PUNCAK 29


SELAIN BERBAGI AMALAN KEILMUAN, BLOG KAMPUS WONG ALUS MENGAJAK PARA SEDULUR UNTUK BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH. KIRIMKAN ARTIKEL ANDA KE EMAIL rdrkwa@gmail.com. BERIKUT INI ARTIKEL KIRIMAN SEDULUR BERJUDUL PUNCAK 29.

Oleh minary citraeleanora
minaryal2@gmail.com

Assalamualaikum wr wb. Pada postingan kali ini saya  pengen mengenal kan salah satu gunung di gugusan gunung di daerah kota kudus-jawa tengah, mungkin nama gunung ini terdengar asing di telinga anda bagi yg luar jawa. Tapi di balik nama  asing gunung ini tersimpan keindahan budaya tanah  jawa yg teramat kental dan  mistik……  gunung ini terkenal dengan sebutan Wukir Rahtawu (puncak 29 ).

Rahtawu sebenarnya adalah nama desa di lereng Gunung Muria masuk Kecamatan Gebog itu, bagi masyarakat Kudus dikenal banyak menyimpan misteri. Sekitar tiga dasa warsa yang lalu (lebih 30 tahun-Red), Rahtawu merupakan sebuah desa yang sangat terisolir. Sebab, belum ada jalan poros desa. Roda empat pun tak bisa menuju ke desa itu, termasuk angkudes. Satu-satunya jalan adalah lewat jalan setapak. Pendatang harus rela berjalan kaki sekitar lima kilometer mulai dari Desa Menawan. Berkat jasa Bupati Marwotosoeko, dengan tekad gugur gunung, jalan menuju desa tersebut sudah dilebarkan, sehingga Rahtawu menjadi seperti sekarang ini.

Meskipun lokasi tidak mudah dicapai, Rahtawu mempunyai daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka melakukan ritual ziarah. Di kawasan Rahtawu banyak menyimpan petilasan (bukan makam-Red) dengan nama-nama tokoh pewayangan leluhur Pandawa. Sebut saja petilasan Eyang Sakri, Lokajaya, Pandu, Palasara, Abiyoso. Selain itu di sana juga ada kawasan yang diberi nama Jonggring Saloka dan Puncak Songolikur.

Petilasan itu banyak menarik minat orang untuk datang berziarah. Di setiap daerah biasanya ada pantangan tertentu. Di Rahtawu juga ada pantangan, yakni warga dilarang nanggap wayang kulit. Meski di sana banyak nama petilasan bernama leluhur Pandawa. Sampai sekarang tidak ada yang berani melanggar. Bila dilanggar, konon yang bersangkutan terkena bencana. Jadi kalau ada warga punya hajat, paling nanggap tayub, karena diperbolehkan.

Kata orang desa sana nama  Rahtawu mempunyai arti getih yang bercecer (bahasa jawa) kalo  indonesianya (darah yang bercecer ) Menurut mitos, Wukir Rahtawu merupakan tempat pertapaan Resi Manumayasa sampai kepada Begawan Abiyoso yang merupakan leluhur Pandawa dan Korawa. Menurut cerita babad dan parwa, konon leluhur raja-raja Jawa merupakan keturunan  dinasti Bharata/para shangyang.

Sebuah misteri yang membingungkan , ( aku aja bingung…..hehehehhe ) banyak sekali tokoh 2 pewayangan yang petilasan nya  masih di rawat oleh penduduk sekitar sampai sekarang bahkan banyak orang – orang dari luar kudus ( jateng ) banyak yg berdatangan untuk menikmati  suasan pegunungan dan  mistik yg ada di gunung tersebut , menurut pengalaman saya tidak  salah kalau orang -orang yang  suka mistik ( terutama yang beraliran kejawen ) banyak yang berdatangan ke gunung Rahtawu karena memang dari lereng gunung sampai puncak gunung itu berjajar banyak sekali petilasan – petilasan dari para tokoh pewayangan yang di sucikan dan di sebut ” eyang ” oleh penduduk sekitar . Berikut ini adalah nama – nama petilasan para tokoh pewayangan yang ada di gunung Wukir Rahtawu : Eyang Sakri (Bathara Sakri), di Desa Rahtawu Eyang Pikulun Narada dan Bathara Guru, di Joggring Saloko, dukuh Semliro, desa Rahtawu. Eyang Abiyasa dan Eyang Palasara, di puncak gunung “Abiyasa”, ada yang menyebut “Sapta Argo”.

Eyang Manik Manumayasa, Eyang Puntadewa, Eyang Nakula Sadewa di lereng gunung “Songolikur”, di puncaknya tempat pertapaan Eyang Sang Hyang Wenang (Wening) dan sedikit ke bawah pertapaan Eyang Ismaya. Eyang Sakutrem (Satrukem) di sendang di kaki gunung “Sangalikur” sebelah timur. Eyang Lokajaya (Guru Spiritual Kejawen Sunan Kalijaga, menurut dongeng Lokajaya  nama samaran Sunan Kalijaga (sebelum bertaubat), di Rahtawu. Eyang Mada (Gajah Mada) dan Eyang (Romo) Suprapto, berupa makam di dusun Semliro. Memang didaerah rahtawu  peradaban Hindu, budha tidak tampak jelas karena tidak di temukan candi / arca yang sebagai mana di temukan di daerah lain yang mempunyai peradaban hindu / budha , yang ada hanyalah petilasan 2 batu datar yang menurut penduduk sekitar merupakan bekas tempat bersemedinya para ” suci “.

Ada satu lagi yang aneh dari  kebudayaan warga sekitar, meskipun semua petilasan yang ada di Wukir Rahtawu identik  dengan para tokoh Pewayangan ( Mahabarata – Hindu ) tapi di sana sangat di tabukan untuk mengadakan pagelaran wayang. Konon cerita para penduduk setempat, pernah ada yang melanggar larangan tersebut, maka datang bencana angin ribut yang menghancurkan rumah dan  dukuh yang mengadakan pagelaran wayang tersebut. Menurut saya pribadi sesungguhnya gunung rahtawu dlm kajian mistik adalah netral dalam artian ,Hitam dan Putih tergantung manusianya. Kalau mau wisata mistik ke rahtawu pasti ketemu macam2 dukun/orang pintar dr mana saja datang saja dan nginap dr yg saya tahu dukun2 yg kejawen di daerahku gak lepas dr rahtawu. Saya yakin ada para bolowongalus yg sudah pernah ke rahtawu…… Wassalam. @@@

159 thoughts on “PUNCAK 29

  1. C4hBuT4 12 Januari 2011 / 11:15

    1

  2. C4hBuT4 12 Januari 2011 / 11:15

    2

  3. C4hBuT4 12 Januari 2011 / 11:15

    3

  4. C4hBuT4 12 Januari 2011 / 11:15

    Salam

  5. Rahman A'R 12 Januari 2011 / 11:16

    Sekawan

  6. Laskar Permadani 12 Januari 2011 / 11:18

    Puncak 7,8,9

  7. aria dwi pangga 12 Januari 2011 / 11:19

    Absen siang.weh daerah saya masuk di KWA TERCINTA

  8. OJIBUAKU 12 Januari 2011 / 11:22

    ngintip bentar ah…….. salam sdulur smua……..

  9. OJIBUAKU 12 Januari 2011 / 11:24

    saya dah pernah skali naik di sana…

  10. C4hBuT4 12 Januari 2011 / 11:27

    @oijibaku ..mungkin disana banyak benda pusaka peninggalan leluhur kali ya…?

  11. Oray 12 Januari 2011 / 11:28

    Hadir

  12. M..A..M 12 Januari 2011 / 11:28

    mantab…

  13. wong lamo 12 Januari 2011 / 11:29

    ngintip dari puncak 29……..

  14. aiebie 12 Januari 2011 / 11:30

    mendengarkan

  15. kang sugeng 12 Januari 2011 / 11:31

    liputane mas ahmadrock … hadir3x …

  16. Laskar Permadani 12 Januari 2011 / 11:46

    Kpn2 kalo ke jawa ,moga2 ada sedulur yg suka naek gunung,.jd bs ada tmn lan iso bljr xi xi xi

  17. Palui 12 Januari 2011 / 11:48

    Assalamualaikum Pengelola Blog KWA

    kalo boleh usul : bagaimana kalau POSTING BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH di sediakan thread tersendiri seperti Bar yang di atas seperti HOME, ALBUM KWA, PENGOBATAN

    Wassalam

  18. daneeys 12 Januari 2011 / 11:48

    absen dulu

  19. wongkito2 12 Januari 2011 / 11:55

    bisa di anggap tempatnya para dukun ,bisa putih jg bisa hitam.dulu saat lia aminudin bilang di rasuki malaikat jibril dia di tantang seorang spiritual kejawen untuk membuktikan apa benar malaikat jibril tgl 1 suro di puncak 29 .lia aminudin gak berani..

  20. Murid Sesaat 12 Januari 2011 / 11:57

    gunung…gunung..gunung….

    (*) (*)

  21. khozin A 12 Januari 2011 / 12:15

    nderek nyimak mawon…

  22. kangdin 12 Januari 2011 / 12:29

    nyimak…
    @all sedulurku: assalamu’alaikum

  23. Cah gunTEN 12 Januari 2011 / 12:40

    Bener puncak 29 atau pecak 29 sih ?Monggo di babar,lanjut……….

  24. mas agung® 12 Januari 2011 / 12:42

    @ mbah arwani : kok simbol neng ngisor komenmu kuwi menyiratkan sesuatu to? qiqiqi…
    @ mbah khozin, mbah angker, mbah palui, mbahkangdin, mbah LP, kang sugeng ……SEMANGAT SIANGGGG

  25. Aria dwi pangga 12 Januari 2011 / 12:47

    pecak 29 bahasa daerah setempat .
    Puncak 29 bahasa umum yang biasa di gunakan sehari hari orang dalam menyebut wisata gunung rahtawu.

  26. dian 12 Januari 2011 / 12:54

    ceritanya asyik banget

  27. Cah gunTEN 12 Januari 2011 / 13:08

    @ki aria dwi pangga,Klo pecak 29 ceritane gimana ki?Tanya melulu ki,dasare cah gunten bodo ki,mboten ngeles lho ki?Suwon

  28. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:14

    Bromo

  29. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:14

    Arjuno

  30. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:15

    Kelud

  31. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:16

    Gede

  32. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:16

    Tidar

  33. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:18

    Agung

  34. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:18

    Galunggung

  35. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:19

    Krakatau

  36. 7 mata air 12 Januari 2011 / 13:24

    amat menarik artikelan harus nya waktnya ada artikel seperti ini jangn ilmu mulu,takt pda muntah ilmu he,he

  37. laskar lembu suro 12 Januari 2011 / 13:28

    aslkm..nyimak cerita mas

  38. Ilmi crb 12 Januari 2011 / 13:35

    Assalamu a’laikum.

  39. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:37

    Sirimau

  40. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 13:38

    Merapi

  41. De santos kds 12 Januari 2011 / 13:43

    Assalamu’alakum… sesepuh KWA dan sedulur semua…..hehehehehehe puncak 29 nyampe juga diKWA…aq yg org kudus aja lom pernah naik kesana…hehehe….takut ketinggian dan juga takut kedinginan….silahkan yg mau kepuncak 29,katanya sih banyak benda2 bertuah gitu,kalau anda beruntung…!?hehehehehe…..

  42. jibrut 12 Januari 2011 / 14:23

    kalo dijawa barat ada puncak 69 dari daerah nagrak smp puncak pass ciri2 byk yg nawarin villa.. pantangannya jgn sampai ketahuan petugas

  43. wongkito2 12 Januari 2011 / 14:29

    kalau itu byk awewe nya asal kuat byr..di puncak masih ingat saat hujan deras,kabut turun,istirahat di masjidnya malam malam.

  44. wongkito2 12 Januari 2011 / 14:32

    mas sakiran gak sadar komentarnya ganggu suasana dan kenyamanan orang banyak..saya doakan tambah selamat.

  45. ARYA TUNGGARA 12 Januari 2011 / 15:02

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    Assalamu’ alaikum Wr. Wb.
    Salam pamuji rahayu katur dulur-dulur semuanya
    Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, yang maha mengetahui seluruh rahasia tersembunyi dan dimana hati mukminin bergetar tatkala mendengar asma-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah pada penghulu sekalian Rasul, penyempurna risalah Ilahi beserta keluarganya.

    Saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dulur-dulur aktivis Kampus Wong Alus di seluruh nusantara dalam kontribusinya pada syiar Islam di bidangnya masing-masing. Dan saya menghaturkan terima kepada para pini sesepuh atas wejangannya yang bermanfaat dalam menuju kehadirat Ilahy.

    MONGGO DIPUN LANJUT

  46. alas tunggal 12 Januari 2011 / 15:04

    aslmlkm semuanya br tau klo di kudus ada gunung rahtawu xi..xi..xi mklm ratau metu /merantao dadi kupeng,di daerah sy gunung tugel tptnya batang jw tengah,bnyk crt mistiknya

  47. Ki Ageng JJ 12 Januari 2011 / 15:09

    @ARYA TUNGGARA: Salam pamuji rahayu katur panjenengan

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    tak lupa Salam pamuji rahayu katur wabil khusus para pini sepuh ugi poro dulur semuanya dan khususon @minary citraeleanora

    Nderek Nyimak mawon enggih

  48. ARYA TUNGGARA 12 Januari 2011 / 15:16

    @Ki Ageng JJ: selamat datang Ki Ageng

    maaf saya copy paste Ki….

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    saya tunggu kelanjutan artikelnya ki…. aus nich….tetang hasanah Islam. biar Adem ki….

  49. Bgd Raja Emas 12 Januari 2011 / 15:32

    Ikutan nyimak …rang baru salam kenal bagi saudara semuanya . Ceritanya mantap pengen juga naik ke Puncak 29, trima kasih atas infonya.

  50. Bajul Kesupen 12 Januari 2011 / 15:46

    Info-info yang diberikan oleh sedulur2 kita tanggapi secara positif aj bahwa tempat-tempat itu adalah aset budaya bangsa yang mesti kita lestarikan

  51. Laskar Permadani 12 Januari 2011 / 15:49

    Semangat ‘ASAR..

  52. putro segoro 12 Januari 2011 / 15:51

    kulonuwun, mau ikutan nyimak dan absen siang

  53. Satriademakbintoro 12 Januari 2011 / 16:13

    La iya, barusan saya dari sana, medannya memang sangat menantang sekali, bagi yang suka berpetualang di alam bebas, Rahtawu bagus untuk dicoba, bagi yang suka perpetualang dalam dunia mistis.. Rahtawu juga seabrek2 tempatnya, tapi hati2, disamping persiapan fisik juga persiapin mental juga, dari Petilasan Eyang Modo masih 4 jam perjalanan jalan kaki untuk sampai di Puncak Eyang Wenang…

  54. Ki Ageng JJ 12 Januari 2011 / 16:17

    @Satriademakbintoro: salam rahayu mas….Satriademakbintoro

    Jenengan ganti nama to mas….

    Wah ….sekarang sudah jadi Kesatria Demak…

    Mantab…

  55. Satriademakbintoro 12 Januari 2011 / 16:24

    @Ki Ageng JJ
    Waalaikumsalam Wr Wb, Hehehehe.. ia Ki, biar teringat akan Saudara2 di sana kampung sana.. jieh hehhehe..

  56. abuwawas 12 Januari 2011 / 16:25

    sakiran lagi CAPER

  57. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 16:34

    @bgd raja mas,ceritanya skrg murid baru neh om? :D

  58. Laskar_lung gading 12 Januari 2011 / 16:40

    Nderek nyimak om…. Monggo di lanjut…

  59. wongkito2 12 Januari 2011 / 16:46

    oh iya sekalian hrs ziarah ke sunan muria cuma harus muter..capek deh.. Ada 2 mistis khowas 1 islam dan 1 kejawen.

  60. ahmadrock 12 Januari 2011 / 17:00

    ada 2 khowas kejawen puncak 29 dan islam makam sunan muria.kalo sampai puncak kalo ketemu ayam jgn di tangkap..lo..kalau gak salah itu peliharaan begawan abiyoso.makanya dulu proyek pltn nuklir di muria di tentang habis2an oleh warga.bahkan gusdur dan mbah liem solo. bahkan gusdur nantang si muridnya (sby)kalau tetap kekeh muria ada pltn beliau akan pindah ke muria/rahtawu begitu pula mbah liem.

