaf tak ngopi dulu ya…

  104. arek ilank

    semangat malam smua…
    Absen&ijin nyhmak dari seberang…
    @mbah sakiran dari kemarin obral teruuus….!!

  105. Sakiran wildan

    @ki a i
    sya tulis mengamati object taruhan, tdk bisa masuk, mka sya obral aja brang pribadi.
    Xixixixi…..

  106. PENJAGA HATI

    Selamat malam semuanya.
    Izin menyimak pelajaran sekalian ngisi absen. Murid baru hadir kembali.

  107. Sakiran wildan

    Nyimax sambil istirahat capex, obral trus…

  108. bams

    bagus…pemandangna oegunungan yang indah.

  109. laskar lembu suro

    aslkm…baru masuk kmpus .batre dh lemah

  110. absen

  111. Heru Widodo

    askum..
    “Bismilahhirrohmanirrohim
    Sirrullaahi Dzaatullaahi
    Shifaatullaahi Wujuudullaahi
    Af ’alullaahi. Laailaaha illaallaah
    Muhammadur rasuulullahi.
    Salaamamun qawlam
    mirrabbirrahiim, wamtaazul
    yawma ayyuhal mujrimuun ”

    salam salin buat sesepuh dan sedulus semua,, sy ingin bertanya kira-kira asma diatas asma apa ya?
    Wsslm

  112. asma sirr kang kayaknya

  113. hasibuan

    Alaikumsalam wr wb

    @mas heru…itu adalah asma sirr Syeikh Murahiddin gusti amat utk membuka pintu ghaib/mata bathin…lebih jelasnya check di blog ki umar jogja

  114. Kang Dullah

    Hadir
    …………………..,

  115. wisanggeni

    @heru widodo : itu asma sir, tawasulnya pada nabi muhammad, syekh abdul qodir jaelani, syekh murahidin gusti ahmad.

  116. pangeran pengasih

    askum

  117. Laskar cinta

    Ijin nyimak

  118. pangeran pengasih

    mlmmmm

  119. pangeran pengasih

    nyimakkkk

  120. pangeranpengasih

    assskummm

  121. Laskar cinta

    @pangeran pengasih,wlkm slm om

  122. arek ilank

    hadir lg,masih dari seberang,,,,,
    @om lc:denger2 dah jd pengantin baru niih,met menempuh hidup baru yaa,smoga mnjdi kluarga sakinah mawadah arohmah,amiiiin.
    om,,,,aq Kok g diundang di pestax???

  123. arek ilank

    sepi.

  124. Laskar cinta

    @arek ilank,jiah si om, mulai lgi ngeledeknya :D

  125. Kanjeng Alam Biru

    duhai senangnya pengantin baru
    Om LC, bulan madu kemana nich ????

  126. Laskar cinta

    @kanjeng alam biru, jiah, si om :D

  127. laskar lembu suro

    aslkm..@pangeranpengasih@arekilank@laskar cinta…@lan poro sedulur semua .kok sepi” j ni

  128. Laskar cinta

    @laskar lembu suro,walaikum salam om,iya neh om entah knp mkin sepi aja nih

  129. Kanjeng Alam Biru

    Om LLS emang sepi buanget, pa pada http://www.sunnah-rosul.com kali yach????
    Tapi kenapa pengantin barunya malah ikutan Online ,hi…hi..hi…

  130. Laskar cinta

    @kanjeng alam biru,ada pengantin baru y om? Mana? Siapa?

  131. yingyang

    absen paling akhir

  132. Kanjeng Alam Biru

    itu tuh mbak@Dewi Pramban Wangi, tapi nama prianya aku lupa tuh.
    http://www.jangan-lebay.dunx

  133. Laskar cinta

    @kanjeng alam biru,yg lebay siapa om?

  134. aslm saudara smuanya,,,,,,,!!!!!

  135. Semangat malam…
    Alhamdulillah nyampai rumah……
    Habis cangkruan bersama:
    ki wongalus
    ki mas kumitir
    mbah sareb
    mas gozhi
    mas wawan sleman
    mas arwani
    mas bondan
    all boloalus semangat malam

  136. aslm pak cakji,,,,,, semangat malam.

  137. nyemaak…mendengarkan n nyontreng absen….xiixiixiixixixiiixxiixixixiiii,,ayook2 maen ke puncak 29….

