PUNCAK 29


SELAIN BERBAGI AMALAN KEILMUAN, BLOG KAMPUS WONG ALUS MENGAJAK PARA SEDULUR UNTUK BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH. KIRIMKAN ARTIKEL ANDA KE EMAIL rdrkwa@gmail.com. BERIKUT INI ARTIKEL KIRIMAN SEDULUR BERJUDUL PUNCAK 29.

Oleh minary citraeleanora
minaryal2@gmail.com

Assalamualaikum wr wb. Pada postingan kali ini saya  pengen mengenal kan salah satu gunung di gugusan gunung di daerah kota kudus-jawa tengah, mungkin nama gunung ini terdengar asing di telinga anda bagi yg luar jawa. Tapi di balik nama  asing gunung ini tersimpan keindahan budaya tanah  jawa yg teramat kental dan  mistik……  gunung ini terkenal dengan sebutan Wukir Rahtawu (puncak 29 ).

Rahtawu sebenarnya adalah nama desa di lereng Gunung Muria masuk Kecamatan Gebog itu, bagi masyarakat Kudus dikenal banyak menyimpan misteri. Sekitar tiga dasa warsa yang lalu (lebih 30 tahun-Red), Rahtawu merupakan sebuah desa yang sangat terisolir. Sebab, belum ada jalan poros desa. Roda empat pun tak bisa menuju ke desa itu, termasuk angkudes. Satu-satunya jalan adalah lewat jalan setapak. Pendatang harus rela berjalan kaki sekitar lima kilometer mulai dari Desa Menawan. Berkat jasa Bupati Marwotosoeko, dengan tekad gugur gunung, jalan menuju desa tersebut sudah dilebarkan, sehingga Rahtawu menjadi seperti sekarang ini.

Meskipun lokasi tidak mudah dicapai, Rahtawu mempunyai daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka melakukan ritual ziarah. Di kawasan Rahtawu banyak menyimpan petilasan (bukan makam-Red) dengan nama-nama tokoh pewayangan leluhur Pandawa. Sebut saja petilasan Eyang Sakri, Lokajaya, Pandu, Palasara, Abiyoso. Selain itu di sana juga ada kawasan yang diberi nama Jonggring Saloka dan Puncak Songolikur.

Petilasan itu banyak menarik minat orang untuk datang berziarah. Di setiap daerah biasanya ada pantangan tertentu. Di Rahtawu juga ada pantangan, yakni warga dilarang nanggap wayang kulit. Meski di sana banyak nama petilasan bernama leluhur Pandawa. Sampai sekarang tidak ada yang berani melanggar. Bila dilanggar, konon yang bersangkutan terkena bencana. Jadi kalau ada warga punya hajat, paling nanggap tayub, karena diperbolehkan.

Kata orang desa sana nama  Rahtawu mempunyai arti getih yang bercecer (bahasa jawa) kalo  indonesianya (darah yang bercecer ) Menurut mitos, Wukir Rahtawu merupakan tempat pertapaan Resi Manumayasa sampai kepada Begawan Abiyoso yang merupakan leluhur Pandawa dan Korawa. Menurut cerita babad dan parwa, konon leluhur raja-raja Jawa merupakan keturunan  dinasti Bharata/para shangyang.

Sebuah misteri yang membingungkan , ( aku aja bingung…..hehehehhe ) banyak sekali tokoh 2 pewayangan yang petilasan nya  masih di rawat oleh penduduk sekitar sampai sekarang bahkan banyak orang – orang dari luar kudus ( jateng ) banyak yg berdatangan untuk menikmati  suasan pegunungan dan  mistik yg ada di gunung tersebut , menurut pengalaman saya tidak  salah kalau orang -orang yang  suka mistik ( terutama yang beraliran kejawen ) banyak yang berdatangan ke gunung Rahtawu karena memang dari lereng gunung sampai puncak gunung itu berjajar banyak sekali petilasan – petilasan dari para tokoh pewayangan yang di sucikan dan di sebut ” eyang ” oleh penduduk sekitar . Berikut ini adalah nama – nama petilasan para tokoh pewayangan yang ada di gunung Wukir Rahtawu : Eyang Sakri (Bathara Sakri), di Desa Rahtawu Eyang Pikulun Narada dan Bathara Guru, di Joggring Saloko, dukuh Semliro, desa Rahtawu. Eyang Abiyasa dan Eyang Palasara, di puncak gunung “Abiyasa”, ada yang menyebut “Sapta Argo”.

Eyang Manik Manumayasa, Eyang Puntadewa, Eyang Nakula Sadewa di lereng gunung “Songolikur”, di puncaknya tempat pertapaan Eyang Sang Hyang Wenang (Wening) dan sedikit ke bawah pertapaan Eyang Ismaya. Eyang Sakutrem (Satrukem) di sendang di kaki gunung “Sangalikur” sebelah timur. Eyang Lokajaya (Guru Spiritual Kejawen Sunan Kalijaga, menurut dongeng Lokajaya  nama samaran Sunan Kalijaga (sebelum bertaubat), di Rahtawu. Eyang Mada (Gajah Mada) dan Eyang (Romo) Suprapto, berupa makam di dusun Semliro. Memang didaerah rahtawu  peradaban Hindu, budha tidak tampak jelas karena tidak di temukan candi / arca yang sebagai mana di temukan di daerah lain yang mempunyai peradaban hindu / budha , yang ada hanyalah petilasan 2 batu datar yang menurut penduduk sekitar merupakan bekas tempat bersemedinya para ” suci “.

Ada satu lagi yang aneh dari  kebudayaan warga sekitar, meskipun semua petilasan yang ada di Wukir Rahtawu identik  dengan para tokoh Pewayangan ( Mahabarata – Hindu ) tapi di sana sangat di tabukan untuk mengadakan pagelaran wayang. Konon cerita para penduduk setempat, pernah ada yang melanggar larangan tersebut, maka datang bencana angin ribut yang menghancurkan rumah dan  dukuh yang mengadakan pagelaran wayang tersebut. Menurut saya pribadi sesungguhnya gunung rahtawu dlm kajian mistik adalah netral dalam artian ,Hitam dan Putih tergantung manusianya. Kalau mau wisata mistik ke rahtawu pasti ketemu macam2 dukun/orang pintar dr mana saja datang saja dan nginap dr yg saya tahu dukun2 yg kejawen di daerahku gak lepas dr rahtawu. Saya yakin ada para bolowongalus yg sudah pernah ke rahtawu…… Wassalam. @@@

Iklan

159 pemikiran pada “PUNCAK 29

  1. Assalamualaikum Pengelola Blog KWA

    kalo boleh usul : bagaimana kalau POSTING BERBAGI KEUNIKAN BUDAYA DAN KISAH KISAH MISTIK DI MASING-MASING DAERAH di sediakan thread tersendiri seperti Bar yang di atas seperti HOME, ALBUM KWA, PENGOBATAN

    Wassalam

  2. bisa di anggap tempatnya para dukun ,bisa putih jg bisa hitam.dulu saat lia aminudin bilang di rasuki malaikat jibril dia di tantang seorang spiritual kejawen untuk membuktikan apa benar malaikat jibril tgl 1 suro di puncak 29 .lia aminudin gak berani..

  3. @ mbah arwani : kok simbol neng ngisor komenmu kuwi menyiratkan sesuatu to? qiqiqi…
    @ mbah khozin, mbah angker, mbah palui, mbahkangdin, mbah LP, kang sugeng ……SEMANGAT SIANGGGG

  4. pecak 29 bahasa daerah setempat .
    Puncak 29 bahasa umum yang biasa di gunakan sehari hari orang dalam menyebut wisata gunung rahtawu.

  5. @ki aria dwi pangga,Klo pecak 29 ceritane gimana ki?Tanya melulu ki,dasare cah gunten bodo ki,mboten ngeles lho ki?Suwon

  6. Assalamu’alakum… sesepuh KWA dan sedulur semua…..hehehehehehe puncak 29 nyampe juga diKWA…aq yg org kudus aja lom pernah naik kesana…hehehe….takut ketinggian dan juga takut kedinginan….silahkan yg mau kepuncak 29,katanya sih banyak benda2 bertuah gitu,kalau anda beruntung…!?hehehehehe…..

  7. kalo dijawa barat ada puncak 69 dari daerah nagrak smp puncak pass ciri2 byk yg nawarin villa.. pantangannya jgn sampai ketahuan petugas

  8. “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    Assalamu’ alaikum Wr. Wb.
    Salam pamuji rahayu katur dulur-dulur semuanya
    Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, yang maha mengetahui seluruh rahasia tersembunyi dan dimana hati mukminin bergetar tatkala mendengar asma-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah pada penghulu sekalian Rasul, penyempurna risalah Ilahi beserta keluarganya.

    Saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dulur-dulur aktivis Kampus Wong Alus di seluruh nusantara dalam kontribusinya pada syiar Islam di bidangnya masing-masing. Dan saya menghaturkan terima kepada para pini sesepuh atas wejangannya yang bermanfaat dalam menuju kehadirat Ilahy.