  61. suwanto 12 Januari 2011 / 17:00

    mas sakiran wildan@ babar gunung TIDAR dong.. dimana lokasi pastinya dan ada sejara apa aja disitu.. maklum blum sempt nyampe sana.. dan buat sesepuh jg yg tau..

  62. ahmadrock 12 Januari 2011 / 17:09

    @mas suwanto salam kenal..tidar makam syeh subakir ,ularnya sebesar pohom kelapa.

  63. Logistik & Mistik 12 Januari 2011 / 17:18

    Salam buat semua sedulur KWA,Berikut sy ingin mengijazahkan ASMA SAFIR ADAM A.S dari Kitab Syamsul Ma’Arif Al-Qubro,Zuj 11 hal 250,karya SYEIKH AL-IMAM AHMAD IBNI ALI Al-Buuny.

    ILMU ASMA SAFIR ADAM ini mempunyai paedah ilmu yg sangat langka,diantaranya:

    1.Terbang diudara dari satu tempat ketempat lain.

    2.Untuk menghalangi pandangan manusia

    3.Memanggil/Menampakkan wujud Rijjalul Ghoib

    4.Pergi kemekah dengan bantuan Khodam Ilmu

    5.Agar dapat mempelajari Ilmu dengan cepat
    6.Pengobatan
    7.Membuka Lawang Ghoib,Dsb.

    Berikut Azimahnya:

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    ALLAHUMMA INNI AS ALUKU YA MAN BIYADIKA YANB’UU HAYATA KULLI SAYIN AS ALUKA BI NAFAHATI ASRORI ANWARI ASMAIKA WA NURI BAHAI ISROQI ANWARI A’RSYIKA WA BIMA AWDA’TAHU FIL LAUHIL MAHFUDZI INDAKA MIN ASRORI ASMAIKA WA BIMA ALHAMTAHU WA ALLAMTU LI ADAMA ABIL BASYAR WA QULTA FI KALAMIKAL ANWARIL LADZI ANJALTAHU A’LA HABIBIKAL MUTOHHAR WA ALLAMAL ADAMAL ASMA’A KULLAHA WA AS ALUKA BI JALALIKA WA JAMALI KAMALI BAHAI NURI WAJHIKAL AKROMIL A’DHIMIL ANWARIL AQDASI WA BIMA AWDA ‘TAHU MIN ANWARI ASRORIKA WA ANWARIKA FI QOLBIS SYAMSI WAL QOMARI WA BIHAQQI HADZIHIL ASMAIL JALILATI HU HU HU YAHIN YAHIN YAHIN ROBBANA ALAIKATAWAKKALNA WA ILAIKA ANABNA WA ILAIKAL MASIR ROBBANA LA TUZIQ QULUBANA BA’DA IDZ HADAYTANA WAHAB LANA MIN LADUNKA ROHMATAN INNAKA ANTAL WAHHAB WALA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAHIL A’LIYYIL ADHMI.

  64. Ki Sukma 12 Januari 2011 / 17:22

    Salam kenal untuk semua sedulur KWA.

  65. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 17:24

    Watching from middle of nowhere

  66. m khozin 12 Januari 2011 / 17:32

    absen2…
    masih ada kursi yg kosong ga.?…

  67. kang sugeng 12 Januari 2011 / 17:33

    semangat sore … mandi dulu …

  68. m khozin 12 Januari 2011 / 17:37

    kang sugeng
    sy jg ah,mau ikut mandi dl..
    laskar c
    bhs apa an tu..?

  69. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 17:39

    @khozin A,g tau mbah,cma asal nulis aja :D

  70. Wagiman Wara Wiri 12 Januari 2011 / 17:44

    Asmaknya bgz tu om,sinengker yaa…apa iya ya!