  138. salam kenal kagem wong alus lan sederek sedoyo.
    puncak songo likur, sing do adoh panggonane kok malah do reti detil yo..

  139. Rah (Darah) Tawu (Kuras)
    Rah Tawu (menguras darah)

  140. m khozin

    pagi2 jam segini knp ko udaranya duingiiiiiiiiìiin cekale..
    muantep lagi….hay3,
    salam damai slalu…

  141. m khozin

    wah ternyata fenomena alamnya muantep banget,bgt jg energi mistiknya…
    jangan2 banyak ni benda2 pusakanya..
    tolong dong bole ga di minta…he3..

  142. Lee Ping Ho ( cah mboemen )

    @ mas M Khozin : selamat pagi dan salam dami selalu, wah kebalikannya disini ( BANTEN ) malah panas cekaleeeeee, yo wis tak kancani sinambi ngopi + udud SURYA16, lan nunggoni adzan subuh

  143. m khozin

    -lee ping ho
    kl di sini dingin karna lg ada di lereng gunung om…wele2 airnya jg ky es yg ada di kutup…hiiiii..

  144. Heru Widodo

    @Hasibuan
    @Wisanggeni
    bagaimana cara mengamalkan asma ini?

  145. Lee Ping Ho ( cah mboemen )

    @ mas khozin : weleh weleh, memang sedang ada dilereng gunung mana pagi pagi begini Mas? kemarin waktu ada acara di gedong songo dinginnya juga luar biasa, hiiiiiiiiii,brrrrrrrr, tapi enak nggo turu kalau ada selimutnya,apalagi kalau pakai selimut hidup, jadi dingin-dingin empuk gitu lohh?
    hoaaaaaaaah cabut dulu adan subuhnya dah berkumandang

  146. Kangmase

    Puncak gunung yg anget ada ga ya???
    Jadi pingin naik.

  147. yingyang

    @kangmase,klo mau yg anget dipuncak gunung,nyemplung aja di kawahnya wk wk wk wk wk.

  148. Absen pagi ..

  149. mr coplac/laskar mpu supo club

    pucak songo likur memang gunung yang sanagat mengasyikkan wat pendakian, selain medannya yang lumayan extreme, juga panorama alam nya yang masih asri, dan sekarang akses jalur menuju kepuncak 29 sdh tidak seperti dulu, jalurnya sdh di perlebar dari desa tempur low dari utara, tepate masuk desa payak kecamatan ngablak,masuk sekitar 8 – 10 km dari jalan raya tayu- jepara,low dari kudusmasukdesa gebog, menawan dan bunton,,,

  150. hmmmmpdt

    aku gk prcaiia sma iiank kaiia gtu’an msa sih ada gnung kaiia gt
    thayul bnget sih

  151. Nderek ngangsu kaweruh dulur dulur KWA nggih…..???? kulo piantun saking Jombang.

  152. semoga berkembang kembali ajaran kejawen sesuai kepribadian jawa
    laku hormat,sebab terhormat untuk terhormat

    ”mugi-mugi sedoyo titah gesang tansah manggih ing krahayon”

  153. mizel keren

    top

  154. tgl 16 mlm brgkt smp puncak tgl 17 agustus 2013 d puncak 29…Pecinta Alam PAYANG ADVENTURE udah berhasil menaklukan puncak 29……..smp disana di sambut hangat oleh masyarakat sekitar…PETUALANG EXTRIM….

  155. Ahmad Rifa'i

    Belajar mencintai dan memahami alam….
    sudah lama skali gak ke puncak29….
    let’s goooo……..

  156. trima kazih sudah mengedarkan desaku

  157. PUTU WAYAH

    kalau saya setiap malam jum’at legi pasti ke sana, disamping puasa 1 hari 1 malam karena mengharapkan wahyu dari sang pencipta,tentunya dengan amalan dan doa.

  158. PUTU WAYAH

    bagi anda yang berminat bisa nanti calling saya tentang ajaran dan budaya yang asli dari sejarah nenek moyang kita. hal ini kami lakukan karena kami ingin ajaran nenek moyang kita yang dulu luhur kira pelajari kembali supaya kita bisa kembali jaya seperti jaman dahulu. karena sekarang sudah berkurangnya nilai nilai budaya di negara kita yang selalu meniru budaya arab,eropa dan lain lain. mudah mudahan atas ijin Yang maha kuasa nanti hati kita di buka selebar lebarnya demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: