PUNCAK 29


SELAIN BERBAGI AMALAN KEILMUAN, BLOG KAMPUS WONG ALUS MENGAJAK PARA SEDULUR UNTUK BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH. KIRIMKAN ARTIKEL ANDA KE EMAIL rdrkwa@gmail.com. BERIKUT INI ARTIKEL KIRIMAN SEDULUR BERJUDUL PUNCAK 29.

Oleh minary citraeleanora
minaryal2@gmail.com

Assalamualaikum wr wb. Pada postingan kali ini saya  pengen mengenal kan salah satu gunung di gugusan gunung di daerah kota kudus-jawa tengah, mungkin nama gunung ini terdengar asing di telinga anda bagi yg luar jawa. Tapi di balik nama  asing gunung ini tersimpan keindahan budaya tanah  jawa yg teramat kental dan  mistik……  gunung ini terkenal dengan sebutan Wukir Rahtawu (puncak 29 ).

Rahtawu sebenarnya adalah nama desa di lereng Gunung Muria masuk Kecamatan Gebog itu, bagi masyarakat Kudus dikenal banyak menyimpan misteri. Sekitar tiga dasa warsa yang lalu (lebih 30 tahun-Red), Rahtawu merupakan sebuah desa yang sangat terisolir. Sebab, belum ada jalan poros desa. Roda empat pun tak bisa menuju ke desa itu, termasuk angkudes. Satu-satunya jalan adalah lewat jalan setapak. Pendatang harus rela berjalan kaki sekitar lima kilometer mulai dari Desa Menawan. Berkat jasa Bupati Marwotosoeko, dengan tekad gugur gunung, jalan menuju desa tersebut sudah dilebarkan, sehingga Rahtawu menjadi seperti sekarang ini.

Meskipun lokasi tidak mudah dicapai, Rahtawu mempunyai daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka melakukan ritual ziarah. Di kawasan Rahtawu banyak menyimpan petilasan (bukan makam-Red) dengan nama-nama tokoh pewayangan leluhur Pandawa. Sebut saja petilasan Eyang Sakri, Lokajaya, Pandu, Palasara, Abiyoso. Selain itu di sana juga ada kawasan yang diberi nama Jonggring Saloka dan Puncak Songolikur.

Petilasan itu banyak menarik minat orang untuk datang berziarah. Di setiap daerah biasanya ada pantangan tertentu. Di Rahtawu juga ada pantangan, yakni warga dilarang nanggap wayang kulit. Meski di sana banyak nama petilasan bernama leluhur Pandawa. Sampai sekarang tidak ada yang berani melanggar. Bila dilanggar, konon yang bersangkutan terkena bencana. Jadi kalau ada warga punya hajat, paling nanggap tayub, karena diperbolehkan.

Kata orang desa sana nama  Rahtawu mempunyai arti getih yang bercecer (bahasa jawa) kalo  indonesianya (darah yang bercecer ) Menurut mitos, Wukir Rahtawu merupakan tempat pertapaan Resi Manumayasa sampai kepada Begawan Abiyoso yang merupakan leluhur Pandawa dan Korawa. Menurut cerita babad dan parwa, konon leluhur raja-raja Jawa merupakan keturunan  dinasti Bharata/para shangyang.

Sebuah misteri yang membingungkan , ( aku aja bingung…..hehehehhe ) banyak sekali tokoh 2 pewayangan yang petilasan nya  masih di rawat oleh penduduk sekitar sampai sekarang bahkan banyak orang – orang dari luar kudus ( jateng ) banyak yg berdatangan untuk menikmati  suasan pegunungan dan  mistik yg ada di gunung tersebut , menurut pengalaman saya tidak  salah kalau orang -orang yang  suka mistik ( terutama yang beraliran kejawen ) banyak yang berdatangan ke gunung Rahtawu karena memang dari lereng gunung sampai puncak gunung itu berjajar banyak sekali petilasan – petilasan dari para tokoh pewayangan yang di sucikan dan di sebut ” eyang ” oleh penduduk sekitar . Berikut ini adalah nama – nama petilasan para tokoh pewayangan yang ada di gunung Wukir Rahtawu : Eyang Sakri (Bathara Sakri), di Desa Rahtawu Eyang Pikulun Narada dan Bathara Guru, di Joggring Saloko, dukuh Semliro, desa Rahtawu. Eyang Abiyasa dan Eyang Palasara, di puncak gunung “Abiyasa”, ada yang menyebut “Sapta Argo”.

Eyang Manik Manumayasa, Eyang Puntadewa, Eyang Nakula Sadewa di lereng gunung “Songolikur”, di puncaknya tempat pertapaan Eyang Sang Hyang Wenang (Wening) dan sedikit ke bawah pertapaan Eyang Ismaya. Eyang Sakutrem (Satrukem) di sendang di kaki gunung “Sangalikur” sebelah timur. Eyang Lokajaya (Guru Spiritual Kejawen Sunan Kalijaga, menurut dongeng Lokajaya  nama samaran Sunan Kalijaga (sebelum bertaubat), di Rahtawu. Eyang Mada (Gajah Mada) dan Eyang (Romo) Suprapto, berupa makam di dusun Semliro. Memang didaerah rahtawu  peradaban Hindu, budha tidak tampak jelas karena tidak di temukan candi / arca yang sebagai mana di temukan di daerah lain yang mempunyai peradaban hindu / budha , yang ada hanyalah petilasan 2 batu datar yang menurut penduduk sekitar merupakan bekas tempat bersemedinya para ” suci “.

Ada satu lagi yang aneh dari  kebudayaan warga sekitar, meskipun semua petilasan yang ada di Wukir Rahtawu identik  dengan para tokoh Pewayangan ( Mahabarata – Hindu ) tapi di sana sangat di tabukan untuk mengadakan pagelaran wayang. Konon cerita para penduduk setempat, pernah ada yang melanggar larangan tersebut, maka datang bencana angin ribut yang menghancurkan rumah dan  dukuh yang mengadakan pagelaran wayang tersebut. Menurut saya pribadi sesungguhnya gunung rahtawu dlm kajian mistik adalah netral dalam artian ,Hitam dan Putih tergantung manusianya. Kalau mau wisata mistik ke rahtawu pasti ketemu macam2 dukun/orang pintar dr mana saja datang saja dan nginap dr yg saya tahu dukun2 yg kejawen di daerahku gak lepas dr rahtawu. Saya yakin ada para bolowongalus yg sudah pernah ke rahtawu…… Wassalam. @@@

Iklan

159 Comments Add yours

  1. C4hBuT4 berkata:

    1

  2. C4hBuT4 berkata:

    2

  3. C4hBuT4 berkata:

    3

  4. C4hBuT4 berkata:

    Salam

  5. Rahman A'R berkata:

    Sekawan

  6. Laskar Permadani berkata:

    Puncak 7,8,9

  7. aria dwi pangga berkata:

    Absen siang.weh daerah saya masuk di KWA TERCINTA

  8. OJIBUAKU berkata:

    ngintip bentar ah…….. salam sdulur smua……..

  9. OJIBUAKU berkata:

    saya dah pernah skali naik di sana…

  10. C4hBuT4 berkata:

    @oijibaku ..mungkin disana banyak benda pusaka peninggalan leluhur kali ya…?

  11. Oray berkata:

    Hadir

  12. M..A..M berkata:

    mantab…

  13. wong lamo berkata:

    ngintip dari puncak 29……..

  14. aiebie berkata:

    mendengarkan

  15. kang sugeng berkata:

    liputane mas ahmadrock … hadir3x …

  16. Laskar Permadani berkata:

    Kpn2 kalo ke jawa ,moga2 ada sedulur yg suka naek gunung,.jd bs ada tmn lan iso bljr xi xi xi

  17. KOK GA MASUK KOMEN SAYA YAA…..
    APAKAH YG INI MASUK

  18. Palui berkata:

    Assalamualaikum Pengelola Blog KWA

    kalo boleh usul : bagaimana kalau POSTING BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH di sediakan thread tersendiri seperti Bar yang di atas seperti HOME, ALBUM KWA, PENGOBATAN

    Wassalam

  19. daneeys berkata:

    absen dulu

  20. wongkito2 berkata:

    bisa di anggap tempatnya para dukun ,bisa putih jg bisa hitam.dulu saat lia aminudin bilang di rasuki malaikat jibril dia di tantang seorang spiritual kejawen untuk membuktikan apa benar malaikat jibril tgl 1 suro di puncak 29 .lia aminudin gak berani..

  21. Murid Sesaat berkata:

    gunung…gunung..gunung….

    (*) (*)

  22. khozin A berkata:

    nderek nyimak mawon…

  23. kangdin berkata:

    nyimak…
    @all sedulurku: assalamu’alaikum

  24. Cah gunTEN berkata:

    Bener puncak 29 atau pecak 29 sih ?Monggo di babar,lanjut……….

  25. mas agung® berkata:

    @ mbah arwani : kok simbol neng ngisor komenmu kuwi menyiratkan sesuatu to? qiqiqi…
    @ mbah khozin, mbah angker, mbah palui, mbahkangdin, mbah LP, kang sugeng ……SEMANGAT SIANGGGG

  26. Aria dwi pangga berkata:

    pecak 29 bahasa daerah setempat .
    Puncak 29 bahasa umum yang biasa di gunakan sehari hari orang dalam menyebut wisata gunung rahtawu.

  27. dian berkata:

    ceritanya asyik banget

  28. Cah gunTEN berkata:

    @ki aria dwi pangga,Klo pecak 29 ceritane gimana ki?Tanya melulu ki,dasare cah gunten bodo ki,mboten ngeles lho ki?Suwon

  29. Sakiran wildan berkata:

    Bromo

  30. Sakiran wildan berkata:

    Arjuno

  31. Sakiran wildan berkata:

    Kelud

  32. Sakiran wildan berkata:

    Gede

  33. Sakiran wildan berkata:

    Tidar

  34. Sakiran wildan berkata:

    Agung

  35. Sakiran wildan berkata:

    Galunggung

  36. Sakiran wildan berkata:

    Krakatau

  37. 7 mata air berkata:

    amat menarik artikelan harus nya waktnya ada artikel seperti ini jangn ilmu mulu,takt pda muntah ilmu he,he

  38. laskar lembu suro berkata:

    aslkm..nyimak cerita mas

  39. Ilmi crb berkata:

    Assalamu a’laikum.

  40. Sakiran wildan berkata:

    Sirimau

  41. Sakiran wildan berkata:

    Merapi

  42. De santos kds berkata:

    Assalamu’alakum… sesepuh KWA dan sedulur semua…..hehehehehehe puncak 29 nyampe juga diKWA…aq yg org kudus aja lom pernah naik kesana…hehehe….takut ketinggian dan juga takut kedinginan….silahkan yg mau kepuncak 29,katanya sih banyak benda2 bertuah gitu,kalau anda beruntung…!?hehehehehe…..

  43. jibrut berkata:

    kalo dijawa barat ada puncak 69 dari daerah nagrak smp puncak pass ciri2 byk yg nawarin villa.. pantangannya jgn sampai ketahuan petugas

  44. wongkito2 berkata:

    kalau itu byk awewe nya asal kuat byr..di puncak masih ingat saat hujan deras,kabut turun,istirahat di masjidnya malam malam.

  45. wongkito2 berkata:

    mas sakiran gak sadar komentarnya ganggu suasana dan kenyamanan orang banyak..saya doakan tambah selamat.

  46. ARYA TUNGGARA berkata:

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    Assalamu’ alaikum Wr. Wb.
    Salam pamuji rahayu katur dulur-dulur semuanya
    Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, yang maha mengetahui seluruh rahasia tersembunyi dan dimana hati mukminin bergetar tatkala mendengar asma-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah pada penghulu sekalian Rasul, penyempurna risalah Ilahi beserta keluarganya.

    Saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dulur-dulur aktivis Kampus Wong Alus di seluruh nusantara dalam kontribusinya pada syiar Islam di bidangnya masing-masing. Dan saya menghaturkan terima kepada para pini sesepuh atas wejangannya yang bermanfaat dalam menuju kehadirat Ilahy.

    MONGGO DIPUN LANJUT

  47. alas tunggal berkata:

    aslmlkm semuanya br tau klo di kudus ada gunung rahtawu xi..xi..xi mklm ratau metu /merantao dadi kupeng,di daerah sy gunung tugel tptnya batang jw tengah,bnyk crt mistiknya

  48. Ki Ageng JJ berkata:

    @ARYA TUNGGARA: Salam pamuji rahayu katur panjenengan

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    tak lupa Salam pamuji rahayu katur wabil khusus para pini sepuh ugi poro dulur semuanya dan khususon @minary citraeleanora

    Nderek Nyimak mawon enggih

  49. ARYA TUNGGARA berkata:

    @Ki Ageng JJ: selamat datang Ki Ageng

    maaf saya copy paste Ki….

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    saya tunggu kelanjutan artikelnya ki…. aus nich….tetang hasanah Islam. biar Adem ki….

  50. Bgd Raja Emas berkata:

    Ikutan nyimak …rang baru salam kenal bagi saudara semuanya . Ceritanya mantap pengen juga naik ke Puncak 29, trima kasih atas infonya.

  51. Bajul Kesupen berkata:

    Info-info yang diberikan oleh sedulur2 kita tanggapi secara positif aj bahwa tempat-tempat itu adalah aset budaya bangsa yang mesti kita lestarikan

  52. Laskar Permadani berkata:

    Semangat ‘ASAR..

  53. putro segoro berkata:

    kulonuwun, mau ikutan nyimak dan absen siang

  54. Satriademakbintoro berkata:

    La iya, barusan saya dari sana, medannya memang sangat menantang sekali, bagi yang suka berpetualang di alam bebas, Rahtawu bagus untuk dicoba, bagi yang suka perpetualang dalam dunia mistis.. Rahtawu juga seabrek2 tempatnya, tapi hati2, disamping persiapan fisik juga persiapin mental juga, dari Petilasan Eyang Modo masih 4 jam perjalanan jalan kaki untuk sampai di Puncak Eyang Wenang…

  55. Ki Ageng JJ berkata:

    @Satriademakbintoro: salam rahayu mas….Satriademakbintoro

    Jenengan ganti nama to mas….

    Wah ….sekarang sudah jadi Kesatria Demak…

    Mantab…

  56. Satriademakbintoro berkata:

    @Ki Ageng JJ
    Waalaikumsalam Wr Wb, Hehehehe.. ia Ki, biar teringat akan Saudara2 di sana kampung sana.. jieh hehhehe..

  57. abuwawas berkata:

    sakiran lagi CAPER

  58. Laskar cinta berkata:

    @bgd raja mas,ceritanya skrg murid baru neh om? 😀

  59. Laskar_lung gading berkata:

    Nderek nyimak om…. Monggo di lanjut…

  60. wongkito2 berkata:

    oh iya sekalian hrs ziarah ke sunan muria cuma harus muter..capek deh.. Ada 2 mistis khowas 1 islam dan 1 kejawen.

  61. MBAH ARWANI PALING SENSITIF NEK KRUNGU ONO GUNUNG HWEHEHEHEHEH

  62. ahmadrock berkata:

    ada 2 khowas kejawen puncak 29 dan islam makam sunan muria.kalo sampai puncak kalo ketemu ayam jgn di tangkap..lo..kalau gak salah itu peliharaan begawan abiyoso.makanya dulu proyek pltn nuklir di muria di tentang habis2an oleh warga.bahkan gusdur dan mbah liem solo. bahkan gusdur nantang si muridnya (sby)kalau tetap kekeh muria ada pltn beliau akan pindah ke muria/rahtawu begitu pula mbah liem.

  63. suwanto berkata:

    mas sakiran wildan@ babar gunung TIDAR dong.. dimana lokasi pastinya dan ada sejara apa aja disitu.. maklum blum sempt nyampe sana.. dan buat sesepuh jg yg tau..

  64. ahmadrock berkata:

    @mas suwanto salam kenal..tidar makam syeh subakir ,ularnya sebesar pohom kelapa.

  65. Salam buat semua sedulur KWA,Berikut sy ingin mengijazahkan ASMA SAFIR ADAM A.S dari Kitab Syamsul Ma’Arif Al-Qubro,Zuj 11 hal 250,karya SYEIKH AL-IMAM AHMAD IBNI ALI Al-Buuny.

    ILMU ASMA SAFIR ADAM ini mempunyai paedah ilmu yg sangat langka,diantaranya:

    1.Terbang diudara dari satu tempat ketempat lain.

    2.Untuk menghalangi pandangan manusia

    3.Memanggil/Menampakkan wujud Rijjalul Ghoib

    4.Pergi kemekah dengan bantuan Khodam Ilmu

    5.Agar dapat mempelajari Ilmu dengan cepat
    6.Pengobatan
    7.Membuka Lawang Ghoib,Dsb.

    Berikut Azimahnya:

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    ALLAHUMMA INNI AS ALUKU YA MAN BIYADIKA YANB’UU HAYATA KULLI SAYIN AS ALUKA BI NAFAHATI ASRORI ANWARI ASMAIKA WA NURI BAHAI ISROQI ANWARI A’RSYIKA WA BIMA AWDA’TAHU FIL LAUHIL MAHFUDZI INDAKA MIN ASRORI ASMAIKA WA BIMA ALHAMTAHU WA ALLAMTU LI ADAMA ABIL BASYAR WA QULTA FI KALAMIKAL ANWARIL LADZI ANJALTAHU A’LA HABIBIKAL MUTOHHAR WA ALLAMAL ADAMAL ASMA’A KULLAHA WA AS ALUKA BI JALALIKA WA JAMALI KAMALI BAHAI NURI WAJHIKAL AKROMIL A’DHIMIL ANWARIL AQDASI WA BIMA AWDA ‘TAHU MIN ANWARI ASRORIKA WA ANWARIKA FI QOLBIS SYAMSI WAL QOMARI WA BIHAQQI HADZIHIL ASMAIL JALILATI HU HU HU YAHIN YAHIN YAHIN ROBBANA ALAIKATAWAKKALNA WA ILAIKA ANABNA WA ILAIKAL MASIR ROBBANA LA TUZIQ QULUBANA BA’DA IDZ HADAYTANA WAHAB LANA MIN LADUNKA ROHMATAN INNAKA ANTAL WAHHAB WALA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAHIL A’LIYYIL ADHMI.

  66. Ki Sukma berkata:

    Salam kenal untuk semua sedulur KWA.

  67. Laskar cinta berkata:

    Watching from middle of nowhere

  68. m khozin berkata:

    absen2…
    masih ada kursi yg kosong ga.?…

  69. kang sugeng berkata:

    semangat sore … mandi dulu …

  70. m khozin berkata:

    kang sugeng
    sy jg ah,mau ikut mandi dl..
    laskar c
    bhs apa an tu..?

  71. Laskar cinta berkata:

    @khozin A,g tau mbah,cma asal nulis aja 😀

  72. Wagiman Wara Wiri berkata:

    Asmaknya bgz tu om,sinengker yaa…apa iya ya!