  71. alas tunggal 12 Januari 2011 / 17:44

    @logistik dan mistik tata lakunya gmna ki,aq biar bs trbang capek jln trs

  72. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 17:47

    @WWW,wah om,dr mn aja om :D

  73. m khozin 12 Januari 2011 / 17:50

    sapa yg punya KM.?
    sy mau ikut terbang..
    -laskar c
    asal ko.bs rapi begicu..he3

  74. Wagiman Wara Wiri 12 Januari 2011 / 17:51

    Tengok2 aja…nungguin email gx da yg dblz@LC… tu om baginda ,ane mau Emailnya Donk

  75. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 17:53

    @WWW,nopenya om yg aktif yg mana om?
    @khozin A,iya y mbah,kok bsa rapi gtu y ? Heran neh :D

  76. Wagiman Wara Wiri 12 Januari 2011 / 17:58

    XL …coz lg keliling kampuz

  77. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 18:00

    @WWW,ntar malam y om, saya lg pke kartu…. Neh,no om ada d kartu yg satunya lgi :D

  78. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:02

    Tangkuban perahu

  79. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:08

    Fuji

  80. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:09

    Himalaya

  81. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:09

    Kilimanjaro

  82. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:10

    Jayawijaya

  83. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:10

    Kalimutu

  84. alas tunggal 12 Januari 2011 / 18:10

    mas @logistik dan mistik tata lakunya gmna mas,aq biar bs trbang capek jln trs

  85. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:11

    Ciremai

  86. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:12

    Toples

  87. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:13

    Galon

  88. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:13

    Termos

  89. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:13

    Ceret

  90. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:14

    Kendi

  91. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:14

    Cangkir

  92. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:15

    Lepek

  93. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:15

    Sedotan

  94. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 18:16

    Tusuk gigi

  95. aiebie 12 Januari 2011 / 18:18

    geser dikit dund,,,,

  96. Wagiman Wara Wiri 12 Januari 2011 / 18:57

    GUNUNG
    LAUT
    API
    ANGIN
    HAWA…

  97. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 18:57

    Pada kmn y?

  98. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 19:00

    IKUTAN AH,
    AIR
    ANGIN
    API
    TANAH
    RUANG :D :D :D

  99. ridhs 12 Januari 2011 / 19:15

    ikut nyimak..

  100. Pakdhe Gempo 12 Januari 2011 / 19:30

    Sugeng dalu semuanya…maaf tak ngopi dulu ya…

  101. arek ilank 12 Januari 2011 / 19:32

    semangat malam smua…
    Absen&ijin nyhmak dari seberang…
    @mbah sakiran dari kemarin obral teruuus….!!

  102. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 19:37

    @ki a i
    sya tulis mengamati object taruhan, tdk bisa masuk, mka sya obral aja brang pribadi.
    Xixixixi…..

  103. PENJAGA HATI 12 Januari 2011 / 19:41

    Selamat malam semuanya.
    Izin menyimak pelajaran sekalian ngisi absen. Murid baru hadir kembali.

  104. Sakiran wildan 12 Januari 2011 / 19:44

    Nyimax sambil istirahat capex, obral trus…

  105. bams 12 Januari 2011 / 19:53

    bagus…pemandangna oegunungan yang indah.

  106. laskar lembu suro 12 Januari 2011 / 20:51

    aslkm…baru masuk kmpus .batre dh lemah

  107. Heru Widodo 12 Januari 2011 / 21:05

    askum..
    “Bismilahhirrohmanirrohim
    Sirrullaahi Dzaatullaahi
    Shifaatullaahi Wujuudullaahi
    Af ’alullaahi. Laailaaha illaallaah
    Muhammadur rasuulullahi.
    Salaamamun qawlam
    mirrabbirrahiim, wamtaazul
    yawma ayyuhal mujrimuun ”

    salam salin buat sesepuh dan sedulus semua,, sy ingin bertanya kira-kira asma diatas asma apa ya?
    Wsslm

  108. bambu ampel 12 Januari 2011 / 21:32

    asma sirr kang kayaknya

  109. hasibuan 12 Januari 2011 / 21:43

    Alaikumsalam wr wb

    @mas heru…itu adalah asma sirr Syeikh Murahiddin gusti amat utk membuka pintu ghaib/mata bathin…lebih jelasnya check di blog ki umar jogja

  110. Kang Dullah 12 Januari 2011 / 22:19

    Hadir
    …………………..,

  111. wisanggeni 12 Januari 2011 / 22:45

    @heru widodo : itu asma sir, tawasulnya pada nabi muhammad, syekh abdul qodir jaelani, syekh murahidin gusti ahmad.