    MONGGO DIPUN LANJUT

  9. aslmlkm semuanya br tau klo di kudus ada gunung rahtawu xi..xi..xi mklm ratau metu /merantao dadi kupeng,di daerah sy gunung tugel tptnya batang jw tengah,bnyk crt mistiknya

  10. @ARYA TUNGGARA: Salam pamuji rahayu katur panjenengan

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    tak lupa Salam pamuji rahayu katur wabil khusus para pini sepuh ugi poro dulur semuanya dan khususon @minary citraeleanora

    Nderek Nyimak mawon enggih

  11. @Ki Ageng JJ: selamat datang Ki Ageng

    maaf saya copy paste Ki….

    “Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah”

    saya tunggu kelanjutan artikelnya ki…. aus nich….tetang hasanah Islam. biar Adem ki….

  12. Ikutan nyimak …rang baru salam kenal bagi saudara semuanya . Ceritanya mantap pengen juga naik ke Puncak 29, trima kasih atas infonya.

  13. Info-info yang diberikan oleh sedulur2 kita tanggapi secara positif aj bahwa tempat-tempat itu adalah aset budaya bangsa yang mesti kita lestarikan

  14. La iya, barusan saya dari sana, medannya memang sangat menantang sekali, bagi yang suka berpetualang di alam bebas, Rahtawu bagus untuk dicoba, bagi yang suka perpetualang dalam dunia mistis.. Rahtawu juga seabrek2 tempatnya, tapi hati2, disamping persiapan fisik juga persiapin mental juga, dari Petilasan Eyang Modo masih 4 jam perjalanan jalan kaki untuk sampai di Puncak Eyang Wenang…

  15. @Ki Ageng JJ
    Waalaikumsalam Wr Wb, Hehehehe.. ia Ki, biar teringat akan Saudara2 di sana kampung sana.. jieh hehhehe..

  16. ada 2 khowas kejawen puncak 29 dan islam makam sunan muria.kalo sampai puncak kalo ketemu ayam jgn di tangkap..lo..kalau gak salah itu peliharaan begawan abiyoso.makanya dulu proyek pltn nuklir di muria di tentang habis2an oleh warga.bahkan gusdur dan mbah liem solo. bahkan gusdur nantang si muridnya (sby)kalau tetap kekeh muria ada pltn beliau akan pindah ke muria/rahtawu begitu pula mbah liem.

  17. mas sakiran wildan@ babar gunung TIDAR dong.. dimana lokasi pastinya dan ada sejara apa aja disitu.. maklum blum sempt nyampe sana.. dan buat sesepuh jg yg tau..

  18. Salam buat semua sedulur KWA,Berikut sy ingin mengijazahkan ASMA SAFIR ADAM A.S dari Kitab Syamsul Ma’Arif Al-Qubro,Zuj 11 hal 250,karya SYEIKH AL-IMAM AHMAD IBNI ALI Al-Buuny.

    ILMU ASMA SAFIR ADAM ini mempunyai paedah ilmu yg sangat langka,diantaranya:

    1.Terbang diudara dari satu tempat ketempat lain.

    2.Untuk menghalangi pandangan manusia

    3.Memanggil/Menampakkan wujud Rijjalul Ghoib

    4.Pergi kemekah dengan bantuan Khodam Ilmu

    5.Agar dapat mempelajari Ilmu dengan cepat
    6.Pengobatan
    7.Membuka Lawang Ghoib,Dsb.

    Berikut Azimahnya:

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    ALLAHUMMA INNI AS ALUKU YA MAN BIYADIKA YANB’UU HAYATA KULLI SAYIN AS ALUKA BI NAFAHATI ASRORI ANWARI ASMAIKA WA NURI BAHAI ISROQI ANWARI A’RSYIKA WA BIMA AWDA’TAHU FIL LAUHIL MAHFUDZI INDAKA MIN ASRORI ASMAIKA WA BIMA ALHAMTAHU WA ALLAMTU LI ADAMA ABIL BASYAR WA QULTA FI KALAMIKAL ANWARIL LADZI ANJALTAHU A’LA HABIBIKAL MUTOHHAR WA ALLAMAL ADAMAL ASMA’A KULLAHA WA AS ALUKA BI JALALIKA WA JAMALI KAMALI BAHAI NURI WAJHIKAL AKROMIL A’DHIMIL ANWARIL AQDASI WA BIMA AWDA ‘TAHU MIN ANWARI ASRORIKA WA ANWARIKA FI QOLBIS SYAMSI WAL QOMARI WA BIHAQQI HADZIHIL ASMAIL JALILATI HU HU HU YAHIN YAHIN YAHIN ROBBANA ALAIKATAWAKKALNA WA ILAIKA ANABNA WA ILAIKAL MASIR ROBBANA LA TUZIQ QULUBANA BA’DA IDZ HADAYTANA WAHAB LANA MIN LADUNKA ROHMATAN INNAKA ANTAL WAHHAB WALA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAHIL A’LIYYIL ADHMI.