  73. alas tunggal berkata:

    @logistik dan mistik tata lakunya gmna ki,aq biar bs trbang capek jln trs

  74. Laskar cinta berkata:

    @WWW,wah om,dr mn aja om 😀

  75. m khozin berkata:

    sapa yg punya KM.?
    sy mau ikut terbang..
    -laskar c
    asal ko.bs rapi begicu..he3

  76. Wagiman Wara Wiri berkata:

    Tengok2 aja…nungguin email gx da yg dblz@LC… tu om baginda ,ane mau Emailnya Donk

  77. Laskar cinta berkata:

    @WWW,nopenya om yg aktif yg mana om?
    @khozin A,iya y mbah,kok bsa rapi gtu y ? Heran neh 😀

  78. Wagiman Wara Wiri berkata:

    XL …coz lg keliling kampuz

  79. Laskar cinta berkata:

    @WWW,ntar malam y om, saya lg pke kartu…. Neh,no om ada d kartu yg satunya lgi 😀

  80. Sakiran wildan berkata:

    Tangkuban perahu

  81. Sakiran wildan berkata:

    Fuji

  82. Sakiran wildan berkata:

    Himalaya

  83. Sakiran wildan berkata:

    Kilimanjaro

  84. Sakiran wildan berkata:

    Jayawijaya

  85. Sakiran wildan berkata:

    Kalimutu

  86. alas tunggal berkata:

    mas @logistik dan mistik tata lakunya gmna mas,aq biar bs trbang capek jln trs

  87. Sakiran wildan berkata:

    Ciremai

  88. Sakiran wildan berkata:

    Toples

  89. Sakiran wildan berkata:

    Galon

  90. Sakiran wildan berkata:

    Termos

  91. Sakiran wildan berkata:

    Ceret

  92. Sakiran wildan berkata:

    Kendi

  93. Sakiran wildan berkata:

    Cangkir

  94. Sakiran wildan berkata:

    Lepek

  95. Sakiran wildan berkata:

    Sedotan

  96. Sakiran wildan berkata:

    Tusuk gigi

  97. aiebie berkata:

    geser dikit dund,,,,

  98. Wagiman Wara Wiri berkata:

    GUNUNG
    LAUT
    API
    ANGIN
    HAWA…

  99. Laskar cinta berkata:

    Pada kmn y?

  100. Laskar cinta berkata:

    IKUTAN AH,
    AIR
    ANGIN
    API
    TANAH
    RUANG
    😀 😀 😀

  101. ridhs berkata:

    ikut nyimak..

  102. Pakdhe Gempo berkata:

    Sugeng dalu semuanya…maaf tak ngopi dulu ya…

  103. arek ilank berkata:

    semangat malam smua…
    Absen&ijin nyhmak dari seberang…
    @mbah sakiran dari kemarin obral teruuus….!!

  104. Sakiran wildan berkata:

    @ki a i
    sya tulis mengamati object taruhan, tdk bisa masuk, mka sya obral aja brang pribadi.
    Xixixixi…..

  105. PENJAGA HATI berkata:

    Selamat malam semuanya.
    Izin menyimak pelajaran sekalian ngisi absen. Murid baru hadir kembali.

  106. Sakiran wildan berkata:

    Nyimax sambil istirahat capex, obral trus…

  107. bams berkata:

    bagus…pemandangna oegunungan yang indah.

  108. laskar lembu suro berkata:

    aslkm…baru masuk kmpus .batre dh lemah

  109. Heru Widodo berkata:

    askum..
    “Bismilahhirrohmanirrohim
    Sirrullaahi Dzaatullaahi
    Shifaatullaahi Wujuudullaahi
    Af ’alullaahi. Laailaaha illaallaah
    Muhammadur rasuulullahi.
    Salaamamun qawlam
    mirrabbirrahiim, wamtaazul
    yawma ayyuhal mujrimuun ”

    salam salin buat sesepuh dan sedulus semua,, sy ingin bertanya kira-kira asma diatas asma apa ya?
    Wsslm

  110. bambu ampel berkata:

    asma sirr kang kayaknya

  111. hasibuan berkata:

    Alaikumsalam wr wb

    @mas heru…itu adalah asma sirr Syeikh Murahiddin gusti amat utk membuka pintu ghaib/mata bathin…lebih jelasnya check di blog ki umar jogja

  112. Kang Dullah berkata:

    Hadir
    …………………..,

  113. wisanggeni berkata:

    @heru widodo : itu asma sir, tawasulnya pada nabi muhammad, syekh abdul qodir jaelani, syekh murahidin gusti ahmad.