  112. pangeran pengasih 12 Januari 2011 / 22:49

    askum

  113. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 22:49

    Ijin nyimak

  114. pangeran pengasih 12 Januari 2011 / 22:52

    mlmmmm

  115. pangeran pengasih 12 Januari 2011 / 23:00

    nyimakkkk

  116. pangeranpengasih 12 Januari 2011 / 23:06

    assskummm

  117. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 23:09

    @pangeran pengasih,wlkm slm om

  118. arek ilank 12 Januari 2011 / 23:11

    hadir lg,masih dari seberang,,,,,
    @om lc:denger2 dah jd pengantin baru niih,met menempuh hidup baru yaa,smoga mnjdi kluarga sakinah mawadah arohmah,amiiiin.
    om,,,,aq Kok g diundang di pestax???

  119. arek ilank 12 Januari 2011 / 23:16

    sepi.

  120. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 23:18

    @arek ilank,jiah si om, mulai lgi ngeledeknya :D

  121. Kanjeng Alam Biru 12 Januari 2011 / 23:36

    duhai senangnya pengantin baru
    Om LC, bulan madu kemana nich ????

  122. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 23:39

    @kanjeng alam biru, jiah, si om :D

  123. laskar lembu suro 12 Januari 2011 / 23:42

    aslkm..@pangeranpengasih@arekilank@laskar cinta…@lan poro sedulur semua .kok sepi” j ni

  124. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 23:46

    @laskar lembu suro,walaikum salam om,iya neh om entah knp mkin sepi aja nih

  125. Kanjeng Alam Biru 12 Januari 2011 / 23:47

    Om LLS emang sepi buanget, pa pada http://www.sunnah-rosul.com kali yach????
    Tapi kenapa pengantin barunya malah ikutan Online ,hi…hi..hi…

  126. Laskar cinta 12 Januari 2011 / 23:53

    @kanjeng alam biru,ada pengantin baru y om? Mana? Siapa?

  127. yingyang 12 Januari 2011 / 23:57

    absen paling akhir

  128. Laskar cinta 13 Januari 2011 / 00:41

    @kanjeng alam biru,yg lebay siapa om?

  129. Cakji 13 Januari 2011 / 01:31

    Semangat malam…
    Alhamdulillah nyampai rumah……
    Habis cangkruan bersama:
    ki wongalus
    ki mas kumitir
    mbah sareb
    mas gozhi
    mas wawan sleman
    mas arwani
    mas bondan
    all boloalus semangat malam

  130. satria bergitar 13 Januari 2011 / 01:39

    aslm pak cakji,,,,,, semangat malam.

  131. Keblondrok Asmara 13 Januari 2011 / 01:41

    nyemaak…mendengarkan n nyontreng absen….xiixiixiixixixiiixxiixixixiiii,,ayook2 maen ke puncak 29….

  132. puncak29 13 Januari 2011 / 03:22

    salam kenal kagem wong alus lan sederek sedoyo.
    puncak songo likur, sing do adoh panggonane kok malah do reti detil yo..

  133. puncak29 13 Januari 2011 / 03:25

    Rah (Darah) Tawu (Kuras)
    Rah Tawu (menguras darah)

  134. m khozin 13 Januari 2011 / 03:52

    pagi2 jam segini knp ko udaranya duingiiiiiiiiìiin cekale..
    muantep lagi….hay3,
    salam damai slalu…

  135. m khozin 13 Januari 2011 / 03:57

    wah ternyata fenomena alamnya muantep banget,bgt jg energi mistiknya…
    jangan2 banyak ni benda2 pusakanya..
    tolong dong bole ga di minta…he3..

  136. Lee Ping Ho ( cah mboemen ) 13 Januari 2011 / 04:02

    @ mas M Khozin : selamat pagi dan salam dami selalu, wah kebalikannya disini ( BANTEN ) malah panas cekaleeeeee, yo wis tak kancani sinambi ngopi + udud SURYA16, lan nunggoni adzan subuh

  137. m khozin 13 Januari 2011 / 04:20

    -lee ping ho
    kl di sini dingin karna lg ada di lereng gunung om…wele2 airnya jg ky es yg ada di kutup…hiiiii..