  19. semangat malam smua…
    Absen&ijin nyhmak dari seberang…
    @mbah sakiran dari kemarin obral teruuus….!!

  20. @ki a i
    sya tulis mengamati object taruhan, tdk bisa masuk, mka sya obral aja brang pribadi.
    Xixixixi…..

  21. askum..
    “Bismilahhirrohmanirrohim
    Sirrullaahi Dzaatullaahi
    Shifaatullaahi Wujuudullaahi
    Af ’alullaahi. Laailaaha illaallaah
    Muhammadur rasuulullahi.
    Salaamamun qawlam
    mirrabbirrahiim, wamtaazul
    yawma ayyuhal mujrimuun ”

    salam salin buat sesepuh dan sedulus semua,, sy ingin bertanya kira-kira asma diatas asma apa ya?
    Wsslm

  22. Alaikumsalam wr wb

    @mas heru…itu adalah asma sirr Syeikh Murahiddin gusti amat utk membuka pintu ghaib/mata bathin…lebih jelasnya check di blog ki umar jogja

  23. @heru widodo : itu asma sir, tawasulnya pada nabi muhammad, syekh abdul qodir jaelani, syekh murahidin gusti ahmad.

  24. hadir lg,masih dari seberang,,,,,
    @om lc:denger2 dah jd pengantin baru niih,met menempuh hidup baru yaa,smoga mnjdi kluarga sakinah mawadah arohmah,amiiiin.
    om,,,,aq Kok g diundang di pestax???

  25. Semangat malam…
    Alhamdulillah nyampai rumah……
    Habis cangkruan bersama:
    ki wongalus
    ki mas kumitir
    mbah sareb
    mas gozhi
    mas wawan sleman
    mas arwani
    mas bondan
    all boloalus semangat malam

  26. wah ternyata fenomena alamnya muantep banget,bgt jg energi mistiknya…
    jangan2 banyak ni benda2 pusakanya..
    tolong dong bole ga di minta…he3..

  27. @ mas M Khozin : selamat pagi dan salam dami selalu, wah kebalikannya disini ( BANTEN ) malah panas cekaleeeeee, yo wis tak kancani sinambi ngopi + udud SURYA16, lan nunggoni adzan subuh

  28. -lee ping ho
    kl di sini dingin karna lg ada di lereng gunung om…wele2 airnya jg ky es yg ada di kutup…hiiiii..

  29. @ mas khozin : weleh weleh, memang sedang ada dilereng gunung mana pagi pagi begini Mas? kemarin waktu ada acara di gedong songo dinginnya juga luar biasa, hiiiiiiiiii,brrrrrrrr, tapi enak nggo turu kalau ada selimutnya,apalagi kalau pakai selimut hidup, jadi dingin-dingin empuk gitu lohh?
    hoaaaaaaaah cabut dulu adan subuhnya dah berkumandang

  30. pucak songo likur memang gunung yang sanagat mengasyikkan wat pendakian, selain medannya yang lumayan extreme, juga panorama alam nya yang masih asri, dan sekarang akses jalur menuju kepuncak 29 sdh tidak seperti dulu, jalurnya sdh di perlebar dari desa tempur low dari utara, tepate masuk desa payak kecamatan ngablak,masuk sekitar 8 – 10 km dari jalan raya tayu- jepara,low dari kudusmasukdesa gebog, menawan dan bunton,,,

  31. semoga berkembang kembali ajaran kejawen sesuai kepribadian jawa
    laku hormat,sebab terhormat untuk terhormat

    ”mugi-mugi sedoyo titah gesang tansah manggih ing krahayon”

  32. tgl 16 mlm brgkt smp puncak tgl 17 agustus 2013 d puncak 29…Pecinta Alam PAYANG ADVENTURE udah berhasil menaklukan puncak 29……..smp disana di sambut hangat oleh masyarakat sekitar…PETUALANG EXTRIM….

  33. kalau saya setiap malam jum’at legi pasti ke sana, disamping puasa 1 hari 1 malam karena mengharapkan wahyu dari sang pencipta,tentunya dengan amalan dan doa.

  34. bagi anda yang berminat bisa nanti calling saya tentang ajaran dan budaya yang asli dari sejarah nenek moyang kita. hal ini kami lakukan karena kami ingin ajaran nenek moyang kita yang dulu luhur kira pelajari kembali supaya kita bisa kembali jaya seperti jaman dahulu. karena sekarang sudah berkurangnya nilai nilai budaya di negara kita yang selalu meniru budaya arab,eropa dan lain lain. mudah mudahan atas ijin Yang maha kuasa nanti hati kita di buka selebar lebarnya demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s