  114. pangeran pengasih berkata:

    askum

  115. Laskar cinta berkata:

    Ijin nyimak

  116. pangeran pengasih berkata:

    mlmmmm

  117. pangeran pengasih berkata:

    nyimakkkk

  118. pangeranpengasih berkata:

    assskummm

  119. Laskar cinta berkata:

    @pangeran pengasih,wlkm slm om

  120. arek ilank berkata:

    hadir lg,masih dari seberang,,,,,
    @om lc:denger2 dah jd pengantin baru niih,met menempuh hidup baru yaa,smoga mnjdi kluarga sakinah mawadah arohmah,amiiiin.
    om,,,,aq Kok g diundang di pestax???

  121. arek ilank berkata:

    sepi.

  122. Laskar cinta berkata:

    @arek ilank,jiah si om, mulai lgi ngeledeknya 😀

  123. Kanjeng Alam Biru berkata:

    duhai senangnya pengantin baru
    Om LC, bulan madu kemana nich ????

  124. Laskar cinta berkata:

    @kanjeng alam biru, jiah, si om 😀

  125. laskar lembu suro berkata:

    aslkm..@pangeranpengasih@arekilank@laskar cinta…@lan poro sedulur semua .kok sepi” j ni

  126. Laskar cinta berkata:

    @laskar lembu suro,walaikum salam om,iya neh om entah knp mkin sepi aja nih

  127. Kanjeng Alam Biru berkata:

    Om LLS emang sepi buanget, pa pada http://www.sunnah-rosul.com kali yach????
    Tapi kenapa pengantin barunya malah ikutan Online ,hi…hi..hi…

  128. Laskar cinta berkata:

    @kanjeng alam biru,ada pengantin baru y om? Mana? Siapa?

  129. yingyang berkata:

    absen paling akhir

  130. Kanjeng Alam Biru berkata:

    itu tuh mbak@Dewi Pramban Wangi, tapi nama prianya aku lupa tuh.
    http://www.jangan-lebay.dunx

  131. Laskar cinta berkata:

    @kanjeng alam biru,yg lebay siapa om?

  132. satria bergitar berkata:

    aslm saudara smuanya,,,,,,,!!!!!

  133. Cakji berkata:

    Semangat malam…
    Alhamdulillah nyampai rumah……
    Habis cangkruan bersama:
    ki wongalus
    ki mas kumitir
    mbah sareb
    mas gozhi
    mas wawan sleman
    mas arwani
    mas bondan
    all boloalus semangat malam

  134. satria bergitar berkata:

    aslm pak cakji,,,,,, semangat malam.

  135. nyemaak…mendengarkan n nyontreng absen….xiixiixiixixixiiixxiixixixiiii,,ayook2 maen ke puncak 29….

  136. puncak29 berkata:

    salam kenal kagem wong alus lan sederek sedoyo.
    puncak songo likur, sing do adoh panggonane kok malah do reti detil yo..

  137. puncak29 berkata:

    Rah (Darah) Tawu (Kuras)
    Rah Tawu (menguras darah)

  138. m khozin berkata:

    pagi2 jam segini knp ko udaranya duingiiiiiiiiìiin cekale..
    muantep lagi….hay3,
    salam damai slalu…

  139. m khozin berkata:

    wah ternyata fenomena alamnya muantep banget,bgt jg energi mistiknya…
    jangan2 banyak ni benda2 pusakanya..
    tolong dong bole ga di minta…he3..