  138. Heru Widodo 13 Januari 2011 / 04:56

    @Hasibuan
    @Wisanggeni
    bagaimana cara mengamalkan asma ini?

  139. Lee Ping Ho ( cah mboemen ) 13 Januari 2011 / 05:02

    @ mas khozin : weleh weleh, memang sedang ada dilereng gunung mana pagi pagi begini Mas? kemarin waktu ada acara di gedong songo dinginnya juga luar biasa, hiiiiiiiiii,brrrrrrrr, tapi enak nggo turu kalau ada selimutnya,apalagi kalau pakai selimut hidup, jadi dingin-dingin empuk gitu lohh?
    hoaaaaaaaah cabut dulu adan subuhnya dah berkumandang

  140. Kangmase 13 Januari 2011 / 05:09

    Puncak gunung yg anget ada ga ya???
    Jadi pingin naik.

  141. yingyang 13 Januari 2011 / 06:45

    @kangmase,klo mau yg anget dipuncak gunung,nyemplung aja di kawahnya wk wk wk wk wk.

  142. TokeK 13 Januari 2011 / 07:23

    Absen pagi ..

  143. mr coplac/laskar mpu supo club 22 Januari 2011 / 23:15

    pucak songo likur memang gunung yang sanagat mengasyikkan wat pendakian, selain medannya yang lumayan extreme, juga panorama alam nya yang masih asri, dan sekarang akses jalur menuju kepuncak 29 sdh tidak seperti dulu, jalurnya sdh di perlebar dari desa tempur low dari utara, tepate masuk desa payak kecamatan ngablak,masuk sekitar 8 – 10 km dari jalan raya tayu- jepara,low dari kudusmasukdesa gebog, menawan dan bunton,,,

  144. LINDA 6 Januari 2012 / 09:29

    hmmmmpdt

    aku gk prcaiia sma iiank kaiia gtu’an msa sih ada gnung kaiia gt
    thayul bnget sih

  145. Machfud Baidhowi 24 Maret 2012 / 17:23

    Nderek ngangsu kaweruh dulur dulur KWA nggih…..???? kulo piantun saking Jombang.

  146. cah lereng muria 29 April 2013 / 11:32

    semoga berkembang kembali ajaran kejawen sesuai kepribadian jawa
    laku hormat,sebab terhormat untuk terhormat

    ”mugi-mugi sedoyo titah gesang tansah manggih ing krahayon”

  147. mizel keren 6 Juli 2013 / 23:08

    top

  148. Hemy Eksa 18 Agustus 2013 / 12:56

    tgl 16 mlm brgkt smp puncak tgl 17 agustus 2013 d puncak 29…Pecinta Alam PAYANG ADVENTURE udah berhasil menaklukan puncak 29……..smp disana di sambut hangat oleh masyarakat sekitar…PETUALANG EXTRIM….

  149. Ahmad Rifa'i 27 Agustus 2013 / 16:05

    Belajar mencintai dan memahami alam….
    sudah lama skali gak ke puncak29….
    let’s goooo……..

  150. PUTU WAYAH 2 Oktober 2013 / 17:48

    kalau saya setiap malam jum’at legi pasti ke sana, disamping puasa 1 hari 1 malam karena mengharapkan wahyu dari sang pencipta,tentunya dengan amalan dan doa.

  151. PUTU WAYAH 2 Oktober 2013 / 17:56

    bagi anda yang berminat bisa nanti calling saya tentang ajaran dan budaya yang asli dari sejarah nenek moyang kita. hal ini kami lakukan karena kami ingin ajaran nenek moyang kita yang dulu luhur kira pelajari kembali supaya kita bisa kembali jaya seperti jaman dahulu. karena sekarang sudah berkurangnya nilai nilai budaya di negara kita yang selalu meniru budaya arab,eropa dan lain lain. mudah mudahan atas ijin Yang maha kuasa nanti hati kita di buka selebar lebarnya demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.Amin

  152. naritaa 10 Oktober 2014 / 09:53

    kudus kelahiranku, muria wisataku, puncak tujuanku..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s