  140. Lee Ping Ho ( cah mboemen ) berkata:

    @ mas M Khozin : selamat pagi dan salam dami selalu, wah kebalikannya disini ( BANTEN ) malah panas cekaleeeeee, yo wis tak kancani sinambi ngopi + udud SURYA16, lan nunggoni adzan subuh

  141. m khozin berkata:

    -lee ping ho
    kl di sini dingin karna lg ada di lereng gunung om…wele2 airnya jg ky es yg ada di kutup…hiiiii..

  142. Heru Widodo berkata:

    @Hasibuan
    @Wisanggeni
    bagaimana cara mengamalkan asma ini?

  143. Lee Ping Ho ( cah mboemen ) berkata:

    @ mas khozin : weleh weleh, memang sedang ada dilereng gunung mana pagi pagi begini Mas? kemarin waktu ada acara di gedong songo dinginnya juga luar biasa, hiiiiiiiiii,brrrrrrrr, tapi enak nggo turu kalau ada selimutnya,apalagi kalau pakai selimut hidup, jadi dingin-dingin empuk gitu lohh?
    hoaaaaaaaah cabut dulu adan subuhnya dah berkumandang

  144. Kangmase berkata:

    Puncak gunung yg anget ada ga ya???
    Jadi pingin naik.

  145. yingyang berkata:

    @kangmase,klo mau yg anget dipuncak gunung,nyemplung aja di kawahnya wk wk wk wk wk.

  146. TokeK berkata:

    Absen pagi ..

  147. mr coplac/laskar mpu supo club berkata:

    pucak songo likur memang gunung yang sanagat mengasyikkan wat pendakian, selain medannya yang lumayan extreme, juga panorama alam nya yang masih asri, dan sekarang akses jalur menuju kepuncak 29 sdh tidak seperti dulu, jalurnya sdh di perlebar dari desa tempur low dari utara, tepate masuk desa payak kecamatan ngablak,masuk sekitar 8 – 10 km dari jalan raya tayu- jepara,low dari kudusmasukdesa gebog, menawan dan bunton,,,

  148. LINDA berkata:

    hmmmmpdt

    aku gk prcaiia sma iiank kaiia gtu’an msa sih ada gnung kaiia gt
    thayul bnget sih

  149. Machfud Baidhowi berkata:

    Nderek ngangsu kaweruh dulur dulur KWA nggih…..???? kulo piantun saking Jombang.

  150. cah lereng muria berkata:

    semoga berkembang kembali ajaran kejawen sesuai kepribadian jawa
    laku hormat,sebab terhormat untuk terhormat

    ”mugi-mugi sedoyo titah gesang tansah manggih ing krahayon”

  151. mizel keren berkata:

    top

  152. Hemy Eksa berkata:

    tgl 16 mlm brgkt smp puncak tgl 17 agustus 2013 d puncak 29…Pecinta Alam PAYANG ADVENTURE udah berhasil menaklukan puncak 29……..smp disana di sambut hangat oleh masyarakat sekitar…PETUALANG EXTRIM….

  153. Ahmad Rifa'i berkata:

    Belajar mencintai dan memahami alam….
    sudah lama skali gak ke puncak29….
    let’s goooo……..

  154. trima kazih sudah mengedarkan desaku

  155. PUTU WAYAH berkata:

    kalau saya setiap malam jum’at legi pasti ke sana, disamping puasa 1 hari 1 malam karena mengharapkan wahyu dari sang pencipta,tentunya dengan amalan dan doa.

  156. PUTU WAYAH berkata:

    bagi anda yang berminat bisa nanti calling saya tentang ajaran dan budaya yang asli dari sejarah nenek moyang kita. hal ini kami lakukan karena kami ingin ajaran nenek moyang kita yang dulu luhur kira pelajari kembali supaya kita bisa kembali jaya seperti jaman dahulu. karena sekarang sudah berkurangnya nilai nilai budaya di negara kita yang selalu meniru budaya arab,eropa dan lain lain. mudah mudahan atas ijin Yang maha kuasa nanti hati kita di buka selebar lebarnya demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.Amin

  157. naritaa berkata:

    kudus kelahiranku, muria wisataku, puncak tujuanku..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s